15 Merk Raket Badminton Terbaik, Ini Cara Memilihnya

Apa merk raket badminton terbaik tahun ini? Bagaimana cara memilih raket bulu tangkis yang sesuai dengan kemampuan pukulan tangan kita? Raket badminton buatan Yonex, Li-Ning, Gosen, Apacs, dan ProAce merupakan beberapa merk raket bulu tangkis yang sangat populer di dunia. Bagi anda yang baru belajar bermain bulu tangkis, memilih raket yang mahal atau dengan teknologi terbaru tidak akan menjamin anda menjadi pemain yang hebat dan bisa menang dengan mudah.

Sering kali raket dengan harga mahal belum tentu cocok dengan kekuatan tangan dan gaya permainan anda. Terkadang raket dengan teknologi terbaru yang ada di pasaran ternyata tidak selaras dengan kecepatan ayunan tangan anda. Hal ini membuat fungsionalitas yang ditawarkan raket tersebut tak menjadi optimal dengan diri anda.

Pada artikel ini, akan dipaparkan sejumlah merek raket badminton yang diklaim sebagai produk-produk raket terbaik untuk bermain bulu tangkis.*

Memilih Raket Badminton yang Bagus

Dalam memilih raket badminton terbaik dan paling cocok dengan kondisi seorang pemain, ada beberapa faktor yang diperhatikan, misalnya gaya permainan dan spesifikasi raket. Gaya permainan seseorang dalam badminton dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yakni:

  • Menyerang (Offensive) atau smash kuat, raket yang dipilih adalah jenis 3U atau 2U dengan balance point 285-300 (head heavy) dan fleksibiliti raket extra stiff atau stiff.
  • Bertahan (Defensive) dan control, raket yang digunakan jenis 4U atau 3U dengan balance point 270-285 (head light) dan fleksibilitas raket madium atau flexcible.
  • Seimbang (Defensive & Offensive) dapat memilih raket jenis 3U, balance point 275-285 (netral) dan fleksibilitas medium flex.

Sementara itu, spesifikasi raket badminton yang tersedia di pasaran dan menjadi standar internasional dapat diuraikan berikut ini:

  • Tingkat fleksibilitas raket:
    Ekstra Stiff (kaku), Stiff, Medium, Extra Flexible & Flexible
  • Pilihan berat raket:
    2U (90-94gr); 3U (85-89gr); 4U (80-84gr)
  • Pilihan ukuran grip:
    G2 (4″); G3 (3,75″); G4 (3,5″); G5 (3,35″)
  • Titik keseimbangan raket:
    270-280 (Head Light-Defensive)
    275-285 (Netral-All Round)
    285-295 (Kepala Heavy-Serangan)
    295-300 (Ekstra Kepala Heavy-Serangan)
  • Bentuk-bentuk raket:
    Conventional (oval biasa)
    Isometric (oval dengan bagian atas mendatar)
  • Ukuran panjang raket:
    26″- Standard
    26,5″ – Long
  • Bahan utama: Aluminium, Modulus Graphite, Super Hi Modulus Graphite, Ultra Hi Modulus Graphite, Nano Carbon, Woven Kevlar, Titanium Composite, Ultra Titanium, G Angkatan Ti, ultimum Ti.

Memilih Raket Badminton untuk Pemula

Bila anda baru pertama kali menggeluti hobi olahraga bulu tangkis dan ingin membeli sebuah raket bagus, maka hal yang paling utama dipertimbangkan adalah faktor balanced (keseimbangan). Berikut adalah ciri-ciri raket yang perlu pertimbangkan untuk pemula:

Material: Hanya raket carbon/graphite
Bentuk frame: Isometric
Berat: Medium (85g-89g)
Balance point: Balanced (275-285mm)
Size grip: G4
Stiffness: Medium stiff
Ketegangan tali: 25 lbs dan ke atas

Nah, setelah mengetahui informasi di atas, anda bisa mencari produk-produk raket yang memiliki spesifikasi yang sama. Mungkin anda juga perlu mempertimbangkan pilihan merek, desain, kombinasi warna, dan tentunya harga. Tak ada salahnya meminta nasihat dari penjual atau orang-orang yang telah senior bermain bulu tangkis.

Untuk kali pertama, coba pasang tali pada ketegangan yang biasa antara 23-24 lbs. Ini adalah rentang ketegangan medium yang biasanya digunakan oleh pemain-pemain badminton biasa. Setelah terbiasa bermain, anda boleh meningkat / menurunkan ketegangan tali senarnya mengikut skill, kekuatan dan corak permainan anda. Semakin lama anda bermain, anda akan menyadari ukuran atau spesifikasi raket yang sesuai dengan anda.

Merek Raket Badminton Terbaik dan Paling Bagus

Jika anda merupakan sosok yang sudah mahir dalam permainan bulu tangkis dan membutuhkan jenis raket yang bagus, maka bisa memilih dari daftar berikut ini.

1. Yonex

Yonex merupakan salah satu merk raket badminton terbaik yang telah mendunia. Perusahaan ini merupakan produsen peralatan badminton dan tennis yang paling populer di berbagai negara di dunia. Bahkan, brand ini pernah mensponsori berbagai kompetisi bulu tangkis kelas international, sebut saja diantaranya All England Badminton Championship.

Yonex juga telah lama menjadi partner resmi bagi Badminton World Federation. Maka tak heran jika hampir sebagian besar atlet bulu tangkis kelas dunia menggunakan raket merk Yonex. Perusahaan yang bermarkas di Tokyo ini telah menghadirkan beberapa varian raket yang cukup laku di pasaran, antara lain Yonex Muscle Power, Yonex Arcsaber FB, Yonex Nanoray 80, dan yang termahal adalah Yonex Voltrix Z Force.

2. Pro Ace

Selain Yonex, merek raket badminton kelas menengah yang juga populer dan banyak dipakai di Indonesia ada Pro Ace. Harga raket yang ditawarkan oleh Pro Ace mungkin tidak semahal raket buatan Yonex. Namun itu bukan berarti kualitas dan performanya tidak sebanding. Raket Pro Ace ini memang boleh diadu dengan berbagai merk raket kelas dunia lainnya.

Seperti brand lainnya, merek raket yang bermarkas di Inggris ini juga memproduksi beberapa varian raket. Raket besutan Pro Ace sangat sesuai untuk para pemain pemula dan juga pemain bulu tangkis profesional, baik untuk kebutuhan latihan ataupun saat dipakai dalam turnamen.

3. Wilson

Serve, Smash, Repeat. Badminton gear that gets it done. Demikianlah slogan yang dipakai oleh Wilson, sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat olahraga, terutama bidang baseball, basketball, football, golf, tennis, volleyball, dan tentunya badminton. Perusahaan yang berasal dari Chicago, Amerika Serikat ini berhasil menjadi salah satu yang utama dalam pasar alat-alat olahraga di seluruh dunia.

Wilson merilis berbagai varian raket badminton dengan berat dan harga yang berbeda-beda. Berat dari raket tersebut tentu bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kenyamanan penggunanya. Salah satu varian raket bulu tangkis yang terlaris dan terbaik dari Wilson adalah Wave BLX. Beberapa atlet bulu tangkis juga menggunakan Wilson Wave BLX ini saat pertandingan. Di tahun ini ada varian produk raket badminton seri Zone X50 Badminton Racquet dengan harga sekitar 20 dolar atau 280.000 rupiah.

4. Li Ning

Sebagai salah satu negara yang sering merebut piala dunia dalam olahraga bulu tangkis, tentu Cina juga memiliki perusahaan besar yang memproduksi raket badminton. Li Ning adalah merk raket bulu tangkis terbaik yang berasal dari negeri tirai bambu. Brand ini telah menjadi distributor utama yang menyediakan raket-raket berkualitas untuk pemain bulu tangkis yang berasal dari Cina. Bahkan, atlet bulu tangkis sekelas Chen Long, peraih 8 emas, pernah menggunakan raket Li Ning saat mengikuti kompetisi dunia.

Oleh karena itu, nama besar dan popularitas Li Ning memang sangat setara dengan kualitas yang diberikan. Tidak hanya bisa dipakai oleh pemain profesional saja, para pemula juga dapat menggunakan raket Li Ning ini. Beberapa raket badminton terbaik yang diproduksi oleh Li Ning antara lain: Li-ning Woods N80, Li-ning Flame N50 II, Li-ning HC1100A, dan Li-ning UC3500.

5. Adidas

Mungkin sebagian orang mengenal brand Adidas ini sebagai merk sepatu yang terpopuler di dunia. Namun, rasanya masih jarang orang yang tahu bahwa Adidas juga turut memproduksi dan memasarkan raket bulu tangkis, termasuk kaos bajunya. Nampaknya, brand yang lahir di Jerman ini memang tidak mau ketinggalan dengan kompetitor lainnya dan mulai memproduksi raket badminton terbaik.

Kualitas yang ditawarkan Adidas tentu tidak perlu diragukan lagi. Maka tak heran jika raket dari Adidas ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal dan tergolong tinggi. Raket dari Adidas ini dapat digunakan oleh pemain tingkat lanjut atau para atlet bulu tangkis profesional.

6. Karakal

Merek Karakal berasal dari Belgia yang dibangun pada tahun 1978 dan merupakan milik SPGS Dendermonde Belgia. Merek yang diambil dalam bahasa Turki ini digunakan pada sepatu, raket dan pakaian olahraga. Hingga saat ini, semua produk olahraga dari Karakal sudah menyebar dan dipasarkan di lebih dari 40 negara. Kualitas raket yang diproduksi oleh Karakal memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Karakal dianggap sebagai salah satu brand yang pantas masuk ke dalam jajaran raket badminton terbaik karena pernah memproduksi raket yang dapat memperkuat tim ganda saat pertandingan bulu tangkis dunia. Raket yang dapat memperkuat performa pasangan ganda tersebut adalah Karakal BN60 Ultralite.

7. Ashaway

Jika anda ingin mendapatkan raket terbaik kualitas standar Amerika, mungkin anda patut pertimbangkan merk Ashaway. Bran ini dikenal sebagai salah satu produsen kelas dunia terbaik dengan teknologi String. Ashaway adalah satu-satunya produsen raket String di Amerika Serikat. Goode Sport di Inggris memasok Ashaway berbagai macam raket badminton. Mereka memproduksi beragam seri produk raket yang bagus untuk smashing dan raket terbaik untuk power.

Ashaway juga memproduksi berbagai macam shuttles, sepatu, luggage, grip, pakaian dan string. Beberapa seri raket badminton terbaik yang diproduksi oleh Ashaway, antara lain: Ashaway Viper XT900; Ashaway Kevlar 8000 SQ; Ashaway Superlight 99SQ; Ashaway Nano Dynamic 130; Ashaway K 7000SQ; Ashaway RepulsorTec 950; dan Ashaway Ti130

8. Monsoon

Merek raket badminton yang juga banyak direkomendasikan oleh para pemain bulu tangkis adalah Monsoon. Raket badminton buatan Monsoon ini terkenal sebaai yang terbaik untuk smash dengan power yang kuat. Jika Anda termasuk tipe pemain menyerang dengan selalu melakukan smash dengan power penuh, maka Anda membutuhkan raket dari Monsoon. Brand yang cukup populer di Inggris adalah perusahaan yang menyediakan berbagai peralatan dan perlengkapan bulu tangkis, mulai dari raket, grip, jaring, luggage, dan pakaian.

Monsoon tidak hanya memproduksi raket untuk para profesional saja, anda yang masih sebagai pemula juga dapat memilih aneka raket terbaik. Salah satu raket yang terkenal adalah Monsoon 24/7 N4 Reaction, dimana raket ini biasanya digunakan oleh para atlet dan profesional yang selalu menghasilkan smash bertenaga besar dan tajam.

9. Carlton

Berikutnya, ada sebuah merk raket bulu tangkis terbaik yang sudah berdiri sejak tahun 2009. Carlton adalah brand yang memproduksi shuttlecock dan raket yang cukup terkenal di berbagai negara. Merek ini juga menjual sepatu olahraga. Sebagian besar produk raket yang dikeluarkan oleh Carlton mengusung bahan material logam yang kuat dan ringan. Carlton juga menjadi brand pertama yang mengadopsi penggunaan stainless steel sebagai bahan pembuatan raket. Harga raket badminton yang ditawarkan Carlton mulai dari 4 Uero hingga di atas 30 Uero.

10. Forza

Di negara Denmark yang merupakan salah satu kekuatan bulu tangkis dunia, merek raket badminton yang cukup populer adalah Forza. Perusahaan ini kini juga dipandang sebagai salah satu merek terbaik di pasaran, terutama Inggris. Sejumlah pemain top Inggris, seperti Chris Coles dan Sara Milne telah sering menggunakan peralatan Forza ini dalam berbagai ajang internasional. Di sana Forza juga menjadi perusahaan yang ikut memberikan dukungan dan sponsorship untuk para pemain junior.

Jika Anda sedang mencari raket bulutangkis ringan nan berkualitas, Anda dapat membeli “N-Forze 3000 X-treme light”, yang merupakan pilihan yang baik. Dua seri raket badminton terbaik dari forza antara lain: Forza Kevlar CNT-X Power10000 dan Forza N-Forze 3000 X-treme Light.

11. Yehlex

Pilihan lainnya untuk mendapatkan raket badminton terbaik adalah Yehlex. Merek yang diambil dari nama YEH Family ini selalu memproduksi raket badminton berkualitas tinggi yang sangat ajin untuk menunjang aktivitas permainan bulu tangkis Anda. Dibuat dengan mutu tinggi, Yehlex selalu melengkapi semua raket produksinya dengan teknologi khusus. Hal ini yang memungkinkan raket buatan Yehlex dapat mengayun dengan sangat baik sekaligus menawarkan defensif yang bagus.

Hal lain yang menjadi nilai plus dari raket Yehlex adalah harganya yang cukup terjangkau. Yehlex (UK) didirikan pada tahun 1985 oleh pemiliknya sekarang, Ian Little.

12. Victor

Victor artinya kemenangan. Perusahaan yang memproduksi beragam kebutuhan sport ini sengaja mengambil nama itu sebagai harapan untuk kemenangan bagi para penggunanya. Ada beragam peralatan dan perlengkapan olahraga yang diproduksi oleh merek yang dibuat tahun 1968 lalu, mulai dari sportwear, tas, squashracket, sepatu, dan yang utama adalah raket badminton.

Raket merk Victor ini pernah menjadikan Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir sebagai brand ambassador mereka. Ketika pasangan Indonesia itu menjadi pemenang di kompetisi All England dan berbagai kompetisi bertaraf internasional lainnya, merk raket Victor ini akhirnya semakin meroket. Bahkan, tim bulu tangkis asal Korea Selatan juga bertanding dengan menggunakan raket Victor ini.

Di tahun 2016 ini, brand Victor bekerjasama dengan Lee Yong Dae dan Yoo Yeon Seong (pemenang 6 superseries) sebagai ambasadornya. Raket-raket yang diproduksi oleh Victor ini sejatinya dirancang khusus untuk pemain bulu tangkis yang bertugas menyerang. Beberapa raket badminton terbaik yang diproduksi oleh victor: Victor Thruster TK8000; Victor Meteor MXJJS; Victor Brave Sword 12; dan Victor Light Fighter 7400.

13. Fleet

Jika anda ingin membeli raket dengan harga terjangkau tapi berkualitas, maka bisa memilih raket Fleet. Ini adalah produsen kelas dunia produk bulu tangkis yang berkantor pusat di Malaysia. Fleet merupakan produsen inovatif karena yang pertama menghasilkan 88 single pass grommet berlubang raket karbon ringan. Raket mereka didistribusikan di seluruh Inggris oleh Yehlex. Berikut Ini adalah 2 raket berkualitas dari Fleet adalah Fleet Top PowerTi30 dan Fleet Woven 8000.

14. Gosen

Jika anda ingin memiliki raket bulu tangkis dengan teknologi buatan Jepang, maka pilihannya raket Gosen. Salah satu seri produk raket Gosen yang cukup populer di Indonesia adalah Gosen Carbonal Chrome 55. Bagi anda yang merasa suka melakukan permainan tipe menyerang, maka raket yang satu ini sangat tepat untuk gaya permainan anda. Gosen Carbonal Chrome 55 didesain dengan konsep yang menarik dan keren.

Tidak hanya itu, raket ini sangat cocok bagi setiap orang yang bertipe penyerang kala berada didalam lapangan. Berkat raket yang didesain agak berat maka, raket ini cocok bagi untuk melakukan smash dan serangan tajam. Harga raket badminton ini dibanderol dengan harga Rp. 300.000.

15. Toalson

Toalson juga merupakan perusahaan asal negeri Sakura yang memproduksi berbagai peralatan olahraga, mulai dari tennis, badminton, hingga squash. Bagi anda yang ingin mencari raket bulu tangkis dengan berat yang ringan maka raket Toalson, terutama seri Ridge Power 87 menjadi salah satu pilihan yang tepat. Raket ini terbuat dari aluminium, sehingga raket ini cukup ringan dan tentunya cocok untuk berbagai macam tipe penyerangan.

Selain itu, kelenturan raket ini disetting dengan sangat baik serta desain yang simple menjadikan produk raket ini terlihat sangat keren. Untuk harga raket badminton ini, raket ini dibanderol dengan kisaran harga Rp. 450.000.

Nah, demikianlah sederet produk raket badminton terbaik yang bisa menjadi pilihan bagus di tahun ini. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa dalam pemilihan raket terbaik, selain harga, yang patut juga dipertimbangkan adalah gaya permainan dan daya atau kekuatan tangan anda.

Beberapa pemain merasa lebih cocok memakai raket yang ringan, sebagian lainnya merasa stabil dengan raket yang agak berat. Jadi, sebelum memutuskan membeli raket mahal dengan kualitas bagus, ada baiknya anda mencoba gaya permainan anda. Salam olahraga..!!

Tinggalkan komentar