5 Karakter Karyawan yang Banyak Dicari Perusahaan

karyawan pilihan

Kian hari, jumlah angkatan kerja semakin bertambah sementara lapangan pekerjaan pertumbuhannya tak berbanding lurus. Kondisi Ini membuat kompetisi angkatan kerja semakin ketat, sehingga memiliki gelar pendidikan saja tak akan cukup ampuh untuk menarik perusahaan agar mau mempekerjakan anda.

Dalam perekrutan karyawan baru ataupun pemilihan kandidat untuk jabatan tertentu, pihak perusahaan tak hanya mempertimbangkan gelar akademisnya saja. Setidaknya ada 5 karakteristik penunjang dari diri pelamar kerja yang juga dipertimbangkan oleh pihak perusahaan.

1. Memiliki Rasa Ingin Tahu

Pekerja yang penuh dengan rasa ingin tahu (bukan terhadap gossip) pada bidang pekerjaannya merupakan sosok yang dapat mengembangkan inovasi perusahaan. Rasa penasaran dapat mendorong orang untuk belajar lebih banyak lagi. Sebagai seorang karyawan, sikap ini harus tetap dipelihara agar perusahaan merasa yakin dan optimis mempekerjakan anda.

2. Pandai Dalam Mengelola Kecerdasan Emosional

Orang yang pandai dan cerdas secara emosional biasanya mudah bekerjasama dalam sebuah tim. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang melakukan tes khusus untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional para pelamar. Dengan mempekerjakan orang yang cerdas pada sisi emosionalnya, pihak perusahaan akan lebih mudah menciptakan kedamaian di internal perusahaan.

3. Mampu Melakukan Penyesuaian Diri

Pekerja yang pandai beradaptasi dalam lingkungan kerja yang baru merupakan sosok yang disukai oleh para senior. Adaptasi yang dimaksud bukan hanya terkait dengan penyesuaian diri terhadap lingkungan dan rekan kerja yang baru, tetapi juga termasuk kemampuan menyesuaikan diri terhadap bidang pekerjaan dan tugas yang baru dilakoninya.

4. Intelektualitas yang Mumpuni

Kemampuan intelektual, terutama yang berhubungan dengan bidang pekerjaannya, merupakan salah satu sisi yang diteropong oleh pihak perusahaan. Calon pekerja yang memiliki intelektual yang mumpuni akan diharapkan oleh pihak perusahaan untuk melahirkan ide-ide dan terobosan baru yang efektif.

5. Mampu Bekerja di Bawah Tekanan

Banyak pekerja yang lari atau menyerah tatkala didera oleh berbagai bentuk tekanan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, salah satu yang paling sering adalah deadline tugas. Mereka merasa seolah-olah tak jauh bedanya dengan sapi perah. Nah, jika anda ingin sukses dalam jenjang karir anda, maka anda harus bisa bekerja di bawah tekanan (under presseur). Beragam tekanan seharusnya dijadikan sebagai suatu tantangan yang perlu dicarikan solusi kreatif agar bisa lolos dari tekanan tersebut.

Kelima karakter di atas merupakan sosok yang paling diminati para pengusaha. Meskipun Anda sudah mendapat pekerjaan dan menjadi bagian dari sebuah perusahaan, ada baiknya sikap-sikap tersebut tetap perlu ditingkatkan untuk perkembangan karir anda.

Tinggalkan komentar