Apa Itu Kolagen? Ini 7 Cara Kolagen Meningkatkan Kesehatan Kita

produk kolagen

Anda mungkin mendengar dan mengenal kolagen sebagai salah satu bahan dalam lotion body atau bagian dari suplemen vitamin untuk penampilan. Tapi, sebenarnya apa itu kolagen, dan bagaimana perannya bagi tubuh kita? Kolagen adalah protein yang paling melimpah di tubuh kita, terutama kolagen tipe 1. Ini ditemukan di dalam otot, tulang, kulit, pembuluh darah, sistem pencernaan dan tendon.

Kolagen membantu memberikan kekuatan dan elastisitas kulit kita, bersamaan juga perannya dalam mengganti sel kulit mati. Kolagen dalam kaitannya dengan sendi dan tendon, itu diibaratkan sebagai “lem” yang membantu menahan tubuh bersama-sama.

Sedikit fakta yang diketahui ternyata ada setidaknya 16 jenis kolagen yang berbeda di dalam tubuh manusia. Ini termasuk kolagen tipe 1, 2, 3, 5 dan 10. Namun sebagian besar kolagen, sekitar 80-90 persen terdiri dari tipe 1, 2, dan 3.

Kolagen tipe 1 khusus menyumbang hampir 90 persen dari persediaan tubuh menurut beberapa temuan. Ada juga berbagai jenis kolagen yang ditemukan dalam makanan tertentu atau digunakan untuk membuat produk dan suplemen kolagen.

Jenis dan Tipe Kolagen

Kolagen sering disebut sebagai “protein kompleks,” karena mengandung 19 asam amino yang berbeda. Melalui kolagen, tubuh akan mendapatkan lebih banyak asam amino kondisional, seperti arginin, glutamin, glisin dan prolin. Berikut ini ikhtisar dari berbagai jenis kolagen dan manfaat utamanya sehingga kita dapat menentukan jenis kolagen apa yang terbaik.

Kolagen Tipe 1

Sejauh ini, tipe I yang paling melimpah, dan hampir dianggap sebagai tipe terkuat, kolagen yang ditemukan di tubuh manusia. Ini terdiri dari serat eosinofilik yang membentuk bagian tubuh, termasuk tendon, ligamen, organ dan kulit (dermis). Kolagen tipe 1 juga membantu membentuk tulang dan dapat ditemukan di dalam saluran pencernaan. Ini sangat penting untuk penyembuhan luka, memberikan kulit kualitas kenyal dan elastis, dan menahan jaringan sehingga tidak robek.

Kolagen Tipe 2

Kolagen tipe 2 terutama berperan membangun kartilago, yang ditemukan dalam jaringan ikat. Kesehatan sendi kita bergantung pada tulang rawan yang terbuat dari kolagen tipe 2. Inilah mengapa sangat bermanfaat untuk mencegah nyeri sendi terkait usia atau berbagai gejala arthritis.

Kolagen Tipe 3

Kolagen tipe 3 tersusun dari serat retikuler dan komponen utama matriks ekstraseluler yang membentuk organ dan kulit kita. Ini biasanya ditemukan bersamaan dengan tipe 1 yang membantu memberikan elastisitas dan kekencangan kulit. Ini juga membentuk pembuluh darah dan jaringan di dalam organ hati. Oleh karena itu, kondisi kekurangan kolagen tipe 3 telah dikaitkan dengan risiko pembuluh darah yang pecah dan bahkan kematian dini.

Kolagen Tipe 4

Kolagen tipe 4 memiliki tugas penting dalam membentuk lamina basal, yang ditemukan pada sel-sel endotel yang membentuk jaringan yang mengelilingi organ, otot dan lemak. Lamina basal dibutuhkan untuk berbagai fungsi saraf dan pembuluh darah, serta melapisi sebagian besar organ pencernaan dan permukaan pernapasan. Lamina basal dapat ditemukan di ruang antara lapisan atas kulit atau jaringan dan lapisan terdalam. Ini merupakan lapisan cairan tipis seperti gel yang berfungsi sebagai bantalan untuk jaringan di atasnya.

Kolagen Tipe 5

Kolagen jenis ini diperlukan untuk membentuk permukaan sel, serta helai rambut dan jaringan yang ditemukan pada plasenta wanita (organ yang berkembang di rahim selama kehamilan, menyediakan oksigen dan nutrisi untuk bayi yang sedang tumbuh, dan menghilangkan sampah).

Kolagen Tipe 10

Tipe 10 membantu pembentukan tulang baru dan membentuk tulang rawan artikular. Kolagen jenis ini terlibat dalam proses pengerasan endochondral. Diketahui juga bermanfaat untuk penyembuhan fraktur tulang dan memperbaiki sendi sinovial.

Rincian Asam Amino dalam Kolagen

Kolagen sering disebut sebagai “protein kompleks,” karena mengandung 19 asam amino yang berbeda. Berikut ini adalah deskripsi mengenai persentase tertinggi asam amino yang terdapat dalam kolagen dan fungsinya bagi tubuh.

a. Glycine

Sekitar sepertiga dari protein yang ditemukan dalam kolagen adalah glycine atau glisin. Meskipun ukurannya adalah asam amino terkecil, glisin memiliki efek besar. Untuk memastikan sel-sel kita berfungsi dengan baik, glisin membantu membangun untaian DNA yang sehat. Ini juga merupakan salah satu dari tiga asam amino yang membentuk creatine, yang berperan meningkatkan pertumbuhan otot yang sehat dan meningkatkan produksi energi selama berolahraga.

b. Proline

Proline membentuk hampir 15 persen kolagen. Proline dan glisin, khususnya, memainkan peran utama dalam memastikan tubuh kita berjalan lancar. Proline membantu melindungi integritas pembuluh darah, meningkatkan kesehatan sendi dan memiliki berbagai manfaat kardiovaskular (jantung dan aliran darah).

c. Arginine

Arginine (juga biasa disebut L-arginine ) terurai menjadi nitrit oksida di dalam tubuh, yang merupakan senyawa penting untuk kesehatan arteri dan organ jantung. Arginine juga telah terbukti meningkatkan sirkulasi, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki pengaruh positif pada libido laki-laki.

d. Glutamine

Ini diduga sebagai salah satu asam amino yang paling penting dan berlimpah dalam tubuh. Glutamin dibentuk di dalam otot dan juga diperoleh dari sumber makanan. Penelitian menunjukkan bahwa glutamin memiliki manfaat untuk mencegah kecemasan, ketegangan, gangguan tidur (insomnia), konsentrasi rendah, kesehatan pencernaan yang buruk, sistem kekebalan tubuh yang lemah dan rendahnya energi.

Menurut laporan yang dibuat American Journal of Clinical Nutrition, glutamin telah terbukti memiliki efek positif pada produksi hormon pertumbuhan. Nitrogen yang diciptakan oleh glutamin dalam jumlah tinggi, juga membantu penyembuhan luka dan mencegah pengecilan otot dan nyeri sendi.

Manfaat Utama Kolagen

Produksi kolagen tubuh kita secara alami akan mulai melambat dan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Faktor gaya hidup lainnya – seperti makan diet tinggi gula, merokok dan paparan sinar matahari dalam jumlah besar – juga berkontribusi pada berkurangnya kadar kolagen. Untungnya, mengkonsumsi makanan seperti kaldu tulang dapat memberikan banyak protein penting ini. Apa saja manfaat kehadiran kolagen untuk tubuh kita?

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Seiring bertambahnya usia, penurunan produksi kolagen akan terjadi lebih cepat. Secara fisik, anda akan melihat perubahan berupa: kulit lebih kendur, muncul banyak kerutan dan kurangnya elastisitas. Meningkatkan kadar kolagen dapat membantu kulit terlihat lebih kencang, tampak halus mulus, dan membantu sel-sel kulit terus diperbarui serta tumbuh secara normal.

Penelitian double-blind, yang menyelidiki sifat anti-penuaan kolagen telah menemukan bahwa 2,5–5 gram kolagen hidrolisat yang digunakan di antara wanita berusia 35-55 tahun sekali sehari selama delapan minggu secara signifikan meningkatkan elastisitas kulitnya, meningkatkan kelembaban kulit, mengurangi kekeringan dan kulit bersisik, dengan sedikit atau tanpa efek samping. Hal ini membuat kolagen menjadi salah satu bahan perawatan kulit alami terbaik yang tersedia.

Kolagen juga mengurangi selulit dan stretch mark. Ketika kulit kehilangan elastisitasnya akibat penurunan kolagen, ada efek samping lain yang muncul, yakni selulit yang lebih terlihat. Selulit adalah kondisi kulit dengan permukaan bergelombang seperti tekstur kulit jeruk akibat penonjolan timbunan lemak di bawahnya. Meningkatkan elastisitas kulit dengan kolagen akan membantu mengurangi lekukan keriput pada kulit.

2. Memperkuat Kuku, Rambut, dan Gigi

Pernah mengalami kuku yang kasar dan pecah-pecah? Yah, kurangnya kolagen bisa menjadi salah satu faktornya. Protein kolagen adalah blok pembangun kuku, rambut dan gigi kita. Menambahkan kolagen ke dalam rejimen diet dapat membantu menjaga kuku kuat dan mungkin mengurangi tanda-tanda rambut rontok.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menemukan bahwa ada hubungan penting antara matriks ekstraseluler (ECM) dan regenerasi folikel rambut, yang menunjukkan bahwa kolagen dapat menjadi target terapi yang potensial untuk rambut rontok dan penyakit yang berkaitan kulit lainnya.

3. Meningkatkan Metabolisme, Massa Otot dan Produksi Energi

Kolagen dapat membantu meningkatkan metabolisme dengan menambahkan massa otot tanpa lemak ke rangka dan membantu konversi nutrisi penting. Salah satu peran terpenting glisin adalah membantu membentuk jaringan otot dengan mengubah glukosa menjadi energi yang memberi makan sel-sel otot. Dan ingat, bahwa mempertahankan massa otot sangat penting saat usia mulai menua, karena membantu mendukung postur, kesehatan tulang dan membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Saat mengonsumsi kolagen, kita bisa mendapatkan manfaat dari mengonsumsi vitamin C untuk memastikan tubuh dapat mengubah kolagen menjadi protein yang bermanfaat. Ini dapat mulai mengembalikan sumber atau energi dan vitalitas kita.

Penelitian menunjukkan glisin juga memiliki peran penting dalam kedua fungsi sistem saraf pusat dan pencernaan, yang memainkan peran besar dalam mempertahankan tubuh yang sehat dan muda. Glycine membantu memperlambat efek penuaan dengan meningkatkan penggunaan antioksidan oleh tubuh dan juga digunakan dalam proses membangun sel sehat dari DNA dan RNA. Glisin adalah asam amino, salah satu dari 20 yang digunakan untuk membuat protein dalam tubuh manusia.

Selain itu, ditemukan bahwa arginine meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat protein dari asam amino lainnya, yang penting untuk memperbaiki jaringan otot, menyembuhkan luka, menghemat jaringan, meningkatkan metabolisme, dan membantu pertumbuhan dan perkembangan yang tepat. Dan glutamin juga membantu mempertahankan energi yang cukup dengan memfasilitasi sintesis banyak bahan kimia. Asam amino ini memberikan “bahan bakar” ke sel-sel kita, termasuk karbon dan nitrogen.

4. Mengurangi Rasa Sakit pada Otot dan Persendian

Mungkin anda pernah merasa kesemutan, otot kaku, atau sakit saat bergerak. Yap, itu mungkin karena randahnya kolagen, sehingga jaringan tendon dan ligamen tidak bebas bergerak, menyebabkan kekakuan, sendi bengkak, dan banyak lainnya.

Dengan struktur seperti gel dan halus yang menutupi dan menahan tulang kita bersama-sama, kehadiran kolagen memungkinkan kita bisa meluncur dan bergerak tanpa rasa sakit. Kolagen seperti mengoles engsel pintu berderit dengan minyak. Ini membantu sendi bergerak lebih mudah, mengurangi rasa sakit akibat efek penuaan dan bahkan mengurangi risiko kerusakan sendi. Tidak mengherankan jika penelitian baru-baru ini menemukan bahwa kolagen adalah pengobatan yang efektif untuk mengobati osteoarthritis dan nyeri dan gangguan sendi lainnya.

Para peneliti di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston menemukan bahwa suplementasi dengan kolagen tipe 2 membantu pasien yang menderita rheumatoid arthritis mengurangi pembengkakan pada persendian lunaknya. Penelitian lain yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Sciences menemukan bahwa orang-orang dengan nyeri sendi osteoarthritis yang diobati dengan kolagen tipe 2 menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kegiatan sehari-harinya, seperti naik tangga, tidur lebih nyaman, dan peningkatan kualitas secara umum dalam kehidupannya.

5. Meningkatkan Kesehatan Hati

Jika Anda ingin membersihkan tubuh dari zat berbahaya, meningkatkan aliran darah dan menjaga jantung tetap muda, kolagen sangat membantu. Itu karena glisin membantu meminimalkan kerusakan organ hati ketika menyerap zat-zat asing, racun atau alkohol yang seharusnya tidak dilaluinya.

Salah satu cara termudah untuk membersihkan hati adalah dengan kaldu tulang. Beberapa orang sering merekomendasikan detoksifikasi kaldu tulang tiga hari untuk memperbaiki usus bocor dengan cepat. Ini dapat membantu tubuh melepaskan diri dari bahan kimia dan “mengatur ulang” usus, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan. Penelitian bahkan menemukan bahwa glisin dapat digunakan untuk membantu mengurangi kerusakan hati akibat alkohol dan bentuk lain dari gangguan hati yang akut atau kronis.

6. Membantu Menyembuhkan Leaky Gut

Leaky gut syndrome terjadi ketika lapisan usus Anda telah menjadi rusak sebagai akibat dari peradangan atau iritasi. Jika Anda menderita sindrom usus bocor, suatu kondisi di mana racun yang buruk dapat melewati saluran pencernaan Anda, maka kolagen dapat sangat membantu. Kolagen berperan memecah protein dan menenangkan lapisan usus, menyembuhkan dinding sel yang rusak dan memasukkannya dengan asam amino penyembuhan.

Manfaat terbesar mengkonsumsi lebih banyak kolagen bagi pencernaan adalah membantu membentuk jaringan ikat yang menjadi segel dan menyembuhkan lapisan pelindung saluran pencernaan. Saat ini, kita tahu bahwa banyak penyakit sebenarnya timbul karena peradangan atau iritasi pada usus yang tidak sehat. Kesehatan usus yang buruk – termasuk perubahan dalam mikrobioma usus dan permeabilitas di lapisan usus – memungkinkan partikel masuk ke aliran darah di mana dapat dimulainya radang inflamasi.

Studi telah menemukan bahwa pada pasien dengan penyakit radang usus, konsentrasi serum kolagennya menurun. Karena asam amino dalam kolagen membangun jaringan yang melapisi usus besar dan saluran pencernaan, maka suplementasi dengan kolagen dapat membantu mengobati gejala dan gangguan gastrointestinal, termasuk sindrom usus bocor, IBS, refluks asam, penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Selain membantu menyembuhkan usus bocor, dan kolagen juga membantu penyerapan air di dalam usus.

7. Melindungi Kesehatan Kardiovaskular

Prolin asam amino membantu dinding arteri melepaskan penumpukan lemak dalam aliran darah, mengecilkan lemak di arteri dan meminimalkan penumpukan lemak. Proline diperlukan untuk perbaikan jaringan di dalam sendi dan arteri, serta membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, arginine membantu produksi oksida nitrat, yang memungkinkan vasodilatasi yang lebih baik – artinya pelebaran arteri dan relaksasi sel otot dan pembuluh darah yang memungkinkan sirkulasi yang lebih baik.

Makanan Sumber Kolagen

Berbicara mengenai sumber kolagen, kita bisa dapatkan dari makanan terutama yang sangat tinggi protein, termasuk daging sapi, ayam, ikan dan selaput kulit telur. Berikut ini sekilas deskripsi tentang bagaimana sumber kolagen yang berbeda ini memberi manfaat bagi kita.

a. Kolagen ayam

Jenis kolagen yang paling melimpah dalam kolagen ayam adalah tipe 2, yang berperan untuk membangun kartilago. Kolagen ayam bermanfaat untuk kesehatan sendi, karena sumber ini menyediakan chondroitin sulfate dan glucosamine sulfate, yang keduanya memiliki efek anti-penuaan. Kebanyakan suplemen yang mengandung kolagen biasanya menggunakan kolagen ayam untuk menyediakan kolagen tipe 2.

b. Kolagen sapi (Bovine)

Kolagen sapi berasal dari sapi, terutama dari kulit, tulang dan otot. Ini menghadirkan kolagen tipe 1 dan 3 yang sangat cocok untuk kita, mengingat kolagen ini adalah jenis yang paling banyak dibuat dan ditemukan di tubuh manusia. Kolagen jenis ini merupakan sumber suplai glisin dan proline yang kaya, dan karena itu berguna untuk produksi creatine, membangun otot dan juga membantu tubuh membuat kolagen sendiri.

c. Kolagen ikan

Kolagen yang berasal dari ikan diketahui mudah diserap dan menyediakan sebagian besar tipe 1 kolagen, dengan asam amino glisin, prolin dan hidroksiprolin. Karena tipe 1 banyak ditemukan di seluruh tubuh, maka mengkonsumsi lebih banyak kolagen ikan bermanfaat untuk sendi, kulit, organ vital, pembuluh darah, pencernaan dan tulang. Hydroxyproline merupakan komponen penting dari triple helix kolagen, dan kadar yang rendah ternyata berkaitan dengan degradasi sendi.

Hydroxyproline diperlukan untuk stabilitas kolagen dan dibuat dengan memodifikasi asam amino proline normal setelah rantai kolagen dibangun. Reaksi ini membutuhkan vitamin C (untuk membantu penambahan oksigen), itulah sebabnya mengapa kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kelainan pada tingkat kolagen.

Baca juga: 35 Manfaat Hebat Vitamin C

d. Kolagen cangkang kulit telur

Kolagen telur, yang ditemukan dalam cangkang dan putih telur, mengandung sebagian besar kolagen tipe 1, selain juga sedikit tipe 3, 4 dan 10. Kolagen pada telur menyediakan glucosamine sulfate, chondroitin sulfate, asam hyaluronic dan berbagai asam amino yang memiliki manfaat untuk membangun jaringan ikat, penyembuhan luka, membangun massa otot dan mengurangi rasa sakit atau kekakuan.

Cara teratas untuk mendapatkan konsumsi kolagen lebih banyak:

  • Membuat atau minum kaldu tulang asli.
  • Menggunakan bubuk protein yang terbuat dari kaldu tulang. Anda dapat mengonsumsi kaldu tulang sendiri atau menggunakannya dalam berbagai resep manis dan gurih tergantung pada jenis produknya.
  • Mengambil suplemen kolagen. Suplemen kolagen dapat ditemukan secara khas sebagai kolagen terhidrolisis, yang membantu membentuk kolagen baru. Ketika Anda menghidrolisis kolagen, peptida kolagen menjadi tersedia secara hayati.
  • Dan terakhir, makan makanan lengkap yang membantu meningkatkan penyerapan peptida kolagen yang Anda konsumsi.

Tinggalkan komentar