Kupas Tuntas 40 Manfaat Daun Salam

Apa saja manfaat daun salam untuk bidang kesehatan dan juga non medis? Bagaimana cara mengolah dan menyimpan daun salam agar lebih tahan lama? Daun Salam, pastinya banyak di antara anda yang belum mengetahui tentang aneka khasiat yang terkandung di dalam daun salam, terutama manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun salam atau nama ilmiahnya Laurus nobilis merupakan daun beraroma yang selalu digunakan pengharum atau pembangkit rasa pada masakan seperti sup, masakan tumis dan masakan lainnya.

Aroma dan rasanya yang unik menjadikan daun salam sebagai bumbu pelengkap dalam menambah kelezatan hidangan masakan. Bahkan, beberapa masakan Barat, daun salam menjadi bahan dasarnya, terutama kuliner yang dibuat dengan cara dipanggang atau dibakar.

Buah dari pohon salam terlihat seperti buah zaitun, yang berbentuk bulat kecil berwarna merah dapat digunakan untuk mengobati mabuk akibat alkohol. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah. Nama botani pohon salam adalah Syzygium polyanthum, satu keluarga dengan jambu mawar (Syzygium jambos) dan jambu bol (Syzygium malaccense).

Daftar Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan dan Non Medis

Daun salam dikatakan memiliki 1001 khasiat medis yang baik untuk kesehatan karena mengandung berbagai zat mineral. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam daun salam adalah Vitamin C, Vitamin A, mangan, zat besi, kalsium, dan magnesium. Kandungan lain yang ada di dalam daun salam di antaranya adalah kandungan asam caffeic, eugenol, quercetin, dan juga katekin.

1. Daun Salam Mencegah Kanker

Menurut beberapa riset penelitian, daun salam mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium dan magnesium. Selain itu, terdapat juga asam caffeic, eugenol, quercetin dan catechin. Parthenolide adalah zat fitonutrien yang dipercaya dapat menyingkirkan sel kanker serviks dengan cara menginduksi apoptosis, meminimalkan aktivitas penguat tumor dan menyingkir tumor yang berhubungan dengan angiogenesis.

Untuk menggunakan daun ini, masukkan dua lembar daun salam dalam setiap masakan atau menjadikannya sebagai minuman teh.

2. Daun Salam Mengatasi Penyakit Diabetes

Daun salam juga mampu memberi khasiat sebagai anti oksidan, anti inflamasi, anti-bakteria. Sifat antioksidan yang dimiliki daun salam dapat membantu mengatasi penyakit diabetes karena antioksidan yang cukup dapat membantu memproses hormon insulin lebih baik.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Khasiat daun salam yang lain adalah dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan gangguan perut. Enzim yang terdapat di dalam daun salam dapat membantu mengatasi kerusakan protein dan memperbaiki sistem pencernaan. Oleh itu, jika anda mengalami gangguan pencernaan, rutinlah minum air rebusan daun salam secara teratur.

4. Daun Salam Mencegah Penyakit Jantung

Daun salam mengandung beberapa mineral penting untuk kesehatan tubuh seperti asam caffeic, fitonutrien, dan salisilat yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung agar bekerja dengan baik.

5. Daun Salam Menstabilkan Darah Tinggi

Daun salam memiliki kandungan flavonoida dan zat tanin yang cukup banyak sehingga sangat efektif untuk mengurangi gejala darah tinggi. Caranya, ambil 10 helai daun salam dan rebus bersama tiga gelas air. Kemudian, minum ramuan ini satu kali sehari secara teratur.

6. Membantu Program Diet Sehat

Mengkonsumsi air rebusan daun salam ternyata menjadi salah satu solusi dalam diet yang sehat karena daun salam ini mengandung enzim dan serat. Jadi, jika Anda ingin mengadopsi diet sehat dengan daun salam, sediakan 30 lembar daun salam dan cuci sampai bersih. Kemudian, rebus hingga mendidih lalu biarkan dingin sedikit dan minum sebelum tidur setiap hari.

7. Meningkatkan Daya Ketahanan Tubuh

Daun salam juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung Vitamin C yang sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Daun Salam untuk Obat Diare

Beberapa masyarakat pedesaan sering menggunakan daun salam untuk mengatasi diare atau mencret. Ambil 10 daun salam yang segar dan campurkan bersama 2 cangkir air. Rebus selama 15 menit dan minum air tersebut ketika masih panas.

9. Daun Salam Menghilangkan Eksim

Eksim adalah kelainan kulit dengan ciri peradangan atau bengkak, kemerahan, dan rasa gatal. Walaupun tidak menular, kelainan ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian kulit yang terkena. Untuk mengobati eksim dengan daun salam, campurkan 8 daun salam segar bersama 20 gram kunyit. Tumbuk sampai lumat dan oleskan pada kulit yang terinfeksi eksim. Terapkan sampai sembuh.

9. Merawat Kencing Manis Dan Kolesterol

Antioksidan yang terkandung dalam daun salam memungkinkan tubuh untuk memproses insulin yang efisien, sehingga baik untuk penderita diabetes dan orang yang mengalami resistensi insulin. Ambil 6-8 daun salam segar dan campurkan 3 cangkir air panas. Biarkan dingin dan minum sebelum makan. Lakukan metode ini dua kali sehari untuk hasil yang menakjubkan.

10. Daun Salam untuk Penyakit Asam Urat

Daun salam juga sangat bermanfaat untuk mengatasi asam urat. Hal ini karena daun salam mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C yang dapat membantu mengobati asam urat. Untuk mengobati asam urat, sediakan 10 lembar daun salam yang sudah dijemur kering. Cuci daun sampai bersih. Rebus daun salam dengan 10 gelas air dan biarkan sampai hanya tinggal tujuh gelas. Minum air dari rebusan daun salam saat masih hangat.

11. Daun Salam Mengatasi Radang

Zat parthenolide dalam daun salam berkhasiat sebagai agen antiradang alami. Daun salam membantu untuk mengatasi penyakit arthritis dan beberapa jenis radang lainnya. Selain itu, daun salam juga dapat membantu mengatasi gangguan saat menstruasi pada wanita, mengatasi rematik, mengobati luka dan mengatasi gangguan kencing. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda bisa merebus 10 lembar daun salam dengan tiga gelas air. Rebus dan minum ramuan tersebut setiap hari secara teratur.

12. Daun Salam Mengobati Radang Lambung (Maag)

Radang lambung atau istilah lainnya gastritis adalah sebuah kondisi kesehatan yang juga biasa kita sebut dengan penyakit maag. Untuk mengatasi radang lambung, ambil 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.

13. Merawat Perut Kembung

Dengan minum ramuan teh daun salam dengan air panas dapat meringankan gangguan pencernaan umum seperti sembelit, asam refluks dan buang air besar tidak teratur. Daun salam mengandung enzim yang memungkinkan pemecahan protein, sehingga menjadikannya sebagai rempah-rempah yang baik untuk diet non-vegetarian. Dalam kasus gangguan pencernaan dan kembung, Anda dapat menyiapkan 5 gram daun salam, tambahkan sepotong jahe dan didihkan dalam 200 mil air sampai tersisa ¼nya. Tambahkan beberapa madu dan konsumsi ini dua kali sehari. Hal ini juga bertindak sebagai perangsang nafsu makan jika Anda baru sembuh dari sakit.

14. Daun Salam untuk Kesehatan Rambut

Daun salam juga diketahui dapat mencegah tumbuhnya uban di usia dini. Untuk menjaga kesehatan rambut, daun salam dapat dimanfaatkan dengan cara mencampurkan daun salam dengan minyak rambut dan rebus selama beberapa menit. Gunakan campuran tersebut sebagai hair tonic pada rambut setiap hari.

15. Membantu Melangsingkan Tubuh

Mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari juga dapat menurunkan berat badan. Tambahkan daun salam pada menu diet untuk membantu Anda mengurangi berat badan. Tambahkan pada masakan, selain bermanfaat dalam diet sehat, tentu juga melezatkan masakan.

16. Menjaga Kesehatan Mata

Daun salam juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata. Jika tak suka memakannya dalam keadaan mentah, maka makanlah bersama masakan kari. Jika mata anda sedang sakit karena bakteri, virus atau lainnya, obati dengan air daun salam. Caranya dengan mengusapkan atau membasahi mata dengan air rebusan daun salam tersebut. Atau cara lain adalah meletakkan air rebusan daun salam pada piring, kemudian rendam mata dengan mengedipkannya ke air rebusan tersebut. Ingat air rebusan daun salam harus didinginkan terlebih dahulu.

17. Daun Salam Mengusir Kutu Beras

Selain digunakan untuk tambahan memasak, daun salam kering ternyata juga memiliki manfaat untuk mengusir kutu beras, hal ini karena kutu beras tidak menyukai aroma daun salam kering. Jadi dengan menggunakan salam kering, maka kutu beras yang terdapat pada beras akan pergi begitu saja. Letakkan beberapa lembar daun salam kering pada beras, dan lihatlah beberapa hari kemudian, kutu beras akan beranjak pergi sebab tidak menyukai aroma salam yang sangat kuat tersebut.

18. Menghilangkan Kutu Rambut

Dalam menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami, anda dapat memanfaatkan daun salam. Caranya sediakan 50 gram daun salam, kemudian rebus sampai matang di dalam 400 ml liter air. Saring air hasil rebusan dan tunggu agak dingin. Setelah dingin, basuhkan air rebusan ke permukaan kulit kepala. Biarkan 3 sampai 4 jam, lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin sampai kutu di kepala kita hilang.

19. Daun Salam Memutihkan Gigi

Selain dengan baking soda, kulit jeruk, garam dan jeruk nipis, biji buah pinang, arang kayu, siwak, kulit pisang, daun sirih, strawberry, cengkeh, ternyata daun salam juga bermanfaat untuk memutihkan gigi. Untuk merasakan efektifnya manfaat daun salam sebagai pemutih gigi, anda harus mengikuti langkah-langkah ini. Siapkan 7 lembar daun salam, kemudian jemur di bawah terik matahari hingga kering. Siapkan kulit jeruk lalu tumbuk kulit jeruk dan daun salam sampai halus menjadi bubuk. Gosokkan bubuk daun salam dan kulit jeruk ke permukaan gigi. Lakukan secara rutin tiap hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

20. Menghilangkan Gatal Gatal

Bahan alami untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit adalah daun salam. Caranya siapkan 8 lembar daun salam atau secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus seperti bubuk. Balurkan hasil tumbukan ke daerah kulit yang gatal. Diamkan selama 1 sampai 2 jam, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap harinya sampai rasa gatal hilang

21. Daun Salam sebagai Obat Kudis

Selain pengobatan modern, kudis juga bisa diatasi dengan tanaman herbal, yaitu daun salam. Untuk menggunakan daun salam sebagai obat kudis, anda perlu melakukan langkah-langkah berikut. Siapkan daun salam secukupnya, kemudian giling hingga halus seperti bubur. Oleskan pada permukaan kulit yang terkena kudis, diamkan beberapa jam. Lakukan rutin setiap hari sampai kudis hilang.

22. Mengobati Gejala Mimisan

Mimisan adalah istilah yang dikenal secara medis sebagai epistaksis atau pendarahan hidung. Epistaksis adalah kondisi yang ditandai dengan keluarnya darah melalui lubang hidung. Mimisan ini dapat juga kita atasi dengan daun salam. Caranya, haluskan 2 sampai 3 lembar daun salam lalu rebus ke dalam 200 ml air sampai tersisa setengahnya. Kemudian saring airnya dan minum secara terus menerus dan teratur.

23. Bermanfaat dalam Kehamilan

Di dalam daun salam juga terkandung asam folat yang ternyata sangat bagus bagi wanita hamil. Selain itu, daun salam juga bermanfaat sebagai perangsang kehamilan. Asam folat pada daun salam berkhasiat untuk ibu hamil selama periode penconception (3 bulan sebelum dan sesudah kehamilan). Asam Folat mencegah terjadinya cacat pada anak. Dan merangsang kehamilan bagi calon ibu yang mengalami kesulitan hamil.

24. Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat diobati dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam secara teratur. Caranya, siapkan 10-15 daun salam kemudian rebus dengan 2 gelas air. Untuk mendapatkan hasil maksimal, silahkan konsumsi air rebusan daun salam dengan rutin sampai radang tenggorokan berangsur pulih.

25. Minuman Herbal Pereda Rasa Sakit

Daun salam dapat kita buat sebagai minuman herbal yang mampu meredakan rasa sakit atau yang baru dari proses penyembuhan. Rebuslah beberapa daun salam dalam air yang berlangsung kira kira 10-15 menit. Dinginkan sebentar, dan siap dikonsumsi menjadi herbal daun salam. Tiap hari minuman yang terbuat dari daun salam ini haruslah dikonsumsi untuk meringankan rasa sakit.

26. Daun Salam untuk Ginjal

Daun salam juga bermanfaat untuk mengobati gangguan ginjal. Caranya, siapkan 5 lembar daun salam, 5 lembar daun sirsak dan 500 ml air matang. Lalu, cuci bersih kedua daun tersebut. Rebuslah air sebanyak 500 ml. Apabila sudah mulai mendidih, masukkan 10 lembar daun yang sudah bersih tadi. Biarkan air mendidih hingga yang tersisa hanya sekitar 300 ml. Ramuan yang sudah matang ini bisa segera diminum selagi hangat. Namun, biasanya akan menyisakan satu gelas lainnya yang bisa anda simpan di dalam kulkas dan baru dihangatkan kembali ketika akan meminumnya.

27. Obat Flu, Pilek dan Batuk

Untuk menyembuhkan flu dan pilek serta batuk dengan herbal daun salam, sebenarnya cara pembuatannya hampir sama dengan cara membuat obat kolesterol, hanya saja tidak memakai daun cermai. Daun cermai bisa diganti dengan beberapa iris jahe ataupun jahe utuh yang sudah dihancurkan. Kombinasi ini akan semakin memaksimalkan proses penyembuhan dengan menggunakan bahan herbal. Kandungan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, lemak tidak jenuh, zat besi, kalsium dan lain sebagainya akan memudahkan bagi tubuh untuk pulih dari flu dan batuk.

28. Daun Salam Pengusir Serangga

Daun salam adalah obat nyamuk alami yang dengan kandungan asam laurat. Aroma dari daun salam akan mengusir serangga karena tidak sesuai indra serangga. Minyak dari ekstrak daun salam yang dioleskan, akan mengurangi sengatan dan gigitan serangga.

29. Daun Salam untuk Mencegah Keriput

Lipatan lipatan kendur atau keriput pada kulit sering kali disebabkan karena kulit yang mengalami stress. Daun salam ini dapat digunakan untuk mengatasi stress pada kulit sehingga mencegah keriput. Caranya siapkan 2-3 lembar daun salam lalu rebus dengan 2 gelas air. Gunakan wadah yang bertutup agar uap air tidak keluar. Setelah mendidih, letakkan pada mangkok kemudian gunakan uap air dari mangkok tadi untuk menguapi wajah. Gunakan handuk untuk menutup kepala agar uap air tidak menguap keluar dari wajah.

30. Mengatasi Mabuk Akibat Alkohol

Anda yang merasa pusing di pagi hari setelah mabuk semalaman dapat diatasi dengan daun salam. Caranya, cuci bersih segenggam buah salam yang sudah masak. Tumbuk sampai halus, lalu peras. Saringlah, kemudian minum airnya.

31. Daun Salam Mengatasi Insomnia

Apakah anda sering mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari? Daun salam dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia dengan cara meneteskan ekstrak daun salam ke dalam air minum dan minumlah air tersebut secara rutin.

32. Daun Salam sebagai Anti Oksidan

Siapa duga jika daun salam kering ternyata juga mengandung anti oksidan alami yang ampuh untuk mencegah bahaya dari efek radikal bebas. Daun ini akan melindungi tubuh Anda dari akibat berbahaya radikal bebas.

33. Merangsang Kerja Enzim

Seperti yang kita ketahui bahwa beragam enzim yang ada di dalam tubuh berperan penting untuk mengatur proses metabolisme dan fungsi organ tubuh lainnya. Agar kerja enzim semakin meningkat atau sesuai dengan porsinya, maka kita dapat memanfaatkan daun salam, karena mangan dan tembaga di dalamnya dapat bertindak sebagai faktor co-enzim.

34. Sebagai Anti Inflamasi

Daun salam mengandung senyawa aktif yang dapat mengurangi efek peradangan, sehingga sering disebut sebagai anti-inflamasi. Rasa nyeri yang ditimbulkan akibat adanya pembengkakan, memar, urat keseleo atau pun terkilir dapat dikurangi efeknya dengan daun salam. Caranya dengan menghaluskan daun salam dicampur dengan daun jarak. Gunakan pasta tersebut untuk dioleskan pada bagian tubuh atau sendi yang sakit. Ramuan tersebut juga ampuh untuk mengatasi reumatik dan arthritis.

35. Mengatasi Masalah Menstruasi dan Keputihan

Masalah kewanitaan seperti haid yang tidak lancar atau tidak teratur, dan juga keputihan harus segera dinormalkan. Jika dibiarkan saja maka akan menimbulkan beragam gangguan kesehatan dan penyakit yang berbahaya. Agar siklus menstruasi menjadi lebih teratur dan keputihan diminimalisir, maka konsumsilah air rebusan daun salam secara rutin.

36. Anti Bakteri dan Anti Jamur

Daun salam juga dapat dijadikan sebagai anti bakteri dan anti jamur. Karena sifatnya tersebut maka daun salam dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, khususnya yang disebabkan oleh bakteri dan jamur, misalnya kudis dan kurap. Dengan membuat pasta dari daun salam yang dioleskan pada kulit yang bermasalah, maka masalah anda sedikit berkurang.

37. Daun Salam Membasmi Cacing di Perut

Meski belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya, ternyata daun salam dipercaya bisa berperan aktif dalam mengatasi cacingan dengan cara mematikan cacing tersebut dan mengeluarkannya bersama feses. Anda harus membuat minuman herbal daun salam yang diminum secara rutin.

38. Mengurangi Rasa Gatal pada Kulit Kepala

Gatal pada kulit kepala sering kali muncul ketika suhu udara panas. Hal ini karena kepala menjadi lebih mudah berkeringat dan akhirnya memicu pertumbuhan bakteri penyebab gatal di kulit kepala. Apalagi jika ada ketombe atau kutu rambut yang bersarang, pasti rasa gatal kian menjadi. Untuk mengatasinya, gunakan air rebusan daun salam yang diaplikasikan ke kulit kepala secara rutin.

39. Daun Salam Mencegah Stroke

Daun salam yang dikonsumsi secara rutin melalui setiap hidangan masakan akan memberikan manfaat untuk mencegah penyakit stroke. Tentu manfaat tersebut akan lebih terasa jika masakan tidak mengandung lemak dan minyak.

40. Melezatkan Masakan

Nah, di poin terakhir manfaat daun salam yang bisa kita petik adalah berperan untuk melezatkan masakan dan membuatnya menjadi lebih gurih, terutama kuliner yang berkuah. Daun salam kering mampu membangkitkan aroma masakan.

Tips menggunakan & menyimpan daun salam

Nah, demikianlah sederet manfaat daun salam di bidang kesehatan maupun non-medis. Sebagai informasi tambahan, berikut ini akan dijelaskan mengenai tips menggunakan dan menyimpan daun salam agar tetap berkhasiat. Untuk memilih daun salam disarankan pilih daunnya yang agak lebar, warnanya hijau cerah dan terlihat segar. Untuk daun kering, pilih yang tidak mudah patah dan tidak berlubang. Di pasar, daun salam yang dijual umumnya dalam keadaan kering. Pada dasarnya, khasiat daun salam tidak berkurang meskipun digunakan dalam keadaan kering atau segar, hanya saja membutuhkan perlakuan yang berbeda.

Dalam proses penyimpanan, daun salam segar sebaiknya terlebih dahulu dicuci bersih lalu ditiriskan hingga kering. Setelah itu, dibungkus kertas aluminium foil dengan rapi dan disimpan di dalam lemari pendingin (kulkas). Metode ini dapat membuat daun salam bertahan hingga berbulan-bulan. Sedangkan untuk menyimpan daun salam kering dilakukan dengan cara membungkusnya menggunakan kertas koran dan disimpan di tempat yang kering. Jika disimpan di dapur, jangan sampai lembab karena bisa mengakibatkan daun salam mudah busuk.

Tips menyimpan daun salam lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menghaluskannya menjadi bentuk bubuk. Selain praktis digunakan, daun salam yang berbentuk bubuk juga bisa dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan yang praktis, seperti dalam kaleng atau stopless kecil kedap udara.

Tinggalkan komentar