Mengapa Suami Istri Harus Tidur pada Waktu yang Sama?

Setiap orang tentu memiliki kebiasaan dan pola tidur malam yang berbeda. Ada yang terbiasa tidur sebelum jam 10 malam, dan ada pula yang mulai ngantuk setelah larut malam. Terlepas dari perbedaan dalam kebiasaan tidur tersebut, pasangan suami istri harus berupaya agar bisa rebahan di jam yang sama. Mengapa itu penting, dan adakah manfaatnya?

Sebuah penelitian yang dimuat pada laman frontiersin.org mengungkapkan adanya nilai positif jika pasangan bisa beristirahat di waktu yang sama, terutama di periode tidur malam hari.

1. Adanya Rutinitas Obrolan Ringan dan Pelukan

Setiap pasangan mendambakan pelukan dan obrolan ringan dengan orang yang mereka cintai. Tetapi berapa banyak dari kita yang benar-benar meluangkan waktu untuk ini? Itu sebabnya tidur bersama pada waktu yang sama akan memungkinkan Anda dan pasangan untuk berpelukan setiap hari dan bahkan beberapa waktu lebih untuk membicarakan kegiatan hari Anda dan pasangan.

Bukan hanya itu, sains mengatakan bahwa berpelukan membuat tubuh melepaskan neurotransmitter oksitosin yang membantu dalam membawa Anda lebih dekat dengan pasangan Anda dan merasa lebih puas.

2. Berpeluang Membantu Memecahkan Masalah dan Silang Pendapat

Terkadang hal-hal kecil bisa berubah menjadi silang pendapat dan argumentatif. Jika kita terlalu lama membiarkan hal tersebut, maka itu akan “mandek” dan kita akan menemukan diri kita dalam suasana hati yang buruk selama berhari-hari.

Tetapi ketika Anda pergi tidur dengan pasangan Anda pada saat yang sama, Anda akan memiliki kesempatan untuk membicarakan argumen dan masalah yang muncul, serta mencari solusi bersama atau munculnya rasa saling pengertian. Dengan demikian, ini akan membantu Anda memiliki pagi yang lebih baik dan tidur malam yang nyenyak tanpa terombang-ambing dalam perasaan jengkel yang berlarut-larut.

3. Membantu Melakukan Sinkronisasi dengan Pasangan

Tidur pada waktu yang sama dengan pasangan Anda akan membantu Anda untuk menyesuaikan diri bersama, menjadi sinkron, dan merasa lebih nyaman satu sama lain hanya dengan berbagi waktu tidur. Ini juga dapat membantu Anda menghindari “iritasi” atau konflik yang tidak perlu ketika salah satu dari Anda membangunkan yang lain karena perbedaan waktu tidur, yang dapat menyebabkan bangun pagi dalam suasana hati yang buruk.

4. Bisa Meningkatkan Kesehatan Fisik

Tidur bersama bukan hanya tentang hubungan, tetapi juga tentang kinerja tubuh Anda. Ini dapat menurunkan tekanan darah Anda, membantu memperkuat sistem kekebalan Anda, dan membantu mengurangi peradangan.

5. Mampu Meningkatkan Kesehatan Mental

Kesehatan fisik bukanlah satu-satunya hal yang akan meningkat. Menjalani pola tidur yang sama dengan pasangan juga akan membuat kesehatan mental dan emosional menjadi lebih baik. Ini dapat mengurangi kecemasan, dan membantu Anda merasa lebih membumi dan santai. Selanjutnya, akan lebih mudah untuk melakukan percakapan dengan pasangan Anda secara komunikatif, dan itu juga akan membantu Anda meningkatkan hari Anda dengan membuat Anda merasa lebih bahagia.

Nah, demikianlah sederet manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mencoba tidur malam di waktu yang sama bersama pasangan Anda. Apakah Anda sudah menerapkan kebiasaan ini bersama pasangan Anda?

Tinggalkan komentar