25 Cara Unik Mengetahui Jenis Kelamin Bayi dalam Kandungan

Selama proses kehamilan, salah satu hal yang paling membuat penasaran bagi orang tua dan keluarga adalah prediksi jenis kelamin si calon bayi yang akan lahir. Dengan mengetahui secara akurat dan pasti, maka pihak orang tua dan keluarga akan lebih mudah mempersiapkan segalanya, seperti nama dan juga perlengkapan baju bayi.

Di era modern ini, ada beragam peralatan canggih untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang ada di dalam kandungan secara lebih akurat. Di sisi lain, masih banyak orang tua dan keluarga yang menggunakan metode-metode tradisional untuk menebak jenis kelamin si jabang bayi.

Cara-cara yang dipakai tersebut sangat mudah sehingga bisa dilakukan di rumah. Sebagian besar metode dilakukan hanya dengan mengamati perubahan fisik dan wajah si ibu, alih-alih dengan bantuan teknologi modern. Inilah ragam cara unik menebak jenis kelamin bayi (laki-laki atau perempuan) yang ada di dalam kandungan:

1. Melihat Bentuk Perut

Salah satu cara unik dalam menebak jenis kelamin si jabang bayi adalah dengan melihat bentuk kehamilan. Ibu hamil yang perutnya berbentuk runcing diprediksi akan melahirkan bayi laki-laki, sedangkan jika agak bulat diperkirakan sedang hamil anak perempuan. Selain itu, jika perut tampak kecil, itu menandakan anak laki-laki. Sebaliknya, hamil dengan perut besar menunjukkan bayi perempuan.

2. Penampilan dan Kelenturan Tubuh

Jika calon ibu tidak terlihat seperti wanita hamil dari belakang, itu berarti bagian tubuh lainnya tidak menjadi gemuk, itu menandakan ia sedang mengandung bayi laki-laki. Ibu seperti ini biasanya bisa bergerak dengan cepat dan ringan. Sebaliknya, jika gerak tubuhnya tampak kikuk, dan terlihat hamil bila dilihat dari belakang (atau semua bagian tubuhnya terisi/gemuk secara merata), maka ia mungkin mengandung bayi perempuan.

3. Penampilan Wajah

Jika perubahan wajah wanita hamil ternyata terlihat jauh lebih cantik daripada sebelum hamil, maka dia mungkin mengandung seorang anak laki-laki. Sebaliknya, jika dia tidak terlihat secantik sebelumnya, dia mungkin mengandung seorang bayi perempuan. Persepsi ini ternyata berbeda-beda di masing-masing daerah.

4. Perubahan Kulit

Ditinjau dari perubahan kulit si ibu hamil, jika menjadi lebih gelap dari sebelumnya, itu menandakan bayi laki-laki. Sedangkan, bila tidak menemukan perubahan atau menjadi lebih cerah, maka kemungkinan tengah mengandung bayi perempuan.

5. Bentuk Kaki

Jika ibu hamil tidak terlihat perubahan pada kaki-kakinya, maka dia mungkin akan mendapatkan bayi cowok. Jika dia mengalami edema pedal (kaki lebih bengkak), maka diprediksi akan melahirkan bayi cewek.

6. Warna Ketiak

Jika si ibu hamil menemukan ketiaknya menjadi lebih gelap dari sebelumnya, maka itu menandakan tengah hamil bayi perempuan. Jika tidak, maka akan lahir anak laki-laki.

7. Bentuk Hidung

Jika hidungnya menjadi lebih besar dari sebelumnya, itu menandakan anak laki-laki. Sedangkan bila tidak terlihat adanya perubahan, maka diperkirakan akan memiliki bayi perempuan.

8. Perubahan Pusar

Saat ibu hamil melihat pusarnya menonjol selama kehamilan, maka dia mungkin akan mendapatkan bayi laki-laki. Jika tidak, dia mungkin akan melahirkan bayi yang cantik.

9. Perkembangan Payudara

Menurut penelitian, seorang wanita hamil yang menemukan perkembangan payudaranya dramatis, lebih mungkin untuk mendapatkan bayi perempuan. Sebaliknya, jika tidak ada perubahan yang jelas, itu menunjukkan anak laki-laki.

10. Stretch Mark di Sekitar Pusar

Biasanya ada garis di atas dan di bawah pusar. Jika garis ditemukan lurus dan panjang membentang ke tengah payudara, Anda bisa mendapatkan bayi laki-laki. Jika pendek dan tidak lurus, ini menandakan seorang gadis. Selain itu, jika garisnya berada di sebelah kiri pusar, Anda mungkin mendapatkan anak laki-laki. Di kanan akan menjadi perempuan.

11. Saat Ngidam

Di Cina, itu adalah teori yang sangat populer bahwa jika seorang wanita hamil suka makan makanan asam ketika dia hamil, dia akan melahirkan anak laki-laki, dan makanan pedas menandakan seorang gadis. Namun, itu tidak ilmiah. Hanya untuk bersenang-senang.

12. Morning Sickness

Ibu hamil yang kurang menderita karena mual di pagi hari selama kehamilan mengindikasikan akan mengandung seorang anak laki-laki. Jika dia banyak menderita dan pusing di pagi hari, itu menandakan tengah hamil bayi perempuan.

13. Denyut Pergelangan Tangan

Cobalah sentuh denyut pergelangan tangan pada wanita hamil. Jika nadi pergelangan tangan kirinya terasa lebih kuat (kencang) daripada yang kanan, berarti bayinya laki-laki. Jika sebaliknya, maka diprediksi dia sedang hamil bayi perempuan.

14. Posisi Bayi

Lihat dan rabalah perut si ibu hamil. Jika bayi ditemukan berada di bagian bawah perut, itu menandakan anak laki-laki. Sementara, jika bayi diposisikan tinggi di dalam rahim, maka ada kemungkinan akan memperoleh bayi perempuan.

Selain itu, jika bayi menghadap ke luar sesuai dengan pemindaian Ultrasonik (USG), itu merupakan indikasi anak laki-laki. Jika bayi menghadap ke arah ibu, itu menunjukkan calon bayi perempuan.

15. Gerakan Janin

Jika jabang bayi aktif dan banyak bergerak dalam kandungan ibu sejak 16 minggu setelah ibu hamil dan perasaan seperti ditendang, itu menandakan seorang anak laki-laki. Jika gerakan janin terasa sangat lambat dan halus, kemungkinan besar itu adalah bayi perempuan.

16. Jantung Janin

Ketika pemantauan jantung janin dilakukan, jika Anda menemukan jantung janin berada di sisi kiri Anda, itu menunjukkan seorang anak laki-laki dan bila pada sisi kanan maka diperkirakan seorang bayi cewek. Selain itu, jika detak jantung bayi kurang dari 140 detak per menit, Anda mungkin akan mendapatkan bayi laki-laki. Jika jauh lebih cepat yang bisa mencapai 150 atau lebih, Anda mungkin mendapatkan seorang gadis. Terbukti bahwa keakuratan cara ini bisa mencapai 90%.

17. Kebiasaan Bumil

Para ibu hamil yang didapati jauh lebih rajin dari sebelumnya biasanya diprediksi akan mendapatkan bayi laki-laki. Sementara, jika seorang ibu hamil menjadi lebih malas, maka mungkin akan melahirkan bayi yang cantik.

18. Tes Urine

Jika tes urin pada wanita hamil menunjukkan alkali, dia mungkin mendapatkan anak laki-laki. Jika terbukti asam, itu menandakan seorang bayi perempuan.

19. Kantung Janin

Coba lihat dan dapatkan data terkait dengan Kantung Janin yang diperiksa sekitar 50 hari setelah kehamilan, jika bentuk Kantung Janin ditemukan lebih panjang daripada bulat, itu menunjukkan anak laki-laki. Yang bundar menunjukkan seorang gadis.

20. Lokasi Plasenta

Plasenta di Dinding Uterus anterior yang berarti plasenta terletak di sisi perut biasanya menunjukkan calon bayi perempuan. Jika plasenta terletak di sisi tulang belakang Anda, itu menunjukkan anak laki-laki. Cara ini juga terbukti memiliki akurasi tinggi.

21. Waktu Kelahiran Bayi

Dalam kebanyakan kasus, para ibu yang bayinya lahir beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo, mereka biasanya mendapatkan bayi laki-laki. Jika melahirkan terlambat dari tanggal perkiraan, mereka biasanya mendapatkan bayi perempuan.

22. Lihat Kaki yang Anda Langkahkan Pertama

Ketika Anda berdiri dan mulai berjalan, amati kaki mana yang Anda langkahkan pertama kali. Jika yang kiri, Anda cenderung mendapatkan bayi ganteng. Yang kanan kemungkinan seorang bayi cantik.

23. Perubahan Jerawat

Jika jerawat menjadi lebih banyak saat hamil, dipercaya bayi perempuan yang akan lahir. Sedangkan, jika jerawat tidak bertambah, maka diprediksi anak laki-laki yang akan lahir.

24. Menggunakan Baking Soda

Ternyata salah satu metode unik untuk memprediksi jenis kelamin bayi adalah dengan menggunakan 2 sendok makan baking soda yang dicampur dengan urin si ibu hamil. Bila keluar suara mendesis, maka bayinya lelaki. Sedangkan jika tidak terjadi apa pun, maka bayinya diperkirakan perempuan.

25. Biarkan Anak-Anak Tiga Tahun Memprediksi

Di Cina dan beberapa kebudayaan di Asia menganggap bahwa seorang anak yang berusia tiga tahun dapat memprediksi dengan benar jika seorang wanita hamil mengandung bayi laki-laki atau perempuan. Jadi, biarkan saja seorang anak yang berusia tiga tahun untuk melihat perut Anda dan tanyakan apakah itu laki-laki atau perempuan.

Nah, demikianlah sederet metode tradisional yang sering dipakai untuk memprediksi jenis kelamin bayi saat sedang berada di dalam kandungan. Poin-poin di atas memang belum terbukti ilmiah, tapi bapak ibu bisa gunakan untuk sekedar tebak-tebakan dan kesenangan saja.

Tinggalkan komentar