Cara Manfaatkan Pepaya untuk Kecantikan, Sulit BAB, dan Kram Haid

Apa saja manfaat buah pepaya untuk perawatan kecantikan, sulit buang air besar, dan haid? Bagaimana cara mengolah buah pepaya tersebut? Pepaya dapat dikatakan sebagai salah satu buah yang paling enak dan disukai banyak kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Buah yang tersedia sepanjang tahun ini memiliki warna yang menarik dengan rasa yang enak.

Kandungan serat alaminya membuat pepaya menjadi sangat efektif dalam mengatasi sembelit atau susah buang air besar (BAB). Selain itu, buah pepaya juga dapat dijadikan sebagai bagian dari bahan ramuan kecantikan yang sangat mudah dibuat dengan menawarkan aneka manfaat terbaik untuk kecantikan.

Nah, pada artikel kali ini, akan saya sajikan sederet manfaat buah pepaya atau dalam bahasa ilmiah disebut Carica papaya yang berperan dalam meningkatkan kualitas kecantikan anda. Apa sajakah manfaat yang bisa kita petik untuk perawatan kecantikan kita?

Pepaya dapat Menyuburkan Kulit

Pepaya kaya akan kandungan vitamin A dan enzim papain. Nutrisi tersebut dapat berperan menjaga kulit terhidrasi dan tetap lembab. Oleh karena itu, buah pepaya merupakan bahan favorit bagi perawatan wajah buatan sendiri, terutama pada musim dingin. Anda dapat mencampur pepaya yang telah dilumatkan dengan madu untuk membuat masker wajah yang dapat melembabkan kulit wajah Anda. Selain kelembaban, masker buah kelapa juga dapat mencerahkan muka dan tentunya menghilangkan sel-sel kulit mati.

Pepaya untuk Kurangi Flek Hitam

Buah pepaya yang dicampur dengan susu segar membentuk pasta yang bagus untuk mengurangi flek-flek hitam pada kulit Anda. Bahkan, lulur dari buah kelapa dan susu tersebut juga mampu menyamaratakan warna kulit. Susu menjadi pelengkap bagi buah pepaya dalam memberikan keajaiban untuk meningkatkan kecerahan kulit Anda.

Pepaya dapat Mengurangi Jerawat

Kulit pepaya segar dapat dioleskan pada wajah, atau pasta pepaya segar yang telah dilumatkan, juga dapat digunakan pada wajah untuk menghilangkan gejala jerawat dan bintik noda hitam di wajah. Kandungan asam alfa-hidroksi dalam buah ini menjadikannya sebagai media ph asam alami, yang membantu dalam mengurangi jerawat dan juga melawan proses penuaan. Jangan lupa baca juga: 20 Cara Hilangkan Jerawat Khusus Cewek

Untuk Merawat Rambut

Buah pepaya yang diblender kasar dapat dicampur dengan minyak almond atau minyak zaitun, atau memakai yougurt dan madu untuk membuat pasta kecantikan yang dapat Anda aplikasikan pada rambut dan kulit kepala sekitar satu jam. Pasta pepaya tersebut akan membuat rambut menjadi lebih halus dan lembut. Ingat, setelah satu jam, jangan lupa cuci rambut anda dengan air biasa hingga bersih.

Mengobati Kulit Tumit yang Pecah-pecah

Jika Anda mengalami masalah tumit kaki yang pecah-pecah, Anda bisa sembuhkan dengan buah pepaya. Caranya, letakkan pasta pepaya segar yang telah dilumatkan, kemudian dicampur dengan pisang dan madu. Biarkan selama sekitar setengah jam dan kemudian cuci dengan air biasa. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapat hasil yang signifikan. Masalah kulit tumit Anda akan menjadi hilang dan berganti lebih halus serta lembut.

Mengatasi Sakit Kram saat Datang Bulan

Saat tamu bulanan datang, yakni haid (menstruasi), biasanya emosi seorang wanita akan turun naik tak menentu. Mungkin secara tiba-tiba datang rasa sedih, malas, cepat marah, bosan dan berbagai gejala emosi lainnya. Tapi yang paling membuat stress adalah ketika perut terasa kram sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman beraktivitas. Adakah dari anda yang pernah mengalami sakit kram saat datang bulan? Biasanya, tindakan apa yang Anda akan lakukan? Pergi ke dokter? Pijat ringan? Atau minum jamu tradisional?

Nah, salah satu cara yang mudah dan berkhasiat dalam mengatasi kram atau kejang haid adalah dengan mengkonsumsi buah pepaya. Buah pepaya kaya akan karoten, zat besi, kalsium dan vitamin A dan C yang membantu menenangkan dinding rahim dan otot-otot sekitarnya saat menstruasi. Ada baiknya untuk mengkonsumsi buah pepaya secara teratur sebelum dan saat datang bulan. Dengan cara ini rasa kram akan mulai berkurang.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk minum banyak air putih agar tubuh tidak dehidrasi. Jika kram yang anda alami tetap tidak hilang, maka saran terbaiknya adalah pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

Mengatasi Susah BAB dengan Buah Pepaya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah pepaya juga efektif dalam mengatasi masalah sulit buang air besar (berak). Masalah susah BAB memang membuat perut tidak nyaman. Frekuensi normal buang air besar setiap orang berbeda satu dengan lainnya, mungkin ada yang BAB 2 kali sehari ataupun ada yang dalam seminggu hanya berapa kali saja. Jangan remehkan masalah susah buang air besar, karena jika terus berlanjut dan sudah parah akan dapat menyebabkan kanker usus yang mematikan. Jika kita susuri lebih jauh, ada beberapa faktor penyebab seseorang sulit mendapatkan BAB dengan lancar.

Pola makan yang tidak sehat

Kurangnya asupan serat dalam buah dan sayuran menjadi salah satu penyebab utama masalah susah buang air besar. Serat dapat ditemukan pada sayuran seperti, daun selada, mentimun, kubis, bayam, sawi hijau, labu kuning, dan tentunya buah pepaya. Silakan baca Sumber Makanan yang Banyak Mengandung Serat

Dehidrasi

Saat dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan, kotoran dalam perut menjadi lebih keras karena hanya ada sedikit cairan bersama feses. Hal inilah yang membuat seseorang harus lebih ekstra mengeluarkan kotoran melalui BAB. Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan penurunan fungsi organ-organ tubuh. Oleh karena itu, dehidrasi tidak boleh dianggap remeh.

Stress

Stress akan mengakibatkan susah buang air besar. Saat seseorang mengalami stress, saraf-saraf pencernaan akan terganggu sehingga gerak peristaltik usus juga akan terganggu.

Efek samping obat kimia

Obat kimia mampu dalam menyembuhkan suatu penyakit, namun tentu ada efek sampingnya seperti susah buang air besar atau sembelit.

Cara atasi masalah buang air besar

Untuk mengatasi masalah susah buang air besar sebenarnya sangat mudah. Kita tidak perlu mengambil obat-obatan yang dapat menimbulkan efek samping berbahaya. Minum 6-8 gelas air dan 3-4 kali makanan yang mengandung serat (sayur dan buah) setiap hari agar dapat mengatasi masalah susah buang air besar. Selain itu, untuk mengatasi susah buang air besar juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah pepaya. Buah pepaya merupakan obat alami yang paling ampuh untuk mengatasi susah buang air besar.

Potonglah buah kelapa, lalu singkirkan kulit dan bijinya dan cuci dengan air bersih 1 kali saja. Sepotong buah kelapa cukup untuk satu kali minum. Masukkan ke dalam blender. Jus buah kelapa bisa diminum 3 kali sehari. Kalau Anda tidak suka jus pepaya, makan saja buah pepaya setiap hari juga bermanfaat untuk mengatasi susah buang air besar.

Tinggalkan komentar