15 Barang Termahal yang Dibeli Miliarder Dunia, Ada Bulu Burung

Jika esok pagi anda ditakdirkan untuk menjadi seorang miliarder, kira-kira barang atau benda apa yang akan anda beli? Mobil, perhiasan, rumah, atau pakaian yang bagus? Ya, dengan banyak uang dan harta, tentu memiliki suatu barang bukanlah perkara yang sulit. Bahkan benda-benda dengan harga selangit pun rasanya tak jadi masalah, seperti yang pernah dilakukan oleh beberapa milioner dunia berikut ini.

Memang sebuah filosofi lama selalu tetap berlaku hingga saat ini, dimana uang dan kekayaan pada kenyataannya mendikte bagaimana arus dunia berjalan. Selalu ada individu dalam masyarakat yang memiliki jumlah kekayaan besar yang hidup bermewah-mewah. Dari tujuh miliar penduduk dunia, ada sekitar 1.800 orang yang masuk dalam daftar miliarder dunia.

Tak semuanya menghambur-hamburkan uangnya untuk kesenangan diri semata. Beberapa di antaranya justru memutar penghasilan mereka untuk tujuan amal. Namun, sejumlah diantaranya membelanjakan uangnya untuk membeli sesuatu yang terbilang mahal dan mewah. Nah, apa sajakah jenis transaksi atau pembelian barang yang tercatat sebagai yang paling mahal di abad ini? Inilah daftarnya.

1. Sebuah Bulu Burung

Ini adalah bulu yang paling berharga di dunia, karena bulu ini milik burung Huia, spesies burung yang sekarang sudah punah. Di suku-suku pedalaman, bulu burung ini biasanya digunakan untuk menghiasi kepala suku Maori. Harga sehelai bulu burung Huia ini adalah 10.000 dollar atau sekitar 130 juta rupiah. Sehelai bulu yang seharga sebuah mobil LCGC.

2. Sebuah Festival Parade

Semua orang tentu suka parade karena hal itu menyenangkan. Seorang miliarder asal Amerika Serikat, Mark Cuban, yang sekaligus pemilik klub basket Dallas Mavericks, mengeluarkan dana besar untuk menyelenggarakan parade kemenangan timnya yang merebut piala NBA pada musim 2011 lalu. Ada sekitar 1,2 juta dollar atau lebih dari 15 miliar rupiah uang yang dibayarkan Mark Cuban untuk penyelenggaraan parade tersebut. Biaya parade ini termasuk sebotol sampanye untuk para atlet seharga $ 90.000 per orang.

3. Domain ‘insure.com’

Sebuah nama domain untuk alamat situs (www-dot-com) biasanya dibandrol dengan harga 100 ribu rupiah setahun. Nah, menurut The Guinness Book of Records, Insure.com adalah nama domain yang paling mahal yang pernah dijual. Domain ini sekarang menjadi milik perusahaan pemasaran Quinstreet yang berbasis California. Bagi sebuah perusahaan besar skala internasional, membeli nama domain dengan harga 1,6 juta dollar tersebut bukanlah masalah besar demi investasi ke depannya terutama di kancah dunia maya.

4. Kapal Selam

Umumnya kita mengenal kapal selam merupakan sarana transportasi dalam dunia militer. Namun, setelah perang dunia pertama, kapal selam telah digunakan secara luas oleh warga sipil untuk berbagai kepentingan, misal penelitian ilmiah, operasi penyelamatan, eksplorasi bawah laut, hingga tujuan wisata.

Pembelian barang termahal berikutnya yang dilakukan oleh miliarder dunia adalah pembelian kapal selam oleh James Cameron, seorang sutradara film tersukses yang menghasilkan berbagai karya film seperti Titanic dan Avatar. Sutradara Hollywood ini merogoh kocek sebesar 1,5 juta dollar untuk membeli kapal selam pribadi tersebut.

5. Sebatang Pena

Berapa harga pulpen yang anda pakai? Mungkin Rp 10.000? Lalu bagaimana jika harga pena yang anda beli lebih dari 550 juta rupiah? Wow, tentu ini harga yang fantastis. Tapi memang pena yang dijuluki Goldsmith Jack Row Pen tersebut memiliki harga yang sebanding karena pena telah dibalut dengan 0,9 karat berlian, emas putih, dan perak yang disepuh dengan emas senilai 22 karat.

6. Tali Leher Anjing

Anjing yang merupakan salah satu hewan peliharaan rumah, sering kali diberi ikatan tali pada lehernya, baik yang terbuat dari karet, kain, rantai besi, ataupun tali sintesis. Nah, jangan terkejut jika ada sebuah tali leher anjing yang dibeli oleh seorang miliarder dengan harga 3,2 juta dollar atau lebih dari 41 miliar rupiah. Kalung anjing yang bernama Amour Dog Collar ini dihiasi dengan 1.600 butir berlian dan emas putih.

7. Silet (Pisau Cukur)

Pembelian barang dengan harga fantastis yang dilakukan orang kaya dunia adalah silet atau pisau cukur untuk mencukur kumis dan jenggot. Pisau cukur yang bernama Razor Sapphire ini dibandrol dengan harga 100.000 dollar atau sekitar 1,3 miliar rupiah. Silet ini sangat langka karena hanya diproduksi 99 pcs saja, yang terbuat dari stailess steel dan safir buatan, serta pegangannya dari iris (mirip platinum).

8. Lukisan Card Players

Sebuah lukisan minyak oleh seniman post-impresionis asal Prancis bernama Paul Cezanne merupakan salah satu karya dimensi yang dijual dengan harga mahal. Lukisan ini pada tahun 2011 lalu dibeli oleh keluarga kerajaan Qatar senilai 300 juta dollar. Lukisan ini menjadi termahal kedua karya seni yang pernah dijual setelah lukisan Interchange karya Willem de Kooning.

9. Kacamata

Beberapa perusahaan memproduksi aksesoris mahal seperti kacamata hitam untuk memenuhi kebutuhan fashion para anggota masyarakat yang tergolong miliarder. Dolce & Gabbana adalah merek kacamata hitam yang memiliki DG2027b, dibalut dengan frame atau bingkai emas, sehingga rasanya tidak ada yang membuat miliarder merasa seperti miliarder, tanpa mengenakan kacamata hitam senilai $ 383.609.

10. Bangkai Ikan Hiu

Pada tahun 2007, seorang manajer asuransi, Steven Cohen, telah membeli seekor ikan “tiger shark” yang telah mati dengan harga 8 juta dollar. Steven yang memiliki nilai kekayaan 12 miliar dollar ini kemudian menempatkan ikan hiu macan tersebut ke dalam tangki alkohol untuk mencegah ikan tersebut rusak. Rasanya tak masuk akal membeli bangkai ikan dengan harga selangit, tapi karena uang terlalu banyak sudah tak tahu lagi harus berbuat apa.

11. Pesawat Jet Pribadi

Bagi billionaire dari Rusia, Alisher Usmanov, beliau tidak perlu lagi bersusah payah atau mengantri untuk naik pesawat, kerana telah memiliki pesawat pribadi yang terbesar dan termahal di dunia. Alisher telah membeli pesawat Airbus A340-300, dengan harga sekitar 400 juta dolar, yang merupakan pesawat pribadi terbesar di Rusia dan Eropa.

12. Potong Rambut

Berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk memotong rambut? Rp 10.000 atau Rp 100.000? Tidak peduli berapa harganya, biasanya tidak melebihi sejuta untuk pria. Dan tidak normal jika Anda menghabiskan banyak uang untuk hal kecil ini, dan itu harus dilakukan hampir sebulan sekali. Tapi tidak masalah bagi Sultan Brunei, yang menghabiskan banyak uang, hanya untuk mendapatkan potongan rambut favoritnya. Sultan Brunei adalah salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan lebih dari 20 miliar dollar.

Dia biasanya akan menerbangkan penata rambutnya, Ken Modestou dari London sejauh 11.276 kilometer ke Brunei melalui Singapore Airlines, dengan tujuan yang untuk memotong rambutnya. Demi memastikan kesehatan Ken terjaga, dia diberi sebuah pesawat pribadi, menghindari terpapar penyakit dari penumpang lain, misal terinfeksi flu babi. Bahkan, Ken sesekali pergi ke Brunei setiap 3-4 minggu. Harga jasanya $20.000 atau sekitar 260 juta rupiah per sesi. Sungguh fantastis, jika dibandingkan tarif Ken di kotanya yang hanya 40 dollar per sesi. Dia telah bersama Sultan Brunei selama 16 tahun.

13. Pesawat Luar Angksa

Jika Alisher membeli salah satu pesawat pribadi termahal di dunia, maka ceritanya dengan miliarder ini. Salah satu orang terkaya di dunia, Richard Branson, yang juga pendiri perusahaan Virgin Group, telah menghabiskan 200 juta dollar untuk membangun pesawat ruang angkasa yang dapat menampung 8 penumpang ke luar angkasa. Tujuan utamanya adalah untuk menggabungkan pariwisata dengan minat antariksa, sehingga memungkinkan siapapun yang ingin melihat pesona atmosfer bumi dari luar angkasa. Namun, dikatakan bahwa mereka yang ingin naik pesawat ruang angkasa harus membeli tiket seharga 30.000 dollar untuk satu orang.

14. Sebuah Jam

Jam merupakan satu diantara ciptaan manusia yang paling tua di dunia. Pada zaman dahulu, orang-orang menebak waktu dengan berpatokan pada matahari dan bulan. Kemudian teknologi semakin berkembang dan jam tangan tercipta, lalu fungsi jam ditanamkan pada telepon pintar. Namun, bagi Jeff Bezos, pendiri Amazon yang juga merupakan manusia terkaya ke-2 di dunia, telah menghabiskan uang sebanyak 42 juta dolar untuk membangun sebuah jam. Jam tersebut sedang dibangun di dalam sebuah gua di Texas. Lebih menarik, jam ini dikatakan akan bertahan untuk jangka waktu 10.000 tahun.

15. Buku Legenda

Salah satu pembelian benda dengan harga fantastis adalah selembar buku kuno. Pembelian ini dilakukan oleh manusia terkaya di dunia. Ya, Bill Gates. Kita tahu bahwa Bill Gates adalah seorang kutu buku yang biasanya membaca sebanyak 50 buah buku setahun. Mungkin minatnya terhadap buku terlalu menggunung, sehingga Bill Gates telah membeli sebuah buku dengan harga 30,8 juta dollar pada tahun 1994.

Mengapa terlalu mahal? Buku tersebut adalah hasil nukilan Leonardo Da Vinci, dan merupakan sebuah jurnal saintifik yang diberi nama “Codex Leicester”. Buku tersebut mempunyai 72 halaman, yang telah diterbitkan pada tahun 1510. Buku ini memberi gambaran tentang pemikiran pelukis, ilmuwan dan ahli pikir Renaissance itu. Buku ini berisi ilustrasi yang menunjukkan hubungan antara seni, sains dan kreativitas proses ilmiah.

Nah, demikianlah sederet benda dan barang yang dibeli dengan harga fantastis oleh para miliarder dunia. Bagaimana pendapat Anda?

Tinggalkan komentar