10 Panduan Menjalankan Bisnis yang Berdaya Saing

Bagaimanakah cara membangun dan menjalankan bisnis yang hebat dan kompetitif? Apa sajakah tips-tips sukses dalam mengelola bisnis besar maupun kecil? Masalah terbesar bagi orang-orang bisnis adalah ketika mereka mengatakan bahwa mereka tahu perputaran bisnis yang sebenarnya. Tapi Anda tidak mengeksekusinya terlepas dari hal-hal kecil, yang mungkin itu akan memiliki dampak besar pada bisnis Anda.

Sekarang ini dunia bisnis sudah sangat berkembang dengan pesat. Tidak hanya untuk kalangan menengah ke atas, tetapi juga telah merambah ke kalangan menengah ke bawah. Ada banyak sekali macam bisnis yang ada di masyarakat, mulai dari bisnis dengan produk makanan & minuman, fashion, jasa, dan lain-lain. Dalam menjalankan bisnis, tentu ada banyak sekali bisnis milik orang lain dengan tema yang sama dengan bisnis kita. Dan terjadilah sebuah persaingan bisnis.

Dalam persaingan bisnis, pasti ada pihak yang unggul dan ada yang tertinggal. Kita bisa menjadikan persaingan menjadi sebuah booster bagi bisnis kita untuk maju karena dengan adanya persaingan, maka akan membuat kita semakin tertantang untuk membuktikan bahwa bisnis kitalah yang terbaik.

Jika tidak ada pesaing, maka kita pasti merasa cepat puas akan produk atau jasa kita yang digunakan oleh masyarakat. Tetapi dengan adanya persaingan, walau kita berada di urutan nomor satu, tetap membuat kita merasa tidak cepat berpuas diri.

Kita akan selalu ‘iri’ dengan produk orang lain yang selalu ada saja inovasi terbarunya. Dan kita bisa jadikan rasa ketidakpuasan pada produk kita itu sebagai pemacu untuk terus melakukan improvisasi pada produk dan jasa yang kita tawarkan.

Berikut ini ada 10 tips yang dijamin dapat membantu Anda dan perusahaan untuk berdiri paling depan dalam bisnis!

1. Menghasilkan Uang Di Bank

Jika Anda tahu bahwa Anda memiliki arus kas atau masalah likuiditas yang akan datang, perbaiki sekarang. Ayo cepat periksa rekening bank masing-masing. Masih belum punya uang? Atau masih, bertindaklah dengan cepat sebelum terlambat. Membagi dengan cepat laba yang didapat yang mulai membeku di bank saat ini. Ingat jangan terlambat!

2. Perbaiki Manajemen Bisnis Anda

Keluhan diterima dan sebagian besar diperkirakan 90 persen dari semua masalah adalah masalah manajemen. Ketika situasi tidak berjalan dengan baik, tempat pertama untuk menemukan jawabannya ada pada diri Anda sendiri.

Yakinkanlah pada diri Anda sendiri untuk bisa beralih ke masalah manajemen, Anda harus mahir beraksi. Berusahalah untuk tidak membuat keputusan yang buruk. Tidak perlu sampai mengelola ulang manajemen tetapi carilah solusi untuk memperbaiki kelemahan apa pun.

3. Jaga Pekerja Anda

Ini berlaku untuk setiap perusahaan mana saja, besar dan kecil. Bahaya kehilangan pekerja menjadi tanggung jawab Anda, mungkin selama ini Anda sebagai bos (pemilik atau penanggung jawab perusahaan) jarang meluangkan waktu untuk memastikan karyawan Anda termotivasi, tertantang, dan mendapat kompensasi yang baik.

Pekerjakan pekerja dengan baik. Beritahu mereka tentang tujuan perusahaan dan bersama-sama dalam ‘meledakkan’ perusahaan. Kadang-kadang mungkin Anda merasa sedikit pusing dengan berbagai varian setiap pekerja tetapi jika Anda pandai mengendalikannya, maka keuntungannya adalah milik Anda.

4. Katakan “Ya” Atau “Tidak”

Dua kata terpenting dari pemilik bisnis dan pendiri adalah “ya” dan “tidak.” Belajar mengatakan ya atau tidak. Dan itu berarti bersikap tegas. Alasan untuk kata ini adalah yang paling penting untuk fokus, untuk menjelaskan apa yang dilakukan perusahaan Anda, dan itu akan menjelaskan semua yang akan atau yang telah dilakukan.

5. Jadilah Pendengar Setia Pelanggan Anda

Faktanya adalah, betapa sedikit pengusaha yang paling menghargai pelanggan mereka, tidak hanya umpan balik dan masukan mereka di antara informasi yang paling penting akan berada di bank tabungan informasi di masa depan bisnis Anda.

Pelanggan akan mulai mengeluh tentang banyak hal yang melibatkan masalah yang mereka hadapi. Sebagai pebisnis, Anda harus menjadi pendengar yang setia. Meskipun terkadang merasa lelah dengan diri sendiri, jangan lupa bahwa Anda menjual produk Anda sendiri, jadi usahakan pasang telinga Anda kepada calon pelanggan Anda.

6. Buatlah Sebuah Kemitraan

Kerjasama dalam berbisnis adalah hal yang sering dilakukan para pengusaha, dan ini bisa menguntungkan bagi kita. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan, mulai dari peningkatan saham/modal, lalu bisa menuangkan sebuah ide baru untuk menciptakan produk dan jasa baru, atau meningkatkan kualitas produk jasa kita. Selain itu, kita akan mendapat banyak wawasan dari orang lain yang bermanfaat bagi kelanjutan bisnis kita ke depannya.

7. Belajar Dari Pesaing

Mungkin kita sering melihat iklan di Televisi, sebuah produk yang melakukan “plagiat” dari produk lain yang sudah ada sebelumnya. Sebenarnya itu tidak bisa disalahkan sepenuhnya. Mengapa? Karena mereka para pebisnis melakukan pengamatan kepada pesaing bisnis mereka, dan mengambil pelajaran dari sana. Dengan demikian, mereka bisa memperbaiki produk mereka dan mengembangkan apa kekurangan dari produk mereka. Bahkan, ada juga yang sampai meniru keunggulan produk lain untuk ditanamkan kedalam produknya.

8. Lindungi dan Pertahankan Kekayaan Intelektual Anda

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak tahu perbedaan antara hak cipta, merek dagang, rahasia dagang, dan paten. Itu tidak bisa diterima. Jika Anda tidak melindungi dan membela kekayaan intelektual Anda, maka Anda akan kehilangan daya saing.

Ketidaksadaran ini masih terjadi karena sebagian besar pengusaha merasa ini hanyalah masalah sepele, tetapi jika produk Anda dijual dan setelah itu ditiru Anda mungkin mulai menyalahkan, di sinilah masalah akan mulai muncul.

9. Mengikuti Tren Yang Ada

Tren memang seperti sebuah musim, silih berganti dan terkadang kembali lagi. Tetapi ada baiknya kita juga ikut masuk dalam arus tren yang sedang heboh saat ini.

Masyarakat akan selalu mengikuti tren yang sedang meriah saat itu, dan itu merupakan ladang penghasilan bagi kita para pebisnis jika kita bisa menarik mereka untuk menggunakan produk atau jasa kita yang menyesuaikan tren yang ada.

10. Menjalankan Bisnis Anda Layaknya Bisnis

Terlalu banyak pengusaha menjalankan bisnis mereka seperti kepemilikan keuangan pribadi mereka. Sebenarnya itu merupakan ide yang sangat buruk. Bangun badan usaha yang tepat dan pisahkan dari kehidupan pribadi Anda.

Jangan sesekali menganggap keuntungan berjuta-juta yang tersimpan di bank itu sebagai milik pribadi Anda. Uang berjuta itu telah terikat dengan komitmen perusahaan sepenuhnya walau hakikatnya perusahaan itu adalah milik Anda. Bisnis tetaplah bisnis!

Semoga saja dengan 10 tips diatas, Anda akan mampu untuk membangun perusahaan yang sedang Anda bangun agar menjadi lebih besar atau maju. Tetaplah berusaha dan yakinlah akan kemampuan Anda sendiri. Jika Anda selalu berusaha untuk selalu melakukan yang terbaik, bersabar serta bekerja keras bukan hal yang mustahil jika Anda akan mampu membuat perusahaan Anda berkembang dengan pesat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar