Daftar Bank Tertua Di Dunia dan Masih Beroperasi Saat Ini

Sistem perbankan telah menjadi bagian dari kehidupan sejak awal peradaban manusia. Dahulu kala, pedagang memberi pinjaman gandum kepada petani dan pedagang yang membawa barang antar kota.

Jenis perdagangan ini dikenal sebagai sistem barter dan merupakan pemicu gagasan mendirikan bank dalam awal peradaban manusia di dunia. Namun, prototipe untuk sistem perbankan modern diyakini berasal dari abad pertengahan dan di awal era Renaisans Italia. Pada waktu ini, ada salah satu bank paling terkenal dalam sejarah, yakni Medici Bank.

Seiring perjalanan waktu, banyak bank yang silih berganti, tumbuh dan mati. Banyak faktor yang menjadi pemicu sebuah lembaga keuangan yang harus berhenti beroperasi. Ada sejumlah bank yang hanya bisa beroperasi satu tahun, ada yang mencapai satu dekade, dan ada juga sejumlah bank yang mampu “survive” hingga lebih dari seabad.

Dalam postingan ini, Anda dapat mengetahui daftar bank tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini. Salah satu bank tertua dalam daftar ini ada bersamaan dengan Bank Medici terkenal yang tutup pada tahun 1494.

Coutts

Coutts adalah bank Inggris yang berdiri sejak abad ke-17. Bank yang awalnya merupakan sebuah toko tukang emas ini didirikan pada tahun 1692 oleh John Campbell, seorang pandai emas muda dari Skotlandia.

Setelah Campbell meninggal pada tahun 1712, bisnis dilanjutkan oleh keluarganya, dan pada tahun 1755, cucunya, Polly, menikah dengan seorang pedagang dan petugas bank bernama James Coutts.

Ketika Polly dan ayahnya meninggal pada tahun 1760, bank dan sebagian besar kekayaan Campbell diserahkan kepada James, yang menamai bank tersebut dengan namanya sendiri (Coutts). Sejak tahun 2000, Coutts telah diakuisisi oleh Royal Bank of Scotland (RBS). Kemudian, dalam upaya untuk memfokuskan bisnisnya di Inggris, RBS kemudian menjual Coutts International ke Union Bancaire Privée dengan harga yang dirahasiakan.

Barclays

Barclays adalah salah satu bank multinasional terbesar di dunia dan bank tertua keenam yang masih ada hingga saat ini. Bank ini dimulai sebagai bisnis tukang emas yang didirikan oleh John Freame dan Thomas Gould pada tahun 1690. Pada tahun 1736, James Barclay, menantu Freame, menjadi mitra dalam bisnis tersebut, mendorong banyak orang untuk mengenal dan menamai bisnisnya sebagai “Barclays”.

Pada awal 1900-an, Barclays mulai mengembangkan bisnisnya dengan mengambil alih bank-bank Inggris yang lebih kecil dan terus melakukannya hingga hari ini.

Karena ukurannya yang besar dan cabangnya di seluruh dunia, Barclays terlibat dalam beberapa skandal termasuk tuduhan pencucian uang dan penggelapan pajak pada tahun 2009, memanipulasi pasar elektri Amerika Serikat dan manipulasi harga emas pada tahun 2008.

Bankhaus Metzler (Bank Metzler)

Bankhaus Metzler pada awalnya merupakan bisnis perdagangan tekstil yang didirikan oleh Benjamin Metzler pada tahun 1674. Benjamin Metzler berasal dari Saxony, pindah ke Frankfurt pada tahun 1671 dan bekerja selama beberapa tahun sebagai akuntan di sebuah perusahaan tekstil terkenal, sebelum mendirikan bisnisnya sendiri.

Sekitar tahun 1760, perusahaan tersebut berubah menjadi bank dan Friedrich Metzler adalah pejabat bank pertama di keluarganya. Pada akhir abad ke-19, bank berfokus pada penyediaan layanan keuangan individu.

Saat ini, Bank Metzler menyediakan layanan keuangan sebagai bank dagang, transaksi sekuritas, sebagai manajer aset, dan konsultan keuangan perusahaan.

C. Hoare & Co

C. Hoare & Co adalah bank swasta terkecil dan tertua yang berlokasi di Britania Raya. Bank ini didirikan pada tahun 1672 oleh Sir Richard Hoare dan masih dimiliki oleh keluarganya, dengan generasi ke 10 dan 11 yang mengelola operasional bank.

Bank melayani pelanggan bernilai tinggi dan memberi mereka pinjaman, hipotek, rekening tabungan, pajak, dan layanan perencanaan real estat. Selama abad ke-18, bank ini mulai memperkenalkan banyak aspek perbankan modern, khususnya cek cetak.

Sebagai bank tertua di Inggris dan salah satu yang paling bergengsi, C. Hoare & Co memiliki banyak klien terkenal termasuk Lord Byron, Jane Austen, Eton College dan Catherine of Braganza yang merupakan istri Raja Charles II.

Sveriges Riksbank

Sveriges Riksbank (biasa disebut Riksbanken) adalah bank sentral Swedia dan bank tertua ketiga yang masih beroperasi. Bank ini juga merupakan bank sentral tertua di dunia. Bank ini didirikan pada 1668 di bawah kendali langsung Riksdag of Estates (otoritas tertinggi Swedia setelah raja pada saat itu) untuk mencegah raja mencampuri urusan bank.

Bank Swedia sebelumnya, Stockholms Banco, gagal di bawah kendali raja karena mengeluarkan terlalu banyak uang kertas tanpa jaminan yang memadai. Pada tahun 1866, bank tua ini berganti nama menjadi Sveriges Riksbank, setelah badan legislatif nasional yang baru didirikan.

Menyusul krisis keuangan global pada awal 2000-an, bank menutup semua cabangnya di Swedia dan menunjuk perusahaan swasta untuk produksi koin dan uang kertas.

Bank Berenberg (Joh. Berenberg, Gossler & Co. KG)

Berenberg Bank, secara resmi dikenal sebagai Joh. Berenberg, Gossler & Co. KG, adalah bank komersial dan swasta tertua di dunia dan telah beroperasi sejak didirikan pada tahun 1590 oleh keluarga Berenberg / Gossler.

Bank tidak pernah merubah identitas atau nama aslinya dan masih dimiliki oleh keturunan dari pendiri aslinya. Bank yang berkantor pusat di Hamburg, Jerman ini saat ini memiliki 13 cabang domestik dan internasional.

Bank tersebut dinamai berdasarkan nama Johann Berenberg dan menantu laki-lakinya Johann Hinrich Gossler. Sebelum mereka membuka bank, Berenberg adalah pedagang kain. Logo bank-nya juga tidak pernah diubah, yang merupakan gabungan lambang keluarga Berenberg (beruang) dan keluarga Gossler (kaki angsa).

Banca Monte dei Paschi di Siena

Banca Monte dei Paschi di Siena, juga dikenal sebagai BMPS, adalah bank tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini. Bank ini didirikan pada tahun 1472 atas perintah Magistrature of the Republic of Siena dan telah beroperasi sejak saat itu.

Pada abad ke-17 dan ke-18, setelah penyatuan Italia, BMPS memperluas operasinya secara nasional dan menawarkan pinjaman hipotek pertama kepada warga negara Italia.

Saat ini, BMPS adalah bank ritel komersial terbesar keempat di Italia. Dalam beberapa tahun terakhir, seperti beberapa bank besar di dunia, BMPS telah diselamatkan oleh pemerintah untuk mencegah penutupan operasinya.

Tinggalkan komentar