Arti Warna Putih dan Karakter Kepribadiannya

Cobalah untuk melihat warna putih pada benda atau kamar di sekeliling Anda? Apakah kesan yang Anda rasakan? Mungkin Anda akan merasa lebih terinspirasi dan fresh, atau sebaliknya merasa jadi kesepian dan dingin. Sebagian orang mungkin mendapati warna putih sebagai sesuatu yang tenang dan murni, dan sebaliknya sebagian lainnya merasa dingin dan sepi. Lalu, apa warna putih tersebut?

Putih, warna yang secara inheren positif, dikaitkan dengan kemurnian, kesucian, kepolosan, cahaya, kebaikan, surga, keselamatan, kecemerlangan, penerangan, pengertian, kebersihan, iman, permulaan, kerohanian, kemungkinan, kerendahan hati, ketulusan, perlindungan, kelembutan, dan kesempurnaan.

Warna putih dapat mewakili awal yang sukses. Dalam lambang, putih menggambarkan iman dan kemurnian. Sebagai kebalikan dari hitam, pada setiap serial film, buku, media cetak, dan televisi biasanya menggambarkan orang baik dengan putih dan orang jahat dengan warna hitam.

Untuk mengetahui makna dari warna-warna lainnya, bisa Anda baca pada link berikut ini: Arti Warna dan Filosofi Karakternya!

Nuansa (Gradiasi) Warna Putih

Tidak ada nuansa putih murni, karena warnanya merupakan kombinasi dari semua warna. Sumber yang berbeda digunakan dalam produksi warna putih. Produsen warna biasanya menggunakan timbal, seng atau titanium untuk menghasilkan warna ini.

Arti Putih dalam Psikologi Warna

Hubungan warna putih dengan kebersihan sering terlihat di rumah sakit, pusat kesehatan, dan laboratorium untuk mengomunikasikan keselamatan. Warna putih juga terkait dengan makanan rendah lemak dan produk susu. Putih mengandung keseimbangan semua warna dalam spektrum yang mewakili aspek positif dan negatif dari semua warna. Warna putih reflektif dan merangsang keterbukaan, pertumbuhan, dan kreativitas. Menurut psikologi warna, karakteristik dari warna putih adalah:

Putih mewakili kemurnian atau kepolosan. Para pengantin wanita yang memakai pakaian putih sering dianggap untuk menyampaikan kegadisan pengantin tersebut. Dulu, warna biru pernah menjadi warna tradisional yang dikenakan oleh pengantin wanita untuk melambangkan kemurniannya.

Putih cerah dapat menciptakan kesan ruang lega atau menambahkan highlight. Desainer sering menggunakan warna putih untuk membuat kamar tampak lebih besar dan lebih luas.

Putih juga digambarkan sebagai hal yang dingin, hambar, dan steril. Kamar yang dicat putih sepenuhnya bisa tampak luas, tetapi kosong dan tidak ramah. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit menggunakan warna putih untuk menciptakan rasa sterilitas.

Beberapa makna positif yang dapat disampaikan oleh putih antara lain kebersihan, kesegaran, dan kesederhanaan. Warna putih sering tampak seperti batu tulis kosong, melambangkan awal yang baru atau awal yang baru.

Di sisi negatif, putih bisa tampak dingin, dingin, dan terisolasi. Bayangkan bagaimana ruangan besar, putih, kosong mungkin tampak membosankan, hambar, dan gamblang.

Meskipun putih tidak merangsang indera secara signifikan, putih membuka jalan bagi penciptaan sesuatu yang dapat dibayangkan oleh pikiran.

Kata kunci positif untuk putih meliputi: tidak bersalah, kemurnian, kebersihan, kesetaraan, lengkap dan utuh, kesederhanaan, rapi dan rapi, mandiri, murni dan terbuka, awal baru.

Kata kunci negatif untuk putih meliputi: steril, telanjang, rewel, kosong, terisolasi, hati-hati, polos, jauh, tidak imajinatif, kritis, dan membosankan.

Warna Putih dalam Feng Shui

Putih dianggap sebagai warna yang kuat dalam feng shui. Ini adalah ilmu bangsa Cina yang merupakan sistem pengaturan lingkungan untuk menciptakan harmoni. Warna putih dalam feng shui dianggap sebagai wakil dari elemen logam. Aksen kayu dan kaca sangat cocok dengan warna putih, seperti halnya bit hitam untuk menyeimbangkannya. Putih juga bagus untuk dapur, ruang tamu, kamar mandi, dan kamar tidur. Bunga putih dalam pot putih adalah cara yang ekonomis untuk memunculkan kesan putih ke lingkungan Anda.

Warna putih memengaruhi pikiran dan tubuh dengan membantu kejernihan mental, mempromosikan perasaan awal yang baru dan pembaruan, membantu dalam pembersihan, membersihkan rintangan dan kekacauan, dan mendorong pemurnian pikiran dan tindakan.

Batu permata putih dipercaya membantu menciptakan permulaan baru, menghilangkan prasangka dan anggapan, untuk melihat ketidakbersalahan orang lain, dan untuk membersihkan kekacauan emosional dan membungkam kritik batin.

Efek Pengaruh Warna Putih

Dengan mengimplementasikan warna putih pada kamar, logo, atau benda tertentu, akan ada kesan dan efek khusus yang dirasakan. Efek dan pengaruh warna putih meliputi:

Imparsial
Putih menunjukkan keadilan dan netralitas karena keseimbangan dan kesetaraan semua warna yang terkandung di dalamnya.

Penyelamat
Putih menyelamatkan kita dari kegelapan. Misalnya ksatria putih, menyelamatkan gadis dalam kesusahan.

Futuristik
Melambangkan batu tulis yang bersih, kita dapat membayangkan apa pun dengan warna putih.

Efisien
Putih bersih dan klinis, memberi kesan efisiensi dan terorganisasi.

Arti Warna Putih dalam Kebudayaan Di Beberapa Negara

Putih adalah kemurnian, kebersihan, dan kepolosan. Seperti hitam, putih cocok dengan hampir semua warna. Di beberapa kebudayaan di dunia, putih memiliki sejumlah makna dan simbol, antara lain:

  • Putih adalah warna tradisional yang dikenakan oleh pengantin wanita di kawasan Eropa dan Amerika, serta di Jepang.
  • Putih adalah warna berkabung di Cina dan sebagian negara di Afrika.
  • Sudah menjadi kebiasaan bagi Ratu Perancis untuk mengenakan deuil blanc atau “berkabung putih”
  • Putih adalah warna duka terdalam di antara ratu Eropa abad pertengahan. Tradisi ini bertahan di Spanyol hingga akhir abad kelima belas.
  • Dalam budaya Tiongkok, warna berhubungan dengan lima elemen utama, arah, dan empat musim. Warna putih pada ilmu feng shui dikaitkan dengan logam, barat, dan musim gugur.
  • Bendera putih diakui secara universal sebagai simbol gencatan senjata atau perdamaian.
  • Orang Jepang memiliki enam istilah berbeda untuk mendefinisikan putih.
  • Orang Yunani kuno memakai pakaian putih untuk tidur dengan harapan agar tercipta mimpi yang menyenangkan.
  • Di Yom Kippur, para Grand Rabbi berpakaian putih untuk memulihkan hubungan ramah antara Tuhan dan umat-Nya.
  • Dalam agama Kristen, bunga bakung putih melambangkan Madonna. Pada Alkitab, putih melambangkan warna terang dan merupakan lambang ilahi.
  • Penampilan atau sosok putih dalam mimpi dianggap mewakili kebahagiaan di rumah. Kastil putih adalah simbol pencapaian, takdir terpenuhi dengan sempurna, dan kesempurnaan spiritual.
  • Beberapa budaya memandang putih sebagai warna keluarga kerajaan atau dewa. Malaikat biasanya digambarkan memakai putih.

Fakta dan Informasi Unik tentang Warna Putih

Bagi mata manusia, putih adalah warna cemerlang yang dapat menyebabkan pusing bagi sebagian orang. Terlalu banyak warna putih terang bisa menyilaukan mata. Berikut ini adalah sederet data menarik tentang warna putih:

  • Menurut perusahaan tren warna, Pantone Inc., putih adalah warna terlaris untuk kaos amerika klasik.
  • Lebih banyak gradiasi warna putih yang tersedia secara komersial daripada warna lainnya.
  • Pakaian putih biasanya menjadi tembus cahaya saat basah.
  • Awalnya, para ilmuwan mengenakan mantel krem. Pada akhir abad ke-19, para profesional medis memilih yang putih. Warna putih dipilih karena ide harapan dan keinginan untuk penyembuhan dan pemulihan yang akan dibawa oleh dokter.
  • Secara umum, bunga putih dan pucat memiliki aroma lebih kuat daripada bunga dengan warna yang lebih gelap.
  • “Kelapa” adalah aroma asli dari Magic Scents Crayons berwarna putih dari Binney & Smith Inc., diperkenalkan pada tahun 1994 dengan sebagian besar aroma makanan. Namun, ada banyak laporan bahwa anak-anak makan krayon beraroma makanan, sehingga aroma makanan dihentikan dan diganti dengan aroma bukan makanan. Aroma untuk warna putih menjadi “bedak bayi.”

Kepribadian Seseorang yang Suka Warna Putih

Jika Anda menyukai warna putih, maka Anda diprediksi memiliki karakter dan kepribadian seperti berikut ini:

Bila putih adalah warna favorit Anda berarti Anda sosok yang rapi dan dalam penampilan Anda, dalam presentasi rumah Anda dan di mobil Anda, hampir sampai menjadi fanatik.

Anda memiliki standar kebersihan dan kesucian yang sempurna dan Anda mengharapkan orang lain untuk mematuhi standar tinggi Anda.

Anda berpandangan jauh ke depan, dengan sifat positif dan optimis.

Anda seimbang, bijaksana, jujur dan teratur.

Dengan warna kepribadian putih, Anda berhati-hati, praktis dan lebih cermat dengan uang.

Anda berpikir dengan hati-hati sebelum bertindak. Anda mungkin tidak rentan terhadap perilaku impulsif.

Anda cenderung memiliki banyak kendali diri.

Anda percaya diri dan tenang, tetapi juga bisa sangat pemilih dan cerewet ketika suasana hati melanda.

Anda bisa sangat kritis terhadap diri sendiri dan orang lain (dalam kebutuhan Anda akan kesempurnaan) – tetapi Anda juga mencoba bersikap adil dan tidak memihak.

Anda mandiri dan penyendiri – Anda tidak ingin atau butuh bantuan dari siapa pun. Namun, Anda mungkin juga mengalami saat-saat kesepian karena sifat ini.

Anda mungkin ingin menciptakan kesederhanaan dalam hidup Anda – mungkin keinginan untuk menciptakan kembali masa kecil Anda, masa muda yang hilang dan masa-masa yang lebih bahagia dalam kehidupan masa lalu Anda.

Anda menyembunyikan kekurangan Anda dari orang lain untuk memberi kesan kesempurnaan.

Anda mungkin terlihat pemalu, tetapi Anda memiliki keyakinan kuat tentang sebagian besar hal dan menyukai kesempatan untuk mengutarakan keyakinan tersebut.

Tantangan bagi Anda adalah berpikiran terbuka dan fleksibel serta untuk mengomunikasikan kebutuhan dan keinginan Anda.

Penggunaan Warna Putih dalam Desain dan Pemasaran

Dalam kebanyakan kasus, putih dipandang sebagai warna latar belakang netral untuk warna lain, bahkan ketika digunakan dalam proporsi yang lebih kecil. Ini adalah warna yang menyampaikan makna paling penting dalam desain. Warna putih digunakan untuk menandakan kebersihan, kemurnian atau kelembutan.

Dalam pemasaran dan branding, putih digunakan untuk menyampaikan perasaan aman, kemurnian, kesegaran, dan kebersihan, serta untuk menciptakan kontras. Beberapa merek terkenal yang menggunakan banyak warna putih dalam logo dan pemasaran mereka adalah Michelin, Gap, Hewlett-Packard (HP), Lego, Volkswagen, Starbucks, Fisher-Price, Levi’s, dan Ford.

Arti Ungkapan Kata Putih

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa frase atau ungkapan dengan kata putih (white), yaitu:

  • White elephant (gajah putih) artinya langka, berharga tetapi mungkin tidak diinginkan.
  • White knight (ksatria putih) artinya seseorang yang datang untuk menyelamatkan orang lain, seseorang yang dianggap baik, mulia.
  • White list (daftar putih) artinya daftar barang yang baik atau dapat diterima.
  • White sale (penjualan putih) artinya penjualan seprai, handuk linen lainnya.
  • White flag (bendera putih) artinya menyerah.
  • White lightning (kilat putih) artinya minuman keras, wiski ilegal.
  • White knuckle artinya sesuatu yang cepat, menggairahkan, atau menakutkan.
  • White collar job (kerah putih) artinya tempat di mana seseorang melakukan pekerjaan profesional, manajerial atau administratif.

Nah, demikianlah arti dari warna putih. Apakah putih adalah salah satu warna kesukaan Anda? Bagaimana kesan Anda?

Tinggalkan komentar