10 Profesi yang Diprediksi Hilang dalam 10 Tahun Mendatang

pekerjaan bank

Otomatisasi dan pengembangan teknologi akan memberi banyak perubahan dalam sektor pekerjaan dan bisnis. Perusahaan akan terus berupaya untuk merampingkan proses agar lebih efisien guna meningkatkan profit yang diperoleh. Peran-peran tertentu akan digantikan oleh mesin, robot dan sistem digital lainnya.

Diprediksi dalam satu dekade mendatang, beberapa sektor pekerjaan akan mulai berkurang karena kebutuhan konsumen mulai bergeser. Lalu, apa saja jenis profesi dan bidang bisnis yang akan tergerus dalam 10 tahun mendatang?

1. Bisnis Percetakan dan Penerbitan

Di Finder, kita memiliki kecenderungan untuk menghidupkan berbagai hal di Internet. Jika sesuatu tidak ada di Internet, maka itu tidak ada atau sulit dicari di dunia nyata. Era Internet ini sedang meledak. Akan ada titik di mana bisnis tidak bisa ada kecuali mereka sedang online dan konten fisik akan berhenti diproduksi.

Dalam 10 tahun ke depan, printer dan cetakan, konten yang dipublikasikan akan hilang dan mereka yang bekerja di bidang pencetakan kemungkinan akan kehilangan pekerjaan mereka. Saat ini saja, banyak media percetakan surat kabar dan majalah telah gulung tikar, atau beralih ke konten digital melalui internet.

2. Layanan Pelanggan

Kita telah melihat lonjakan besar pada orang yang berbelanja online. Tren ini akan cenderung naik. Karena semakin banyak orang terbiasa berbelanja online dan lebih sedikit mengunjungi toko fisik, kita akan melihat toko tutup dan lebih sedikit pekerjaan untuk pekerja layanan pelanggan ini.

3. Operator Titik Penjualan

Belanja online semakin populer saat ini. Mesin-mesin penjualan otomatis akan semakin canggih, misalnya ATM beras. Pergeseran ini ternyata lebih efisien dan jauh lebih hemat biaya untuk bisnis. Dalam 10 tahun ke depan, checkout tanpa kontak akan tersebar luas dan sebagian besar belanja akan online dan dikirimkan ke rumah Anda. Ini berarti bahwa operator titik penjualan tidak lagi diperlukan dan pekerjaan mereka sebagian besar akan hilang.

4. Teller Bank

Pembayaran non tunai semakin gencar dipromosikan saat ini. Pada tahun 2030, diperkirakan akan sedikit beredar mata uang fisik karena pembayaran tanpa kontak, aplikasi pembayaran baru, dan cryptocurrency akan digunakan untuk mentransfer kekayaan dan bertransaksi. Ini berarti tidak akan ada kebutuhan bagi teller bank untuk menghitung uang tunai fisik, karena kita tidak akan berjalan ke bank untuk menarik atau menyetor uang.

5. Pekerja Pembersih

Inovasi dalam kecerdasan buatan (AI) dan teknologi telah banyak dipakai di rumah-rumah sakit dalam ruang perawatan. Dan kita akan melihat lebih banyak otomatisasi yang akan menggantikan orang dalam pekerjaan sebagai housekeeper. Dalam satu dekade ke depan kita akan melihat perangkat robot yang akan bisa membersihkan daun di kolam dan memeriksa tingkat kimia pada air. Robot di rumah kita akan menjadi pembantu rumah tangga yang akan melakukan banyak pekerjaan.

Otomatisasi pembersihan bukan hal baru. Penyedot debu robot pertama dirilis pada tahun 1996 oleh Electrolux. Ada lebih banyak ruang untuk inovasi di sektor ini yang sebagian besar kurang berkembang. Begitu kita menemukan cara untuk membuat lebih banyak perangkat pembersih cerdas yang hemat biaya, kita akan melihat lebih sedikit kebutuhan akan tenaga pembersih yang dilakukan manusia.

6. Telemarketer

Cara-cara untuk menjangkau audiens terus berkembang hampir setiap hari ketika platform dan inovasi baru melihat kelompok-kelompok yang berbeda berkumpul dalam cara-cara baru. Dahulu, para pemasar akan datang dari satu pintu ke pintu yang lain untuk menawarkan produk yang dipasarkannya. Kemudian, berinovasi sebagai telemarketer dengan memanfaatkan saluran telepon. Dalam dekade berikutnya, peran ini akan sepenuhnya hilang dan digantikan oleh otomatisasi melalui pemberitahuan dan pesan push aplikasi.

7. Pustakawan

Teknologi menggantikan kebutuhan akan buku fisik. Saat ini, perpustakaan telah digantikan oleh aplikasi yang menampung lebih banyak buku daripada perpustakaan yang di sekolah dan kampus. Apakah akan ada kebutuhan untuk tenaga perpustakaan lagi? Mungkin mereka akan menjadi museum yang menyimpan buku seperti lemari besi sejarah. Dan pustakawan akan berevolusi menjadi guru penelitian digital yang membantu anak-anak kita menavigasi Internet.

8. Agen Perjalanan

Lima tahun lalu, ketika Anda ingin memesan liburan, Anda akan menghubungi agen perjalanan. Teknologi maju cepat ke hari ini dan inovasi telah menyebabkan persaingan dengan menghadirkan layanan yang lebih baik dalam penawaran dan cara yang lebih nyaman untuk memesan perjalanan online.

Di era ketika kita ingin dapat membuat pilihan sendiri, situs web perjalanan membiarkan kita melakukan itu, pada waktu yang sesuai dengan kita. Industri agen perjalanan menyusut dan seiring inovasi dan kompetisi terus meningkat, pekerjaan ini akan perlahan-lahan habis digantikan oleh aplikasi-aplikasi mobile.

9. Pekerja Pos

Berapa banyak surat yang kini Anda dapat melalui kantor pos? Pastinya, kita tidak mendapatkan kiriman banyak surat seperti dulu karena sebagian besar dari apa yang diposting sekarang dapat diemail, di-sms, dan berbagi kabar melalui media sosial. Ini akan berdampak serius pada pekerjaan pekerja pos yang menurun dan mungkin tidak akan ada dalam dekade berikutnya.

10. Asisten Administrasi

Inovasi AI (Artificial Intellegent) sedang terjadi di ruang bantuan pribadi, dengan bot sekarang dapat mengirim email dan menjadwalkan pertemuan, dan secara otomatis menyalin rekaman. Ini hanya awal bagaimana AI akan membantu kita dan itu bisa sampai pada titik di mana teknologi tersebut bisa menggantikan asisten pribadi.

***

Pasar sedang berubah. Kebutuhan konsumen juga berubah. Untuk menyesuaikan dengan perubahan permintaan, pekerjaan harus berkembang. Sementara banyak pekerjaan akan hilang pada tahun 2030, akan ada pertumbuhan di sektor-sektor baru seperti analisis data, AI dan robotika. Banyak peran tradisional akan didigitalisasi dan dikelola oleh komputer. Pada saat yang sama, kita akan membutuhkan seseorang di belakang komputer untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Sifat pekerja yang berubah akan menuntut kita untuk gesit dan terus-menerus mempelajari keterampilan baru.