10 Langkah Tingkatkan Potensi Penjualan Melalui Media Sosial

Di era internet ini, media sosial khususnya akun Facebook dan Instagram merupakan media yang sederhana namun efektif bagi para pelaku bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan dan mengembangkan citra brand mereka. Media sosial tersebut sering digunakan untuk menjalin keterlibatan dengan penggemar, relasi, sahabat, calon konsumen, membangun reputasi perusahaan, dan meningkatkan penjualan.

Akan tetapi, tak sedikit pebisnis yang kesulitan untuk memaksimalkan penjualannya melalui media sosial. Lalu, bagaimana caranya? Dalam artikel ini akan dipaparkan tahap demi tahap untuk meningkatkan potensi penjualan bisnis Anda melalui media sosial, seperti Facebook dan IG.

1. Langkah Pertama, Ketahui tentang Audiens Target Anda

Salah satu langkah terpenting untuk membuat kampanye media sosial yang sukses adalah memahami kebutuhan calon pembeli potensial Anda. Cermati di media sosial mana sebagian besar calon pelanggan aktif. Facebook bagus untuk menjembatani konsumen dalam hasratnya untuk membeli, sementara Twitter bagus untuk menciptakan buzz.

Anda dapat menunjukkan kehadiran merek Anda di berbagai platform media sosial, tetapi itu juga bisa memakan waktu. Jadi, disarankan untuk lebih memilih platform di mana Anda dapat menjangkau audiens target Anda dengan paling efektif.

2. Dorong Pelanggan Setia Anda untuk Memberikan Testimoninya

Media sosial memungkinkan Anda untuk mengubah pelanggan tetap Anda menjadi pendukung brand Anda. Semakin banyak pelanggan yang bersedia berbagi pengalaman positif tentang produk atau layanan Anda, maka itu akan meninggalkan kesan jangka panjang dari merek Anda pada calon pengguna lain.

Anda dapat memotivasi pembeli Anda untuk memposting pengalaman mereka menggunakan merek Anda dengan imbalan diskon atau kupon.

3. Belajar dari Kampanye Media Sebelumnya

Kampanye media sosial sebelumnya adalah alat yang sangat efektif untuk mengumpulkan wawasan dan analisis produk Anda atau produk serupa. Data kampanye atau promosi, baik milik Anda atau pesaing Anda, akan dapat Anda gunakan untuk meningkatkan strategi brand Anda dan belajar dari kesalahan sebelumnya ddemi mendorong kampanye baru.

4. Berkolaborasi dengan Influencer Media Sosial

Influencer media sosial adalah orang-orang dengan pengikut yang besar dan menarik di platform sosial. Mereka lebih sering memposting foto dan video daripada pengguna biasa. Twitter menemukan bahwa 40% penggunanya merasa terdorong untuk membeli setelah melihat tweet influencer.

Anda dapat menggunakan seorang influencer untuk mempromosikan merek dan produk Anda dengan sangat efektif. Beri tahu mereka untuk berbagi info tentang produk secara berkala. Salah satu cara untuk melakukannya adalah Anda memberi mereka produk Anda secara gratis untuk diuji dan digunakan.

Ini akan menghasilkan dua manfaat pertama Anda akan mendapatkan orang yang nyata untuk menguji produk Anda dan kedua mereka akan dapat berbagi pandangan mereka tentang produk lebih jujur. Dan ulasan nyata tersebut dapat dijadikan sebagai testimoni dan akan memberikan kesan yang baik terhadap produk tersebut.

5. Manfaatkan Sebagian Besar Konten Buatan Pengguna

Konten buatan pengguna adalah ulasan, wawasan, dan foto yang dibagikan oleh pelanggan. Pembeli baru meragukan produk dan ragu-ragu untuk menginvestasikan atau membelanjakan uang mereka, sehingga konten asli yang dibuat pengguna adalah alat yang hebat untuk mengembangkan kepercayaan di antara pelanggan baru. Mereka dapat dengan mudah terhubung dengan wawasan yang diberikan oleh beberapa pengguna lain selain merek itu sendiri.

6. Mendidik Calon Pembeli tentang Brand Anda

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru adalah dengan mendidik dan menciptakan kesadaran di antara orang-orang. Beri tahu mereka fitur produk Anda dan hubungkan mereka dengan manfaat menggunakannya dan bagaimana mereka dapat memecahkan masalah mereka.

Artinya, atasi titik problema mereka dan bujuk mereka bagaimana produk Anda akan memperbaiki kondisi mereka. Singkatnya, cobalah untuk terikat secara emosional dengan mereka dan ciptakan rasa penting tentang merek Anda.

7. Menggunakan Iklan Berbayar untuk Mendatangkan Trafik ke Akun Media Sosial Anda

Dalam skenario saat ini, iklan berbayar adalah media yang bagus untuk membawa jumlah pengunjung ke media sosial Anda. Setiap platform media sosial baik itu Facebook, Instagram atau Twitter memiliki sejumlah besar kemampuan periklanan. Hanya memposting secara teratur tentang produk Anda tidak membantu dalam waktu yang kompetitif ini.

Platform media sosial hadir dengan alat iklan bertarget untuk menempatkan iklan di laman/feed calon pelanggan Anda. Alat-alat ini dapat digunakan untuk membawa lalu lintas yang relevan ke halaman situs atau fanspage Anda..

Iklan Google adalah salah satu alat iklan bertarget yang menempatkan iklan yang relevan di situs web. Dengan cara yang sama, Facebook juga menempatkan dan menampilkan iklan di postingan dan halaman Facebook.

8. Jangan Terlalu Fokus dan Membual tentang Penjualan

Metode ini tampaknya berbeda karena tujuan dari posting ini adalah untuk membujuk Anda untuk menjual produk Anda, tetapi terkadang terlalu banyak membual tentang penjualan dapat menjadi kontraproduktif.

Orang-orang menggunakan media sosial seperti Facebook untuk terhubung dengan teman, keluarga, dan orang yang mereka cintai. Jadi selalu mencoba menjual produk Anda secara langsung dapat menimbulkan kesan buruk, jadi gunakan metode penjualan tidak langsung karena mereka juga sangat produktif dalam meningkatkan reputasi merek.

9. Berinvestasi Secara Strategis dalam Pemasaran Media Sosial

Berinvestasi dengan bijak dalam pemasaran media sosial akan meningkatkan visibilitas produk. Instagram dan Facebook Stories adalah beberapa cara mudah untuk mempromosikan produk Anda selain dari kampanye iklan promosi khusus.

Catat apa yang kebanyakan ditelusuri dan dilihat pelanggan di halaman Anda dan gunakan catatan ini untuk membuat iklan yang disesuaikan yang menciptakan minat pribadi pada produk.

10. Tunjukkan pada Mereka Bagaimana Anda Lebih Baik dari Pesaing Anda

Last but not least, cara untuk meningkatkan penjualan adalah menunjukkan kepada audiens Anda bagaimana Anda lebih baik di bidang Anda dan akan memberi mereka keunggulan atas pesaing Anda.

Logika di balik metode ini adalah bahwa ketika sesuatu disajikan kepada audiens secara komparatif, mereka cenderung lebih percaya dan merasa terdorong untuk memilih yang lebih baik. Ini akan mendorong tindakan cepat di dalamnya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara paling sederhana untuk meningkatkan penjualan Anda melalui media sosial. Pastikan merek dan produk Anda semakin terlihat oleh audiens yang relevan. Kurangi proses yang memakan waktu. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memberi pengunjung pilihan untuk membeli langsung dari halaman sosial Anda.

Tinggalkan komentar