Cara Mengolah Kulit Pisang Menjadi Keripik dan Dodol

Bagaimana cara mengolah kulit pisang menjadi produk makanan yang bisa dikonsumsi dan dijual? Produk apa saja yang bisa dihasilkan dengan olahan kulit pisang? Buah pisang umumnya dimanfaatkan untuk dikonsumsi langsung, digoreng, dibuat keripik atau menjadi bahan jus. Yang digunakan adalah pada bagian daging buahnya saja, sedangkan kulitnya biasanya dibuang di tempat sampah.

Jika anda mau sedikit kreatif, kulit pisang sebenarnya bisa diolah kembali menjadi panganan kuliner yang nikmat. Nutrisi yang terkandung di dalam kulit pisang tergantung pada tingkat kematangan buah dan jenis pisangnya.

Pisang sayur atau plaintain memiliki kulit yang mengandung serat lebih sedikit dibandingkan pisang biasa. Kandungan lignin dalam kulit pisang umumnya meningkat seiring peningkatan tahap kematangan buah. Kandungan protein pada kulit pisang kering antara 6 hingga 9 persen.

Selain sering dimanfaatkan untuk media perawatan tubuh dan wajah, kulit pisang juga bisa kita olah menjadi cemilan atau jajanan yang lezat, antara lain berupa keripik dan dodol kulit pisang. Bagaimanakah cara membuat kedua jenis panganan inovatif ini? Silakan disimak deskripsinya!

Cara Membuat Keripik Pisang beserta Kulitnya

Ada dua tahap yang harus dilakukan yakni membuat keripik buah pisang dan keripik kulit pisang. Untuk membuat keripik buah pisang, bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain: buah pisang yang telah matang, 1 sendok teh kapur yang dilarutkan dalam seliter air, garam secukupnya, dan minyak goreng.

Proses pembuatan keripik buah pisang

Kupas buah pisang kemudian diiris tipis-tipis secara vertikal atau horizontal. Untuk membuatnya terasa lebih gurih dan renyah, rendam irisan pisang tersebut ke dalam larutan air kapur selama 30 menit. Setelah proses perendaman, irisan pisang dicuci dengan air bersih dan ditiriskan. Setelah agak kering, taburi dengan garam secukupnya. Langkah berikutnya adalah menggoreng irisan pisang hingga kering, garing dan renyah.

Proses pembuatan keripik kulit pisang

Setelah makan buah pisang, jangan buang kulitnya begitu saja. Kulit pisang yang banyak mengandung vitamin B dan C serta serat yang tinggi tersebut dapat kita olah menjadi camilan yang enak yaitu keripik kulit pisang. Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan: kulit pisang yang masih segar, larutan air kapur, larutan air garam (1sdt garam dengan 1 liter air), dan larutan air gula (5 sdt gula pasir dengan 1 liter air).

Potong rapi kulit pisang dan bersihkan dengan air. Rendam ke dalam larutan kapur lebih kurang 20 menit, selanjutnya direndam ke dalam larutan garam sekitar 10 menit, dan terakhir ke larutan gula sekitar 30 menit. Setelah proses perendaman selesai, potongan-potongan kulit pisang tersebut dijemur selama sehari. Langkah terakhir adalah menggorengnya hingga kering kuning kecokelatan.

Cara Membuat Dodol Kulit Pisang

Dodol Kulit Pisang adalah salah satu inovasi panganan semi basah dengan kadar gula tinggi sehingga dapat awet 2-3 bulanan. Keunikan bahan dan cita rasanya menjadikan kegiatan pembuatan dodol berbahan kulit pisang sebagai salah satu alternatif usaha yang cukup potensial mendatangkan penghasilan yang lumayan. Mengapa dikatakan potensial?

Hal ini didasari oleh banyaknya orang yang suka dengan kue ini, sementara proses pembuatannya agak lama dan melelahkan sehingga jarang yang mau membuatnya sendiri di rumah, dan pada akhirnya mereka lebih memilih membeli di toko atau warung agar lebih praktis, apa lagi bahan yang unik tentu bikin para konsumen menjadi lebih penasaran untuk membelinya. Bagaimanakah resep cara membuat kue dodol kulit pisang? Silahkan dibaca uraian berikut!

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kulit buah pisang 1 kg
  • Buah pisang 1/4 kg
  • Gula merah 1/4 kg
  • Gula pasir 1/2 kg
  • Tepung ketan 1/4 kg
  • Tepung beras atau tepung terigu 1/8 kg
  • Santan kelapa 1000 ml (sekitar 5 gelas)
  • Vanili 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Air putih secukupnya

Alat-alat yang disiapkan:
Panci perebus, pisau, blender, wajan besar, sodokan (pengaduk dodol), wadah, kompor dan plastik kemasan.

Proses pembuatan kue dodol kulit pisang

Cuci bersih buah pisang yang telah matang, kemudian dikupas untuk mendapatkan kulit dan daging buahnya. Setelah itu, kulit pisang direbus hingga menjadi empuk. Langkah berikutnya adalah menghancurkan (menghaluskan) kulit pisang dan buahnya dengan mesin blender hingga menjadi seperti bubur.

Tuangkan adonan bubur tersebut ke dalam wajan dan ditambahkan air putih dengan perbandingan 1:1. Aduk merata. Nyalakan kompor, lalu tuangkan santan kelapa ke dalam adonan, kemudian aduk pelan-pelan hingga mendidih dan berminyak. Jangan lupa tambahkan pula gula dan garam yang telah disiapkan.

Buat adonan tepung ketan dan tepung terigu dengan campuran air putih pada wadah lain. Setelah itu dituangkan ke dalam adonan santan yang telah mendidih. Aduk pelan-pelan selama 5 jam dengan sodokan agar kue dodol menjadi matang dan legit sempurna. Untuk pengemasan, sebaiknya dodol didinginkan terlebih dahulu, kemudian dipotong-potong sesuai selera dan dibungkus dengan plastik atau kertas kemasan.

Tinggalkan komentar