Arti Warna Orange (Jingga) dan Sifat Uniknya

Warna Orange (oranye) atau jingga terbentuk dari perpaduan antara warna merah dan kuning. Dalam spektrum warna, orange/jingga terlihat pada panjang gelombang sekitar 620-585 nanometer. Warna yang serupa dengan buah jeruk ini memiliki kode css #ff7f00.

Dalam psikologi, oranye adalah warna kegembiraan dan kreativitas. Oranye mempromosikan rasa kesejahteraan dan energi emosional yang harus dibagi, seperti kasih sayang, gairah, dan kehangatan. Oranye akan membantu seseorang pulih dari kekecewaan, hati yang terluka, atau pukulan atas kesombongan seseorang.

Orange mampu membangkitkan rangsangan, semangat, dan flamboyan. Karena dibentuk dari perpaduan warna merah yang penuh energi dan kuning yang menenangkan, maka warna orange hanya memiliki sedikit agresi dan keganasan. Warna oranye memiliki visibilitas yang sangat tinggi dan sering digunakan untuk mendapatkan perhatian.

Untuk mengetahui makna dari warna-warna lainnya, bisa Anda baca pada link berikut ini: Arti Warna dan Filosofi Karakternya!

Gradiasi Nuansa Warna Oranye dan Maknanya

Sama seperti warna-warna lainnya, orange juga memiliki beragam gradiasi warna, mulai dari yang pucat hingga yang paling pekat kehitam-hitaman. Beberapa jenis nuansa orange yang paling populer, diantaranya:

  • Oranye gelap (dark orange)
  • Oranye merah (red orange)
  • Oranye keemasan (golden orange)
  • Peach
  • Burnt orange

Nuansa dan varian warna oranye yang berbeda memiliki arti yang berbeda pula. Misalnya, oranye gelap dapat mewakili tipuan dan ketidakpercayaan, sedangkan oranye merah berhubungan dengan gairah, kesenangan, hasrat, agresi, dominasi, dan tindakan. Warna oranye emas sering mewakili prestise, kebijaksanaan, iluminasi, kekayaan, dan kualitas. Warna oranye terang atau persik cenderung lebih ramah dan menenangkan.

Warna Peach mendorong komunikasi dan percakapan yang hebat. Ini mengilhami perilaku yang baik dan membuat orang nyaman. Ini memiliki semua atribut oranye tetapi dalam bentuk yang jauh lebih lembut, halus dan lebih berhati-hati. Sementara itu, burnt orange memancarkan getaran negatif yang menunjukkan kebanggaan, ketegangan, dan penegasan diri yang agresif.

Pengaruh dan Efek Warna Orange pada Fisik dan Mental Kita

Oranye berhubungan dengan intuisi kita, berbeda dengan warna merah, yang terkait dengan reaksi fisik, atau kuning, yang terkait dengan reaksi mental. Warna oranye memberikan kekuatan emosional di masa-masa sulit. Ini membantu kita melewati kekecewaan, keputusasaan, dan kesedihan. Warna orange adalah warna yang bagus untuk digunakan di masa ekonomi yang sulit, untuk membuat kita tetap termotivasi dan membantu kita melihat sisi terang kehidupan.

Oranye adalah warna populer di restoran untuk mendorong rasa lapar dan kepuasan. Warna oranye sangat diterima di kalangan anak muda. Para desainer sering menggunakan warna oranye untuk menggambarkan sesuatu yang tropis, sesuatu yang lucu, atau sesuatu untuk kaum muda. Ini adalah bagaimana warna oranye mempengaruhi Anda:

  • Menambah ketegangan jika Anda merasa waktu berlalu dengan lambat
  • Mendorong aktivitas dan sosialitas
  • Meningkatkan kreativitas. Ini adalah warna yang luar biasa jika ingin mempelajari hal-hal baru dan mencari ide-ide baru.
  • Merangsang nafsu makan. Jadi, itu bukan pilihan warna terbaik untuk dapur Anda jika Anda mencoba melakukan diet.

Arti Warna Orange dalam Psikologi Warna

Studi menunjukkan bahwa warna oranye dapat menciptakan efek fisik seperti peningkatan rasa lapar, meningkatnya aktivitas, peningkatan sosialisasi, peningkatan aspirasi, aktivitas mental yang terstimulasi, peningkatan pasokan oksigen ke otak, peningkatan kepuasan, dan peningkatan kepastian.

Selain itu, orange juga membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat, dan meningkatkan kebahagiaan, kepercayaan diri, serta pemahaman. Secara psikologis, warna oranye mengandung makna sebagai berikut:

Antusiasme
Oranye optimis dan ekstrovert – warna yang tanpa hambatan.

Peremajaan
Warna oranye membantu mengembalikan keseimbangan energi fisik kita.

Stimulasi
Warna orange memang tidak begitu bergairah atau bersemangat seperti merah, tetapi merangsang, terutama membangkitkan selera.

Keberanian
Oranye membantu kita memperhitungkan hidup kita, menghadapi konsekuensinya, mengambil tindakan, dan membuat perubahan yang sesuai, dan kemudian bergerak maju dan naik.

Vitalitas
Orange memiliki energi yang lebih seimbang daripada merah, tidak bersemangat dan agresif, tetapi penuh vitalitas.

Karakter Positif dan Negatif Warna Orange

Menurut psikologi warna, terlalu banyak (pekat) warna oranye menyebabkan muncul kesan sifat mementingkan diri sendiri dan egoisme, termasuk kesombongan, pamer, dan kurangnya perhatian terhadap orang lain. Sebaliknya, bila terlalu sedikit oranye (pucat) menimbulkan kesan hilangnya motivasi, rendah diri, dan kesepian.

Sisi positif dan warna orange adalah meliputi: mudah bergaul, optimis, antusias, ceria, percaya diri, mandiri, flamboyan, ekstrovert, dan tanpa hambatan, berjiwa petualang, pengambil risiko, bakat kreatif, berhati hangat, ramah, menyenangkan, dan informal. Sedangkan, kata kunci negatif untuk warna orange antara lain: dangkal dan tidak tulus, ketergantungan, terlalu kuat, memanjakan diri sendiri, eksibisionis, pesimistis, murah, tidak ramah, dan terlalu bangga.

Makna Unik Warna Oranye dalam Berbagai Budaya Dunia

Di beberapa negara dengan empat musim, oranye adalah simbol musim gugur. Warna oranye sering dikaitkan dengan vitamin C dan kesehatan yang baik. Anak-anak di seluruh dunia tertarik pada warna oranye. Di Eropa, warna oranye tidak memiliki nama sampai abad ke-16. Awalnya, warna ini hanya disebut kuning-merah. Sebelum kata oranye mulai digunakan secara umum dalam bahasa Inggris, kunyit kadang digunakan untuk menggambarkan warna kuning oranye yang pekat.

Hal ini kemudian berubah ketika pohon-pohon jeruk mulai dibawa ke Eropa dari Asia oleh para pedagang Portugis. Warna itu kemudian dinamai sesuai dengan nama buah jeruk itu. Oranye dalam bahasa Inggris, naranja dalam bahasa Spanyol, arancia dalam bahasa Italia, dan laranja dalam bahasa Portugis. Nah, dalam beberapa kebudayaan bangsa, warna oranye alias jingga ini memiliki sejumlah makna tertentu.

  • Oranye adalah nama dan warna lambang keluarga kerajaan di Belanda. Oranye merupakan warna nasional Belanda, berasal dari Perang Kemerdekaan Belanda dan Pangeran Oranye yang pemberontak.
  • Oranye adalah warna seragam penjara di AS. Di Indonesia, warna oranye sering digunakan untuk seragam pelaku korupsi.
  • Oranye (saffron) adalah warna suci dan keberuntungan dalam agama Hindu dan Budha. Dalam ajaran Konfusianisme, oranye adalah warna transformasi.
  • Orang Indian Amerika mengasosiasikan warna oranye dengan kekerabatan.
  • Lampu lalu lintas tengah berwarna oranye di Prancis.
  • Di Irlandia, penggunaan kurma oranye dari masa pemerintahan William of Orange, raja Inggris Protestan dan seorang Belanda yang gagap.
  • Oranye memiliki hubungan erat dengan kesuburan dan kelimpahan. Pomona, dewi kelimpahan yang berbuah, sering digambarkan dalam jubah oranye.
  • Van Gogh dan Toulouse-Lautrec adalah dua dari seniman yang menyukai oranye di lukisan mereka.
  • Di Cina dan Jepang, oranye digunakan untuk melambangkan kebahagiaan dan cinta.
  • Di Inggris, oranye mewakili Protestan Irlandia Utara dan memiliki signifikansi agama dan politik yang sangat kuat.

Ungkapan Kata atau Frase Populer dengan Menggunakan Kata Orange

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa ungkapa kata dengan memakai kata orange. Berikut ini adalah frase populer tersebut dan artinya:

  • Squeeze the orange artinya manfaatkan seseorang atau sesuatu yang dia tawarkan.
  • Sucked orange artinya benar-benar kelelahan.
  • Squeezed orange artinya seseorang yang tidak berguna lagi

Karakter Kepribadian Orang yang Suka dengan Warna Oranye

Warna orange sering mendorong eksibisionisme atau setidaknya itu merupakan warna yang ingin mendorog rasa pamer. Oranye warna berhubungan dengan komunikasi sosial dan mendorong percakapan dua arah. Ini adalah warna yang hangat dan ramah yang merangsang secara fisik dan mental. Jika warna favorit Anda adalah orange, maka Anda cenderung memiliki sifat dan karakter seperti berikut ini:

  • Anda seorang yang hangat, optimis, ekstrovert, dan sering flamboyan. Anda ramah, baik hati, dan orang yang umumnya menyenangkan.
  • Anda lebih tegas, namun tidak terlalu agresif. Dengan warna favorit oranye berarti Anda lebih berhati ringan dan kurang intens daripada mereka yang suka warna merah.
  • Anda berkembang pada kontak sosial semua tipe manusia, menyatukan semua tipe kepribadian.
  • Anda menikmati pesta dan bersosialisasi dan merencanakan semua jenis acara sosial. Anda sering menjadi pembicara yang lantang dalam suatu grup.
  • Meskipun Anda menarik dan mudah bergaul, Anda cenderung pamer.
  • Anda mendapatkan kepuasan luar biasa dengan membantu orang lain dan mereka menemukan Anda menginspirasi dengan vitalitas dan energi positif Anda.
  • Anda toleran dan menerima orang lain apa adanya. Namun, Anda bisa bimbang, tidak konsisten, dan tidak dapat diprediksi.
  • Anda adalah orang-orang yang termotivasi oleh apa yang dipikirkan orang lain atau tidak dan selalu berusaha mengikuti jejak dunia.
  • Anda membutuhkan orang-orang di sekitar Anda, terlalu lama sendirian membuat Anda tertekan dan kemudian membiarkan negativitas menelan Anda.
  • Anda adalah berjiwa bebas yang tidak suka terikat. Anda tidak selalu setia dalam hubungan Anda dan merasa sulit untuk berkomitmen.
  • Anda adalah seorang petualang – Anda menyukai kehidupan di luar ruangan, berkemah, memanjat gunung, dan memanjakan diri dalam olahraga petualangan seperti sky dive dan luncur layang. Anda pemberani, selalu melihat ke arah tantangan Anda berikutnya, petualangan besar berikutnya.
  • Anda menikmati aktif secara fisik, terutama di luar ruangan, apakah itu hanya untuk berjalan-jalan, atau bersaing dalam kompetisi olahraga tingkat tinggi.
  • Kesabaran bukanlah salah satu dari kebajikan Anda dan Anda bisa menjadi sangat kuat dan mendominasi orang lain ketika sedang stres.

Nah, demikianlah arti warna oranye dan gambaran sifat seseorang yang gemar dengan warna orange. Apakah ini merupakan salah satu warna favorit Anda? Jika ya, apa kesan yang bisa Anda sampaikan?

Tinggalkan komentar