Manfaat Menakjubkan Buah Nangka untuk Kesehatan

Salah satu jenis buah terbesar yang tumbuh di planet kita ini adalah buah nangka. Buah ini hadir dengan kulit yang tebal dan keras, serta daging kuning yang pucat, dan cukup populer di kalangan vegatarian karena nilai gizinya yang cukup menakjubkan. Buah ini bahkan dianggap buah nasional dari benua Asia.

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Buah yang dalam bahasa Inggris disebut Jackfruit ini ternyata mengandung banyak serat, kalium, magnesium, vitamin C, B6, A, zat besi, dan protein. Dengan ragam kandungan tersebut akan dapat membantu bagi orang-orang dengan kanker kolorektal.

Banyak orang di seluruh dunia dipengaruhi oleh jenis kanker, dan nangka yang sangat spesifik dan rumit ini bisa menjadi cara yang sangat sederhana dan alami untuk menyembuhkan beberapa gejala.

Pencegahan Kanker Usus Besar

Menurut para ahli, buah ini mengandung zat yang dapat membantu orang dengan kanker usus besar. Ini adalah fitonutrien, lignan, dan saponin. Ketiga zat tersebut sangat kuat dan powerfull dan dapat menghentikan perkembangan radikal bebas yang bisa menjadi faktor utama dalam pembentukan sel kanker.

a. Fitonutrien

Zat ini mencegah tahap pembentukan sel kanker. Fitonutrien hanya dapat ditemukan dalam makanan nabati dan memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya. Para peneliti dan ilmuwan masih menguji zat ini dan belum membuktikan efektivitasnya.

b. Saponin

Saponin dapat memperlambat kanker dan memiliki sifat pencegahan. Dalam beberapa kasus, bahkan zat ini menyebabkan kemunduran total kanker. Ini adalah agen anti kanker yang sangat kuat dan dapat mengikat sel kanker dan mencegah pertumbuhannya.

c. Lignan

Lignan dapat mengurangi risiko kanker endometrium. Menurut penelitian terbaru, orang yang mengkonsumsi nangka memiliki tingkat risiko lebih rendah daripada kanker jenis apa pun.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan semua kandungan gizi yang kuat, tentu saja, buah ini dapat memberi tubuh kita beragam zat yang sangat sehat yang akan membuat kita semakin bugar dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Fakta yang mengejutkan adalah bahwa gula dalam nangka bertanggung jawab atas sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Polisakarida dalam buah ini dapat meningkatkan fungsi sel fagosit.

Manfaat untuk DNA

Nangka juga penuh dengan antioksidan dan dapat melindungi DNA sel dari kerusakan radikal bebas oksigen serta mencegah mutasi lebih lanjut.

Fakta lain tentang nangka:

  • Satu cangkir hanya memiliki 150 kalori. Mengkonsumsi 1 cangkir buah ini akan mengisi 11% dari asupan serat harian Anda.
  • Buah ini memiliki kadar vitamin A dan C, riboflavin, tiamin, folat, dan niasin yang tinggi.
  • Buah ini bisa menghilangkan efek alkohol.
  • Buah ini mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, seng, selenium, tembaga, kalium, besi dan fosfor.
  • Buah nangka rendah lemak, kolesterol, dan natrium.

Tinggalkan komentar