10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut? Jenis makanan dan minuman apa saja yang baik dan kurang baik untuk kesehatan gigi? Melindungi kesehatan gigi dan mulut sangat utama, karena secantik atau seganteng-gantengnya seseorang, bila ompong akan terlihat aneh. Gigi dan mulut adalah bagian penting dalam penampilan.

Permasalahan kesehatan yang terjadi pada gigi dan mulut akan sangat mudah terlihat orang lain, misalnya sakit gigi, permasalahan gigi berlobang, gusi bengkak, bau mulut tidak enak, sariawan sampai suara serak karena sakit tenggorokan.

Semua itu diakibatkan karena kita yang tidak memerhatikan kesehatan, terlebih kesehatan gigi dan mulut. Apakah untuk memperoleh kualitas gigi dan mulut yang sehat harus keluarkan biaya mahal?

Sudah pasti tidak. Anda mungkin sudah tahu bahwa banyak bahan alami yang dapat membuat kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. Nah, di bawah ini akan diuraikan tentang cara melindungi kesehatan gigi dan mulut yang bisa Anda praktikkan dengan mudah.

1. Jaga kebersihan sikat gigi

Melindungi kebersihan sikat gigi yang berperan sebagai alat pembersih gigi adalah hal yang penting. Ganti sikat gigi minimal 2 bulan sekali dan jauhkan sikat gigi dari toilet.

2. Rajin membersihkan gigi

Bila Anda ingin memiliki gigi yang sehat jadi hal pertama yang harus dikerjakan yaitu bersihkan gigi dengan cara teratur dan benar. Menyikat gigi yang benar minimal 2 x satu hari. Kebiasaan ini bisa membantu Anda melindungi kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

3. Jauhi kopi, teh dan alkohol berlebihan

Kopi dan teh sesungguhnya bisa saja dikonsumsi dan tidak akan mengakibatkan kerusakan kesehatan gigi bila dikonsumsi seperlunya saja. Tapi bila terlalu berlebih, tidak cuma kesehatan gigi yang terancam tetapi juga lambung dan sisi tubuh yang lain. Disamping itu, meminum alkohol terlalu berlebih bakal bikin mulut kering dan berbau tak enak.

4. Mengkonsumsi sayuran

Sayuran memiliki kandungan serat alami yang dapat membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan flak. Selain itu, sayuran yang memiliki kandungan vitamin A seperti wortel, brokoli dan labu membantu pembentukan susunan e-mail gigi.

5. Mengkonsumsi buah-buahan

Sama seperti sayuran buah-buahan memiliki kandungan serat dan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk melindungi kesehatan dan daya tahan gigi. Kandungan serat dalam buah-buahan berperan juga sebagai sikat gigi alami yang bersihkan sisa-sisa makanan sekalian mengusir bakteri di mulut. Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C seperti jeruk, jambu biji, strobery dan buah kiwi dapat juga menolong memperkuat gusi.

6. Susu dan produk olahannya

Susu dikenal juga sebagai minuman yang memiliki kandungan kalsium tinggi, dan hal semacam itu benar adanya. Bahkan juga bukan hanya susu, seluruhnya produk olahannya seperti yogurt dan keju juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk melindungi kesehatan dan kemampuan gigi.

7. Biji bunga matahari dan biji wijen

Biji bunga matahari bisa membantu menghindari bau mulut. Sementara biji wijen bermanfaat untuk menyingkirkan plak pada gigi. Wijen juga dapat menguatkan tulang dan gigi lantaran kandungan kalsiumnya.

8. Air lemon

Air jeruk lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat menjadikan gigi terlihat lebih putih bercahaya. Untuk memperoleh khasiatnya, rajinlah menyikat gigi memakai air lemon yang digabungkan dengan garam seperlunya.

9. Flossing

Flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang atau dental floss. Meski banyak orang mengetahui teknik membersihkan gigi ini, namun masih jarang yang melakukannya. Bila dikerjakan dengan benar, flossing bisa menolong Anda bersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi dan gusi. Jadi janganlah takut sepanjang hal itu dikerjakan dengan benar dan oleh ahlinya.

10. Produk pemutih gigi

Bila Anda ingin memutihkan gigi, tak ada salahnya mencoba memakai produk pemutih gigi yang saat ini banyak di jual di toko. Tapi, bakal tambah baik bila Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter Anda.

Selain mengaplikasikan beberapa cara di atas untuk melindungi kesehatan gigi dan mulut, Anda juga butuh memeriksakan gigi Anda ke dokter minimal 6 bulan sekali. Dan janganlah lupa melindungi konsumsi kalsium harian Anda.

Tinggalkan komentar