20 Manfaat Magnesium dan Suplemen Vitaminnya

manfaat magnesium

Apa itu magnesium (Mg)? Apa saja manfaat penting magnesium untuk kesehatan tubuh kita? Berapa kadar magnesium yang tepat untuk suplai tubuh kita setiap hari? Dan makanan apa saja yang kaya kandungan magnesium? Magnesium merupakan salah unsur logam yang melimpah tersedia di alam, mencakup kerak bumi hingga di dalam tumbuh-tumbuhan.

Unsur yang dilambangkan dengan Mg ini memiliki bentuk padat keabu-abuan yang mengkilap. Dalam bidang industri, magnesium dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti membangun rudal, mobil, telepon seluler, komputer, dan bahkan membantu dalam produksi obat-obatan.

Bagi tubuh kita, magnesium sama pentingnya dengan potasium atau kalsium dalam makanan kita. Magnesium ternyata memiliki efek pengaruh terhadap lebih dari 300 reaksi kimia tubuh. Hal tersebut mencakup pada proteksi kesehatan jantung, mempertahankan pembuluh darah, meningkatkan dan mempertahankan tingkat energi, menghasilkan sel dan protein baru, dan memungkinkan aktivitas enzim.

Seperti yang kita ketahui, reaksi kimia tersebut tidak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi kemampuan kita untuk melakukan tugas sehari-hari.

Sejarah Penemuan Magnesium

Sir Humphrey Davy menemukan magnesium pada 1755. Namun jauh lebih awal, diketahui bahwa banyak orang telah mendapat manfaat dari logam ini. Dikatakan bahwa pada 1618, seorang petani Inggris mengizinkan sapinya minum dari sumur terdekat, tetapi warga setempat tidak ingin mengkosumsinya karena rasa air yang pahit.

Peternak kemudian memeriksa sumur dan menemukan air sumur tersebut memiliki khasiat dan kualitas penyembuhan. Ternyata, airnya mengandung garam Epsom, atau magnesium sulfat. Pada 1755, MgSO4 telah diakui sebagai elemen resmi dan dunia telah mendapat manfaat dari kehadirannya yang kemudian dikenal sejak saat itu.

Fakta Menarik seputar Magnesium

Berikut adalah sederet fakta menarik tentang mineral khusus ini:

  • Simbol unsur kimia untuk magnesium adalah Mg. Nomor atomnya adalah 12. Magnesium adalah salah satu dari tiga logam yang paling umum digunakan.
  • Awalnya, nama yang disarankan pertama kali oleh Sir Humphrey Davy adalah Magnium, tetapi segera berevolusi menjadi nama Magnesium.
  • Magnesium berperan dalam proses fotosintesis. Magnesium sangat penting untuk kehidupan; tidak hanya untuk tubuh kita, tetapi juga untuk planet kita.
  • Magnesium mempunyai titik didih atau titik lebur 650°C, enam setengah kali dari titik didih air.
  • Selain natrium, magnesium adalah logam yang paling banyak ditemukan di air laut. Lebih dari 10% massa Bumi terdiri dari magnesium. Ini artinya, jumlah yang terdapat di Bumi bisa membentuk sebuah planet seukuran Mars, ditambah tiga bulan di sampingnya.
  • Dari semua magnesium yang ditemukan di tubuh manusia, 60% dapat ditemukan di tulang. Magnesium sangat penting untuk aktivitas tidur.

Tanda-tanda Kekurangan Magnesium

Kekurangan magnesium dapat memiliki efek buruk pada tubuh jika tidak terdeteksi sejak dini. Berikut beberapa gejala umum yang terjadi karena kekurangan magnesium:

  • Asma dan masalah pernapasan
  • Pembekuan darah
  • Penyakit usus
  • Detak jantung tidak teratur (penyakit jantung)
  • Serangan panik dan kegelisahan
  • Kehilangan selera makan
  • Mudah emosi
  • Gerakan mata atau tremor yang tidak sadar
  • Kram otot
  • Fungsi memori yang buruk
  • Diabetes tipe 2
  • Mual, pusing, dan mudah lelah

Manfaat Magnesium untuk Kesehatan

Dengan mengkonsumsi makanan kaya magnesium ataupun suplemennya akan menjadikan tubuh lebih sehat. Berikut adalah aneka manfaat magnesium untuk kesehatan tubuh kita.

1. Kesehatan Tulang

Magnesium mengatur kadar kalsium yang diserap oleh tubuh, bersama dengan seng, tembaga, dan vitamin D. Mineral ini tidak hanya membantu menjaga tulang lebih sehat dan kuat, tetapi juga dapat mencegah atau menurunkan kemungkinan terjadinya osteoporosis di masa depan.

2. Membantu Mengobati Asma

Orang yang menderita asma kronis dapat memperoleh manfaat dari magnesium untuk mengobati gejalanya. Orang yang menderita asma terbukti memiliki kadar magnesium lebih rendah dari biasanya. Asupan suplemen magnesium dapat mengatur pernapasan, memudahkan mengi (suara bernada tinggi saat bernapas), dan mengendurkan otot-otot bronkus untuk meningkatkan proses pernapasan lebih mudah.

3. Mengurangi Sembelit

Jika Anda menderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau konstipasi, Anda dapat mengurangi efeknya dengan suplai magnesium yang cukup. Mendapatkan jumlah magnesium yang tepat membantu meniadakan asam yang ditemukan di dalam perut, sehingga memungkinkan makanan yang dicerna berjalan lebih lancar dalam usus kita. Ini adalah cara alami untuk meringankan penderitaan yang terkait dengan masalah pencernaan.

4. Molekul Protein dan Enzim

Enzim, atau molekul protein, bekerja di dalam tubuh untuk merangsang reaksi kimia. Magnesium adalah salah satu faktor kunci dalam membantu molekul-molekul tersebut.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Sebuah studi 2010 yang dilakukan oleh Journal of Physiology menguji teori bahwa magnesium diketahui dapat mengurangi nyeri saraf pada pasien. N-methyl-D-aspartate, atau NMDA, adalah zat kimia otak yang memicu nyeri saraf ketika terlalu banyak stimulasi. Magnesium akan membantu menyeimbangkan NMDA dan mengurangi rasa sakit kronis.

6. Meringankan Nyeri Otot

Asupan magnesium yang tepat sangat bagus untuk meredakan nyeri otot. Hal ini karena Magnesium melemaskan otot polos arterial dengan mengurangi Ca2 + intraseluler tanpa mengubah Mg2 + intraseluler. Simpulannya, Magnesium menyebabkan otot menjadi rileks dan tenang, sehingga mengurangi rasa sakit pada otot yang bekerja terlalu keras.

7. Berkontribusi untuk Membangun Otot

Magnesium berkontribusi untuk membangun otot. Saat Anda ingin mengencangkan dan berolahraga, tubuh membutuhkan banyak zat besi, seng, kalsium, kromium, dan magnesium untuk membangun otot. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan magnesium yang kecil pun dapat menghambat pertumbuhan dan kinerja otot pada atlet. Studi juga menunjukkan bahwa asupan magnesium yang tepat untuk atlet menghasilkan peningkatan asupan oksigen yang maksimal.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Seseorang yang memiliki kekurangan magnesium dapat mengalami dampak negatif pada kesehatan jantungnya. Sebuah penelitian di Circulation Journal menguji efektivitas suplemen magnesium pada pasien penyakit jantung dan menemukan fakta bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen dua kali sehari selama setengah tahun memiliki stamina fisik yang lebih baik dan memperbaiki pembuluh darahnya.

9. Insulin dan Diabetes

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengalami kekurangan magnesium lebih berisiko terkena diabetes di masa mendatang. Magnesium membantu dalam aktivitas dan melepaskan insulin dan akan mendapatkan penanganan yang lebih baik untuk menjaga tingkat glukosa darah yang sehat.

10. Produksi Kolagen

Kolagen bermanfaat untuk seluruh bagian tubuh. Tidak hanya menjaga rambut lebih sehat berkilau, dan kulit tampak muda elastis, kolagen juga membantu dalam banyak aspek perawatan tubuh lainnya. Misalnya, membantu menyeimbangkan hormon dan manfaat kesehatan sendi dan tulang, serta pencernaan. Magnesium membantu kadar protein yang sama yang berubah menjadi kolagen. Silakan baca: Apa itu Kolagen? Ini Manfaatnya!

11. Menjaga Kesehatan Gigi

Magnesium membantu tubuh kita lebih efektif dalam menyerap kalsium, yang mengarah ke tulang yang lebih kuat dan gigi yang terbentuk dengan baik.

12. Mengatasi Migrain

Magnesium dapat berfungsi sebagai pelemas otot, sehingga menjadi mineral yang ideal bagi individu yang menderita migrain, ketegangan otot, atau sakit kepala karena tegang. Penderita migrain kronis sering memiliki kadar magnesium yang rendah dalam tubuhnya.

Oleh karena itu, ini sering merupakan salah satu gejala defisiensi magnesium yang menonjol. Dengan menambahkan suplemen magnesium ke dalam diet Anda dapat mengurangi risiko kejadian dan keparahan migrain di masa depan.

13. Kehamilan Sehat

Magnesium sangat penting untuk pertumbuhan janin bayi dan kehamilan yang sehat. Asupan magnesium yang tepat meningkatkan ambang nyeri, mengurangi risiko kekurangan tulang, mengoptimalkan sirkulasi darah, dan dapat mencegah eklampsia. Magnesium juga berkontribusi terhadap nutrisi bayi saat di-utero, serta pemulihan jaringan dan pertumbuhan.

14. Sindrom Pramenstruasi

Karena kualitas relaksasi otot yang dimiliki magnesium pada tubuh, banyak wanita merasa lebih mampu mengurangi kram dan nyeri akibat sindrom pramenstruasi, atau PMS. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kehadiran magnesium bagi wanita dapat mendatangkan rasa lega dalam perubahan suasana hati yang ditimbulkan pada saat datang bulan.

15. Berkontribusi Mengontrol Kandung Kemih

Orang-orang dari berbagai usia dapat menderita masalah kontrol kandung kemih, mulai dari sering buang air kecil sampai masalah bercak sepanjang hari. Magnesium membantu melawan infeksi, interstitial cystitis, dan nephritis, yang semuanya dapat berkontribusi untuk masalah kontrol kandung kemih.

16. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Zat Magnesium berperan dalam membantu sintesis protein, dan dapat membantu tubuh untuk mengaktifkan enzim di dalam tubuh. Sehingga dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Magnesium juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah tubuh dari berbagai serangan penyakit.

17. Mengendalikan Tekanan Darah

Magnesium membantu mengontrol tekanan darah, karena magnesium berfungsi melebarkan otot polos, membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks dan lentur. Lebih dari 300 proses biokimia bergantung pada magnesium. Kadar magnesium yang rendah menyebabkan terjadinya rendahnya kadar kalium di dalam tubuh. Kalium berperan penting dalam menjaga tekanan darah.

18. Mengatasi Stres, Depresi dan Gangguan Kejiwaan

Sebuah studi menunjukkan fakta bahwa kekurangan magnesium dapat memicu munculnya resiko depresi yang cukup tinggi. Sehingga, tidak jarang depresi diidentifikasi sebagai gejala tubuh kekurangan magnesium. Mineral ini bekerja untuk meningkatkan kadar serotonin. Produksi serotonin yang terjadi di otak, berguna untuk mengatur suasana hati, tidur menjadi lebih nyenyak, dan menjaga nafsu makan.

19. Penyerapan Mineral Lebih Efektif

Magnesium memiliki fungsi dalam membantu menyerap vitamin dan mineral penting lainnya di dalam tubuh, seperti natrium, kalsium, kalium dan fosfor. Penyerapan mineral utamanya terjadi saat di dalam usus halus. Kadar magnesium yang cukup akan membantu dalam proses men-detoksifikasi banyak racun berbahaya di dalam tubuh, untuk dibuang keluar.

20. Menawarkan Manfaat Anti-inflamasi

Kekurangannya dikaitkan dengan peradangan kronis, yang dapat berkontribusi pada penyakit kronis dan obesitas. Namun, suplemen magnesium dapat membantu mengurangi CRP dan gejala peradangan lainnya pada orang dewasa, orang pra-diabetes dan orang-orang yang kelebihan berat badan.

Makanan yang Kaya Magnesium

Seperti yang dijelaskan di atas, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari magnesium. Mendapatkan suplai magnesium bukanlah pekerjaan rumit, karena beberapa makanan alami adalah sumber magnesium yang melimpah. Disarankan seorang pria dewasa harus mendapatkan asupan setidaknya 400 mg magnesium per hari, sementara kaum wanita minimal 300 mg/hari. Berikut adalah beberapa contoh sumber makanan yang kaya mengandung magnesium:

  • Pisang (32 mg per porsi)
  • Kacang merah (70 mg per cangkir)
  • Beras merah (84 mg per porsi)
  • Bayam (157 mg per cangkir yg dimasak)
  • Alpukat (58 mg per buah)
  • Oatmeal (57 mg per cangkir yg dimasak)
  • Makarel (82 mg)
  • Brokoli (102 mg per cangkir yg dimasak)
  • Quinoa (236 mg per cangkir)
  • Kacang polong (48 mg per cangkir)

Suplemen Magnesium

Jika anda ingin mengkonsumsi suplemen magnesium, maka sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi. Hal ini karena obat-obatan tertentu mungkin bereaksi buruk terhadap penambahan suplemen tersebut. Beberapa jenis yang menjadi pilihan populer meliputi: magnesium orotate, magnesium sitrat, dan magnesium karbonat.

Tindakan Pencegahan

Mengambil terlalu banyak magnesium dapat mengakibatkan masalah kesehatan, terutama jika Anda memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya, terutama terkait dengan gangguan ginjal atau usus. Mengonsumsi terlalu banyak magnesium dapat mulai menghambat produksi mineral lain di dalam tubuh, seperti kalsium.

Diet yang terlalu kaya magnesium juga dapat menyebabkan overdosis, yang dapat menyebabkan sakit perut, tekanan darah rendah, kesulitan bernapas, bahkan koma. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen magnesium.

Hal lain yang perlu anda ketahui adalah minuman berkarbonasi. Minuman ini bekerja melawan magnesium karena mengikat mineral ke saluran pencernaan dan membuangnya keluar dari sistem Anda sebelum tubuh Anda memiliki kesempatan untuk menuai manfaatnya. Jenis pil KB tertentu juga dapat mengurangi efektivitas magnesium.

Tinggalkan komentar