35 Manfaat Jeruk Lemon Berdasarkan Kajian Penelitian

Apa saja manfaat kesehatan mengkonsumsi sari buah jeruk lemon? Bagaimana cara membuat resep minuman sehat dari air lemon, dan bagaimana tips memilih buah lemon yang paling bagus untuk jus segar? Mengonsumsi air jeruk nipis maupun jeruk lemon di pagi hari merupakan cara merangsang dan membersihkan sistem pencernaan sebagai persiapan untuk kinerja tubuh selama satu hari ke depan.

Air lemon akan langsung bekerja di bagian dalam tubuh Anda, menghasilkan efek yang bermanfaat untuk fungsi pencernaan, menyokong imunitas, dan tingkat energi.

Mengapa Memilih Air Lemon?

Air lemon adalah minuman yang sederhana, menyegarkan, bersifat alkalizing, dan restoratif yang ideal untuk diminum di pagi hari, ketika cuaca panas, atau selama masa penyembuhan. Jus buah lemon menawarkan nutrisi sehat sebagai alternatif untuk teh dan kopi yang mengandung kafein atau minuman manis seperti soda dan jus kemasan. Vitamin dan antioksidan dalam air lemon dapat memberi energi yang ringan tetapi menyegarkan, sedangkan unsur alkalizing dan detoksifikasi membantu menjaga tubuh berfungsi dengan lancar.

Lemon, secara alami, tinggi kandungan vitamin C, yang merupakan antioksidan dan co-factor untuk penyerapan nutrisi lain seperti zat besi. Selain vitamin C, jus lemon juga merupakan sumber nutrisi penting lainnya, termasuk: folat, kalium, magnesium, vitamin B6, dan tiamin. Lemon juga secara alami rendah gula, baik itu glukosa dan fruktosa, serta memiliki indeks glikemik rendah.

Resep Sederhana

Cara termudah untuk membuat air lemon adalah dengan memeras potongan buah lemon ke dalam segelas air hangat atau air minum biasa. Namun, jika resep ini terasa pahit atau asam, Anda dapat menambahkan satu atau dua sendok madu untuk meningkatkan rasa manisnya. Selain menambahkan rasa manis, air jeruk lemon dengan madu juga membantu untuk:

  • Mendorong karbohidrat untuk berubah menjadi energi
  • Membantu meredakan batuk karena berfungsi seperti dextromethorphan, yang dapat mengurangi batuk dan memperbaiki tidur.
  • Meredakan sakit tenggorokan, karena sari buah lemon dapat membantu membersihkan tenggorokan, sedangkan madu menenangkan dan melapisi tenggorokan untuk mengurangi rasa gatal.

Manfaat Sari Buah Lemon untuk Kesehatan

Dalam sejumlah riset dan penelitian, air perasan buah lemon ataupun jeruk nipis memiliki segudang manfaat untuk kesehatan badan. Adapun fungsi dan manfaat sari buah lemon antara lain:

1. Pengganti Minuman yang Tidak Sehat

Apakah anda punya masalah kecanduan soda yang tidak bisa anda hilangkan? Apakah anda harus mengonsumsi setidaknya 3 cangkir kopi untuk menjalani hari? Kabar baiknya adalah Anda dapat menggunakan jus lemon yang menyegarkan untuk mengganti minuman tidak sehat yang biasanya Anda minum. Jus dari campuran air putih dan sari buah lemon ternyata sama sekali tidak mengandung kalori. Sedangkan minuman seperti jus kemasan dan soda yang tinggi fruktosa, atau kopi dan teh yang mengandung krim dan gula, ternyata mengandung kalori tinggi. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengganti minuman kalori (seperti soda, jus dan kopi / teh) dengan minuman non-kalori seperti air jeruk dapat menurunkan 2-2,5% dari berat badan.

2. Sumber Antioksidan yang Baik

Banyak efek positif yang dihasilkan dari sari lemon melalui aksi antioksidan kuat. Kandungan vitamin C dan bioflavonoid yang ditemukan dalam jus lemon adalah antioksidan yang membantu untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi oksidasi berbahaya. Baca juga: 35 Manfaat Vitamin C Menurut Riset & Penelitian

3. Minuman Elektrolit Sehat

Jika Anda ingin minuman yang fresh pasca berolahraga serta tidak mengandung fruktosa atau bahan pengawet seperti minuman elektrolit kemasan, maka air lemon adalah solusinya. Cukup campurkan sari lemon, air, gula, dan garam untuk membuat minuman elektrolit sederhana sebagai media hidrasi pasca-olahraga yang sempurna yang sehat dan alami.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata di Penderita Diabetes

Penderita diabetes menghadapi banyak tantangan terhadap kesehatan mereka, salah satu yang paling signifikan adalah kerusakan pada organ mata dan fungsi penglihatan, yang sering dapat menyebabkan kebutaan. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid, yang ditemukan dalam lemon dan beberapa buah-buahan dan sayuran lainnya, membantu mencegah perkembangan katarak pada penderita diabetes. Ini sangat bermanfaat karena katarak merupakan kondisi mata degeneratif yang menyebabkan pandangan kabur dan kebutaan seiring waktu.

5. Menurunkan Gula Darah

Bioflavonoid dalam lemon adalah jenis antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa bioflavonoid yang ditemukan dalam jeruk nipis dan lemon secara signifikan membantu mengurangi kadar gula darah.

Senyawa ini juga dapat membantu mengelola gula darah dengan cara lain, misalnya cara menyimpannya di otot dan hati. Kehadiran bioflavonoid dalam buah lemon tersebut benar-benar membantu dalam kasus penderita diabetes dan orang-orang dengan kadar gula darah tinggi dan perlu dikontrol kadar glukosa darahnya.

6. Membantu Mengatasi Asma

Jus lemon kaya akan vitamin C, yang mempengaruhi asma pada anak-anak. Penelitian menemukan bahwa asupan rendah vitamin C membuat peningkatan risiko asma selama masa kanak-kanak. Dengan menjaga asupan Vitamin C yang baik, yang ditemukan dalam air lemon dan buah jeruk lainnya, dapat membantu untuk melengkapi media perawatan asma yang diatur secara medis.

7. Membantu Mencegah Batu Ginjal

Diosmin, antioksidan flavanon yang ditemukan dalam lemon, memiliki efek yang sangat positif pada penurunan risiko batu ginjal. Diosmin membantu menurunkan kalsium dan fosfor urin yang disaring oleh ginjal, serta membantu meningkatkan volume urin dan kadar kalsium serum, yang semuanya membantu meringankan tekanan pada ginjal dan menghentikan potensi pembentukan batu ginjal.

8. Dapat Membantu Menurunkan Depresi

Sebuah jurnal penelitian yang berjudul “Effects of Citrus Fragrance on Immune Function and Depressive States” yang dipublikasikan di situs karger.com mengungkapkan bahwa aroma jeruk dapat membantu meringankan depresi dan terbangunnya fungsi kekebalan untuk mencegah gangguan penyakit ini. Ketika kita merasa stres atau tertekan, fungsi kekebalan tubuh kita akan terpengaruh dan kehilangan kemampuan menangkis penyakit. Aroma jeruk lebih efektif daripada anti-depresan untuk meredakan stres dan meningkatkan fungsi kekebalan. Inilah alasan yang lebih bagus untuk menikmati aroma air lemon segar di pagi hari.

9. Bagus untuk Organ Hati

Air jeruk juga merupakan sumber kalium, mineral vital yang penting dan membantu dalam berbagai fungsi tubuh. Potassium baik untuk jantung karena memainkan peran penting dalam membantu otot-ototnya berfungsi dengan baik dan memompa darah ke seluruh tubuh. Potassium adalah mineral terbanyak ketiga yang terdapat di dalam tubuh kita. Potassium sangat diperlukan berbagai jaringan dan organ tubuh terutama otot, ginjal, jantung, tulang, syaraf, dan otak.

10. Membantu Perawatan Kanker Payudara

Jika Anda tengah menjalani perawatan kanker payudara, air jeruk yang menyegarkan dapat membantu Anda dalam proses pemulihan. Dengan menghambat enzim aromatase adalah strategi utama dalam mengobati pasien kanker payudara. Flavon dan flavanon, seperti yang ditemukan dalam jus lemon, telah terbukti menghambat aromatase, sehingga membantu proses manajemen medis pada kanker payudara.

11. Membantu Meredakan Sakit Tenggorokan

Air jeruk nipis ataupun lemon yang dicampur dengan madu adalah cara ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan. Jika tenggorokan Anda tersumbat, air jeruk dapat membantu membersihkan lendir dan bakteri, sementara madu menenangkan tenggorokan yang gatal dan kering, serta sebagai antibakteri.

12. Membantu Mencegah Kenaikan Berat Badan

Jika prioritas anda adalah mencegah penambahan berat badan dan penumpukan lemak, maka masukan kulit lemon ke dalam air lemon hangat Anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh Yoshiko Fukuchi, dkk menemukan bahwa polifenol lemon yang terdapat dalam kulit lemon mampu mencegah peningkatan lemak dan peningkatan berat badan pada tikus ketika diuji selama periode 12 minggu. Polifenol lemon menargetkan jaringan adiposa, yang merupakan jenis lemak yang kurang bermanfaat dalam tubuh kita.

13. Melawan Sel Kanker

Sejumlah penelitian ilmiah telah menunjukkan tindakan pencegahan kanker oleh flavonoid seperti yang ditemukan dalam sari buah jeruk. Penelitian ini menunjukkan bahwa asupan flavonoid dalam makanan dapat mengurangi risiko tumor di payudara, usus besar, paru-paru, prostat, dan pankreas. Segelas atau dua gelas air jeruk setiap hari yang dikombinasikan dengan asupan makanan yang baik dari berbagai buah dan sayuran dapat memberikan pertahanan yang luar biasa terhadap kanker.

14. Melawan Demam atau Flu

Jangan lupa tentang manfaat besar yang dapat diberikan air lemon dan madu jika Anda mengalami demam. Air lemon kaya akan vitamin C, yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu memerangi penyakit. Disamping itu, mengonsumsi air jeruk lemon adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi ketika sakit. Sementara madu membantu memberikan dorongan energi dan vitalitas ketika Anda sedang tidak sehat.

15. Membersihkan Sistem Pencernaan

Asam sitrat adalah komponen jus lemon dan buah jeruk lainnya yang memberikan bau asam. Senyawa ini merupakan salah satu bahan yang efektif dalam larutan yang digunakan untuk membersihkan usus sebelum kolonoskopi. Ini berarti asam sitrat berperan dalam pembersihan sistem pencernaan, terutama organ usus sehingga bersih dan berjalan dengan lancar.

16. Mencegah dan Mengobati Scurvy (Kudis)

Meskipun penyakit kudis jarang kita temui saat ini, namun potensi ini tetap ada, terutama terjadi pada mereka yang jarang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang kaya dengan Vitamin C seperti jeruk nipis dan lemon. Porsi 1-2 gelas air jeruk, akan memproteksi tubuh dari penyakit jahat ini.

17. Mengurangi Kerusakan Penglihatan Terkait Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh kita akan mulai kehilangan fungsi di berbagai titik, misalnya mencakup hilangnya fungsi dasar pada organ penglihatan. Kabar baiknya, Vitamin C dapat mengurangi opacity (kabur) karena faktor usia dari mata, sehingga mempertahankan penglihatan lebih jernih dan lebih lama. Kapsul suplemen vitamin C memang efektif, tetapi sari air jeruk lemon, yang Anda sertakan setiap hari dalam diet Anda untuk kesehatan mata, merupakan sumber yang kaya.

18. Mengurangi Kerentanan Infeksi

Jika Anda mendapati diri Anda rentan terhadap infeksi yang sering terjadi dan semakin sakit, Anda mungkin menderita rendahnya asupan Vitamin C. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang tidak mencukupi meningkatkan risiko kekalahan pada infeksi seperti pneumonia, diare, dan malaria. Dengan mengonsumsi Vitamin C setiap hari yang terdapat dalam air lemon, Anda dapat membantu tubuh untuk mempertahankan diri dari infeksi ini dengan cara terbaik.

19. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Buah jeruk, termasuk lemon telah lama direkomendasikan untuk mensupport sistem kekebalan. Seteguk sari buah lemon dalam air putih setiap pagi adalah dosis Vitamin C dan antioksidan yang sangat besar yang kita butuhkan untuk kesehatan dan pertahanan kekebalan yang kuat. Dikombinasikan dengan berbagai buah-buahan dan sayuran berwarna-warni, ini adalah cara yang bagus sebagai diet sehat.

20. Memberikan Hidrasi Sehat

Tidak diragukan lagi bahwa asupan cairan yang mencukupi pada level hidrasi yang tepat merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap kesehatan tubuh. Memang banyak orang berjuang untuk minum 8 gelas air putih setiap hari, namun perasan air lemon atau jeruk nipis memberikan manfaat tambahan rasa, vitamin dan antioksidan yang membuat air putih lebih menarik untuk diminum.

21. Meningkatkan Metabolisme dan Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa asupan cairan non-kalori (yaitu minum air jeruk lemon atau air biasa tanpa gula) setidaknya 17 ons per hari sudah cukup untuk meningkatkan metabolisme hingga 30%. Air putih bersama dengan air lemon merupakan minuman yang paling berguna untuk efek ini. Selama satu tahun rutin dikonsumsi, minuman ini bisa mengurangi 5 pon berat badan anda.

22. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Vitamin C, yang merupakan komponen kuat dari jus lemon, diketahui dapat membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah. Ini sangat berguna untuk tekanan darah yang disebut “hipertensi esensial” karena tidak memiliki penyebab yang diketahui.

23. Menetralkan Radikal Bebas

Antioksidan membantu menetralisir radikal bebas atau senyawa yang dapat merusak jaringan tubuh sebagai sumber penyebab penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Air lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang efektif dalam menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit yang ditimbulkannya.

24. Membantu Memperbaiki Tulang Rawan, Tulang dan Gigi

Selain manfaatnya sebagai antioksidan penting dan pendorong sistem kekebalan tubuh, Vitamin C yang banyk terkandung dalam sari lemon juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang yang kuat. Vitamin C juga memproteksi jaringan tulang rawan yang ada di hidung, telinga, dan area lainnya di seluruh tubuh.

25. Menjaga Kulit Lebih Tampak Muda dan Halus

Air jeruk lemon juga bagus untuk membuat kulit yang bening, tampak lebih muda, dan halus. Minuman ini membantu mengeluarkan racun dan menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar. Khasiat Vitamin C-nya membantu dalam mendorong produksi kolagen yang sehat. Kolagen adalah bagian penting dari matriks kulit yang membuatnya kencang dan kenyal dan mencegah pembentukan keriput dan kendur. Oleh karena itu, minumlah air jeruk setiap hari untuk kulit yang lebih muda dan cerah!

26. Membantu dalam Penyembuhan Luka

Karena Vitamin C berperan meransang produksi kolagen, maka vitamin ini juga penting untuk membantu penyembuhan luka. Penyembuhan luka yang cepat sangat penting untuk mencegah infeksi dan jaringan parut; Vitamin C dapat membantu mempromosikan penyembuhan yang lebih baik dalam banyak cara, termasuk mencegah kerusakan radikal bebas, menambah sintesis kolagen, dan menstimulasi pembentukan sawar kulit. Vitamin C digunakan dengan cepat di tempat luka, jadi penting untuk meningkatkan asupan jika Anda memiliki sejumlah luka untuk disembuhkan.

27. Mengurangi Kadar Asam Urat

Jika Anda seorang penderita asam urat, maka khasiat minum air jeruk sangat penting untuk Anda. Gout adalah kondisi yang sangat menyakitkan, disebabkan oleh kelebihan asam urat dalam tubuh. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa jus lemon membantu mengurangi kadar asam urat serum dan merupakan tambahan yang bermanfaat untuk asam urat dan perawatan obat asam urat lainnya yang mungkin dikonsumsi pasien.

28. Mencegah Makan Berlebihan

Apakah Anda merasa tidak pernah bisa atau sulit kenyang? Apakah sepertinya mulut anda ingin selalu makan dan ngemil?Mencicipi seteguk air lemon bisa membantu Anda merasa lebih kenyang dan mencegah penambahan berat badan karena memberikan alternatif untuk ngemil. Sebuah penelitian membuktikan bahwa minum minuman tanpa kalori seperti air jeruk dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan saat makan.

29. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Fatal

Dehidrasi atau kekurangan cairan ternyata dapat meningkatkan risiko serangan atau penyakit jantung karena darah Anda menjadi lebih kental sehingga lebih mudah mengalami penyumbatan di organ jantung dan salurannya. Minum air jeruk nipis setiap hari membantu meningkatkan asupan cairan Anda, sehingga mencegah dehidrasi. Hal ini membantu untuk bertahan melawan risiko penyakit jantung fatal.

30. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Tidak ada keraguan bahwa minum air jeruk setiap hari membantu menyusun asupan cairan ke dalam diet Anda, yang berarti Anda akan minum lebih banyak air. Menurut hasil penelitian yang dilakukan La Vecchia dan Altieri, diketahui bahwa mengkonsumsi cairan yang cukup dapat membantu mengurangi kandung kemih, usus, dan bentuk-bentuk kanker lainnya, dengan meningkatkan output urin dan mengurangi sembelit.

Jika Anda mengalami konstipasi atau memiliki output urin rendah, ada kemungkinan bahwa zat karsinogenik akan bersentuhan dengan kandung kemih atau usus besar untuk periode yang lebih lama. Ini bakal meningkatkan terjadinya kanker. Oleh karena itu, mempertahankan asupan cairan membantu membuang racun dan membuat Anda lebih sehat.

31. Dapat Melindungi Kulit dari Kerusakan UV

Sengatan sinar matahari adalah salah satu perusak kulit untuk kita yang tinggal di daerah cerah dekat khatulistiwa. Ini berarti perlindungan dari matahari adalah prioritas utama. Selain menggunakan tabir surya SPF, topi, dan tempat berlindung, kita wajib memperoleh asupan makanan dan minuman yang mampu mengurangi efek sinar Ultra Violet. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan seperti Vitamin C yang ditemukan dalam air lemon dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan sel-sel kulit yang disebabkan oleh radiasi UVB, yang merupakan jenis sinar ultra violet yang paling berbahaya.

32. Menyegarkan Nafas

Manfaat dari air lemon adalah membantu menyegarkan nafas. Menurut ahli gizi, Palinski Wade, air jeruk atau lemon dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga membantu nafas lebih fresh. Namun, kadar asam pada buah lemon dapat mengikis enamel gigi. Oleh karena itu, disarankan minum sari lemon dengan memakai sedotan untuk mengurangi risiko tersebut.

33. Asupan Suplemen Potassium untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Air jeruk juga merupakan sumber kalium, yang merupakan mineral penting untuk fungsi tubuh yang tepat. Kalium rendah sering kali dikaitkan dengan gangguan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, radang sendi, kanker, gangguan pencernaan, dan infertilitas. Jadi, sangat penting untuk mempertahankan asupan elemen ini. Segelas air jeruk yang menyegarkan setiap hari adalah cara ideal untuk membantu Anda memperoleh kadar yang tepat.

34. Mengurangi Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih bukan saja sebagai gangguan yang membuat tidak nyaman dan menjengkelkan, tetapi juga dapat berkembang menjadi infeksi ginjal yang mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Sering mengonsumsi jus segar dan asupan cairan yang baik adalah dua faktor yang membantu mencegah infeksi saluran kemih. Dengan segelas air lemon, Anda bisa mendapatkan kedua faktor ini sekaligus dalam minuman lezat.

35. Membantu Mengelola Diabetes

Ini adalah alasan bagus untuk memanfaatkan kulit lemon ke dalam segelas air lemon Anda. Berdasarkan hasil penelitian yang dituangkan dalam jurnal ilmiah berjudul “In vitro antidiabetic effects of selected fruits and vegetables against glycosidase and aldose reductase”, diketahui bahwa kulit jeruk menunjukkan potensi penghambatan reduktase aldose. Ini artinya bahwa senyawa dalam kulit lemon mampu mengurangi kadar glukosa di bagian tubuh seperti mata, saraf, dan area ginjal. Organ-organ tersebut merupakan bagian tubuh yang rentan terhadap kerusakan karena diabetes.

Cara Membuat Air Lemon

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, resep dasar paling sederhana untuk air lemon adalah dengan mencampurkan perasan satu buah lemon ke dalam segelas air. Untuk penyesuaian atau manfaat tambahan, lihat tips di bawah ini.

  • Jika berat Anda di bawah 68 kg, setengah jus lemon sudah cukup tepat untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Jika berat Anda lebih dari 68 kg, Anda dapat mengambil satu buah jeruk lemon secara utuh.
  • Jika Anda ingin memperoleh manfaat polifenol yang terdapat dalam kulit lemon, masukan seluruh kulitnya ke dalam segelas air lemon atau gunakan zester untuk mengupas kulitnya.
  • Untuk rasa dan khasiat yang lebih bagus, minuman dikonsumsi di awal pagi atau larut malam. Gunakan air hangat untuk dicampur dengan jus lemon Anda. Pastikan airnya tidak terlalu panas karena ini dapat menghancurkan beberapa nutrisi dan enzim dalam jus lemon segar.
  • Jika Anda ingin memperoleh manfaat penambah nafsu makan dan meningkatkan metabolisme dari air lemon, campurkan jus lemon Anda dengan air dingin dan minum sebelum atau saat makan.
  • Jus lemon secara alami mengandung banyak asam, jadi cobalah meminum air lemon melalui sedotan untuk mencegah kerusakan pada gigi.

Bagaimana Cara Menyimpan Air Lemon

Air lemon paling bagus berasal dari 100% jus lemon alami dan segar. Jus lemon kemasan atau konsentrat jus lemon harus dihindari karena sering diproduksi dengan dipanaskan atau ditambahkan bahan kimia untuk memperpanjang masa simpannya. Anda bisa membuat jus lemon untuk digunakan satu hari ke depan dan menambahkan air sebelum disajikan. Tetapi, seperti biasa, sari lemon segar adalah yang terbaik.

Cara Memilih Lemon Terbaik untuk Diperas Sarinya

Saat anda pergi memetik atau membeli buah lemon yang bagus untuk memperoleh airnya, tentu Anda menginginkan buah yang segar, bersih, dan mudah diperas serta mengandung banyak air. Tapi bagaimana cara menemukan buah lemon spesial tersebut? Rahasianya adalah dengan meremas lembut buah lemon dengan tangan Anda. Yang paling mudah untuk dipencet adalah yang paling bagus. Namun, Anda harus menghindari memilih lemon yang terlalu lunak karena bisa terlalu matang atau busuk.

Pilihlah lemon biasa daripada lemon Meyer (lemon mandarin) karena lemon Meyer sedikit lebih manis. Dan tentu saja, jika Anda bisa, pilih yang organik atau tanpa memakai pestisida, terutama jika Anda berencana memanfaatkan kulitnya juga.

Siapa yang Dilarang Minum Air Lemon?

Anda mungkin berpikir bahwa air lemon memiliki banyak manfaat, tetapi adakah yang tidak boleh menikmatinya? Air jeruk nipis dan lemon dapat bermanfaat bagi wanita hamil karena ahli diet menyarankan bahwa minum air lemon dapat memberikan beberapa bantuan akibat pusing, sakit kepala, edema, dan kram. American Pregnancy Association juga mengatakan bahwa aroma lemon membantu menghilangkan rasa mual di pagi hari, jadi hirup aroma itu dengan air lemon Anda!

Air lemon mungkin tidak bermanfaat untuk seseorang yang menderita sakit maag karena kandungan asam pembersih dalam jus lemon dapat mengiritasi lambung yang sakit ketika aktif. Jus lemon mungkin juga memperburuk rasa mulas.

Tinggalkan komentar