25 Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi

Di zaman purba, yang berlangsung jutaan tahun lalu, kehidupan bumi dikuasai oleh mahkluk-mahkluk besar, yang disebut dengan dinosaurus. Bukti ini diketahui dari peninggalan fosil-fosil yang terkubur di dalam tanah. Jika berbicara mengenai kumpulan dinosaurus yang bertubuh besar dan panjang, maka hampir semuanya didominasi oleh dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan.

Kehidupan mereka yang tidak perlu bergerak banyak untuk berburu membuat energi makanan yang mereka dapatkan digunakan untuk tumbuh semakin besar. Nah, berikut ini adalah sederet dinosaurus yang diketahui merupakan dinosaurus terbesar yang pernah hidup di bumi, diketahui dari bentuk dan ukuran kerangka fosilnya.

1. Argentinosaurus

Namanya memiliki arti “Kadal Argentina”, merupakan jenis dinosaurus: sauropoda, dengan panjang sekitar 35 meter. Dinosaurus ini merupakan herbivora yang hidup sekitar 90 juta tahun yang lalu. Beratnya dapat mencapai lebih dari 70 ton. Fosil ditemukan di Argentina, dan diberi nama oleh Bonaparte dan Coria, pada tahun 1993.

Hewan ini merupakan dinosaurus darat terbesar yang pernah ditemukan. Argentinosaurus berevolusi pada Zaman Kapur dan termasuk dalam keluarga yang berasal dari benua selatan Gondwana (benua super kuno).

2. Supersaurus

Arti nama dari hewan purba ini adalah kadal super. Supersaurus ini merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 35 meter. Fosilnya ditemukan di daerah Amerika Serikat. Penafsiran tinggi dan panjang dinosaurus ini diketahui hanya dari tulang-tulang tertentu saja, termasuk vertebra (tulang punggung). Supersaurus diperkirakan hidup di zaman kapur awal, sekitar 154-142 juta tahun lalu. Nama Supersaurus diberikan oleh Jansen pada tahun 1985.

3. Brachiosaurus

Nama dinosaurus ini memiliki arti: arm lizard; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 30 meter. Fosil ditemukan di daerah Algeria, Portugal, Tanzania, dan Amerika Serikat. Brachiosaurus mengangkat kepalanya sangat tinggi. Kemungkinan memakan daun pada pohon-pohon yang tinggi. Brachiosaurus diperkirakan hidup di zaman Jurasic Akhir, sekitar 155-140 juta tahun lalu. Namanya diberikan oleh Riggs di tahun 1903.

4. Paralititan

Arti nama atau julukan: tidal giant atau raksasa pasang surut. Paralititan merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 28 meter. Hidup di zaman Kapur Akhir, sekitar 99-94 juta tahun lalu. Fosil ditemukan di daerah Mesir. Sebuah kerangka postkranial parsial Paralititan telah ditemukan, tetapi tidak ada tengkorak, sehingga rekonstruksi bentuk kepala didasarkan pada dinosaurus serupa. Sisa-sisanya ditemukan di rawa bakau.

5. Diplodocus

Arti nama atau julukannya adalah balok ganda; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 26 meter dan beratnya mencapai 15 ton. Fosil ditemukan di daerah USA. Deretan giginya seperti sisir, dan makanannya berupa daun dari pohon dan tanaman lunak. Diplodocus memiliki leher panjang yang akan digunakan untuk menjangkau vegetasi tinggi dan rendah, dan untuk minum air.

Ada beberapa perdebatan tentang bagaimana leher panjang seperti itu akan diadakan. Para ilmuwan sekarang berpikir bahwa ligamen yang membentang dari pinggul ke belakang leher akan memungkinkan Diplodocus untuk menahan lehernya dalam posisi horizontal tanpa menggunakan otot. Vertebra (tulang belakang) terbelah di tengah dan ruang ini bisa menampung ligamen seperti ini. Diplodocus mungkin memiliki duri tulang runcing yang sempit yang melapisi punggungnya.

6. Pelorosaurus

Arti nama atau julukan: kadal mengerikan; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 25 meter. Fosil ditemukan di daerah Inggris. Hidup di awal zaman Kapur, sekitar 125 juta tahun yang lalu. Dinosaurus ini merupakan jenis spesies conybearei, dan namanya diberikan oleh Mantell pada tahun 1850.

7. Ligabuesaurus

Arti nama atau julukan: kadal Ligabue; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 24 meter. Ligabuesaurus diperkirakan hidup di zaman awal Kapur, sekitar 121-99 juta tahun lalu. Fosil ditemukan di daerah Argentina. Ligabuesaurus diketahui dari sisa-sisa fragmen, termasuk rahang atas (tulang rahang) dengan gigi, 6 vertebra serviks dan punggung (bagian dari tulang punggung), dan tulang korset dan tungkai.

8. Barosaurus

Arti nama atau julukan: heavy lizard; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 24 meter. Hidup di zaman Jurassic akhir, sekitar 155-145 juta tahun lalu. Fosilnya ditemukan di daerah Tanzania dan Amerika Serikat. Tipe spesies Barosaurus adala lentus, dan dinamai oleh Marsh pada tahun 1890.

9. Quaesitosaurus

Arti nama atau julukan: extraordinary lizard; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 23 meter. Fosil ditemukan di daerah Mongolia. Quaesitosaurus hidup di akhir zaman Kapur, sekitar 86-84 juta tahun lalu. Quaesitosaurus merupakan spesies orientalis, dan dinamai oleh Kurzanov dan Bannikov, pada 1983.

10. Camarasaurus

Arti nama atau julukan: kadal bilik; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 23 meter, dan beratnya diperkirakan mencapai 20 ton. Fosil ditemukan di daerah USA. Hidupnya diperkirakan pada akhir zaman Jurassic, sekitar 150-140 juta tahun lalu. Camarasaurus menggunakan deretan gigi rapat untuk mengupas daun dari pohon dan semak belukar. Makanan digiling dengan batu di perut.

11. Chubutisaurus

Arti nama atau julukan: kadal Chubut; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 23 meter. Fosil ditemukan di daerah Argentina. Chubutisaurus hidup di awal zaman Kapur, sekitar 112-99 juta tahun yang lalu. Dinosaurus ini merupakan spesies jenis insignis, dan dinamai oleh Corro pada 1974.

12. Giraffatitan

Arti nama atau julukan: jerapah titan; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 23 meter. Fosil ditemukan di daerah Tanzania. Giraffatitan hidup di akhir zaman Jurassic, sekitar 154-142 juta tahun lalu. Dianggap berbeda dari Brachiosaurus oleh beberapa ilmuwan, Giraffatitan diketahui dari fosil beberapa individu.

13. Mamenchisaurus

Arti nama atau julukan: kadal Mamenchi; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 22 meter. Fosil ditemukan di daerah Cina. Mamenchisaurus hidup di akhir zaman Jurassic, sekitar 155-145 juta tahun lalu. Namanya diberikan oleh Young pada 1954, dan merupakan tipe spesies constructus.

14. Alamosaurus

Namanya memiliki arti “Kadal Alamo”, merupakan jenis dinosaurus: sauropoda, dengan panjang sekitar 21 meter. Dinosaurus ini merupakan karnivora yang hidup sekitar 70-65 juta tahun yang lalu. Fosil pertama ditemukan di Amerika Utara, dan diberi nama oleh Gilmore, pada tahun 1922. Ini adalah satu-satunya sauropoda di zaman Kapur Akhir yang ditemukan di Amerika Utara.

15. Apatosaurus

Namanya memiliki arti “Kadal Penipu”, merupakan jenis dinosaurus: sauropoda, dengan panjang sekitar 21 meter. Dinosaurus ini merupakan herbivora yang hidup sekitar 154-145 juta tahun yang lalu, dan merupakan tipe spesies ajax. Fosil ditemukan di Amerika, dan diberi nama oleh Marsh, pada tahun 1877.

16. Haplocanthosaurus

Arti nama atau julukan: kadal berduri sederhana; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 21,5 meter. Fosil ditemukan di daerah USA. Haplocanthosaurus dikenal dari kerangka parsial yang tidak memiliki tengkorak, sehingga bentuk kepala dalam rekonstruksi didasarkan pada dinosaurus serupa. Dinosaurus jenis spesies priscus ini hidup di zaman akhir Jurassic, sekitar 154-142 juta tahun lalu.

17. Jobaria

Arti nama atau julukan: Jobar (hewan mitologi); merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 21 meter. Fosil ditemukan di daerah Nigeria, dan diperkirakan hidup di zaman awal Kapur, sekitar 132-94 juta tahun lalu. Jobaria yang merupakan tipe spesies tiguidensis dikenal dari tengkorak dan beberapa kerangka.

18. Dicraeosaurus

Arti nama atau julukan: kadal bercabang; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 20 meter. Fosil ditemukan di daerah Tanzania, dan diperkirakan hidup di zaman akhir Jurassic, sekitar 150-135 juta tahun lalu. Dinosaurus ini dinamai ‘kadal bercabang’ karena duri bercabang di tulang punggungnya.

19. Omeisaurus

Arti nama atau julukan: kadal Omei; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 20 meter. Fosil ditemukan di daerah Cina. Dinosaurus tipe spesies junghsiensis ini diperkirakan hidup di pertengahan zaman Jurassic, sekitar 169-159 juta tahun lalu.

20. Rebbachisaurus

Arti nama atau julukan: kadal Rebbach; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 20 meter. Fosil ditemukan di daerah Maroko. Rebbachisaurus hanya diketahui dari vertebra dorsal (bagian dari tulang punggung), skapula, humerus dan sakrum, sehingga rekonstruksi cukup spekulatif. Tapi kita tahu ia memiliki duri besar di tulang punggungnya yang bisa mendukung ‘layar’ pada punggungnya.

21. Antarctosaurus

Namanya memiliki arti “Kadal Non-Utara”, merupakan jenis dinosaurus: sauropoda, dengan panjang sekitar 18 meter. Dinosaurus ini merupakan herbivora yang hidup sekitar 190-180 juta tahun yang lalu. Fosil ditemukan di Argentina, Chili, Uruguay, dan diberi nama oleh Huene, pada tahun 1929.

22. Aragosaurus

Namanya memiliki arti “Kadal Aragon”, merupakan jenis dinosaurus: sauropoda, dengan panjang sekitar 18 meter. Dinosaurus ini merupakan herbivora yang hidup sekitar 132-121 juta tahun yang lalu. Fosil ditemukan di Spanyol, dan diberi nama oleh Sanz, Buscalioni, Casanovas dan Sanafé, pada tahun 1987.

23. Cetiosaurus

Arti nama atau julukan: kadal paus; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 18 meter. Fosil ditemukan di daerah Inggris. Dinosaurus tipe sauropoda ini diperkirakan hidup di zaman pertengahan Jurassic, sekitar 170-160 juta tahun lalu, dan dinamai oleh Phillips pada tahun 1871.

24. Patagosaurus

Arti nama atau julukan: kadal Patagonian; merupakan dinosaurus herbivora, dengan panjang tubuh sekitar 18 meter. Fosil ditemukan di daerah Argentina, dan diperkirakan eksist sekitar tahun 164-159 juta tahun lalu, di zaman pertengahan Jurassic. Dinosaurus tipe sauropoda ini dinamai Patagosaurus oleh Bonaparte pada tahun 1979.

25. Spinosaurus

Arti nama atau julukan: kadal duri; merupakan dinosaurus karnivora, dengan panjang tubuh sekitar 18 meter, dan beratnya diperkirakan mencapai 4 ton. Fosil ditemukan di daerah Mesir dan Maroko, dan diperkirakan hidup di akhir zaman Kapur, 95-70 juta tahun lalu. Spinosaurus hanya diketahui dari sisa-sisa fragmen. Perkiraan ukuran berkisar hingga 18 meter, yang akan menjadikannya pemakan daging terpanjang, meskipun lebih kurus daripada T-Rex atau Giganotosaurus.

Tinggalkan komentar