5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari dan Sebelum Tidur

Apa saja kebiasaan orang sukses saat mengawali hari dan sebelum tidur? Kegiatan apa yang biasanya mereka lakukan saat hari libur? Jika anda ingin sukses, ada banyak hal yang harus dilakukan, salah satunya dengan menerapkan kebiasaan – kebiasaan hidup yang positif. Bangun lebih pagi, memanfaatkan waktu luang dengan membaca buku, dan rajin beribadah merupakan beberapa contoh perilaku dan kebiasaan hidup yang bernilai positif.

Untuk memantapkan diri dalam mengasah kebiasaan dan sikap hidup yang menunjang kesuksesan, anda bisa bercermin kepada para orang-orang yang telah mencapai kesuksesan dalam hidupnya, baik dalam prestasi, karir, maupun finansial.

Nah, pada artikel kali ini akan dipaparkan sejumlah contoh kebiasaan – kebiasaan orang sukses yang patut kita ditiru. Apa sajakah bentuk-bentuk kebiasaan tokoh-tokoh dunia yang bisa menjadi refleksi untuk kehidupan kita?

Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari

Pepatah lama mengatakan, “Bangunlah lebih pagi, agar rejekimu tak dipatok ayam”. Ya, banyak orang telah membuktikan, bahwa bangun pagi lebih awal merupakan jalan untuk lebih mendekatkan kesuksesan. Bangun lebih pagi dapat memberikan kesempatan untuk lebih proaktif dan produktif. Namun, jangan sampai anda bangun pagi untuk sekedar bermalas-malasan. Mungkin tirulah lima kebiasaan orang-orang sukses berikut ini dalam memulai hari-hari mereka.

1. Bangun Pagi Lebih Awal

Banyak profesional dan tokoh politik sukses, mulai dari CEO Square yang bernama Jack Dorsey hingga mantan Perdana Menteri Margaret Thatcher yang rutin bangun pagi lebih awal dalam menjalani hari-hari mereka. Dengan demikian, mereka memiliki rentang waktu lebih banyak untuk mengatur dan menyelesaikan persoalan.

2. Makan Sarapan yang Sehat

Selama beberapa dekade, para ilmuwan dan profesional sukses sama-sama telah membuktikan seperti apa pengaruh dan manfaat menyantap sarapan yang sehat (bernutrisi). Kandungan sarapan yang baik menyediakan nutrisi dan energi yang diperlukan tubuh sebagai bahan bakar anda dalam memulai hari, setelah sebelumnya berpuasa selama enam sampai sepuluh jam saat kita tertidur.

Tingkat semangat juga berada pada level tertinggi di pagi hari, sehingga dengan mengkonsumsi sarapan yang sehat akan berdampak positif terhadap perjalanan rutinitas satu hari anda. Jika anda tidak bisa menyediakan sarapan sehat di pagi hari karena kekurangan waktu, maka ada baiknya untuk melakukan persiapan makanan Anda di malam sebelumnya.

3. Suka Berolahraga

Melakukan peregangan dan latihan fisik sederhana, paling tidak selama 30 menit di pagi hari dapat membuat suasana fisik dan psikis menjadi berbeda, bahkan dapat memberi pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja anda sepanjang hari. Ketika Anda berolahraga di pagi hari, metabolisme Anda akan memicu dan tetap tinggi selama berjam-jam yang membantu Anda merasa berenergi seharian penuh.

4. Memvisualisasikan Hari Mereka

Banjamin Franklin telah memberi nasihat, “Jika Anda gagal untuk merencanakan, maka Anda berencana untuk gagal.” Ini artinya dalam mengawali hari, harus dimulai dengan perencanaan yang jelas. Orang-orang sukses cenderung selalu menyusun rencana mereka secara terperinci, bahkan rencana untuk satu hari.

Oleh karena itu, di pagi hari luangkan beberapa menit untuk menyusun dan memetakan apa saja yang akan anda lakukan, dan manakah hal atau proyek yang paling penting untuk diselesaikan atau yang menjadi prioritas. Pikirkan tentang bagaimana rencana hari ini akan cocok dengan tujuan Anda yang lebih besar dalam hidup anda ke depannya. Gambaran atau visual tersebut akan menjadi media untuk membantu menjaga motivasi Anda.

5. Melakukan Meditasi

Menurut situs Huffington Post, kegiatan meditasi seperti yoga dapat membantu menurunkan tingkat stres, meningkatkan fungsi kognitif, berpikir kreatif dan produktivitas, dan bahkan dapat meningkatkan kesehatan fisik Anda. Banyak pemimpin perusahaan yang telah merasakan manfaat yoga, khususnya untuk mengatasi stres dan tekanan darah tinggi.

Chief Technology Cisco System dan Strategy Officer, yang bernama Padmasree Warrior, mengatakan kepada New York Times bahwa meditasi atau yoga layaknya seperti reboot untuk otak dan jiwa. Dengan melakukannya untuk beberapa menit saja setiap pagi, Anda dapat mengatur pikiran dan tubuh Anda dalam menggapai kesuksesan selama sisa hari Anda.

Kebiasaan Orang Sukses Saat Menjelang Tidur

Banyak artikel yang mengungkapkan bagaimana kebiasaan – kebiasaan para pebisnis dan tokoh-tokoh dunia ketika mereka bangun pagi. Kali ini, akan disajikan aktivitas – aktivitas yang dilakukan oleh para pengusaha dan tokoh-tokoh terkenal sebelum mereka pergi ke tempat tidur. Berikut rangkumannya, seperti yang dikutip dari businessinsider.com

1. Kenneth Chenault

Pimpinan perusahaan jasa keuangan American Express, Kenneth Chenault memiliki kebiasaan menarik sebelum menuju ke peraduan mimpi. Ia akan menuliskan tiga hal yang ingin ia capai pada esok harinya. Kebiasaan tersebut akan membantunya dalam memprioritaskan hal mana yang pertama harus ia capai.

2. Joel Gascoigne

Buffer CEO Joel Gascoigne memiliki kebiasaan unik sebelum pergi ke ranjang peristirahatan. Ia aka berjalan-jalan di tengah malam sekitar 20 menit untuk melepaskan kepenatan diri, memikirkan tantangan apa yang akan dihadapi esok hari, kemudian mengusir problema pekerjaan, dan setelah coolingdown ia pergi ke tempat tidur.

3. Winston Churchill

Perdana Menteri Inggris yang memegang jabatan pada masa perang dunia ke dua memiliki kebiasaan tidur yang kurang teratur karena padatnya jadwal kegiatan yang harus ia ikuti. Jam 8 malam ia dinner kemudian menghabiskan cerutunya. Karena jadwalnya yang tidak teratur, Churchill terkadang mengadakan pertemuan kabinet perang bersebelahan dengan kamar mandinya.

4. Benjamin Franklin

Benjamin Franklin adalah seorang pendiri negara Amerika Serikat yang lahir pada tahun 1706. Dalam catatan biografinya, terungkap kebiasaan-kebiasaannya sebelum tidur. Salah satunya adalah bertanya pada diri-sendiri “Hal baik apa yang telah saya lakukan hari ini?”

5. Barack Obama

Presiden Barack Obama sering tidur larut malam (night owl). Ia juga terkadang melakukan conference calls dengan stafnya pada jam 11 malam. Setelah itu, Obama mempersiapkan segala hal untuk tugas esok, kemudian satu jam untuk kegiatan membaca buku, dan tidur sekitar jam satu pagi.

Kebiasaan Orang Sukses Di Hari Libur Akhir Pekan

Apa saja yang dilakukan orang-orang sukses ketika hari libur? Libur akhir pekan memang bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh dari lelahnya rutinitas kerja selama 5-6 hari sebelumnya. Namun hal itu bukan berarti anda harus tidur seharian tanpa aktivitas yang produktif. Laura Vanderkam yang menulis buku berjudul “What the Most Successful People Do on the Weekend” mengungkapkan bahwa bermalas-malasan di akhir pekan takkan membuat jenjang karir dan bisnis menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, selama liburan akhir pekan sebaiknya dimanfaatkan dengan istirahat cukup, plus beberapa aktivitas yang bermanfaat. Apa sajakah jenis aktivitas di hari liburan yang dilakukan oleh orang-orang sukses?

1. Berolahraga

Aktivitas ini wajib anda lakukan jika dalam satu minggu ini anda disibukkan dengan aktivitas kerja sehingga tak sempat melakukan peregangan otot. Berolah raga dapat membuat tubuh sehat dan pikiran fresh.

2. Menyelesaikan Pekerjaan Rumah dan Menyusun Rencana

Anda yang punya pekerjaan rumah, baik itu tugas rumah tangga (mencuci baju, bersih-bersih) maupun tugas dari kantor, harus dicicil untuk dituntaskan. Pekerjaan menumpuk yang tak segera diselesaikan dapat membuat otak menjadi tambah stress. Selain itu, sembari menonton televisi atau bioskop, ada baiknya anda menyusun rencana untuk target satu minggu ke depan, misalnya daftar rencana keuangan, lokasi liburan bersama, rencana bisnis, dan sebagainya.

3. Merefleksi Diri

Refleksi diri atau perenungan merupakan aktivitas yang sering diperbuat oleh mereka yang telah sukses dalam karir atau bisnis. Ada banyak hal yang bisa anda renungkan, terutama perbuatan-perbuatan yang sudah anda lakukan satu minggu terakhir.

4. Menambah Ilmu

Agar akhir pekan anda tidak membosankan, anda bisa mengisinya dengan berbagai aktivitas yang mampu membuat ilmu dan wawasan anda bertambah, misalnya membaca buku, kursus dan pelatihan, atau berkunjung ke tempat edukatif.

5. Memperluas Jaringan Pertemanan

Saat hari kerja, kita disibukkan dengan berbagai aktivitas, sehingga tidak sempat melakukan aktivitas sosial (bergaul). Nah, manfaatkanlah hari libur anda untuk menambah sahabat dan kolega baru yang kelak berguna untuk karier atau bisnis anda. Namun, jangan juga menepiskan kepentingan keluarga anda.

Kebiasaan – Kebiasaan Orang Kaya yang Patut Ditiru

Kebiasaan sehari – hari dapat menjadi penentu kesuksesan seseorang di masa depan. Meskipun terlihat sederhana, suatu kebiasaan akan bisa mendorong terjadinya hal positif maupun sebaliknya dalam kehidupan seseorang.

Kebiasaan baik dari orang – orang sekitar, para tokoh populer, maupun mereka yang telah mencapai kesuksesan hidup, bisa kita jadikan referensi dan pembelajaran untuk kemajuan diri kita. Nah, dilansir dari situs allbusiness.com, inilah daftar kebiasaan para milyarder yang patut dijadikan contoh.

1. Bangun Pagi sebelum Matahari Terbit

Memang benar kata nasihat lama “Jangan bangun kesiangan, nanti rejeki dipatok ayam”. Inilah kebiasaan yang menjadi prinsip hidup Peter Shankman, seorang Amerika yang mendirikan perusahaan bidang public relations. “I’m up by 4:15 a.m. every day, and it’s truly amazing what you can get done if you get up early.” Ada banyak hal yang bisa anda lakukan dalam rentang waktu tersebut sebelum melakukan rutinitas bisnis atau profesi anda.

2. Selalu Berhemat

Meskipun Craig Wolfe telah menjadi orang kaya, namun ia tetap memegang prinsip kebiasaan hidupnya, yakni berhemat (frugal). Ia hanya membeli barang-barang yang memang harus ia miliki, dan berusaha menghindari kartu kredit dan mobil cicilan yang hanya menambah beban bunga hutang. “Saya telah melihat banyak perusahaan yang jor-joran mengeluarkan semua modal usahanya untuk memperbesar dan memperluas bisnisnya tanpa terkendali seperti setan, dan kemudian akhirnya mengalami kebangkrutan”, kata Craig Wolfe.

3. Tetap Produktif Saat Berolahraga

Ketika sedang melakukan latihan fisik (olahraga) di sebuah pusat kebugaran, kebanyakan orang melakukannya sambil nonton tv atau mendengarkan musik dari ponselnya. Namun hal ini berbeda dengan kebiasaan yang dilakukan oleh Jeremy Shepherd, pemilik perusahaan penjualan perhiasan online PearlPaeadise.com. Ketika ia sedang melakukan aktivitas gym, ia justru fokus memikirkan masalah tertentu terkait dengan bisnisnya. Dalam 30 menit exercise-nya tersebut, ia biasanya mampu mendapatkan ide, inovasi dan solusi bagi bisnisnya.

4. Mau Melangkah di Zona yang Tidak Nyaman

Menurut Jennifer Dunphy, kesuksesan bisa anda raih jika mau dan mampu melangkah di luar zona nyaman anda secara teratur. Wanita pendiri Vayu Media ini menyatakan “Sejak kecil, setiap aku mengambil langkah yang berada di luar zona kenyamananku, aku mendapatkan kesuksesan luar biasa”. Berkat kebiasaan itu, perusahaannya mampu melakukan penjualan lebih dari 5 juta dollar dalam bisnis teknologi internet (SEO).

5. Lakukan Kebaikan Setiap Hari

Ben Federmen, seorang pebisnis online 1SaleADay.com merasa sangat bersyukur karena pada saat usia 28 tahun, ia telah berhasil mencapai kebebasan finansial. Pengusaha yang telah mampu mencapai angka penjualan 100 juta dolar tersebut berprinsip apa yang telah ia terima (kekayaan) harus digunakan untuk kebaikan, misalnya membantu masyarakat lokal, organisasi sosial, dan sejenisnya. “Semakin banyak saya mengulurkan tangan kepada orang lain, semakin saya menyadari betapa besar kebutuhan dalam masyarakat kita, bangsa kita, dan dunia, dan ini membuat saya selalu termotivasi dan inovatif”, kata Federmen.

Nah, demikianlah sederet kebiasaan orang-orang sukses yang bisa kita jadikan bahan untuk belajar dan memacu diri untuk bisa mengikuti jejak kesuksesan mereka. Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Tinggalkan komentar