20 Cara Menghilangkan Jerawat khusus Cewek

Bagaimanakah cara menghilangkan jerawat, terutama pada wajah remaja putri? Apa bahan-bahan alami untuk mencegah munculnya jerawat? Salah satu masalah kulit yang banyak dihadapi oleh remaja putri adalah wajah berjerawat. Infeksi kulit ini seringkali menjadi penyebab turunnya rasa percaya diri bagi mereka yang mengalaminya. Nah, tahukah Anda cara-cara untuk mencegah jerawat atau acne dengan efektif? Apa sajakah faktor-faktor yang menyebabkan jerawat tumbuh menggerutu di muka Anda?

Sebenarnya, masalah jerawat atau acne terjadi ketika kulit kita mulai berminyak. Kondisi menjadi semakin parah ketika pori-pori kelenjar sebum yang terletak pada permukaan dermis kulit menjadi tersumbat oleh debu dan kotoran. Hai ini kemudian menyebabkan perkembangbiakan bakteri pada saluran-saluran yang tersumbat. Kondisi ini akan menghasilkan bintik-bintik hitam, jerawat dan komedo pada wajah.

Masalah jerawat memang sering terjadi ketika seseorang mulai memasuki tahap remaja (pubertas) dan itu terjadi tanpa memandang jenis kelamin. Fenomena ini berkorelasi dengan kehadiran hormon testosteron atau estrogen pada tingkat yang tinggi di dalam darah. Pembentukan jerawat batu disebabkan oleh infeksi bakteri pada saluran kelenjar sebum yang tersumbat.

Ada banyak asumsi penyebab jerawat yang merusak kemulusan wajah seseorang. Ada yang beranggapan hal itu bersumber dari perubahan hormon, pola diet seseorang, dan emosi yang tidak seimbang. Namun kenyataannya, penyebab jerawat atau acne di wajah dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Penyebab Jerawat atau Acne pada Wajah

Berikut adalah beberapa penyebab utama masalah jerawat yang menjadi “bintang-bintang” di wajah anda:

  1. Selama menstruasi, seringkali “jerawat” atau acne tumbuh di wajah yang diakibatkan ketidakseimbangan hormon. Hal ini membuat upaya mencegah jerawat menjadi lebih sulit.
  2. Emosi yang tidak normal seperti tekanan perasaan, depresi dan sebagainya merupakan penyebab jerawat yang membuat upaya mencegah jerawat menjadi sulit.
  3. Konsumsi diet yang mengandung kadar lemak tinggi dan makanan ringan mengandung coklat merupakan penyebab jerawat (acne) yang membuat masalah mencegah jerawat menjadi sulit.
  4. Penyabab jerawat lainnya yang suit diatasi adalah mengkonsumsi obat pil kontrasepsi, obat epilepsi dan obat yang mengandung steroid.
  5. Penggunaan kosmetik wajah yang merangsang muka berminyak.
  6. Sering berada di dalam suasana yang panas dan lembab juga menjadi faktor penyebab jerawat yang tumbuh di kulit wajah.
  7. Kekurangan Vitamin A dan Vitamin E juga memicu munculnya jerawat.

Masalah jerawat atau acne jika tidak dirawat dengan benar, kemungkinan akan merembet menjadi jerawat batu disebabkan oleh pembentukan cyst di bawah kulit. Bagaimana tindakan yang harus kita lakukan untuk mengobati jerawat atau acne yang tumbuh membatu pada wajah?

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Efektif.

Masalah jerawat yang timbul pada wajah harus dibiarkan tanpa diusik, termasuk memencet jerawat sampai pecah karena dapat mengundang pembentukan parut dan infeksi kuman pada wajah. Merawat jerawat acne dengan benar merupakan hal penting guna memastikan ia tidak menyebar dan meninggalkan kesan parut pada wajah. Sejalan dengan itu, langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengobati jerawat adalah:

1. Basuh wajah

Untuk menghilangkan jerawat, langkah awal yang harus Anda tempuh adalah dengan membersihkan muka. Jerawat mengandung bakteri yang telah menahan pori pori wajah Anda. Oleh karena itu, langkah pertama adalah dengan melawan balik menggunakan pembersih jerawat yang lembut namun efektif. Sebagian orang menggunakan handuk kecil ketika membersihkan wajah, tetapi tangan juga efektif dengan tidak menimbulkan iritasi. Ambil produk pembersih jerawat, campurkan dengan air hangat dan lembut, gosokkan pada wajah Anda dalam gerakan melingkar.

2. Bersihkan wajah dengan sabun untuk stabilkan pH kulit agar tidak asam

Hal ini penting karena kulit asam akan merangsang reaksi inflamasi pada kulit dan menjadi medium yang cocok untuk perkembangbiakan bakteri kulit. Saat membersihkan wajah, kita juga tidak dianjurkan untuk menggosok permukaan wajah secara kasar karena dapat merusak lapisan epidermis kulit.

3. Kelupas kulit anda

Biasakan diri untuk mengelupas kulit dengan scrub jerawat setiap minggu, ya setiap minggu! Pengelupasan berarti menanggalkan dengan lembut lapisan atas sel kulit mati yang menumpuk di atas epidermis. Hal ini juga berperan untuk membuka pori-pori untuk lapisan kulit baru yang berseri dan bebas jerawat. Saat Anda mencuci muka untuk tujuan mengangkat kulit mati pada wajah anda, berhati-hati agar tidak menggosok terlalu kuat.

Gunakan air sejuk dan bilas muka anda secukupnya sambil menggosok dengan lembut. Air hangat akan membuka liang pori dan memberikan kesempatan bagi pembersih jerawat anda untuk membersihkan pori dengan secukupnya. Sementara air sejuk akan menyempitkan saluran darah dan menyebabkan pori dan kulit di sekitarnya menjadi ketat.

4. Gunakan astringent pada bagian kulit yang terindikasi jerawat

Astringent adalah agen yang menyebabkan kulit menyusut atau menjadi lebih kecil. Beberapa pengobatan dan produk anti jerawat komersial menggunakan berbagai agen anti bakteri, antimikroba dan senyawa zat untuk melawan jerawat dan menghaluskan kulit. Zat ini merupakan cara paling cepat dan paling efektif untuk mengobati jerawat dalam waktu cepat, terutama jika Anda memiliki waktu yang terbatas.

5. Mengolesi krim atau lotion benzoil peroksida

Krim atau lotion jerawat jenis ini dapat mengelupaskan lapisan epidermis kulit lalu melonggarkan saluran kelenjar sebum yang tersumbat. Cara mengobati jerawat ini juga dapat membantu untuk membatasi pertumbuhan bakteri pada saluran kelenjar sebum yang tersumbat ini. Benzoil peroksida digunakan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Benzoil peroksida tersedia dalam beberapa konsentrasi namun tingkat efektivitas benzoil peroksida adalah yang memiliki konsentrasi 2,5%.

Benzoil peroksida juga membantu mengelupas lapisan-lapisan kulit mati dan membuat kulit baru yang lebih cerah dan tampak lebih muda. Tindakan ini sangat cocok digunakan pada orang-orang yang memiliki banyak bintik hitam atau flek pada wajah. Selain itu, ini juga sangat sesuai untuk mencegah jerawat jerawat tumbuh kembali.

6. Mengusapkan krim asam azelaic

Sama halnya dengan peran benzoil peroksida, asam salisilat mampu membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit wajah. Asam salisilat juga membantu regenerasi kulit lebih cepat sehingga mendorong tumbuhnya kulit baru. Oleskan sedikit asam salisilat pada daerah kulit yang meradang sebelum Anda tidur, terutama setelah Anda selesai mencuci muka.

7. Berhati-hati ketika menyentuh wajah

Sadar atau tidak, saat tangan menyentuh wajah kita, itu bisa saja membawa debu, kotoran dan bahan kimia yang menempel pada jari yang akhirnya berpindah ke permukaan kulit wajah. Untuk mencegah terbentuknya gejala jerawat, kita harus lebih peka dengan kebersihan tangan terutama bagi mereka yang sering berada di tempat-tempat yang berdebu dan sering menangani bahan-bahan kimia.

8. Menyapukan krim atau lotion yang mengandung sintetis Vitamin A

Krim atau lotion jerawat jenis ini dapat membantu untuk mengelupaskan permukaan epidermis kulit yang mengandung saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, dan selanjutnya mempercepat pembentukan lapisan epidermis yang baru. Dalam pemakaiannya, krim jerawat ini jangan diusapkan terlalu banyak atau tebal pada kulit karena juga dapat menyebabkan kulit terasa pedih.

9. Coba gunakan astingent alami

Jika anda ragu menggunakan obat jerawat berbahan kimia, dan lebih suka memakai bahan alami, maka coba buka kulkas anda. Mungkin saja di dalam lemari pendingin tersebut ada bahan-bahan alami yang memiliki kualitas astringent bagus untuk menghilangkan bintik-bintik jerawat. Jika Anda sedang mencoba menghilangkan jerawat secepat mungkin, cobalah gunakan salah satu dari bahan-bahan alami berikut ini:

  • Kulit pisang selain populer sebagai obat untuk gigitan serangga dan nyamuk, ia juga rupanya dapat membantu mengurangi ukuran jerawat. Gosok kulit pisang pada area kulit yang berjerawat dengan lembut. Campurkan bersama sedikit garam, satu sendok teh cuka dan satu sendok makan sirup mapel di dalam blender. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 7 menit. Basuh dengan cairan pembersih muka dan keringkan.
  • Gunakan witch hazel. Witch hazel adalah tanaman dengan nama latin Hamamelis Virginiana, yang sering digunakan dalam produk kecantikan. Banyak produk kosmetik di pasaran yang mengandung bahan utama with hazel. Cari witch hazel yang tidak mengandung alkohol, kemudian oleskan sedikit pada bagian yang berjerawat dan biarkan kering.
  • Teh hijau adalah sejenis zat yang penuh dengan antioksidan yang membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melawan radikal bebas. Rendam kantung teh dalam sedikit air panas, kemudian kantong teh yang telah basah tersebut diletakkan di atas bagian kulit berjerawat dengan sekejap.
  • Buah tomat memiliki tingkat asam yang mampu memecahkan jerawat dan mengecilkannya. Asam ini menutup pori pori dan melawan bakteri. Usapkan setengah buah tomat pada sisi wajah Anda dan setengahnya lagi pada sisi yang lain.

10. Oleskan es batu pada jerawat yang sedang membengkak

Gosokkan es batu pada jerawat, sehingga bagian tersebut terasa kebas tau kaku. Ketika wajah Anda sudah mulai terasa kebas (kram), berhentilah. Biarkan wajah Anda sehingga kembali hangat. Es akan membantu mengecilkan ukuran pori dengan mempersempit pembuluh darah di bawah kulit. Jika jerawat Anda menyakitkan, es juga dapat mengurangi rasa sakit.

Jika ada banyak jerawat di wajah Anda, lakukan sesuai areanya. Ketika satu bagian terasa kebas, beralihlah ke bagian lainnya. Menggosok es batu merupakan salah satu obat ‘di rumah’ yang telah terbukti dapat mengurangi ukuran dan jumlah jerawat.

11. Coba oleskan minyak ekstrak pohon teh

Minyak pohon teh adalah minyak esensial yang anti bakteri dan bisa menghilangkan mikroba yang telah menetap di dalam pori pori Anda. Dengan menggunakan cotton bud (korek kuping), oleskan pada jerawat pada bagian yang diperlukan. Berhati-hati agar tidak terlalu banyak, terutama bagi anda yang memiliki kulit sensitif dan alergi. Minyak pohon teh memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membuat efek merah dan ukuran jerawat menjadi berkurang  secara signifikan.

12. Hancurkan beberapa biji aspirin

Hancurkan sebiji tablet aspirin dan campurkan air secukupnya untuk membuat pasta. Dengan mengunakan cotton bud, oleskan pasta aspirin tersebut pada jerawat dengan lembut. Pastikan Anda menutup seluruh area yang berjerawat, dan biarkan mengering. Aspirin adalah salah satu bahan anti radang yang akan membantu kulit melawan peradangan, membuat jerawat menjadi berkurang secara signifikan. Biarkan pasta aspirin mengurangi jerawat dalam semalam.

13. Coba pakai pasta gigi

Pasta gigi mengandung silika yang merupakan agen pengering. Secara teori, pasta gigi bisa membantu mengeringkan jerawat Anda dalam waktu semalam, mengurangi ukurannya meskipun ini bukan cara efektif untuk membersihkan kulit Anda. Pastikan Anda menggunakan pasta gigi alami ketika Anda menggosoknya pada kulit Anda. Beberapa pasta gigi mengandung natrium lauril sulfat yang dapat mengiritasi kulit. Perhatikan dahulu label bahannya sebelum mempraktikkan metode ini.

14. Solusi jangka panjang: “Perhatikan pola tidur”

Bagi kaum cewek, kurang tidur dan stres dapat menyebabkan perubahan hormon, dan hal ini bisa membuat wajah Anda lebih mudah ditumbuhi jerawat. Pastikan Anda cukup tidur selama delapan jam setiap malam. Dan jangan lupa agar tempat tidur anda tetap terjaga kebersihannya.

15. Hilangkan tekanan emosi anda

Para dokter memang tidak yakin sepenuhnya, tapi mereka tahu bahwa ada relevansi antara tekanan dan masalah kulit, terutama stres dan jerawat, apalagi untuk kaum perempuan. Sel-sel yang memproduksi sebum menjadi tidak teratur ketika seseorang mengalami stres yang tinggi. Oleh karena itu, dalam upaya mengatasi stress, bisa anda temukan caranya pada link ini: Cara Efektif Mengatasi Stress

16. Rajin keramas

Minyak dari rambut Anda dapat menyebabkan jerawat. Jika Anda berambut panjang, ikat di belakang, jauh dari wajah Anda. Selain itu, ganti sarung bantal anda paling lama satu minggu sekali. Minyak yang pindah ke sarung bantal dari wajah dan rambut Anda merupakan kotoran yang mengganggu. Lebih baik itu dihindari.

17. Lakukan olahraga rutin untuk mencegah munculnya jerawat

Ini juga merupakan solusi jangka panjang. Untuk semua jenis penyakit, kecuali kerusakan otot dan tulang, berolahraga adalah solusi yang bagus. Berolahraga adalah pilihan yang baik untuk sirkulasi darah dan berbagai hal yang terkait dengan sirkulasi darah. Ini akan membuat kulit Anda sehat dan tampak berseri. Dua hal yang perlu diingat ketika Anda membuat latihan adalah selalu pakai krim tabir surya jika berolahraga di luar rumah.

Manfaat peredaran darah bisa terkalahkan akibat keburukan kerusakan kulit oleh paparan matahari jika Anda tidak berhati-hati. Pakailah krim pelindung matahari yang ringan dan tidak mengiritasi atau memedihkan kulit Anda. Mandi atau bersihkan diri Anda setelah Anda berolahraga. Ketika Anda berkeringat, pori pori Anda dapat tersumbat dengan limbah yang kotor dan garam hasil dari latihan Anda. Pastikan Anda membersihkan tubuh terutama wajah Anda setelah berolahraga.

18. Terapkan diet yang mengandung antioksidan tinggi

Untuk mencegah munculnya jerawat, asupan diet yang mengandung kandungan antioksidan tinggi juga dianjurkan karena dapat menghambat radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit yang normal. Makanan yang mengandung kandungan antioksidan tinggi, diantaranya sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung warna pekat seperti blueberi dan stroberi.

19. Cegah kulit dari paparan sinar matahari terik

Sinar ultraviolet matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mengalami radang. Ini dapat meningkatkan resiko pori-pori kelenjar sebasea menjadi bengkak dan tersumbat. Untuk mengatasi masalah ini, seseorang yang berisiko tinggi dianjurkan untuk menghindari diri dari paparan sinar matahari terik. Selain itu, untuk mencegah terbentuknya jerawat (acne), penggunakan lotion pelindung sinar matahari (sun block) juga dianjurkan. Pastikan jenis lotion yang digunakan tidak menyebabkan kulit menjadi berminyak.

20. Minum obat jerawat

Ada berbagai jenis produk obat jerawat. Konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit Anda tentang obat-obatan yang mungkin paling efektif untuk Anda. Bagi wanita, kadang-kadang obat kontrasepsi yang dikonsumsi dapat bermanfaat untuk mengobati jerawat. Obat kontrasepsi mengatur hormon yang diproduksi oleh tubuh dan mengurangi jumlah jerawat tumbuh.

Untuk kasus yang lebih serius, isotretinoin atau Accutane dapat digunakan dengan resep yang tepat. Isotretinoin adalah sejenis derivatif vitamin A yang mengecilkan kelenjar yang memproduksi sebum. Ini memiliki berbagai risiko dan efek samping, sehingga Anda harus benar-benar memahami sebelum mencoba perawatan ini.

Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat secara cepat, khusus untuk para cewek. Bahan alami lebih aman digunakan dibanding dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Namun dengan kombinasi keduanya, disertai dengan gaya hidup sehat, maka niscaya jerawat tidak lagi menjadi masalah kulit yang menakutkan untuk penampilan anda.

Tinggalkan komentar