7 Barang Sehari-hari Penyebab Jerawat

Meskipun jerawat itu kecil dan menjadi hal yang biasa namun tetap saja itu terasa mengganggu. Secantik dan setampan apa pun paras seseorang, jika dihiasi dengan jerawat, pasti juga tidak akan enak dipandang. Mungkin sekarang ini sudah banyak orang yang sudah mengetahui atau bisa merawat kulit wajahnya dengan baik. Entah itu dengan menggunakan bahan alami, dengan mencucinya secara teratur, atau dengan memanfaatkan salah satu produk kecantikan yang membantu dalam perawatan kulit wajah.

Namun, walaupun sudah bersusah payah untuk menjaga kesehatan kulit wajah, tetapi tetap saja masih tumbuh jerawat. Mengapa begitu? Coba Anda pikirkan lagi, apakah mungkin ada penyebab lain yang tidak Anda sadari. Jerawat yang mengikis rasa percaya diri memang dapat disebabkan oleh beragam faktor, termasuk diet, gaya hidup, genetika dan hormon.

Namun apakah Anda pernah membayangkan bahwa hal-hal kecil seperti benda-benda yang digunakan sehari-hari dapat menjadi penyebab munculnya jerawat? Itu adalah objek atau barang yang sering menjadi kontak langsung dengan wajah.

Jadi, jangan hanya memperhatikan wajah Anda. Perhatikan juga hal-hal atau benda-benda yang kontak pada wajah, karena jerawat dapat muncul dengan mudah, tetapi menghilangkannya menjadi sangat sulit.

Mau tahu barang harian apa saja yang sering Anda gunakan yang mungkin mampu menjadi pemicu datangnya jerawat pada kulit wajah Anda? Baca lebih lanjut di bawah ini!

1. Kuas riasan

Adalah baik bagi Anda untuk mengetahui bahwa kuas riasan dapat membuat jerawat. Kuas rias yang kotor, atau tidak dibersihkan dengan benar akan menyumbat pori-pori wajah Anda dengan kotoran. Jadi pastikan untuk membersihkan riasan Anda dengan baik dan benar.

2. Ponsel

Sekarang teknologi sudah semakin canggih, setiap jam Anda tidak dapat melarikan diri atau terlepas dari ponsel Anda. Dan karena selalu dipegang, jadi bukan hal yang tidak mungkin jika kotoran dari tangan akan menempel pada handphone Anda, dan kotoran akan bergerak di pipi dan rahang saat kita menelpon. Jadi cobalah untuk mencuci tangan sebelum memegang ponsel, atau bersihkan layar ponsel Anda dengan tisu anti-bakteri.

3. Kacamata

Jangan lupa selalu membersihkan kacamata Anda. Frame kacamata selalu bersentuhan dengan kulit wajah. Jika bingkai kacamata Anda kotor dengan minyak, atau sisa makeup, korbannya adalah kulit Anda sendiri.

4. Helm

Bagi Anda yang suka mengendarai sepeda motor, sudah pasti Anda akan selalu memakai helm. Untuk itu bersihkan helm Anda selalu. Bakteri akan menempel pada helm ketika Anda berkeringat atau terkena debu saat dalam perjalanan. Sementara, kulit wajah Anda akan selalu bersentuhan langsung dengan helm, kemungkinan besar itu dapat menjadi penyebab serangan jerawat.

5. Bantal

Bantal yang Anda gunakan untuk tidur juga dapat menjadi sarang bakteri, karena sering kontak langsung dengan keringat wajah hingga rambut Anda. Jadi jangan malas mencuci sarung bantal, agar wajah Anda terhindar dari potensi bakteri an noda debu. Sebaiknya Anda mengganti sarung bantal setidaknya sekali seminggu, dan Anda juga bisa membalikkan sarung bantal pada sisi yang masih bersih saat digunakan tidur.

6. Aksesoris

Tubuh kita akan selalu berkeringat, berminyak dan juga terkena debu setiap harinya. Untuk itu benda aksesoris yang kita gunakan juga pasti akan terkena bakteri. Bagaimana tidak, bukankah Anda menggunakannya sepanjang hari, dan melepasnya ketika Anda mandi. Tubuh Anda mungkin akan bersih lalu bagaimana dengan aksesoris yang yang Anda gunakan? Bagi Anda yang suka menggunkan aksesoris, tetaplah menjaga kebersihannya.

7. Handuk

Selanjutnya barang harian yang dapat menyebabkan jerawat adalah handuk. Sering kali kita lupa entah sudah berapa lama handuk itu terakhir dicuci, karena saking sibuknya beraktivitas. Handuk merupakan tempat utama bagi bakteri dan jamur bersarang, jadi sebaiknya jaga kebersihannya dengan mencucinya sesering mungkin.

Itulah beberapa benda atau barang di rumah yang bisa menjadi penyebab jerawat, karena sering menyentuh kulit. Jadi, untuk menjaga kulit Anda bersih, jangan lupa membersihkan barang-barang tersebut. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar