30 Kata Motivasi Bangkit dari Kegagalan Paling Cetar Membahana

Apakah anda atau teman anda sedang mengalami krisis semangat karena kegagalan? Jika ya, apa kata-kata yang bagus untuk membangkitkan motivasi di dalam diri? Tak dapat dielakkan lagi, kegagalan akan menjadi pemicu rasa kekecewaan, patah semangat, dan putus asa. Setelah mengalami kegagalan, ada dua macam tindakan yang dilakukan seseorang.

Yang pertama adalah berdiam diri lalu memutuskan untuk berhenti atau mundur dari perjuangan. Sedangkan yang kedua adalah mereka bangkit kembali untuk mencoba lagi tanpa henti hingga harapan untuk menggapai kesuksesan itu benar-benar telah tertutup.

Nah, untuk bangkit dari kegagalan memang bukan perkara yang mudah. Ada seribu bayang kecemasan yang menghantui pikiran dan ketakutan jikalau kegagalan itu ternyata terulang lagi. Oleh karena itu, setiap orang yang tengah mengalami kegagalan harus diberi dukungan (support) dan rasa optimis agar tak ragu lagi berjuang untuk menggapai kesuksesan yang tersebut.

Jika anda atau pun teman anda sedang terpuruk dalam kegagalan, maka perlu api pendorong semangat, salah satu caranya adalah dengan membaca atau memberikan kata kata motivasi bangkit dari kegagalan.

Pada kesempatan ini, kami sajikan sederet rangkaian kata kata motivasi untuk bangkit dari kegagalan. Ingat, jika kata GAGAL diakronimkan, ia memiliki arti: “Gunakan Akal Gemilang Agar Lancar”. Ini artinya, ketika anda gagal, anda harus berpikir lebih cerdas sehingga mampu menemukan cara dan jalan terbaik yang membuat segala urusan menjadi lebih lancar tanpa hambatan. Dengan demikian, kesuksesan hanyalah masalah waktu semata. Untuk lebih lengkapnya, silakan dibaca kata-kata motivasi pembangkit kegagalan berikut ini.

Kata Kata Mutiara Kegagalan

Hanya Tuhan yang Tak Pernah Gagal. Wajarlah Jika Anda Pernah Gagal. Oleh Karena Itu, Jangan Biarkan Rasa Kecewa Menghentikan Pikiran Anda untuk Menemukan Penyebab Kegagalan.
Siapa pun manusia di dunia ini, suatu ketika pasti pernah terganjal oleh kegagalan. Jika hal itu melanda anda, maka berusahalah mencari solusi untuk menemukan penyebab kegagalan tersebut.

Gumpalan Awan Hitam yang Gagal Menjadi Hujan akan Berubah Jadi Angin. Apakah Anda Memilih Menjadi Angin Topan yang Merusak atau Angin Sepoi yang Menyejukkan?
Ketika gagal, banyak orang memilih menjadi angin topan yang membuat orang lain susah. Jika anda bijaksana, manfaatkan kegagalan itu sebagai sesuatu yang berguna bagi orang lain, seperti layaknya angin sepoi yang menyejukkan alam raya.

Kegagalan yang Sebenarnya dalam Hidup adalah Kegagalan dalam Mengetahui bahwa Anda sedang Gagal.
Kita terkadang sering kali terlambat menyadari bahwa sejatinya apa yang ingin kita capai sedang dalam kegagalan. Oleh karena itu, kita harus cermat melihat secara menyeluruh setiap situasi yang ada.

Jiwa Anda Mungkin Rapuh Saat Mengalami Kegagalan, Tapi Itu Lebih Baik daripada Jiwa yang Kosong karena Diam Tak Pernah Mencoba.
Kegagalan sering kali menyebabkan hati dan jiwa terganggu, atau bahkan dipenuhi rasa penyesalan. Ada baiknya jangan terlalu murung memikirkan kegagalan itu, karena meskipun disesaki dengan penyesalan, namun itu lebih baik ketimbang jiwa yang kosong tanpa pengalaman.

Nasihat Bijak tentang Kegagalan

Bila Kegagalan itu ibarat Hujan, dan Keberhasilan bagaikan Matahari, maka Butuh Keduanya untuk Melihat Pelangi.
Rasa paling memuaskan saat mencapai kesuksesan adalah ketika anda menggapainya dengan terlebih dahulu mengalami kegagalan.

Sukses Menjadikan Anda Dikenal Orang dan Mendatangkan Banyak Teman, Sedangkan Kegagalan Menjadikan Anda Lebih Bisa Mengenal Diri Sendiri dan Mengetahui Siapa Saja Teman Sejati Anda.
Kata mutiara karya Aristoteles ini memberikan pandangan tentang sejumlah hikmah yang bisa anda ambil dari titik kegagalan.

Dibalik Kegagalan Terdapat Dua Keuntungan, yakni Keuntungan untuk Belajar Menemukan Cara Lain dan Keuntungan untuk Memperkuat Mental.
Saat anda mencoba bangkit dari kegagalan, anda sudah memiliki modal lebih, yakni sebuah perspektif dan jurus baru, serta mental dan kepercayaan diri yang lebih kuat.

Success is Walking from Failure to Failure with No Loss of Enthusiasm. ~Winston Churchill
Kesuksesan berjalan dari sebuah kegagalan ke sebuah  kegagalan tanpa kehilangan rasa antusiasme.

Dibelakang Orang Sukses Terdapat Sejumlah Tahun yang Dipenuhi Kegagalan.
Ketika anda gagal, ketahuilah bahwa anda tidak sendirian. Karena banyak dari mereka yang telah sukses dimulai dari titik-titik kegagalan.

Sebuah Kekalahan Mungkin Disebabkan oleh 1% Kegagalan. Tapi Kekalahan Total Terjadi Saat Anda Memutuskan untuk Mengakhiri Langkah dan Tak Mau Belajar dari Kegagalan Itu.
Ketika Anda kalah dalam sebuah kompetisi, mungkin saja itu disebabkan oleh sebuah kesalahan kecil. Jika anda memutuskan untuk berhenti, maka anda telah kalah total.

Kegagalan yang Sebenarnya adalah Ketidaktahuan Dalam Memamahi Penyebab Kegagalan Anda.
Ada beragam faktor penyebab kegagalan, mulai faktor internal hingga eksternal. Nah, jika anda tidak bisa memahami penyebab kegagalan tersebut, maka anda pantas disebut Pelaku Kegagalan Sejati.

Semakin Banyak Merasakan Kegagalan, Semakin Dekat dengan Kedewasaan.
Orang yang sering gagal akan bersikap lebih terbuka karena cenderung berpikir dan memandang segala hal dengan berbagai sudut pandang.

Guru dan Mentor Terbaik serta Paling Pintar Adalah Kegagalan.
Ketika Anda mengalami banyak kegagalan, itu artinya anda telah memiliki puluhan guru terbaik.

Kegagalan adalah Bukan Alasan Untuk Berhenti.
Jangan jadikan kegagalan sebagai alasan untuk menyerah. Karena akan selalu ada cara, akan selalu ada jalan jika kamu mau berusaha.

Kegagalan Bukanlah Suatu Kesalahan yang Patut Ditertawakan. Ketidakberanian dalam Mencoba yang Sebenarnya Pantas untuk Dicibir.
Jika anda mendengar kisah kegagalan yang terjadi pada teman anda, janganlah ditertawakan. Mungkin ia lebih hebat daripada anda yang saat ini masih belum berani untuk mencoba hal yang sama.

Ungkapan Kata Motivasi Bangkit dari Kegagalan

Ketika Beras Gagal Menjadi Nasi, maka Buatlah Ia Menjadi Bubur yang Enak.
Saat anda gagal menanak beras menjadi nasi, maka jadikan masakan beras tersebut sebagai bubur yang lezat. Ketika Anda gagal, berpikirlah secara cerdas agar mampu mengurangi kerugian dari kegagalan yang anda alami itu.

Pengalaman Kegagalan Adalah Ilmu yang Lebih Berharga daripada Cerita Kesuksesan.
Cerita yang lebih menarik dan mampu memberikan pelajaran bagi banyak orang bukanlah tentang kisah-kisah keberhasilan, tetapi pengalaman dari orang-orang yang pernah dirundung kegagalan.

Mengapa Lebih Baik Gagal?
Lebih baik mencoba, gagal, dan belajar sesuatu daripada tak pernah mencoba dan tak pernah tahu apa-apa.

Kegagalan Adalah Saat Anda Memutuskan untuk Berhenti Mencoba. Jika Anda Tetap Mencoba, Itu Adalah Proses Keberhasilan yang Tertunda.
Ya, ketika anda menyerah untuk mencoba, itulah kegagalan yang sejati. Jika anda masih tetap berjuang untuk menyatukan puing-puing kegagalan tersebut, maka titik keberhasilan tengah menanti anda.

Kegagalan Menghancurkan Kesombongan, Kegagalan Membangkitkan Kecerdasan, dan Kegagalan Menuntun Kedewasaan.
Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik dari situasi kegagalan. Jika anda tidak pernah gagal, kemungkinan besar anda akan menjadi jumawa (sombong). Jika anda tidak pernah mengalami kegagalan, anda mungkin tak lagi mau belajar untuk meningkatkan kemampuan anda. Dan jika anda tidak pernah gagal, maka anda akan lambat untuk belajar menjadi lebih dewasa.

Demikianlah sederet rangkaian kata kata mutiara untuk bangkit dari keterpurukan kegagalan. Jika anda berjiwa besar, maka kegagalan merupakan hal yang wajar yang bisa dialami siapa saja, termasuk dalam urusan bisnis, karir, ujian sekolah, cinta, rumah tangga, dan sebagainya. Jika kita mengingat kembali sejarah masa lalu, banyak kisah-kisah sukses yang diawali oleh kegagalan.

Seandainya saja Abraham Lincoln memutuskan untuk berhenti setelah kegagalan pertamanya, maka mungkin ia takkan pernah tercatat sebagai salah satu presiden terbaik Amerika Serikat. Bila saja Mr. Thomas Alfa Edison menyerah di percobaan ke dua, maka kita tak akan pernah menikmati terangnya malam dari bola lampu. Atau andai waktu itu Wright Brothers putus asa setelah tiga kali gagal, mungkin kita tak bisa mengangkasa dengan pesawat terbang.

Kegagalan bukanlah hal yang memalukan. Yang memalukan adalah menyerah di saat baru pertama kali mengalami kegagalan. Oleh karena itu, kita harus tetap mencoba dan mencoba langkah demi langkah untuk bisa mencapai kesuksesan. Namun, jangan lupa untuk tetap memanjatkan doa agar diberi petunjuk Sang Pencipta.

Petuah nasihat terakhir: “Hanya Kematianlah yang Menjadi Satu-satunya Penyebab Aku Gagal. Meskipun Beribu Kali Tak Membuahkan Hasil, Bagiku Itu Bukanlah Kegagalan, Tetapi Hanya Proses Menuju Pencapaian. Kegagalan Bagiku Adalah Ketika Aku Berhenti untuk Mencoba”. *Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika bermanfaat, jangan lupa share di media sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Tinggalkan komentar