10 Rumah Barbie dengan Desain Cantik, Masa ke Masa

Setiap periode tertentu, produsen boneka Barbie meluncurkan seri produk terbarunya, termasuk aksesori berupa rumah Barbie. Seperti apakah gambaran desain rumah boneka tersebut? Boneka Barbie merupakan produk mainan untuk anak-anak perempuan yang paling populer di dunia. Boneka yang diproduksi oleh Mattel ini pertama kali diperkenalkan pada 9 Maret 1959 di acara American International Toy Fair.

Barbie termasuk boneka yang disertai dengan aksesori lengkap, mulai dari pakaian, sepatu, dan tas yang sering dijual terpisah, termasuk juga rumah barbie. Aksesori boneka Barbie yang berupa rumah mainan mulai diperkenalkan tahun 1962 dengan konsep mulai dari smart studio hingga berupa mansion mewah.

Sejak beberapa dekade terakhir, rumah boneka Barbie didesain dengan gaya modern, glamor, dan terus berusaha melengkapinya dengan teknologi peralatan rumah tangga model terbaru. Hal inilah yang membuat boneka Barbie semakin populer sebagai mainan yang menyenangkan bagi anak-anak perempuan.

Nah, seperti apakah bentuk desain rumah barbie dari model yang pertama hingga tahun ini? Yuk kita intip bersama!!!

Rumah Barbie di Era Tahun 1962

Pertama kali konsep rumah Barbie pada awalnya memakai warna merah jambu. Warna itu kini yang menjadi identik dengan Barbie. Rumah Barbie tersebut awalnya dibuat berupa rumah-rumahan bertipe studio dari kertas karton. Desain aslinya terinspirasi gaya Mad Men, hal itu juga terlihat dari furniture minimalis (yang juga dari karton) serta warna alami.

Rumah Barbie di Era Tahun 1974

Tiap tahun, pihak produsen mainan ini selalu membuat aksesoris – aksesoris mainan terbaru, demikian juga konsep rumah Barbie di era tahun 70-an. Barbie mulai berpindah ke rumah yang memiliki tiga lantai dan bahkan memiliki elevator pribadi berwarna kuning. Mode rumah Barbie di zaman ini memang lebih menonjolkan dekorasi yang memamerkan lebih banyak warna, menarik dan girlie.

Rumah Barbie di Era Tahun 1979

Di akhir era 70-an, rumah baru Barbie diperkenalkan dengan konsep menarik dengan bingkai berbentuk huruf A. Rumah barbie di era ini mulai dibuat semakin realistis dengan pintu dan jendela yang berfungsi layaknya rumah asli. Rumah ini bahkan memiliki tanaman yang mengilap. Karena desain rumah yang satu ini cukup sangat populer dan laris, maka pihak produsen Mattel terus memproduksinya hingga beberapa dekade.

Rumah Barbie di Era Tahun 1983

Para pecinta boneka Barbie selalu mengharapkan bentuk rumah yang lebih nyata. Nah, di tahun 1983, Mattel membuat rumah untuk Barbie dengan menggunakan foto ruangan untuk mendekorasi setiap inci rumah. Meski begitu, Barbie tetap memiliki lift pribadi.

Rumah Barbie di Era Tahun 1990

Dunia Barbie yang penuh warna merah muda mulai mencapai puncaknya pada peluncuran mansion terbarunya. Rumah Barbie yang diluncurkan di awal tahun 90-an ini, dilengkapi dengan berbagai aksesoris perabit rumah tangga, seperti telepon berdering, pintu dengan bel, serta perapian, yang seluruhnya berwarrna merah muda. Sedangkan atap rumahnya, berwarna ungu.

Rumah Barbie di Era Tahun 1998

Memasuki akhir era 90an, tepatnya di tahun 1998, Mattel menghadirkan konsep rumah Barbie dengan detail arsitektur yang memiliki kaca berwarna, lengkungan merah jambu, dan bahkan dilengkapi dengan balkon. Rumah berlantai dua ini memiliki satu ruang tidur yang terletak di lantai atas. Atapnya sendiri, berwarna hijau toska. Rumah barbie ini dilengkapi dengan berbagai mainan dan furniture rumah tangga yang membuat anak-anak betah bermain.

Rumah Barbie di Era Tahun 2014

Rumah Barbie terbaru di tahun 2014 lalu dilengkapi dengan dua lift. Satu lift ditujukan untuk menuju langsung ke ruangan baju-baju pribadi Barbie. Warna ungu muda menjadi warna dominan yang menghiasi rumah idaman Barbie terbaru ini. Ruang tidurnya terletak pada lantai yang sama dengan kamar mandi, yakni lantai dua. Di lantai tiga, terdapat ruangan khusus baju-baju Barbie dan juga ruang perapian. Ketika diluncurkan di pasaran, rumah terbaru Barbie ini dibanderol dengan harga US$ 159 atau sekitar 2 jutaan rupiah.

Rumah Barbie di Era Tahun 2016

Rumah Barbie semakin hari semakin canggih. Nah, di tahun 2016 lalu, tepatnya saat event New York Toy Fair yang berlangsung tanggal 13-16 Februari, diperkenalkan rumah terbaru Barbie yang disebut Dreamhouse.

Rumah ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang terhubung internet vi wifi sehingga bisa diajak ngobrol dan melayani perintah suara. Jadi sekali mengenali suara kita, rumah Barbie Dreamhouse ini bisa melakukan segalanya secara otomatis. Misalnya kita bisa memerintahkan untuk menyalakan lampu ruang tidur, kamar mandi, menyalakan tv, mengubah tangga jadi slide (luncuran) dan lain-lain.

Nampaknya rumah Barbie ini juga dibekali teknologi yang sama dengan boneka Hello Barbie, yakni Barbie yang bisa menanggapi omongan kita, jadi bisa diajak mengobrol. Rumah Barbie Dreamhouse ini memang dijual dengan harga yang tidak murah, yakni kira-kira 299 dolar atau sekitar Rp 4 jutaan.

Rumah Boneka Unik Lainnya

Rumah boneka Barbie memang didesain dengan konsep yang cantik dan menarik bagi anak anak perempuan. Nah, sebagai informasi tambahan, berikut ini disajikan juga beberapa rumah boneka yang dibuat dengan konsep dan model yang unik.

Rumah Gitar

Melalui hasil sentuhan tangan Lorren Robinson asal Australia, ini merupakan rumah miniatur karya terbaiknya. Wanita berusia 49 tahun ini sengaja membeli gitar kemudian memodifikasikannya menjadi rumah boneka sebagai hadiah untuk putri kesayangannya. Ruangan yang berada di dalam gitar tersebut memiliki dua lantai, masing-masing memiliki perlengkapan seperti meja, kursi, lemari, rak, tv, gitar mini dan lukisan dinding. Dalam pembuatan rumah gitar ini, menghabiskan waktu dua minggu.

Rumah Pohon

Rumah yang terinspirasi dari sebuah tanaman pohon yang satu ini terlihat sangat unik. Rumah pohon yang didesain sebagai tempat tinggal boneka tikus tersebut memiliki lima lantai dan terdiri dari beberapa ruangan, seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang perapian, dan dapur. Dalam setiap ruang ternyata memiliki masing-masing perlengkapan yang ditata seperti rumah asli.

Rumah American Girls Doll House

Rumah boneka selanjutnya bertema American Girls Doll House. Rumah yang dirancang mempergunakan bahan kayu milik Pant Street Doll Boutique ini paling digemari oleh banyak orang terutama bagi perempuan. Bentuk rumahnya ini terlihat lebih besar dibandingkan rumah boneka lainnya. Dalam setiap ruangannya dilengkapi dengan boneka serta mainan dan harus mengikuti besar struktur ruangan tersebut.

Rumah Kaca

Seorang seniman dan juga desainer yang bernama Ketty Oslum memiliki desain rumah unik dan berkualitas tinggi di abad 21. Rumah tersebut didesain seperti replika rumah kaca dan memiliki beberapa bagian ruangan serta sangat indah, seperti ruang tidur, ruang tamu, ruang belakang, dan juga kamar mandi.

Rumah boneka ini merupakan salah satu inspirasi Ketty ketika membangun rumah milik sir Jansen. Replika rumah berdinding kaca karyanya tersebut menjadi daya tarik teman-temannya, sehingga menjadi trend sebagai rumah boneka yang modern.

Itulah beberapa rumah boneka yang memiliki desain unik. Apakah Anda berniat untuk membuat rumah dengan desain yang unik?

Tinggalkan komentar