40 Manfaat Baking Soda, dari Kecantikan hingga Kemoterapi

Apakah baking soda bisa dimanfaatkan untuk tujuan lain selain mengembangkan kue? Bagaimanakah caranya menggunakan soda kue untuk sarana kecantikan dan kemoterapi? Baking soda atau soda kue adalah salah satu bahan tambahan yang sering dipakai untuk pembuatan kue dan jajanan.

Bahan yang bernama natrium atau sodium bikarbonat ini memiliki fungsi sebagai pengembang pada adonan kue, sehingga jajanan yang dihasilkan menjadi lebih merekah dan empuk. Dalam bidang pastry, sebagian orang sering menyamakan bahan ini dengan baking powder, padahal keduanya sedikit berbeda.

Baking soda merupakan bahan pengembang kue yang mengandung 100% zat kimia bernama natrium bikarbonat/sodium bikarbonat. Sedangkan baking powder, berisi bahan tambahan lain, seperti cream of tartar (bersifat asam) dan bahan pengering. Fungsi dan cara kerja kedua bahan ini hampir sama, yaitu di dalam adonan kue mereka menghasilkan gelembung-gelembung gas (karbondioksida) yang membuat volume kue menjadi lebih besar.

Selain fungsi utamanya sebagai pengembang kue, baking soda memiliki segudang manfaat lain yang bisa anda coba. Baking soda membantu mengatur pH, menjaga zat agar tidak terlalu asam atau terlalu basa. Saat baking soda bersentuhan dengan zat asam atau alkali, efek alaminya adalah menetralisir pH tersebut. Selain itu, baking soda memiliki kemampuan untuk memperlambat perubahan lebih lanjut dalam keseimbangan pH, yang dikenal sebagai buffering.

Kemampuan ganda sebagai penetralisir dan penyangga ini memungkinkan baking soda melakukan hal-hal seperti menetralkan bau asam di dalam kulkas anda, atau menjaga pH netral pada air cucian Anda, sehingga membantu meningkatkan daya deterjen Anda.

Ini reaksi sederhana dan aman, tapi efeknya sangat luas untuk sejumlah tugas pembersihan dan penghilang bau di rumah anda. Yuk, mari kita simak secara lebih rinci tentang sejumlah manfaat tersembunyi dari baking soda.

1. Baking soda untuk bahan scrub wajah

Baking soda bersifat abrasif yang super efektif tapi lembut. Sifat ini dapat dimanfaatkan untuk tujuan kecantikan, terutama yang berkaitan dengan kulit (skin). Jika produk scrub wajah anda sudah habis, maka anda bisa memanfaatkan baking soda. Caranya cukup mudah, yakni dengan membuat adonan pasta dengan mencampurkan soda kue dan air dengan perbandingan 3:1. Usap dan gosokkan pasta tersebut secara melingkar di bagian pipi, kening, dan dagu anda. Kotoran-kotoran dan debu yang menempel di wajah akan segera terkelupas. Setelah itu, bilas dengan air biasa. Scrub ini cukup lembut digunakan sehari-hari, tidak hanya wajah saja, scrub dari soda kue bisa digunakan untuk membersihkan bagian tubuh lainnya, seperti tangan, kaki dan punggung.

2. Baking soda sebagai pasta gigi

Pasta yang terbuat dari campuran baking soda dan larutan hidrogen peroksida 3% dapat digunakan sebagai alternatif pasta gigi non-flourida komersial. Anda juga bisa memancangkan sikat gigi Anda dengan pasta gigi ke dalam baking soda untuk meningkatkan ekstra pembersihannya.

3. Baking soda untuk menyegarkan mulut

Baking soda dapat dipakai sebagai bahan kumur mulut. Masukkan satu sendok teh baking soda ke dalam setengah gelas air. Gunakan untuk berkumur-kumur dan buang. Bau dalam mulut dapat dinetralkan dengan efektif.

4. Dimanfaatkan untuk merendam peralatan oral (mulut)

Baking soda bisa dimanfaatkan untuk merendam peralatan oral yang anda pakai, seperti retainer, mouthpieces, atau gigi palsu. Caranya dengan mencampur 2 sendok teh baking soda ke dalam segelas atau semangkuk kecil air hangat. Baking soda dapat mengendurkan partikel makanan dan menetralkan bau untuk menjaga agar peralatan tetap fresh. Anda juga bisa menyikat peralatan bersih menggunakan baking soda.

5. Mengatasi gigitan serangga dan kulit gatal

Dalam situasi darurat, Anda bisa memanfaatkan baking soda untuk mengobati bentol-bentol akibat gigitan serangga dan gatal-gatal ringan pada kulit. Untuk gigitan serangga, buat pasta dari baking soda dan air, dan oleskan sebagai salep ke kulit yang terkena. Untuk meredakan gatal, gosokkan bubuk baking soda ke tangan Anda dan usap ke kulit yang lembab setelah mandi.

6. Baking soda dipakai sebagai antasid

Baking soda adalah antasid yang aman dan efektif untuk meredakan sakit maag, asam perut, reflux dan / atau gangguan pencernaan asam. Baking soda dapat berguna sebagian karena sifat amfoterinya, yang memungkinkannya menetralkan kedua asam dan basa. Kemampuan menetralisir asam ini memungkinkan orang untuk menggunakan baking soda untuk meringankan gangguan pencernaan dan keluhan perut lainnya. Setelah tertelan, senyawa tersebut akan bereaksi terhadap asam lambung di perut manusia dan meningkatkan potensi hidrogen (tingkat pH).
Caranya dengan melarutkan bubuk baking soda ke dalam segelas air.

Dosis yang dianjurkan bervariasi, namun beberapa produsen menyarankan untuk mencampur 1/2 sendok teh (2,5 gram) baking soda dengan 1/2 gelas (sekitar 118 mililiter) air untuk mendapatkan bantuan dari gejala mulas. Dosis ini bisa diminum setiap dua jam, dengan tidak lebih dari tujuh dosis diambil dalam periode 24 jam. Mengambil terlalu banyak sodium bikarbonat dapat mencegah tubuh mencerna makanan dengan benar.

7. Dijadikan pembersih tangan (Hand Cleanser) dan pelembut

Baking soda bisa menjadi alternatif pengganti sabun tangan di rumah anda, terutama jika sabun hand cleanser anda bersifat agak keras dan kurang cocok untuk kulit anda. Caranya, campurkan baking soda ke dalam air dengan perbandingan 3:1, atau 3 bagian baking soda ke dalam sabun cair lembut.

8. Shampoo yang bagus

Air cuka merupakan bahan bagus untuk mencuci rambut, tapi baking soda juga efektif. Taburkan sejumlah kecil baking soda ke telapak tangan bersama dengan sampo favorit anda. Keramas seperti biasa dan bilas rambut dengan pelan-pelan. Baking soda membantu menghilangkan sisa-sisa produk styling sehingga rambut Anda lebih bersih dan mudah diatur. Baca juga 20 Masker Rambut Alami yang Sehat

9. Membersihkan sisir dan brushers rambut

Salah satu sarana penting agar rambut bisa berkilau dan bersinar adalah sisir dan sikat yang bersih. Angkat sisa minyak dan residu produk rambut pada yang menempel pada sisir anda dengan merendamnya dalam larutan 1 sendok teh baking soda dan air hangat.

10. Baking soda untuk mandi dan melepas racun

Tambahkan 1/2 cangkir baking soda ke bak mandi Anda untuk menetralisir asam pada kulit dan membantu membersihkan minyak dan keringat, juga membuat kulit Anda terasa lebih lembut. Selain itu, dengan menggabungkan satu sampai dua cangkir baking soda bersama dengan dua cangkir garam Epsom di dalam bak mandi, anda dapat memanfaatkannya untuk melepas racun dalam tubuh, terutama kulit. Silakan berendam diri selama 30 menit.

11. Menenangkan kaki yang pegal

Larutkan 3 sendok makan soda kue dalam bak air hangat dan rendam kaki anda. Gosok perlahan mulai dari telapak kaki hingga bagian lutut. Ini akan merelaksasi ketegangan kaki anda.

12. Baking soda dapat membersihkan mobil

Gunakan baking soda untuk membersihkan lampu mobil, krom, jendela, ban, kursi vinil dan alas lantai tanpa perlu khawatir terjadinya bekas goresan yang tidak diinginkan. Gunakan larutan 1/4 cangkir baking soda dalam 1 liter air hangat. Oleskan dengan spons atau kain lembut untuk menghilangkan kotoran jalan, getah pohon, kotoran serangga dan tar. Untuk noda membandel, gunakan baking soda yang ditaburkan pada spons basah atau sikat lembut.

13. Membersihkan residu baterai

Baking soda dapat digunakan untuk menetralkan korosi asam baterai dan aki pada mobil, mesin pemotong rumput, dan peralatan lainnya karena alkali ringan. Pastikan melepas terminal baterai sebelum anda membersihkannya. Buatlah pasta dari 3 bagian baking soda ke dalam 1 bagian air, oleskan dengan kain lembab untuk menggosok korosi dari terminal baterai. Setelah membersihkan dan menghubungkan kembali terminal, bersihkan dengan petroleum jelly untuk mencegah munculnya korosi lanjutan. Harap berhati-hati saat melakukan pembersihan baterai karena mengandung asam kuat.

14. Menghilangkan tumpahan minyak

Gunakan baking soda untuk membersihkan minyak ringan dan tumpahan minyak pelumas di lantai garasi atau di jalan masuk Anda. Taburi baking soda di tempat dan gosok dengan sikat basah. Selain itu, anda bisa mencegah gulma dengan menaburkan baking soda ke celah-celah di jalan masuk dan jalan setapak di rumah Anda.

15. Baju bayi yang bersih dan lembut

Karena kulit bayi begitu sensitif, maka seluruh pakaiannya harus dicuci dengan bahan pembersih yang paling lembut. Memang kini produk-produk tersebut banyak tersedia di toko-toko, namun kandungan penghalang bau dan noda seringkali bersifat keras bagi kulit bayi. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan baking soda untuk mengurangi kadarnya. Untuk noda keras tambahkan 1/2 cangkir baking soda ke detergen cucian cair Anda, atau 1/2 cangkir dalam siklus bilas untuk deodorisasi.

16. Meningkatkan kinerja cairan detergen laundry

Dengan menambahkan sekitar 1/2 cangkir baking soda ke dalam cucian anda akan dapat membuat deterjen cair bekerja lebih efektif. Keseimbangan pH yang lebih baik dalam rendaman cucian akan menghasilkan cucian yang lebih bersih, fresh dan cerah.

17. Sebagai bahan scrub untuk berbagai benda

Untuk membersihkan bak mandi, bak cuci piring, fiberglass, atau permukaan ubin glossy, anda bisa memanfaatkan baking soda. Taburi bubuk baking soda pada spons, lalu gosok basah permukaan bak atau keramik. Untuk noda membandel, anda bisa membuat pasta dari campuran baking soda, garam dapur, dan sabun cair. Tuang pasta di atas noda lalu biarkan 5-10 menit sebelum digosok dengan spons atau sikat.

18. Baking soda untuk cuci piring

Tambahkan 2 sendok makan baking soda ke dalam sabun pencuci piring untuk mempercepat pembersihan sisa makanan dan minyak yang menempel di piring, gelas, panci, dan penggorengan.

19. Menghilangkan bau basi pada perabotan

Sering kali bumbu basi meninggalkan bau yang menyengat pada perabotan rumah tangga yang kita pakai, seperti piring dan mangkuk. Untuk menyingkirkan bau tersebut, rendam perabotan atau tuangkan 4 sendok makan baking soda yang dicampur dengan 1 liter air hangat. Untuk memusnahkan bakteri yang masih menempel, masukkan perabotan ke dalam microwave.

20. Membersihkan microwave

Mikrowave yang kotor akan mempengaruhi kualitas makanan yang anda masak atau panaskan. Oleh karena itu, membersihkan peralatan dapur ini harus rutin dilakukan. Ketimbang menggunakan bahan kimia, anda bisa memanfaatkan baking soda. Tuangkan soda kue pada spons yang lembut untuk membersihkan bagian dalam dan bagian luar microwave.

21. Mengkilapkan perabot rumah tangga yang berbahan perak (silver)

Untuk membersihkan piring sterling atau sendok perak, anda bisa menggunakan larutan baking soda yang dibuat dengan campuran 3 bagian soda kue bersama 1 bagian air biasa.

22. Menghilangkan noda dan bau kopi atau teh

Beberapa jenis kopi atau teh memiliki aroma yang kuat dan bisa meninggalkan bekas-bekas noda pada gelas. Oleh karena itu, anda bisa merendamnya semalam di dalam larutan 1/4 baking soda, 1 liter air hangat dan 3-5 sendok sabun pencuci piring. Untuk noda yang agak kuat, gunakan spons yang basah dan sedikit kasar.

23. Membersihkan peralatan oven dapur

Peralatan memanggang atau oven kerap kali terlihat kotor pada bagian alasnya. Anda dapat mengenyahkan noda-nodanya dengan bantuan soda kue. Tuangkan baking soda ke bagian bawah oven, lalu semprot dengan air untuk merendam baking soda, biarkan semalam. Di pagi hari, gosok, tiriskan baking soda dan buang kotoran dengan spons, atau vakum, lalu bilas.

24. Membersihkan dinding

Anda bisa membersihkan noda-noda dari pencil krayon pada dinding dan perabotan lukis dengan bantuan baking soda yang diaplikasikan pada spons basah. Gosok lembut lalu bersihkan dengan lap bersih dan kering.

25. Penetralisir bau pada kulkas dan bak sampah

Letakkan sebuah wadah terbuka yang diisi baking soda di bagian belakang lemari es untuk menetralisir aroma yang tajam. Untuk mengurangi bau pada bak sampah, taburi dengan baking soda pada bagian dasarnya. Selain itu, untuk bak pencucian piring anda, masukkan 3-4 sendok makan baking soda untuk mengurangi aroma busuk yang muncul dari saluran bak pencuci piring.

26. Baking soda menghilangkan bau karpet, jok mobil dan sepatu

Taburi baking soda ke atas karpet atau jok mobil atau masukkan ke dalam sepatu. Biarkan semalam, atau selama mungkin (semakin lama semakin baik hasilnya). Sapu baking soda dan hilangkan sisa sisanya. Baking soda akan menyerap dan menetralkan bau yang tak diinginkan.

27. Mengusir bau di kandang hewan peliharaan

Hilangkan bau dari tempat tidur hewan peliharaan Anda, seperti anjing dan kucing dengan menaburi secara bebas baking soda, tunggu 15 menit (atau lebih lama untuk bau yang lebih kuat), lalu basahi.

28. Baking soda sebagai alat pemadam kebakaran

Baking soda merupakan salah satu bahan serbaguna yang wajib dibawa saat berkemah. Ini bisa berperan sebagai bahan pembersih, pasta gigi, deodoran, pembersih tangan, hingga pemadam kebakaran. Baking soda dapat digunakan sebagai media penanganan awal dari kebakaran. Saat baking soda dipanaskan atau dilemparkan ke api, ia bisa menghasilkan gas karbondioksida yang membantu memadamkan api.

29. Perawatan septic tank

Penggunaan rutin baking soda di saluran pembuangan dapat membantu menjaga sistem septik Anda mengalir dengan bebas dan lancar. Satu cangkir baking soda per minggu akan membantu menjaga pH yang baik di tangki septik Anda. Gunakan metode ini hanya jika pipa Anda berbahan logam. Dan jangan pernah bercampur dengan larutan pembersih lainnya. Jangan coba cara ini jika Anda baru saja menggunakan produk pembuangan komersial.

30. Sebagai bahan scrub untuk buah dan sayuran

Baking soda adalah cara aman untuk membersihkan kotoran dan residu yang masih menempel pada buah dan sayuran segar. Tuang sedikit sedikit pada spons basah bersih, gosok dan bilas.

31. Baking soda untuk perawatan kuku

Apakah anda ingin memiliki kutikula kuku yang lembut? Baking soda dapat menjadi solusinya. Celup sikat kuku atau sikat gigi pada baking soda, lalu gosokkan pada kuku tangan dan kaki Anda.

32. Untuk pengelupasan (exfoliator) sel kulit mati

Baking soda merupakan media pengelupas (exfoliator) yang sangat bagus dan lembut. Jika Anda memiliki kulit wajah berminyak, Anda dapat menambahkan satu sendok teh baking soda dan dua sendok makan gandum mentah yang dicampur dalam setengah gelas air hangat. Oats yang dikombinasikan dengan baking soda sangat bagus dalam untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

34. Mencerahkan kulit ketiak

Deodorant alami yang juga berperan mencerahkan ketiak, anda dapat menggunakan pasta baking soda pada area ketiak anda. Campurkan 4 sendok makan soda kue dengan 1/4 gelas air putih. Oleskan pada ketiak, dan lihat hasilnya, ketiak menjadi lebih segar dan tidak berbau. Baca juga 30 Cara Memutihkan Ketiak secara Alami

35. Membantu mengobati penyakit ginjal

Dilansir dari laman webmd.com, dengan dosis natrium bikarbonat yang tepat setiap hari dapat membantu orang-orang yang ginjalnya tidak dapat lagi mengeluarkan cukup asam dari darah mereka.

36. Meringankan iritasi akibat sengatan sinar matahari

Kulit yang terbakar akibat sengatan matahari dapat direndam dengan baking soda. Rendamlah kain bersih dalam larutan baking soda untuk membuat kompres dingin. Anda juga bisa mandi air hangat dengan campuran setengah cangkir baking soda di dalamnya untuk meredakan iritasi pada kulit.

37. Sebagai masker jerawat

Dengan membuat campuran yang agak kental, anda dapat memanfaatkan baking soda sebagai masker alami untuk mengurangi jerawat di wajah anda. Terlebih dahulu bersihkan waah anda, kemudian oleskan pasta soda kue dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Baking soda juga ampuh menghilangkan komedo. Baca juga 40 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mudah

38. Membersihkan perhiasan

Seiring waktu, perhiasan yang berbahan emas dan perak akan memudar kilaunya. Salah satu penyebabnya adalah noda yang menempel pada permukaannya. Untuk mengembalikan kilaunya, anda bisa memaanfaatkan bubuk baking soda. Caranya adalah dengan menggosokkan baking soda ke permukaan emas atau perak yang anda miliki. Diamkan selama 5 menit, lalu bersihkan menggunakan air. Perhiasan pun akan kembali mengkilat seperti baru lagi.

39. Mengurangi noda gosong

Bagian bawah panci, wajan dan peralatan masak lainnya sangat rentan menjadi gosong atau hangus. Untuk mengembalikan kemilaunya, anda bisa menggunakan baking soda. Caranya, usapkan spon kawat ke dalam bubuk baking soda kemudian gosokkan pada alat masak yang gosong. Tambahkan sedikit cuka untuk mengurangi kerak noda gosong.

40. Mengusir kutu pada kasur dan matras tidur

Membersihkan kasur sangatlah penting untuk menghilangkan bau tak sedap, tungau dan debu yang mungkin mengganggu kenyenyakkan tidur. Anda bisa mencampurkan 15 ons baking soda dan 15 tetes minyak essensial serta menggunakan vacuum cleaner (penghisap debu). Minyak esensial yang beraroma lavender, chamomile, atau cendana berguna sebagai antibakteri alami, sedangkan baking soda ampuh menghilangkan bau dengan menyingkirkan kotoran dan kelembaban. Setelah anda melepas seprei atau bed cover, taburkan adonan tersebut dan gosok-gosokkan pada kasur. Biarkan selama 30 menit sebelum disapu atau disedot dengan vacuum cleaner.

Demikianlah aneka manfaat ajaib yang bisa anda petik dari bahan baking soda kue. Beberapa pihak juga menyatakan bahwa soda kue sering dimanfaatkan untuk membantu kerja kemoterapi. Meskipun tidak ada riset ilmiah yang menemukan bahwa baking soda bisa menyembuhkan kanker, namun penelitian menunjukkan bahwa bahan ini dapat membantu beberapa perawatan kanker bekerja lebih baik. Beberapa obat kemoterapi membutuhkan kondisi basa. Yang lainnya menjadi lebih beracun di lingkungan asam. Itulah sebabnya beberapa dokter menyarankan penggunaan beberapa bentuk sodium bicarbonate untuk hasil pengobatan terbaik.

Tinggalkan komentar