Sejarah Permainan Monopoly dan Game Monopoli Terbaik di Hp

permainan monopoly

Pernahkah anda bermain Monopoly? Seperti apa sejarah permainan ini dan apa saja aplikasi game monopoli terbaik yang seharusnya anda download? Monopoly adalah permainan yang menguji kepandaian dalam membeli aset dan properti. Pemain dengan nilai dan aset tertinggi akan didaulat sebagai pemenangnya.

Nah, pada postingan kali ini akan diuraikan tentang sejarah terciptanya permainan monopoly dan deretan aplikasi game monopoly yang bagus di smartphone.

Sejarah Terciptanya Permainan Monopoly

konsep permainan monopolyGame Monopoli ini awalnya dikenal dengan nama The Landlord Game. Konsep game ini diciptakan oleh Elizabeth Magie yang berasal dari Amerika Serikat. Paten konsep game ini ia daftarkan pada tahun 1903. Berikut adalah sketsa gambar paten Landlord Game yang telah terdaftar di Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Sistem permainan didasarkan pada sistem ekonomi saat itu.

Konsep ini kemudian diakui patennya pada bulan Januari 1904 (Paten No . 748.626). Namun, pada saat itu belum dikomersialkan. Sampai tahun 1906, ia dan teman-temannya memutuskan untuk mengkomersialkan permainan monopoli tersebut. Setelah melakukan beberapa perubahan dan perbaikan pada game ini, Magie kemudian mengajukan paten terbaru untuk game tersebut pada tahun 1924 (Paten No. 1.509.312).

Beberapa diantara penambahan yang dibuat dalam versi baru tersebut adalah nama-nama jalan / aset dan aturan permainan yang lebih terorganisir dan jelas. Setelah dipatenkan dan dikomersialkan secara luas, permainan tersebut menjadi populer dan mencatat penjualan mengesankan selama 3 abad terakhir.

Kontroversi Penemu Permainan Monopoly

Meski Lizzy Magie adalah pencipta konsep dari game tersebut, dalam kebanyakan fakta sejarah tentang game Monopoly, namanya tidak dikreditkan sebagai pencipta game sesungguhnya. Sebaliknya, sebagian besar sejarah permainan game tersebut mengakui Charles Darrow sebagai pencipta game ini. Bagaimana ini bisa terjadi?

Popularitas game ini mendapat perhatian seorang insinyur asal Philadelphia bernama Charles Darrow. Dia kemudian mencuri ide game ini dan membuat beberapa perbaikan seperti penggunaan warna pada kotak dan beberapa perubahan lainnya. Pada tahun 1933, dia kemudian mendaftarkan patennya sendiri dan permainannya diberi nama Monopoli.

Penjualan game terus meningkat dan pada tahun 1934, Charles Darrow bertemu dengan perusahaan Parker Brothers dengan tujuan menjual game tersebut. Dia mengklaim game itu ciptaannya. Setelah serangkaian pertemuan dan menemukan potensi Monopoli, akhirnya pada awal 1935 pihak perusahaan Parker Brothers setuju untuk membeli hak cipta permainan Monopoli dari Charles Darrow.

Kemudian pada bulan April 1935, Parker Brothers mengetahui bahwa Charles Darrow bukanlah satu-satunya pencipta konsep permainan tersebut. Untuk menghindari konflik dan permasalahan hukum, Parker Brothers memutuskan untuk membeli hak paten Lizzy Magie dan permainan lainnya yang memiliki konsep yang sama. Magie menerima $500 namun tidak menerima royalti apapun untuk game Monopoli yang terjual di pasaran.

Sayangnya bagi Lizzy, meskipun perusahaan Parker Brothers membeli hak patennya, mereka tidak menyebutkan Lizzy Magie sebagai pencipta ide permainan Monopoli tersebut, namun tetap menyatakan nama Charles Darrow sebagai penciptanya. Oleh sebab itu, Charles Darrow tetap kaya dan menghasilkan jutaan dolar setiap tahunnya sebagai akibat pembayaran royalti yang diterimanya untuk setiap game Monopoli yang berhasil terjual.

Aplikasi Game Monopoly Pilihan untuk Ponsel Pintar Anda

Jika anda tidak memiliki seseorang untuk diajak bermain monopoli, maka untuk mengisi waktu luang atau mengasah kemampuan anda dalam permainan monopoly, maka bisa mendownload game monopoly versi smartphone, baik itu ponsel Android, iPhone, dan Windowsphone. Nah, inilah deretan game monopoly yang bagus anda coba di layar hp.

1. MONOPOLY Bingo!

monopoly bingoGame yang satu ini sebenarnya tidak seperti permainan Monopoli pada umumnya. Hal ini karena dalam game ini tidak tersedia arena bermain, tidak ada kartu special dan juga tidak ada karakter. Artinya, game monopoly yang satu ini lebih cenderung sebagai permainan Bingo. Dalam game ini, anda akan diberikan kartu yang berisi nomor, ketika nomor-nomor tersebut muncul, saat itulah kesempatan Bingo!

2. Miracle Dice ZingPlay

Game monopoli bernama Miracle Dice ZingPlay ini menghadirkan permainan bersama para tokoh superstar dunia, seperti penyanyi Taylor Swift sampai pemain bola terkenal Cristiano Ronaldo. Yang menarik dalam game ini, karakter pemain tersebut dikemas dengan lucu dan bernuansa chubby. Jangan lewatkan, terdapat beberapa fitur ekstra yang semakin menarik permainan monopoli ini.

3. Disney Magical Dice

Game monopoli Disney Magical Dice ini sangat pas untuk dimainkan bagi mereka yang gemar dengan karakter kartun Disney. Dalam permainan ini, anda akan menemukan berbagai karakter Disney populer, misal Mickey Mouse, Goofy, Sleeping Beauty, Cinderella, dan lain sebagainya. Karakter yang sudah familiar tersebut akan menemani anda dalam bermain monopoli dengan sensasi yang berbeda.

4. LINE Let’s Get Rich

monopoli linePermainan ini menghadirkan sensasi bermain monopoli yang berbeda dari sebelumnya. Permainan yang dahulunya dikenal dengan nama Moodo Marbel ini diadaptasi oleh LINE menjadi Let’s Get Rich. Dalam game monopoli ini, tidak hanya putaran dadu dan uang saja yang menjadi penentu kemenangan seseorang.

Keberuntungan dan kekuatan karakter dalam permainan ini juga memiliki pengaruh. Dengan mengusung sistem karakter dan kartu, pemain dapat cenderung menjadi lebih kuat dan lebih hebat. Grafis dan efek yang muncul dalam permainan ini pun cukup intens dan menarik. Sehingga tidak terasa monoton.

5. Angry Birds: Dice

Karakter dari Line dan karakter dari Disney telah dituangkan dalam game monopoli. Nah, selanjutnya ada juga karakter Angry Birds yang tidak mau kalah dalam bertarung dadu (dice). Memang permainan Angry Birds: Dice sebenarnya tidak seperti permainan monopoly seutuhnya.

Akan tetapi, game ponsel ini memiliki unsur monopoli di dalamnya dengan sedikit tambahan eksternal. Misalnya arena bermain yang tidak kotak seperti biasanya. Menguasai arena permainan dan lain sebagainya, akan sedikit berbeda. Tetapi tetap seru untuk dimainkan mengisi waktu luang.

Nah, demikianlah sekilas mengenai sejarah permainan monopoli dan konsep game monopoli dalam era digital. Semoga bermanfaat…!

Tinggalkan komentar