Jenis dan Kadar Cinta Dambaan Semua Orang

Cinta yang dimiliki oleh seseorang ternyata kadarnya berbeda – beda. Kadar tinggi rendahnya cinta dipengaruhi oleh banyak faktor. Tingkatan cinta juga dibagi atas berbagai kriteria, salah satunya adalah tingkatan cinta menurut kesadaran hati. Apa saja jenis dan kadar cinta tersebut?

Untuk mengukur sebuah kadar cinta yang terpendam dalam hati seseorang adalah sebuah pekerjaan yang cukup sulit. Sampai saat ini, rasanya belum ada alat (tools) yang bisa mendeteksi kekuatan cinta. Berbeda dengan logam emas yang bisa kita tentukan tingkatan kandungan kadarnya.

Namun, jika ada software yang bisa mengukur kadar cinta dalam hati seseorang, mungkin akan terbagi dalam empat tingkatan. Nah, berikut ini disajikan empat macam kadar cinta yang berdasarkan porsi cinta pada lapisan hati seseorang.

1. Cinta di luar hati
Rasa cinta yang timbul di luar hati biasanya hanya merupakan ketertarikan fisik saja. Cinta ini hanya nyangkut di pupil mata saja, tidak turun ke hati, ketika rasa cinta akan menuju hati tiba-tiba dicegat oleh logika dan kecerdasan. Alasan-alasan yang memotong jalan cinta menuju ruang kalbu beraneka ragam, pada umumnya kesadaran pikiran dan logika yang lebih besar bertindak. Misalnya ia merasa tidak pantas, sehingga cintanya hanya berupa rasa suka saja.

2. Cinta pada lapisan hati luar
Tingkat cinta pada lapisan hati terluar disebut juga dengan istilah shodr. Pada tingkatan cinta seperti ini biasanya mempunyai ciri-ciri tersendiri, misalnya mudah gelisah, lebih bersifat keduniawian, dan rasa pengharapannya lebih besar daripada rasa memberi. Cinta seperti ini lebih mudah terkikis disapu asmara yang lain.

3. Cinta pada lapisan hati tengah
Tingkatan cinta yang lebih dalam terdapat pada lapisan cinta yang ada ditengah hati, atau disebut juga dengan isitlah qolbu. Cinta qolbu memiliki sifat keseimbangan, antara keinginan memberi dengan keinginan menerima. Cinta dalam tingkatan ini akan membuat seseorang bahagia sekali, tetapi jika ditinggalkan oleh sang kekasih,sakitnya bukan main.

4. Cinta pada lapisan hati dalam
Tingkatan cinta yang muncul dari dalam hati terdalam (faud) disebut dengan berbagai istilah, antara alin cinta sejati, cinta tulus, cinta murni, ataupun cinta suci. Cinta dalam tingkatan ini memiliki keikhlasan yang real. Ia bisa menerima bila kekasihnya memohonnya pergi, ia rela melepaskan kekasihnya jika itu adalah kebahagiaan untuk sang kekasih. Ia tidak pernah mengharapkan imbalan atas apa yang telah diberikan, yang telah dilakukan, dan semua yang telah dikorbankannya. Semua dilakukan atas ketulusan tanpa mengharapkan apa-apa. Cinta seperti ini dapat kita temukan pada cinta ayah bunda kepada putra-putrinya, dan cinta yang dipersembahkan kepada Sang Pencipta.

Demikian ragam kadar cinta dalam diri seseorang, semoga kita kelak bisa mencapai pada tingkatan yang ke empat. Nah, selanjutnya akan kita bahas mengenai aneka jenis cinta yang paling didambakan semua orang.

Jenis-jenis Cinta Dambaan Semua Orang

Suatu ketika, mungkin kekasih kita bertanya: “Cintamu seperti apa sich???” Terkadang kita sering bingung menjawabnya, cinta seperti apa yang bisa kita katakan buat sang kekasih agar ia tersenyum senang. Mungkin ada yang langsung bisa menjawabnya dengan secepat kilat, ada pula yang butuh waktu beberapa menit untuk mengutarakannya.

Yah memang sulit rasanya menjelaskan tentang apa itu sebenarnya cinta. Bahkan pula, kita juga tidak mengerti seperti apa cinta kita yang kita persembahkan kepada pujaan hati kita. Cinta memang seperti marijhuanha yang dapat memabukkan, memusingkan atau bahkan membuat kita gila. Sobat, Cinta ternyata ada berbagai ragamnya. Kali ini,  saya akan menguraikan sedikit tentang ragam Cinta yang mungkin telah lama kenal. Pengertian cinta yang saya tulis ini, tentu tidak 100% sempurna, karena sudut pandang kita berbeda-beda. Nah, berikut empat ragam cinta yang sering kita dengar:

Cinta Suci adalah cinta yang tak ternodai oleh hawa’ nafzu, tak terikat dalam gemerlap harta dunia, dan tak memperdulikan status sosialnya berada. Cinta ini berasal dari relung hati yang paling dalam, lalu muncul bersinar wajar, apa adanya.

Cinta Sejati yaitu cinta yang tak lekang oleh waktu, terbukti kebenarannya dan berjalan dalam batas janji dan sumpah yang telah diikrarkannya.

Cinta Abadi, cinta yang tak pernah mati, langgeng dalam terpaan zaman, dan terukir megah dalam prasasti waktu.

Cinta Tulus adalah cinta seperti sang mentari yang tak berhenti, tak berharap cahayanya tuk kembali, cinta seperti awan yang menetesi bumi pertiwi.

Oke sobat, Cinta dan ragamnya tak dapat kita rangkum secara sempurna. Mungkin ada sepuluh, seratus, atau sejuta ragam cinta. Semuanya berawal dan berakhir dalam hati individu masing-masing. Selamat menganyam tali Cinta…

Tinggalkan komentar