20 Masker Rambut Alami agar Kilau Rambut Sehat dan Kuat

Apa saja bahan-bahan alami yang bisa diolah untuk membuat masker rambut? Bagaimanakah caranya membuat masker rambut yang sehat bernutrisi. Tidak perlu keluarkan uang banyak untuk membeli produk masker rambut yang umumnya berbahan kimia. Anda bisa memanfaatkan sejumlah bahan alami untuk membuat masker rambut yang bagus dalam merawat kesehatan dan kilau rambut mahkota anda.

Mungkin anda perlu sedikit repot dalam membuat dan mengaplikasikan masker rambut buatan sendiri. Nah, berikut ini akan disajikan 20 jenis masker rambut yang bisa anda praktikkan sendiri dengan bahan-bahan natural.

1. Masker Rambut dari Lidah Buaya (Aloevera)

Tanaman lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan pada pembuatan produk shampoo dan minyak rambut karena memiliki kandungan yang dapat mengatasi rambut rontok serta menyuburkan akar rambut. Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino.

Masker lidah buaya yang anda aplikasikan pada rambut dapat mempercepat pertumbuhan rambut baru sehingga mahkota anda menjadi lebih tebal. Berikut adalah cara membuat masker rambut dari lidah buaya:

  • Siapkan satu batang lidah buaya, kemudian ambil bagian dagingnya saja.
  • Setelah itu, gosok atau oleskan daging lidah buaya pada seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. Agar lebih meresap, lakukan pemijatan ringan secara teratur pada setiap area kepala.
  • Diamkan masker alovera pada rambut anda selama kurang lebih 20-30 menit hingga nutrisinya meresap ke dalam pori dan akar rambut.
  • Langkah terakhir adalah membilas dengan air hangat untuk membersihkan lidah buaya yang menempel pada rambut. Anda juga dapat membersihkan dengan kondisioner sebelum dibilas dengan air hingga bersih.

2. Masker Rambut dari Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih memang dikenal sebagai bumbu utama dalam setiap masakan. Namun dibalik semua itu, kedua bawang ini ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik dan bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut rontok. Bawang merah mengandung beberapa senyawa yang penting bagi tubuh antara lain vitamin C, kalium, serat, dan asam folat.

Sementara itu, bawang putih juga mengandung zat aktif alliin dan allicin, keduanya merupakan senyawa sulfur yang bisa menunjang kesehatan tubuh. Jika anda ingin menggunakan bahan ini untuk masker rambut, maka harus tahan dengan bau yang dikeluarkannya. Berikut adalah cara membuat masker rambut dari bawang merah dan bawang putih:

  • Siapkan masing-masing 4 siung bawang merah dan bawang putih kemudian kupas bagian kulitnya. Selanjutnya diiris tipis-tipis lalu dicampurkan ke dalam 1 sendok minyak zaitun dan aduk hingga merata.
  • Oleskan pada seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. Jangan lupa untuk melakukan pemijatan ringan secara pelan dan teratur pada bagian kepala.
  • Setelah itu, biarkan selama kurang lebih 10-15 menit hingga ekstrak bawang meresap ke dalam rambut. Setelah itu bungkus dengan handuk hangat dan biarkan selama semalaman untuk hasil yang lebih optimal.
  • Pada pagi harinya bilas dengan air untuk membersihkan masker yang menempel pada rambut, kemudian bersihkan dengan shampoo atau kondisioner dan bilas dengan air hingga bersih.

3. Masker Rambut dari Teh Hijau

Bagi yang sedang melaksanakan program diet lemak, teh hijau adalah salah satu pilihannya. Teh hijau sudah sejak lama dipercaya khasiatnya untuk kesehatan tubuh dan juga untuk kesehatan rambut. Teh hijau mengandung katekin, sejenis antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas dan mendorong perbaikan sel yang rusak. Kandungan antioksidannya juga mampu memperbaiki rambut rusak, patah dan juga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dengan cepat sehingga hasilnya lebih tebal dan lebat juga sehat. Berikut adalah penggunaan masker teh hijau:

  • Seduh 2 kantong teh hijau dengan air panas, dan biarkan sejenak agar tidak panas dan juga jangan terlalu dingin.
  • Oleskan pada seluruh rambut hingga kulit kepala, dan pada bagian kepala lakukan pemijatan dengan ringan dan teratur.
  • Diamkan sekitar 20-30 menit hingga ekstrak teh meresap. Lalu bilas dengan air untuk membersihkan teh yang menempel pada rambut.
  • Langkah akhir, bersihkan dan bilas dengan air hingga bersih.

4. Masker Rambut dari Buah Strawberry

Selain sebagai bahan utama untuk jus, buah strawberry juga salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk masker wajah. Strawberry banyak mengandung vitamin A, B, B2, B3, B5, B6, C, beta karoten, asam folat, kalsium, magnesium, potasium, sodium, dan seng sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut berminyak (lepek).

Masker rambut strawberry juga dapat menyehatkan rambut dan menjadikan rambut lebih berkilau. Kandungan vitamin C pada buah ini dapat menyeimbangkan tingkat keasaman (PH) kulit kepala sehingga produksi minyak dapat terkendali. Berikut adalah cara membuat masker rambut dari buah strawberry:

  • Haluskan atau blender 10-15 buah strawberi segar. Kemudian campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa dan juga 1 sendok madu.
  • Pasta strawberry ini dioleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala. Jangan lupa untuk lakukan pemijatan ringan secara pelan dan teratur pada bagian kepala.
  • Sebelum dibilas dengan air, diamkan sekitar 15-20 menit hingga masker meresap.
  • Kemudian bersihkan dengan shampoo dan bilas dengan air hingga bersih.

Rupanya, selain enak dimakan atau dibuat jus, strawberry juga bagus untuk perawatan rambut. Mungkin dengan membeli 1/2 kg buah strawberry, anda bisa merawat rambut dengan maskernya, sekaligus juga bersantai menonton tv sambil mencicipi buah strawberry. Sungguh, perawatan rambut yang menyenangkan!!!

5. Masker Rambut dari Minyak Kelapa (Coconut Oil)

Sejak zaman dulu, secara tradisional buah kelapa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Minyak kelapa mengandung asam lauric dan asam capric yang termasuk dalam lemak jenuh trigliserida rantai sedang. Minyak kelapa merupakan minyak yang terbuat dari kelapa murni yang bermanfaat untuk mengatasi rambut kering, patah-patah, dan mengatasi masalah rambut rusak. Berikut adalah cara pembuatan masker rambut dari minyak kelapa:

  • Campurkan 2 sendok makan minyak kelapa dengan 1 sendok makan minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala.
  • Agar minyak masker meresap, lakukan pemijatan ringan secara pelan dan teratur pada bagian kepala. Bungkus dengan menggunakan menggunakan shower cap.
  • Biarkan sekitar 20-30 menit hingga minyak meresap, lalu setelah itu bilas dengan air dan shampoo untuk membersihkan minyak yang menempel pada rambut.

6. Masker Rambut dari Oatmeal

Oatmeal adalah biji-bijian yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang dbutuhkan oleh tubuh. Oatmeal juga merupakan sumber karbohidrat rendah glikemik yang mendorong kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Secara gizi, Oat terutama kaya akan serat pangan, vitamin B kompleks, dan masih banyak vitamin lainnya termasuk beberapa fitokimia dan berbagai mineral. Penelitian telah mengaitkan bahwa makan oat secara teratur bermanfaat bagi pencernaan dan usus, kesehatan jantung, gula darah, menurunkan kolesterol, antioksidan, dan penurunan berat badan.

Oatmeal juga bisa dimanfaatkan untuk kesuburan rambut. Masker oatmeal berperan dalam menghilangkan masalah ketombe pada kulit kepala yang menyebabkan gatal-gatal dan merusak penampilan. Berikut adalah cara membuat masker rambut dari oatmeal:

  • Campurkan 1 sendok oatmeal dengan 1 sendok minyak zaitun dan 1 sendok susu segar, aduk hingga merata.
  • Gunakan pasta oatmeal tersebut pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala. Lakukan pemijatan ringan dengan teratur pada bagian kepala.
  • Diam dan biarkan sejenak sekitar 15-20 menit hingga masker meresap.
  • Langkah terakhir bilas dengan air dan sampo untuk membersihkan masker yang melekat pada rambut.

7. Masker Rambut dari Umbi Wortel

Umbi wortel populer sebagai sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, berbagai nutrisi pada wortel, seperti beta-carotene ternyata sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut dan menjaga rambut tetap kuat, halus, dan lembut. Berikut adalah cara membuat masker rambut dari wortel:

  • Siapkan satu buah wortel yang telah dikupas dan dibersihkan. Selanjutnya haluskan dengan menggunakan blender.
  • Pasta wortel yang telah dihaluskan dicampur dengan salah satu bahan berikut yaitu madu, putih telur, yogurt, atau minyak kemiri
  • Oleskan campuran wortel tersebut pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala. Lakukan pemijatan ringan secara pelan dan teratur.
  • Diamkan sekitar 20-25 menit agar sari masker meresap, kemudian dibilas dengan air untuk membersihkannya.

8. Masker Rambut dari Minyak Urang Aring

Urang-aring (Eclipta alba (L.) Hassk., sin. Eclipta prostrata L.) adalah sejenis tumbuhan, kebanyakan ditemukan liar sebagai gulma, anggota suku Asteraceae. Tumbuhan ini terkenal karena kegunaannya sebagai penyubur rambut. Urang aring mengandung phytosterol, isoflavonoids, dan triterpenoid. Minyak dari Urang-aring dapat membuat rambut lebih lembut, berkilau, dan lebih tebal. Berikut adalah cara penggunaan minyak urang uring untuk masker rambut:

  • Bersihkan rambut terlebih dahulu. Oleskan minyak urang aring pada seluruh bagian rambut hingga kulit kepala.
  • Lakukan pemijatan ringan pada bagian kepala dan diamkan selama kurang lebih 25-30 menit agar meresap.
  • Bilas dengan air untuk membersihkan minyak urang aring yang menempel pada rambut.
  • Langkah terakhir, bersihkan dengan shampoo dan bilas dengan air hingga bersih.

9. Masker Rambut dari Pisang dan Minyak Kacang Almond

Pisang dan kacang almond merupakan makanan yang banyak disukai oleh semua orang. Selain dikonsumsi, campuran kedua bahan ini ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan rambut. Kacang almond mengandung banyak nutrisi, antara lain serat pangan, lemak tak jenuh, serta beberapa jenis vitamin B, dan vitamin E. Berikut adalah cara membuat masker rambut dari campuran pisang dan minyak kacang almond:

  • Haluskan satu buah pisang yang telah matang dengan blender.
  • Setelah itu, campurkan dengan minyak kacang almond sebanyak 2-3 tetes saja secara merata.
  • Oleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala dan juangan lupa lakukan pemijatan ringan secara pelan dan teratur.
  • Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit hingga masker meresap, kemudian dibilas dengan air.

10. Masker Rambut dari Minyak Zaitun

Sejak dulu, ekstrak dari zaitun dipakai sebagai minyak untuk merawat rambut dan juga kulit kepala. Minyak Zaitun adalah minyak yang diperoleh dari buah yang berasal dari pohon zaitun(Olea Europaea). Tanaman ini biasanya banyak ditemukan di kawasan Mediterania seperti di Timur Tengah, Italia, Spanyol, Yunani, dan negara lain di sekitarnya. Minyak zaitun memiliki aroma dan rasa yang berbeda . Tidak seperti kebanyakan minyak lainnya, minyak biasanya didapat dari ekstrak kacang-kacangan dan biji-bijian, akan tetapi minyak zaitun diperoleh dari buah zaitun.

Minyak zaitun diakui sebagai salah satu minyak nabati sehat karena mengandung lemak jenuh lebih sedikit dan mengubah linoleat ( omega – 6 ) dan asam linolenat ( omega – 3 ) ​​asam lemak esensial pada rasio 8:01 yang direkomendasikan. Minyak zaitun mengandung polifenol, asam oleat, pottasium, asam lemak esensial, zat besi, dan juga kalsium. Minyak ini dapat menjadikan rambut lebih lembut, halus, dan juga berkilau. Berikut adalah cara membuat masker rambut dari minyak zaitun.

  • Ambil 6 sendok minyak zaitun lalu campurkan dengan kocokan 2 butir telur.
  • Pasta tersebut dioleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala. Jangan lupa Lakukan pemijatan ringan secara pelan dan teratur pada bagian kepala.
  • Agar tidak meleleh, bungkus kepala dengan menggunakan handuk hangat atau menggunakan shower cap. Diamkan sekitar 30 menit hingga masker meresap
  • Setelah itu, bilas dengan air untuk membersihkan masker, lalu bersihkan dengan shampoo dan air hingga bersih.

11. Masker Rambut dari Buah Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak dimanfaatkan untuk masker wajah, ternyata buah ini juga memiliki manfaat untuk merawat kesehatan rambut dan menjadikan rambut lebih bercahaya. Buah ini mengandung 14 gram gula, 3 gram serat dan 1 gram protein per buah. Mengkonsumsi buah pisang memang memberikan banyak manfaat, diantaranya: melancarkan peredaran darah, membantu pencernaan usus, menjaga kesehatan mata, menormalkan fungsi jantung, mencegah anemia, mencegah asma, mencegah liver, baik untuk diare, mencegah diabetes, dan baik untuk asam urat.

Buah pisang merupakan buah sumber potasium, karbohidrat, mineral, Vitamin C dan B6, kalium, magnesium dan mangan. Hal ini yang membuat pisang dapat dipakai untuk perawatan rambut. Berikut adalah cara untuk membuat masker rambut dari pisang:

  • Siapkan 1-2 buah pisang matang kemudian haluskan dengan blender. Setelah itu, campur dan aduk merata dengan 1 butir telur, 3 sendok madu, dan 5 sendok minyak zaitun.
  • Oleskan dan pijat ringan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala. Bungkus dengan menggunakan handuk hangat
  • Biarkan selama 20-30 menit hingga ekstrak masker meresap ke akar rambut.
  • Langkah akhir bilas dengan air dan kondisioner untuk membersihkannya.

12. Masker Rambut dari Madu dan Minyak Zaitun

Madu dan minyak zaitun adalah bahan alami yang banyak memberi manfaat untuk kecantikan. Madu mengandung banyak mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, aluminium, besi, fosfor dan kalium. Campuran antara madu dan minyak zaitun dapat berperan untuk kesehatan rambut, terutama untuk merawat rambut yang rusak dan menjadikannya lebih sehat dan juga berkilau. Berikut adalah cara membuat masker rambut dari campuran dua bahan alami ini:

  • Campurkan secara merata 2 sendok madu dan 3 sendok minyak zaitun, kemudian dipakai untuk mengoleskan pada seluruh bagian rambut hingga kulit kepala
  • Lakukan pemijatan ringan secara pelan dan teratur pada bagian kepala, dan setelah itu diamkan masker ini selama 30 menit hingga meresap.
  • Langkah terakhir adalah bilas dengan air hangat untuk membersihkan masker, lalu membersihkan dengan shampoo dan bilas dengan air.

13. Masker Rambut dari Buah Alpukat (avocado)

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga untuk kesehatan rambut. Alpukat atau avokad setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, riboflavin (atau dikenal sebagai vitamin B2), niasin (atau dikenal sebagai vitamin B3), potasium (atau lebih dikenal sebagai kalium), dan vitamin C.

Buah alpukat mengandung vitamin E sebesar 3,4 mg/100 gr. Dalam kesehatan rambut, kandungan vitamin pada alpukat berperan untuk mencegah kerontokan rambut, menjadikan rambut lebih halus, lembut dan juga rambut terasa tebal. Selain itu, masker avocado ini juga sangat baik untuk memperbaiki dan merawat rambut kering dan kusam. Berikut adalah cara membuat masker rambut dari alpukat:

  • Ambil daging buah alpukat yang telah matang lalu dihaluskan dengan blender hingga menjadi pasta.
  • Pasta avocado tersebut dioleskan pada bagian rambut dan juga pada kulit kepala, dan jangan lupa melakukan pemijatan secara pelan dan teratur.
  • Diamkan masker ini selama 20-25 menit hingga meresap pada akar rambut dan kulit kepala.
  • Bilas dengan air untuk membersihkan masker, kemudian bersihkan dengan air hingga bersih.

14. Masker Rambut dari Santan Kelapa

Selain minyak kelapa, santan dari buah kelapa juga memiliki khasiat luar biasa untuk kesuburan rambut. Meskipun merupakan salah satu bumbu dapur, santa kelapa sejak dulu sering dimanfaatkan untuk merawat dan memperbaiki rambut rusak. Santan mengandung 13 gram karbohidrat. Termasuk pula di dalamnya 5 gram serat yang memenuhi 21% kebutuhan serat harian. Berikut adalah cara memakai masker rambut alami dari santan:

  • Sediakan 50 ml santan kelapa kental, kemudian oleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala.
  • Agar cairan santan kelapa tidak menetes, ada baiknya bungkus rapat dengan handuk hangat. Diamkan kurang lebih selama 1 jam agar meresap ke pori-pori kulit kepala.
  • Langkah akhir, bilas dengan air hangat, kemudian bersihkan dan bilas dengan air hingga bersih.

15. Masker Rambut dari Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar susu yang kaya akan manfaat bagi tubuh juga rambut. satu cup yogurt full fat berukuran 227 gram mengandung 138 kalori, 7 gram lemak, dan 8 gram protein. Di dalamnya juga terdapat 11 gram karbohidrat, 104 mg sodium, dan 30 mg kolesterol. Sementara itu, yogurt rendah lemak mengandung 143 kalori dan 4 gram lemak. Protein dan karbohidratnya lebih tinggi, yakni 12 gram dan 16 gram berturut-turut.

Yogurt rendah lemak lebih banyak mengandung kalsium dan fosfor dibanding yogurt full fat. Kalsiumnya 415 mg dan fosfornya 327 mg, sementara yogurt full fat memiliki 275 mg kalsium dan 216 mg fosfor. Masih banyak mineral yang terkandung dalam kedua jenis yogurt tersebut, yakni magnesium, potassium, zat besi, zinc, selenium, dan fluoride. Selain itu, adapula macam-macam vitamin, seperti vitamin A, C, B6, B12, E, dan K, serta asam pantotenat, niacin, thiamin, riboflavin, kolin, dan folat. Manfaat masker yogurt pada rambut dapat menjadikan rambut lebih berkilau. Berikut adalah cara membuat masker yogurt:

  • Siapkan 1 butir putih telur dan 5-6 sendok makan yogurt
  • Kocok putih telur secara merata hingga berbusa, kemudian tambahkan 6 sendok yogurt pada kocokan putih telur kemudian aduk hingga merata.
  • Oleskan pada rambut hingga kulit kepala dan selanjutnya lakukan pijatan secara perlahan dan teratur
  • Diamkan selama 15-30 menit hingga masker meresap, lalu setelah itu bersihkan dengan air dan kondisioner kemudian bilas hingga bersih.

16. Masker Rambut dari Putih dan Kuning Telur

Masker telur ini cocok untuk merawat rambut rontok karena masker ini dapat memperkuat akar rambut dan juga mempercepat pertumbuhan rambut. Telur mengandung vitamin A dan vitamin B12, dan tentunya protein tinggi yang sangat baik untuk memperbaiki dan juga merawat rambut agar tumbuh subur. Ada dua macam cara membuat masker rambut dari telur yaitu:

a. Masker rambut telur, cara membuatnya adalah:

  • Campurkan 2 butir telur yang telah dikocok dengan 2 sendok air panas. Kemudian oleskan pada bagian rambut dan juga kulit kepala.
  • Lakukan pijatan pada bagian kepala secara pelan dan teratur, dan kemudian diamkan selama 15-20 menit hingga masker meresap.
  • Langkah akhir, bilas dengan air dingin hingga bersih

b. Masker rambut kuning telur, cara membuatnya adalah:

  • Campurkan satu kuning telur dengan secangkir susu, 2 sendok minyak zaitun, dan perasan air jeruk lemon. Aduk hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pasta tersebut pada rambut hingga kulit kepala, lalu pijat perlahan.
  • Diamkan selama 15-20 menit agar meresap, dan selanjutnya bilas bersih dengan air dingin.

17. Masker Rambut dari Campuran Susu dan Madu

Selain berperan penting bagi pertumbuhan dan kesehatan organ dalam, susu dan madu juga ternyata bermanfaat untuk merawat kecantikan dan kesehatan rambut yaitu dengan menggunakannya sebagai masker. Berikut adalah cara membuatnya:

  • Campurkan satu sendok madu alami dengan 100 gram susu murni secara merata hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pada bagian seluruh rambut mulai dari ujung hingga akar rambut. Berikan pijatan secara pelan dan teratur.
  • Agar nutrisi lebih meresap, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dan konditioner hingga bersih.

18. Masker Rambut dari Cuka Apel dan Lemon

Cuka apel merupakan fermentasi buah apel yang berperan penting bagi kesehatan. Anda bisa mengetahui segudang manfaat cuka apel pada link ini. Sementara untuk kesehatan rambut, anda bisa membuat masker cuka apel dicampur lemon. Cuka apel mampu membersihkan limbah kimia produk rambut, pemangkas dan memperkuat setiap batang rambut. Ramuan terbaik untuk rambut berminyak karena menetralisir PH rambut, membunuh bakteri dan mengusir ketombe. Cara membuatnya adalah:

  • Tuangkan ¼ cuka apel dan parutkan satu buah kulit lemon. Aduk merata, kemudian lumuri rambut dan kulit kepala anda.
  • Biarkan selama 15 menit agar meresap ke seluruh area rambut sebelum mencucinya.

19. Masker Rambut dari Minyak Almond, Madu dan Cuka Apel

Masalah utama saat berambut panjang adalah rambut mudah bercabang di bagian ujung. Tak perlu gusar, anda perlu masker ini. Aduk satu sendok minyak almond, dua sendok madu dan satu sendok cuka apel (gandakan kuantitas untuk rambut yang lebih panjang). Lumur campuran tadi ke seluruh ujung rambut dan biarkan selama setengah jam.

Perlu diketahui, masker ini tidak dapat memperbaiki rambut bercabang (masih perlu ke salon untuk di trim) tapi masker ini memberikan zat yang cukup agar rambut tetap sehat dalam jangka waktu yang panjang.

20. Masker Rambut dari Kemiri

Bumbu masakan yang satu ini dapat Anda gunakan untuk membuat masker rambut alami. Sediakan saja kemiri secukupnya. Kemudian sangrai kemiri itu tanpa memakai minyak. Selanjutnya tumbuk kemiri yang sudah disangrai hingga betul-betul halus. Kemiri yang sudah halus Anda usapkan pada rambut dari mulai akar rambut sampai ujung rambut Anda secara merata. Biarlah selama setengah jam. Lantas cuci rambut Anda dengan air bersih.

Nah, demikianlah cara membuat masker rambut alami. Bahan alami tersebut dapat digunakan dalam setiap hari sebagai masker rambut yang cukup efektif. Gunakanlah secara rutin, maka anda akan merasakan manfaat yang luar biasa dari masker rambut alami tersebut.

Tips Menggunakan Masker Rambut Alami yang Tepat

Saat ini, sudah banyak masker rambut yang bisa digunakan sendiri di rumah sehingga Anda tak perlu repot-repot dan mengeluarkan banyak biaya datang ke salon. Meski begitu, Anda perlu mengetahui cara menggunakan masker rambut yang tepat.

a. Sebaiknya Gunakan Satu Minggu Sekali

Untuk hasil yang lebih baik dan maksimal, aplikasikan masker rambut setiap seminggu sekali. Tidak perlu setiap hari atau jangan terlalu lama jaraknya. Agar rambut bisa terus ternutrisi secara cukup dan tidak timbul masalah yang lebih kompleks.

b. Terapkan Juga pada Kulit Kepala

Banyak yang mengaplikasikan masker rambut pada ujungnya saja, Padahal idealnya, masker rambut harus juga digunakan pada kulit kepala. Sebab fungsinya memang untuk menutrisi akar rambut agar lebih sehat. Berikan pijatan ringan di kulit kepala saat mengaplikasikan masker rambut.

c. Bilas dengan Air Dingin

Masker yang digunakan pada rambut harus dibiarkan sejenak, selama 15 hingga 20 menit dengan menutup kepala menggunakan handuk yang telah direndam air hangat. Hal ini agar ekstrak pada masker dapat meresap ke dalam pori-pori. Jika sudah, bilas rambut. Tidak perlu menggunakan sampo, cukup bilas menggunakan air dingin, kecuali beberapa jenis masker yang mengeluarkan bau menyengat seperti masker bawang. Sebaiknya hindari menggunakan air panas karena akan memicu kerontokan pada rambut, kecuali beberapa jenis masker yang lengket. Air dingin berfungsi untuk menutup pori-pori di kulit kepala sehingga nutrisi yang sudah masuk akan bekerja sempurna di dalam akar.

d. Pakai Kondisioner setelah Membilas Masker

Meski tidak dianjurkan menggunakan sampo, namun kondisioner penting untuk digunakan. Setelah dibilas dan krim masker bersih di rambut, akhiri dengan menggunakan konditioner di batang rambut. Hal ini karena jika hanya memakai air saja cenderung mengeringkan rambut, sehingga akan lebih baik jika ditutup dengan menggunakan kondisioner. Lalu bilas kembali rambut hingga bersih dengan air dingin.

Tinggalkan komentar