10 Kelebihan yang Dimiliki Orang Berkulit Gelap

Sebagai manusia terkadang kita akan selalu diliputi rasa iri akan kelebihan yang orang lain miliki. Hati akan selalu bergumam, “Kenapa aku tidak terlahir seperti mereka?” Seakan hati merasa tidak puas akan apa yang sudah menjadi ketentuan dari Sang Pencipta. Entah itu postur tubuh yang ideal, memiliki wajah yang rupawan, termasuk memiliki warna kulit yang putih bersih.

Bagi sebagian orang yang terlahir ke dunia dengan kulit yang berwarna gelap, mungkin itu akan menjadi masalah tersendiri untuknya. Dimana mereka selalu akan merasa malu, minder atau merasa tidak percaya diri di buatnya. Kebanyakan dari mereka selalu mengeluh jika sangat sulit mendapatkan pakaian idaman karena warnanya yang selalu terlihat tidak cocok dengan warna kulit gelapnya.

Zaman yang semakin modern terkadang dijadikan kesempatan bagi seseorang yang berkulit gelap untuk menyelesaikan masalahnya. Tentu di zaman yang semakin canggih ini, sangatlah mudah untuk menjadikan kulit gelap menjadi putih. Entah itu dengan menggunakan cream pemutih, lulur atau perawatan ekslusif lainnya.

Ada banyak orang khususnya wanita yang menghalalkan segala cara demi memiliki kulit yang putih bersih. Dan tak tanggung-tanggung mereka bahkan mengeluarkan dana yang lumayan banyak untuk itu. Namun, tidak sedikit dari mereka yang menjadi korban atas ambisinya. Nyatanya ada banyak orang yang terkena kanker kulit atau penyakit sejenisnya yang bermula dari pemakaian pemutih kulit tersebut.

Sebenarnya mereka (yang menjadi korban) hanyalah dibutakan oleh pengakuan dari orang lain, yang mungkin dapat membuat dirinya merasa bangga atas apa yang ia miliki. Sehingga membuatnya lupa untuk mensyukuri atas Anugerah Tuhan. Perlu anda sadari jika Tuhan selalu memiliki maksud dibalik ciptaan-Nya. Dan tentunya setiap kejadian itu akan selalu ada hikmahnya untuk kita. Jadi sempatkanlah diri untuk mensyukuri apa yang kita miliki, termasuk ketika memiliki kulit yang gelap.

Bagi mereka yang berkulit gelap, mungkin akan menjadi kebiasaan untuk orang lain memberinya sebuah julukan atau gelar misalnya, si hitam, arang, dan lain sebagainya. Tanpa mereka sadari jika orang-orang yang berkulit gelap ini memiliki kelebihannya sendiri, terutama dalam hal kesehatan. Setidaknya ada 10 kelebihan yang dimiliki orang-orang yang berkulit gelap yang harus anda ketahui:

1. Risiko kena kanker kulit lebih kecil

Mereka yang berkulit gelap beruntung karena lapisan kulitnya telah ditutupi dengan perlindungan matahari alami yang disebut melanin. Berbeda dengan kulit yang cerah, mereka tidak memiliki melanin cukup sehingga sinar UV ini menyebabkan kerusakan DNA dan juga sel-selnya yang menyebabkan kanker kulit. Terutama jenis yang lebih umum dikenal sebagai kanker kulit sel basal dan skuamosa.

Seperti yang kita tahu jika kanker kulit juga mampu membunuh penderitanya sama seperti kanker lainnya. Meski begitu, orang-orang berkulit gelap ini biasanya sering kekurangan vitamin D yang diperoleh dari matahari untuk kekuatan tulang.

2. Sulit terkena sengatan matahari

Kulit yang terbakar sinar matahari biasanya dialami oleh mereka yang memiliki kulit putih. Kulit akan terasa pelit dan merah ketika terkena sinar matahari untuk waktu yang lama tanpa dilindungi. Lebih parahnya lagi, kulit yang terbakar karena sinar matahari juga bisa membuat kulit mengelupas.

Berbeda dengan mereka yang berkulit hitam atau gelap, meski sepanjang hari menghabiskan waktu di bawah sinar matahari secara langsung, sulit bagi mereka untuk mengalami luka bakar kulit akibat sengatan matahari.

Sebenarnya semua orang memiliki jumlah melanosit (sel yang memproduksi melanin) yang sama, tak peduli warna kulit yang dimiliki. Namun, yang membedakan adalah ukuran dan penyaluran melanositnya. Semakin besar ukuran melanosit yang dimiliki, maka kulit akan semakin hitam.

Keuntungan yang paling penting dari memiliki jumlah melanin yang banyak di kulit adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini akan membuat kulit terlindung dari efek jangka pendek seperti terbakar sinar matahari yang parah. Intinya, orang-orang yang berkulit gelap memiliki banyak melanin dan itu akan menjadi keuntungan sendiri untuk mereka.

3. Lebih awet muda

Kulit akan cepat menjadi terlalu tua jika sering terkena paparan sinar matahari terlalu banyak. Namun, pada orang-orang yang berkulit gelap, tanda-tanda penuaan pada kulit tidaklah signifikan. Karena, mereka yang berkulit gelap memiliki melanin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Melanin tersebut akan mampu menjaga kulit dari penyebab kerusakan jangka panjang yang berhubungan dengan penuaan (aging).

Bahkan pakar kulit mengungkapkan bahwa mereka yang berkulit hitam akan terlihat lebih muda jika dibandingkan dengan rekan sebayanya. Karena selain melanin, orang yang memiliki kulit hitam juga cenderung memiliki serat kolagen yang banyak dan lebih tebal dibandingkan kulit putih. Itu sebabnya pemilik kulit gelap cenderung terlihat lebih awet muda.

Kadar melanin dan juga kolagen yang tinggi pada individu yang gelap akan memperlambat periode penuaan termasuk munculnya pegmentasi, komedo, keriput dan kulit kasar dan lain sebagainya.

4. Tubuh berfungsi lebih sempurna

Selain menentukan warna kulit dan rambut seseorang, banyak melanin pada kulit hitamnya juga memiliki fungsi lain. Ini adalah sumber utama mempertahankan fungsi tubuh yang membantu otak dan saraf berfungsi dengan baik, membantu mata untuk melihat dan meningkatkan pertumbuhan sel.

5. Lebih subur

Pigmentasi gelap berupaya menghindari kerusakan DNA dan mengendalikan penyerapan radiasi UV total yang seimbang untuk tubuh manusia. Ini juga akan melindungi tubuh dari gejala kekurangan asam folat.

Folat adalah Vitamin B yang larut dalam air yang tersedia dari sayuran berdaun hijau, biji-bijian, dan buah-buahan (jeruk atau jeruk nipis). Wanita membutuhkan folat untuk menjaga kesehatan telur yang dihasilkan sehingga mereka bisa sehat dan meningkatkan pertumbuhan plasenta normal setelah pembuahan.

Bagi pria, folat penting untuk menghasilkan sperma berkualitas. Folat sangat penting untuk perkembangan isi, pertumbuhan organ janin dan mendukung kejadian tubuh dan otak janin. Dengan demikian, wanita hamil dengan kulit gelapnya akan terlindungi dari cacat janin.

6. Melindungi sistem saraf

Radikal bebas mengancam kesehatan manusia. Ini dapat merusak dan menghancurkan sel-sel tubuh manusia. Namun individu yang berkulit gelap dengan kadar melanin tinggi mampu membebaskan radikal bebas ini sehingga sel-sel tubuh selalu dalam kondisi baik.

Pigmen melanin bertugas melawan radikal bebas dan terbukti mampu melindungi sistem saraf pusat dari jamur Cryptococcus neoformans atau infeksi kriptokokosis. Infeksi jamur ini menyebabkan pembengkakan dan iritasi pada otak, juga sumsum tulang belakang.

Untuk anda yang senantiasa memiliki kulit yang gelap, tidaklah usah berkecil hati. Selalu bersyukurlah atas apa yang anda miliki, dan pastinya setiap ketentuan Tuhan itu selalu ada hikmahnya.

7. Kebal terhadap beberapa penyakit kulit

Pada serangga, melanin diketahui mampu melindungi terhadap serangan penyakit dengan cara menelan dan membunuh mikro organisme. Sehingga para peneliti pun beranggapan jika melanin memiliki fungsi yang sama pada manusia.

Hal ini mungkin juga bisa menjelaskan alasan mengapa tentara berkulit putih ketika bertugas di lingkungan lembab seperti hutan, tiga kali lebih rentan terkena penyakit kulit serius daripada mereka yang memiliki kulit gelap.

8. Memiliki tulang yang lebih kuat

Banyaknya jumlah pigmen pada kulit gelap mampu menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari. Hal inilah yang membuat pemilik kulit gelap berisiko lebih kecil mengalami osteoporosis karena mampu menyerap kalsium lebih banyak. Bukankah itu baik untuk kesehatan anda??

9. Terasa lebih hangat

Wanita berkulit gelap memiliki pancaran aura yang lebih hangat. Benarkah?? Itu memang benar adanya. Hal ini terjadi karena melanosit yang berfungsi menghasilkan melanin pada orang yang berkulit gelap lebih banyak. nah, melanin inilah yang membuat seseorang berkulit gelap memiliki aura yang lebih hangat.

Tidak hanya aura saja, ia pun akan terasa lebih hangat ketika sedang berdekatan (bersentuhan). Ada banyak orang yang menyatakan bahkan membuktikannya sendiri, jika seseorang yang berkulit hitam itu sangat hangat. Terutama ketika dipeluk (berpelukan).

10. Eksotik

Sudah sepatutnya anda merasa bangga akan kulit hitam yang anda miliki. Sebab anda memiliki kulit yang eksotis dan cukup menarik di mata orang lain.

Anda harus bangga memiliki warna kulit yang dianggap eksotis. Tidak banyak yang memiliki keunggulan ini tetapi banyak wanita di negara-negara barat yang cukup mendambakan memiliki kulit ini.

Kata Penutup

Sebagai akhir kata, kami pun menyimpulkan bahwa menjadi seseorang yang cantik maupun tampan itu tidak selalu harus memiliki kulit yang putih. Walaupun memang tidak dapat dipungkiri jika kulit putih itu menjadi salah satu pendukung yang cukup kuat untuk cantik atau tampannya seseorang. Namun bukan berarti juga seseorang yang berkulit gelap itu tidak cantik atau tampan bukan??

Sebenarnya menjadi seseorang yang cantik atau tampan itu bukanlah segalanya. Tetapi dapat memiliki pribadi yang tidak membosankan, menarik, baik dan berkarakter, itulah yang di sebut orang yang cantik atau tampan yang sebenarnya.

Jika orang-orang di luar sana sedang berlomba untuk dapat memutihkan warna kulit mereka dengan berbagai cara, dengan tanpa mereka sadari jika itu membuat mereka kehilangan karakter kulitnya. Bahkan ada banyak dari mereka yang menjadi korban produk pemutih, bukanlah putih yang mereka dapat tapi malah kerusakan kulit yang harus mereka rasakan. Jangan sampai itu terjadi pada kita. Teruslah percaya diri, Cantik atau tampan itu relatif. Maka dari itu tetaplah menjadi diri sendiri, dan itu adalah cara yang paling baik untuk tetap menjadi seseorang yang cantik atau tampan.

Coba saja anda perhatikan dalam kehidupan nyata atau dalam kehidupan sehari-hari kita, kenyataan membuktikan sendiri bahwa seberapa putihnya kulit atau cantik tampannya seseorang jika diiringi dengan sifat yang sombong, angkuh, dan suka merendahkan orang lain, terang saja tidak akan membuat satu orang pun suka atau peduli terhadap anda. Meskipun anda berwajah cantik atau ganteng dengan warna kulit yang putih merona sekalipun. Jadi, bagi anda yang memiliki kulit gelap janganlah terlalu berkecil hati. Ucapkan lah rasa syukur serta tanamkan dalam hati, jika Tuhan sudah menyiapkan sesuatu hal yang baik disaat anda mampu menerima.

Kami hanya bisa berharap jika ke-10 keuntungan diatas akan mampu atau dapat merubah pikiran anda. Dan menyadari jika apa yang anda miliki itu sebuah anugerah terindah dari Tuhan, jadi jangan pernah anda sia-siakan dengan berusaha mengubahnya dengan berbagai cara. Semoga apa yang kami informasikan dapat mendatangkan manfaat untuk anda yang membacanya.

Tinggalkan komentar