50 Rangkaian Nama Bayi Laki Laki dan Perempuan Tercantik 2021

Bingung menentukan nama bayi yang cocok untuk putra/putri anda? Apakah anda ingin memberi nama yang populer di tahun ini?

Menjelang proses persalinan, sebagai orang tua tentu harus menyiapkan berbagai keperluan, salah satunya adalah pemilihan dan penentuan nama si adik bayi yang akan lahir. Memilih nama untuk si adik bayi memang gampang-gampang susah. Setidaknya nama yang akan diberikan terdengar indah dan memiliki makna tersendiri. Harapannya adalah agar kelak si anak bisa tumbuh dewasa dan menjadi sosok yang sesuai dengan arti nama yang disematkan.

Dalam artikel ini, akan disajikan daftar nama-nama bayi laki-laki dan perempuan yang paling populer di seluruh dunia, lengkap dengan sejarah asal-usulnya dan arti yang terkandung di dalamnya. Selain itu, anda juga akan membaca deretan nama bayi yang diprediksi paling banyak akan digunakan oleh masyarakat dunia pada tahun ini. Sebagai informasi penutup, kami juga paparkan sejumlah nama-nama bagus tapi sayangnya dilarang digunakan di negara-negara tertentu.

Rangkaian Nama Bayi Laki-laki dan Artinya

Asher

Asher memiliki arti “happy” atau terberkati dalam bahasa Ibrani (Yahudi). Nama ini tertuang dalam Kitab Kejadian. Menurut situs Behind The Name, Asher adalah salah satu putra Yakub dan nenek moyang alah satu dari 12 suku bangsa Israel.

Barney

Barney adalah seorang Bernard (yang sangat lucu), yang menggabungkan unsur – unsur Jerman dari kata-kata “beruang” (bear) dan “berani” (brave) atau “keras kepala” (hardy). Ini nama yang sempurna untuk anak laki-laki yang imut dan lincah.

Ravi

Ravi adalah kata Sanskerta untuk “matahari” – pilihan tepat bagi si kecil yang akan menerangi dunia Anda.

Theodore

Berasal dari nama bahasa Yunani yakni Theodoros, yang berarti “pemberian Tuhan”, nama Theodore adalah nama umum di antara orang-orang kudus Yunani. Dan tokoh yang terkenal menggunakan nama ini adalah presiden ke-26 Amerika Serikat, Theodore Roosevelt.

Rehan

Nama yang cukup mudah diucapkan, dan populer digunakan oleh umat Muslim di beberapa negara. Dengan kandungan makna “tanaman yang wangi”, tentu anda berharap kehadiran putra anda akan menghadirkan keindahan untuk anda sekeluarga dan lingkungannya.

Ryan

Ryan kemungkinan besar berarti “raja kecil,” menurut Behind The Name pada awalnya berasal dari nama keluarga Irlandia “O Riain.”

Jasper

Situs Behind The Name menjelaskan bahwa kata Japser berarti “bendahara” dalam bahasa Persia. Menurut tradisi Kristen, Jasper juga merupakan nama salah satu orang bijak yang mengunjungi bayi Yesus di palungan.

John

Banyak tokoh terkenal yang memiliki nama depan john, seperti John F. Kennedy, John Lennon, John Adams, dan John Locke. Nama John diambil dari kata Yohanes yang berasal dari nama Ibrani Yochanan, yang berarti “Yahweh itu murah hati”.

Leonardo

Bentuk Leonard dari Italia, Spanyol, dan Portugis berasal dari bahasa Jerman yang berarti “singa pemberani”. Jika Anda mencari moniker duniawi (atau yang mengingatkan Anda pada aktor favorit Anda), maka inilah dia.

Conrad

Ini adalah salah satu nama populer yang disandang raja abad pertengahan di Jerman, Conrad berasal dari kata-kata Jermanik yang bermakna “berani” dan “nasihat”. Itu juga kadang-kadang digunakan pada Abad Pertengahan di Inggris. Jika Anda mencari sesuatu yang unik, maka nama Conrad menjadi sejarah yang menarik untuk dihadirkan kembali di era ini.

Paul

Paulus berarti “kecil” atau ” rendah hati ” dalam bahasa Latin, yang membuatnya sangat sesuai jika Anda berharap memiliki anak yang gentleman tetapi tidak sombong.

Aryan

Dalam situs Hamariweb, nama untuk bayi cowok ini termasuk yang populer bagi umat Islam. Aryan memiliki arti “kekuatan yang melampaui siapa pun”. Jadi sangat pas jika anda berharap agar putra anda tumbuh dengan kuat dan tangguh.

Richard

Jangan takut, Richard ada di sini! Nama ini berarti “kekuatan berani” dan disandang oleh tiga raja Inggris yang terkenal, termasuk Richard I yang dikenal sebagai The Lionheart.

Jesse

Apakah anda ingin mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran putra anda melalui sebuah nama? Jika ya, mungkin nama Jesse menjadi pilihan menarik. Jesse kemungkinan besar berarti “hadiah” dan berasal dari kata Yishay dalam bahasa Ibrani.

Ray

Kata Ray dalam bahasa Inggris bermakna seberkas cahaya. Sementara nama ini sebenarnya berasal dari kata Raymond yang bermakna “nasihat” atau “pelindung”. Dengan tidak hanya satu, tapi dua arti nama yang dalam, orang ini akan banyak berpikir “out the box”.

Felix

Jika Anda memenangkan jackpot saat kelahiran si kecil, atau keberuntungan datang bertubi-tubi seolah-olah merupakan bawaan si bayi, maka pertimbangkanlah nama Felix. Nama itu berarti “beruntung atau sukses” dalam bahasa Latin dan telah menjadi nama populer di Eropa sejak Abad Pertengahan.

Augustus

Pilihan yang sangat baik untuk calon pemimpin masa depan, Augustus berarti “hebat” atau “terhormat,” dan merupakan nama kaisar Romawi yang pertama. Tapi yang terbaik adalah, bahwa nama ini memiliki nickname “Gus” yang bermakna bagus.

William

Jika anda melihat sinar mata baby anda penuh semangat, maka nama William akan menjadi pilihan yang tepat. Nama ini berarti “kehendak atau keinginan” dan juga “perlindungan” dalam bahasa Jerman.

Timotius

Timotius adalah bentuk bahasa Inggris dari nama Yunani Timotheos , yang berarti “menghormati Tuhan.” Ini juga nama Santo Timotius, seorang leluhur Yahudi dan Yunani, yang bepergian bersama Paul dalam Perjanjian Baru.

Robert

Robert bermakna “ketenaran yang cemerlang”. Aktor populer seperti Robert Downey Jr. dan Robert De Niro adalah bukti bahwa mungkin nama ini memang memiliki suatu anugerah tersembunyi dalam takdirnya.

Ishak

Dalam bahasa Ibrani, kata Ishak berarti “dia akan tertawa” atau “dia akan bersukacita”. Dengan pesan positif di balik monikernya, Anda pasti akan memiliki seorang bayi yang ceria dan bahagia di pelukan Anda.

Jason

Jika anda bekerja di bidang kesehatan atau bila anda berharap agar bayi anda kelak menjadi seorang dokter, maka nama Jason adalah pilihan yang tepat. Dalam bahasa Yunani, Jason berarti “menyembuhkan”.

Rangkaian Nama Bayi Perempuan Terpopuler dan Artinya

Ellie

Ellie adalah panggilan manis untuk Ellen, yang mana merupakan versi bahasa Inggris dari nama Yunani, Helen. Menurut situs Behind The Name, “Helen” berarti “obor,” tapi mungkin juga terkait dengan kata Yunani yang bermakna bulan. Situs Nameberry menerjemahkan Ellen dan Helen sebagai “cahaya bersinar terang.”

Rihanna

Untuk cewek yang ramah dan periang, nama Rihanna dalam bahasa Arab berarti “kemangi manis”. Varian lain dari nama ini adalah Rayhana, yang juga merupakan nama salah satu istri Baginda Muhammad, nabi umat Islam.

Gwyneth

Menurut situs Nameberry, moniker Welsh berarti “diberkati” atau “bahagia.” Nama yang tepat untuk menggambarkan bagaimana perasaan Anda setelah bayi cewek Anda lahir.

Shazia

Arti nama Shazia seperti dikutip dari hamariweb.com adalah “eksotik”. Nama bayi perempuan ini merupakan salah satu nama terpopuler bagi umat Islam. Versi lainnya adalah Shahla, Shahina, dan Sheila.

Hannah

Hannah adalah bahasa Ibrani yang bermakna “mendukung” atau “anugerah Tuhan”. Menurut BabyCenter, versi Yunani dan Latin dari nama ini adalah Anna.

Cora

Versi bahasa Yunani adalah “Kore” yang disederhanakan, nama Cora berarti “gadis”. Nameberry menunjukkan bahwa Cora adalah nama lain untuk dewi musim semi Yunani, Persephone.

Alessia

Jika anda senang dengan tokoh-tokoh wonder woman, maka pilihan nama Alessia adalah yang paling cocok. Alessia, seorang Alexis asal Italia yang juga bermakna “sang penolong” atau “defender”.

Faye

Nama mistik ini berasal dari kata bahasa Inggris Tengah yang bermakna “peri”. Nama unik yang akan menggambarkan kecantikan putri anda.

Sadie

Menurut situs BabyCenter, Sadie merupakan nama kecil untuk Sarah yang berarti “putri”. Jika dia satu-satunya cewek dalam keluarga anda, maka nama ini pasti pemenangnya.

Haniya

Kelahiran bayi perempuan anda mungkin sangat menghadirkan kedamaian. Jika demikian, bila anda seorang Muslim, maka nama Haniya adalah pilihan yang tepat karena artinya “tempat yang damai” atau “menggembirakan”.

Zoe

Dalam memilih nama yang tak pasaran, ini tentu akan jauh lebih menyenangkan memilih nama Zoe karena bermakna “kehidupan” dalam bahasa Yunani.

Ruth

Nama yang bagus untuk baby perempuan anda karena Ruth berarti “teman yang penyayang”.

Gabriella

Nama cantik ini berarti “Tuhan adalah kekuatan saya” dan versi yang lebih feminim di Italia adalah Gabriel. Dalam teks Islam, Yahudi, dan Kristen, Gabriel adalah nama seorang malaikat yang bekerja sebagai salah satu utusan Allah, mendikte Al Qur’an kepada Muhammad, berbicara dengan nabi Daniel di dalam Taurat, dan mengumumkan kelahiran Yesus di dalam Perjanjian Baru.

Mia

Bagi anda yang telah lama mengidam-idamkan seorang anak perempuan, dan baru tercapai di tahun ini, maka nama Mia adalah pilihan yang bagus. Mia adalah panggilan modern dari nama Maria dalam bahasa Latin. Nama ini mengandung makna “milikku” atau “berharap untuk anak”.

Alexandra

Apakah anda berharap putri anda akan tumbuh dan membawa perubahan? Alexandra adalah nama yang tepat. Nama feminim dari Alexander ini mengandung makna “pembela manusia”. Dalam mitologi Yunani, Alexandra juga merupakan nama panggilan untuk Hera dan nama lain untuk sang nabi Cassandra.

Frances

Frances memiliki asal-usul yang sangat rendah hati – bentuk maskulinnya, Francis, berasal dari istilah Latin yang berarti “orang Prancis”. Selain itu, Fransiskus juga kebetulan merupakan nama salah satu orang suci Kristen yang paling terkenal, Santo Fransiskus, yang mengabdikan hidupnya untuk melayani orang-orang miskin.

Beatrice

Beatrice adalah versi Beatrix yang populer di abad ke-19. Ini adalah sebuah nama yang akar bahasa Latinnya diterjemahkan secara sederhana menjadi “pembawa sukacita”.

Ariel

Meskipun Anda mungkin memikirkan seorang putri cantik berambut merah, BabyCenter mengatakan bahwa nama unisex ini berarti “singa Tuhan”. Cukup garang, bukan?

Constance

Constance berasal dari bahasa Latin, Kontans, yang memiliki makna “tabah” atau “teguh”.

Audrey

Audrey berasal dari kata Inggris Kuno, yang diterjemahkan menjadi “mulia” dan “kekuatan”. Ini adalah pilihan tepat jika Anda ingin putri Anda tumbuh menjadi pribadi yang elegan dan kuat, seperti salah satu Audreys paling terkenal di dunia.

Moriah

Nama Ibrani ini juga merupakan tempat Abraham pergi untuk mengorbankan Ishak dalam Perjanjian Lama. Menurut situs Behind The Name, Moriah berarti “Dilihat oleh Yahweh”, sementara situs Nameberry mengatakan bahwa nama ini diterjemahkan menjadi “Tuhan adalah guruku”.

Abigail

Menurut situs Nameberry, nama cantik ini berarti “ayahku menyenangkan”. Sesuatu mengatakan itu mungkin akan sangat akurat, terutama setelah Abigail kecil tumbuh besar.

Daftar Nama Bayi yang Ngetrend di Tahun Lalu

Situs web Babygaga melakukan pengumpulan data nama bayi dari beberapa tahun terakhir untuk menganalisis mana yang sedang naik daun. Pengolahan data yang mereka lakukan telah menghasilkan data berupa 20 nama bayi anak laki – laki dan perempuan yang kemungkinan paling populer dan banyak dipakai untuk bayi yang baru lahir tahun lalu.

COWOKCEWEK
FinnEmma
JackCharlotte
AtticusSadie
Oliver Violet
TheodoreKennedy
ReubanSavannah
DylanPenelope
CorinVictoria
AdamEllie
AlexanderHazel
DanielNatalie
Christopher Luna
Brandon Rylie
Logan Aurora
Yusuf Scarlett
Hunter Nora
Lucas Zoe
Kai Amelia
Jasper Harper
Ishak Stela

Daftar Nama Bayi yang Dilarang Digunakan di Sejumlah Negara

Nama Charlotte mungkin cocok untuk seorang bayi perempuan, tapi moniker atau nama panggilan yang terdengar indah ini tidak diterima untuk dipakai di Portugal. Sebenarnya, negara Portugal secara khusus melarang orang tua untuk menggunaannya, termasuk juga nama lain seperti Emily, William dan Michael.

Negara tersebut tidak sendirian, ada Denmark, Islandia, Hungaria, dan Arab Saudi yang juga memberlakukan konvensi penamaan tertentu. Di negara Jerman menolak pencatatan nama bayi yang bernama Matti, Adolph Hiter, dan Osama bin Laden. Jika anda mengajukan nama tersebut untuk pencatatan akte kelahiran, maka permohonan anda akan ditolak pihak berwenang.

Latar belakang sejarah, kemiripan ucapan dengan kata tertentu, atau memiliki makna buruk dalam bahasa setempat adalah beberapa alasan yang membuat beberapa nama ditolak untuk digunakan pada bayi yang baru lahir. Mari kita lihat deretan nama yang terlarang digunakan di negara-negara tertentu.

1. Catherine

Nama ini terdengar sangat cantik, tapi dilarang digunakan untuk penamaan bayi di Portugal. Tapi nama “Caterina” diizinkan. Pemerintah setempat telah merilis 83 halaman daftar nama-nama yang disetujui dan tidak disetujui. Nama yang juga terlarang adalah George, Thomas, dan Tom.

2. Linda dan Maya

Pada 2014, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengeluarkan daftar 51 nama terlarang yang dilaporkan tidak sesuai dengan “tradisi sosial”. Hal ini karena sebagian besar pilihan tampaknya memiliki konotasi religius, termasuk juga nama Linda dan Maya.

3. Petrus

Denmark adalah negara lain yang juga memiliki register khusus. Negara ini lebih menyukai moniker yang sesuai dengan bahasa dan budaya mereka. Jadi para ekspatriat mungkin kurang beruntung jika mereka berharap bisa memberi nama keluarga “Petrus” kepada anak-anak mereka.

4. Sarah dan Harriet

Sebuah komite penamaan khusus dibentuk di Islandia untuk menentukan pengenalan nama baru yang diberikan ke dalam budaya Islandia. Nama Sarah tidak masuk dalam daftar resmi, tapi orang tua bisa mengisi formulir khusus dan mengajukan permohonan agar diizinkan untuk menggunakan nama Sarah. Demikian juga dengan nama Harriet.

5. John dan Stephen

John adalah nama anak laki-laki yang paling populer dalam 500 tahun terakhir di Amerika Serikat, namun Denmark menghilangkannya dari daftar resminya. Hungaria juga mengelola daftar nama yang disetujui yang mematuhi bahasa ibunya. Nama Stefán mendapat persetujuan, sedangkan versi ejaan bahasa Inggris -Stephen- terlarang digunakan.

Nah, demikianlah deretan nama bayi yang tak boleh dipakai di negara tertentu. Di beberapa negara bagian Amerika Serikat juga memberlakukan aturan registrasi nama. Nama-nama seperti Duke, Judge, King, Master, Queen, dan Majesty terlarang untuk warga setempat. Di Australia, bayi baru lahir tak boleh diberi nama Lol, Batman, Ikea, dan Ranga.

Tinggalkan komentar