20 Rumah Termahal di Dunia, Gambaran Kemewahan dan Prestisius

Bagaimanakah gambaran desain rumah mewah milik para miliarder dunia? Seperti apakah isi perabotan yang terpajang di dalam rumah termahal di dunia? Hunian tempat tinggal adalah kebutuhan dasar bagi setiap orang. Ketika anda memiliki kekayaan berlimpah, maka rumah yang anda miliki cenderung dibangun dengan harga fantastis, fasilitas langka dan mewah.

Jika anda penasaran seperti apakah gambaran luxurious interior dan eksterior rumah milik para miliarder dunia, maka silakan simak daftar dan deskripsi rumah termahal berikut ini.

1. Rumah Istana Buckingham Palace (London)

Rumah yang mungkin juga sebagai istana dengan nilai taksir termahal di dunia saat ini adalah rumah istana Buckingham yang setara 21 triliun rupiah. Tempat tinggal untuk Sang Ratu Inggris, Elizabeth II ini memiliki 775 ruangan, termasuk 19 ruang kenegaraan, 52 kamar tidur, 188 kamar pegawai, 92 kantor, dan 78 kamar mandi. Buckingham House ini awalnya adalah sebuah balai kota yang dibangun untuk Duke of Buckingham pada tahun 1703 dan diambil alih oleh George III pada tahun 1761 kemudian dijadikan sebagai rumah pribadi yang dikenal sebagai “The Queen’s House”.

Hal yang membuat rumah ini bernilai tinggi adalah nilai klasik dan historis yang ada di dalamnya. Desain interiornya didominasi oleh hiasan yang berasal dari awal abad ke-19. Gedung ini merupakan salah satu gedung yang sangat popular dan dikunjungi oleh wisatawan tak kurang dari 50.000 orang per tahunnya.

2. Rumah Antalia (India)

Rumah termahal ini dimiliki oleh seorang miliarder asal India bernama Mukesh Ambani, pemegang saham terbesar di perusahaan Reliance Industries Limited (RIL). Rumah yang serupa apartemen bertingkat ini dibangun dengan menghabiskan biaya konstruksi lebih dari 15 triliun rupiah. Rumah mewah ini didesain dengan cukup apik dan unik, terdiri dari 27 lantai dengan ketinggian mencapai 173 meter. Selain itu, terdapat juga 6 basement atau lantai bawah tanah untuk keperluan parkir mobil. Dengan luas area 4.532 meter persegi, rumah ini dilengkapi dengan ruang gym, ballroom, 4 area taman, dan 3 landasan helicopter. Setiap lantai memiliki keunikan tersendiri, dengan desain tampak seperti rumah yang berbeda dalam setiap tingkatannya.

Rumah yang dibangun tahun 2009 ini diberi nama Antalia yang terinspirasi dari cerita pulau Antillia yang berada di laut Atlantik. Desain rumah ini dirancang oleh arsitek Perkins dan Will yang berbasis di Chicago – Amerika Serikat. Perusahaan konstruksi asal Australia, Leighton Holdings bertanggung jawab atas pembangunannya. Rumah yang dirancang untuk bisa bertahan dari guncangan gempa 8 skala Richter ini memerlukan lebih dari 600 orang pegawai untuk membersihkan dan mengurusnya setiap hari.

Rumah Antalia menjadi salah satu ikon kekayaan di India. Sebagian warga India merasa bangga dengan berdirinya rumah pribadi tersebut, sementara yang lainnya melihatnya sebagai hal yang “memalukan” di sebuah negara di mana masih banyak terdapat anak yang kelaparan. Ketua Grup Tata, Ratan Tata mengatakan Antilia adalah contoh kurangnya empati orang kaya terhadap orang miskin.

Tata juga mengungkapkan bahwa orang yang tinggal di sana harus memperhatikan apa yang dia lihat di sekitarnya dan meminta agar dia dapat membuat perbedaan. Jika tidak, maka menyedihkan karena negara ini membutuhkan orang-orang untuk mengalokasikan sebagian kekayaannya agar bisa menemukan cara mengurangi kesulitan atau kemiskinan yang dihadapi orang lain.

3. Villa Leopolda (Prancis)

Rumah mewah berikutnya yang taksiran harganya lebih dari 11 triliun rupiah adalah Villa Leopolda yang terletak di Riviera Prancis. Rumah villa ini berada di atas lahan 18 hektar yang dibangun ulang pada tahun 1929. Tanah tempat berdirinya istana ini pernah dimiliki oleh Raja Leopold II dari Belgia, sehingga nama villa yang dirancang oleh Ogden Codman ini diambil sesuai dengan nama raja Belgia tersebut. Villa Leopolda pernah beberapa kali berganti kepemilikan, diantaranya Gianni dan Marella Agnelli, Izaak dan Dorothy J. Killam, dan sejak 1987 oleh Edmond Safra (meninggal 1999) dan Lily Safra, yang kini mewarisi vila tersebut setelah kematian suaminya.

Sebagai rumah miliarder, mahligai ini memiliki kolam renang luar dan kolam renang di dalam rumah, dapur terbuka, landasan helikopter, dan wisma tamu yang lebih besar daripada rumah para milyuner. Rumah ini pernah dipakai di film To Catch a Thief pada tahun 1955, dan di zaman Perang Dunia I, rumah besar seluas 50 are ini pernah dijadikan sebagai rumah sakit militer oleh Raja Albert I. Pada tahun 2018, Villa Leopolda sempat akan dibeli oleh pengusaha asal Rusia, Mikhail Prokhorov, namun transaksi tersebut gagal dan dibatalkan.

4. Rumah Villa Les Cedres (Prancis)

Rumah yang berlokasi di Sain Jean Cap Ferrat ini dipasarkan dengan harga 415 juta dolar. Rumah tua ini dibangun pada tahun 1830 yang berada di atas lahan 35 hektar. Pemiliknya saat ini, pembalap Italia Davide Campari-Milano Spa tengah menjual dengan banderol harga di angka 5,6 triliun rupiah. Kombinasi sejarah, kemewahan, dan lokasi utama di sepanjang pantai Saint-Jean-Cap- Ferrat akan cukup membuat penjualan hunian ini cepat laku. Hal lain yang menarik adalah ruang perpustakaannya yang menyimpan sekitar 3.000 buku, termasuk edisi 1640 codex botani senilai ratusan ribu euro. Yang juga ikut dijual adalah karpet kuno, lukisan dan perabotan dari vila.

Villa Les Cèdres sebelumnya dimiliki oleh keluarga Marnier-Lapostolle yang mengolah pohon cedar dan palemnya, serta kebun zaitun dan kebun-kebun anggur yang mengelilingi properti tersebut. Beberapa di antaranya berusia 300 tahun.

5. Chartwell Estate (Amerika Serikat)

Ini adalah salah satu properti termahal yang dipasarkan di Amerika Serikat. Terdaftar pada Agustus, rumah seluas 186 meter persegi ini sebelumnya dimiliki Jerry Perenchio, mantan CEO Univision yang meninggal Mei pada usia 86. Mendiang Perenchio pun meninggalkan rumah Bel Air tersebut yang sekarang dijual seharga 350 juta dollar AS atau Rp 4,74 triliun. Rumah rancangan Sumner Spaulding ini berada di atas tanah 10 hektar yang dilengkapi dengan kolam renang, taman indah, dan lapangan tenis.

Selain itu, Chartwell Estate menawarkan sebuah ballroom, gudang anggur yang sangat besar, salon dan terhubung dengan lift dan terowongan bawah tanah. Rumah ini juga dikenal sebagai rumah keluarga Clampett dalam sitkom (serial komedi) berjudul The Beverly Hillbillies.

6. Rumah Chateau Louis XIV (Prancis)

Sebuah transaksi pembelian rumah yang terjadi pada tahun 2015 akhirnya terkuak. Sang pembelinya adalah Pangeran Mahkota Arab Saudi Muhammad Bin Salman. Rumah mewah di Prancis tersebut dibandrol dengan harga 4,3 triliun rupiah. Rumah itu dibuat mirip Istana Raja Prancis dari abad ke-17. Rumah yang dibangun pada tahun 2008 tersebut didesain oleh Pierre Bortolussi. Rumah mewah ini memiliki luas sekitar 5.000 meter persegi, berhiaskan keramik mewah dan ornamen daun emas. Seperti rumah istana lainnya, rumah Chateau Louis XIV ini dilengkapi dengan beragam fasilitas premium, mulai dari bioskop pribadi, kolam renang indoor, lantai dansa, hingga ruang sauna eksklusif.

Yang lebih fantastis lagi, di dalam rumah super mahal itu juga terdapat akuarium besar atau semacam Seaworld. Ikan-ikan eksotis hidup di dalam akuarium raksasa ini. Sang pangeran memang kerap kali membeli barang dan properti mewah, di antaranya sebuah kapal pesiar seharga 590 juta dolar dan lukisan Leonardo da Vinci Salvator Mundi seharga 6 triliun rupiah.

7. Rumah Fair Field (Amerika Serikat)

Daftar rumah termahal di dunia selanjutnya adalah Four Fairfield Pond yang terletak Sagaponack, New York, salah satu kawasan properti termahal di Amerika Serikat. Pemilik rumah Fair Field ini adalah miliarder Ira Rennert, pebisnis yang menahkodai Renco Group, perusahaan di sektor investasi manufaktur mobil dan peleburan. Harga rumah ini ditaksir bernilai lebih dari 3,5 triliun rupiah. Rumah dengan konsep desain modern ini memiliki fasilitas 29 kamar tidur, 39 kamar mandi, sarana bowlig, lapangan basket, lapangan tenis, 3 kolam renang, dan ruang makan besar sepanjang 28 meter, serta fasilitas garasi yang mampu menampung parkir 100 mobil.

Untuk menunjang kelistrikan, rumah yang dibangun tahun 1990an ini memiliki fasilitas pembangkit listrik sendiri. Sementara itu, fasilitas hiburan juga tersedia lengkap di sini, salah satunya adalah gedung bioskop dengan 164 kursi penonton. Menurut laporan CNBC, pajak properti yang harus dibayar Rennet untuk rumah ini adalah sekitar 800 juta rupiah per bulan, yang artinya cukup untuk membeli dua unit rumah sederhana di daerah tersebut.

8. Rumah 18-19 Kengsiton Palace Garden (Inggris)

Jika anda melihat rumah termahal di Inggris, maka anda perlu pergi menuju Central London, tepatnya di jalan Kensington, sebuah kawasan pusat pemerintahan Inggris di masa Perang Dunia II. Di area jalan ini banyak terdapat hunian mewah, dan telah lama dikenal sebagai “Billionaires Row”. Selain rumah Pangeran William dan Kate Middleton, salah satu rumah super mewah bercita rasa klasik yang berdiri di daerah ini adalah rumah 18-19 Kensington Palace Garden yang saat ini dimiliki oleh Lakshmi Mittal, seorang pengusaha baja asal India.

Sang miliuner membeli rumah ini untuk anaknya, Aditya, yang merupakan chief financial officer perusahaan Arcelor Mittal. Taksiran harga rumah yang dibangun tahun 1920an ini sekitar 3,2 triliun rupiah. Rumah ini memiliki fasilitas 12 kamar tidur, pemandian ala Turki, kolam renang indoor, serta lahan parkirnya mampu menampung 20 unit mobil.

9. Bel Air Spec Manor (Amerika Serikat)

Bel Air Spec Manor adalah rumah paling mahal yang saat terdaftar dijual di Amerika Serikat dengan harga $ 250 juta atau 3,32 triliun rupiah. Rumah seluas 35.303 meter persegi itu diciptakan oleh pengembang mewah dan menempati daftar Curbs dari 25 rumah paling mahal tahun ini. Rumah ini diciptakan oleh pengembang mewah Bruce Makowsky dan termasuk rumah bertema James Bond dan jalur bowling empat jalur. Rumah yang berlokasi di Los Angeles ini menawarkan beberapa area tempat duduk outdoor dengan pemandangan Los Angeles seluas 270 derajat. Selain itu, area makan utama menawarkan pemandangan kota dan dihiasi dengan tangga baja stainless berkapasitas 4 ton dengan biaya 2 juta dolar.

10. Rumah Ellison Estate (Amerika Serikat)

Rumah seharga 2,9 triliun rupiah ini didirikan oleh CEO Oracle, Larry Ellison, pria kaya yang masuk dalam daftar 10 besar miliarder dunia. Terletak di Woodside, California, bangunan rumah ini didesain dengan inspirasi dari istana kaisar Jepang pada abad ke-16. Dibangun di atas tanah seluas 23 hektar dan membutuhkan waktu 9 tahun untuk dirancang dan diselesaikan. Finish pada tahun 2004, rumah ini memiliki 10 unit bangunan, danau buatan, rumah mandi dan kolam ikan koi. Dengan pendapatan berlimpah, Larry Ellison merupakan salah satu pengusaha teknologi yang gemar membeli properti. Ia memiliki sejumlah rumah mewah di berbagai kota, dan bahkan sebuah villa garden bersejarah di Kyoto, Jepang seharga 86 juta dolar.

11. Hearst Castle (Amerika Serikat)

Kastil yang dirancang oleh Julia Morgan di tahun 1919 ini dimiliki oleh William Randolph Hearts, seorang ahli waris kastil ini. Hearst Castle dibangun berdasarkan surat perintah raja pertama Negara tersebut. Pada tahun 1954, ini menjadi Taman Negara Bagian California. Situs ini dibuka untuk pengunjung pada tahun 1958. Kastil yang ditaksir nilainya sebesar USD 191 juta (2,6 triliun rupiah) ini terletak di San Simeon, California.

Kastil ini memiliki fasilitas 27 kamar tidur, pernah digunakan dalam film The Godfather, dan pernah dihuni oleh John dan Jackie Kennedy, Clark Gable, Winston Churchill, serta tokoh terkenal lainnya. Hearst Castle secara resmi bernama estate “La Cuesta Encantada” (“Bukit Enchanted”), tapi biasanya menyebutnya “the ranch”. Sekarang kastil ini sudah menjadi Cagar Budaya dan tempat wisata dari California Park System.

12. Seven the Pinnacle (Amerika Serikat)

Rumah yang dijuluki Seven the Pinnacle ini dimiliki oleh Edra dan Tim Blixseth. Edra adalah pebisnis di sektor properti dan pengembang Real Estate, sementara Tim Blixseth merupakan investor di bidang perusahaan kayu. Kedua orang ini bekerjasama mendirikan Yellowstone Club, namun kebangkrutan klub, pemisahan kerjasama dan masalah-masalah lainnya telah mengurangi kekayaan mereka dalam beberapa tahun terakhir. Rumah yang ditaksir seharga 2,2 triliun ini terletak di Big Sky, Montana – Amerika Serikat.

Rumah ini merupakan properti terbesar di Yellowstone Club yang dilengkapi dengan beragam fasilitas, mulai dari arena ski privat hingga lapangan golf untuk komunitas orang-orang super kaya. Selain itu, rumah ini memiliki lantai yang hangat, kolam renang, gym, gudang anggur dan lift ski.

13. Kensington Palace Garden (Inggris)

Kawasan Kensington di kota London memang terkenal sebagai kawasan elit dan sering disebut London’s Billionaires Row. Selain rumah milik mewah yang dimiliki oleh Lakshmi Mittal, di sini juga terdapat rumah mahal milik Roman Abramovich, pengusaha asal Rusia yang taksiran harganya sekitar 1,96 triliun rupiah. Rumah yang didiami oleh pemilik klub Chelsea ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas kelas premium, seperti lapangan tenis, health center, dan museum kendaraan yang berada di lantai bawah.

14. Rumah 7 Upper Phillimore Garden (Inggris)

Rumah mewah yang harganya ditaksir sekitar 1,8 triliun rupiah ini dimiliki oleh Olena Pinchuk, anak perempuan dari Leonid Kuchma, presiden kedua Ukraina. Olena Pinchuk merupakan salah satu pendiri lembaga yayasan Anti AIDS Foundations bersama temannya, musisi Elton John. Didesain dengan konsep gaya Victorian, rumah yang berlokasi di London ini memiliki fasilitas 10 kamar tidur, sauna, tempat gym, arena bioskop, dan kolam renang bawah tanah. Salah satu hal yang membuat nilai rumah ini tinggi adalah desain interiornya yang dilapisi marmer, emas, dan karya seni klasik.

15. Rumah Xanadu 2.0 (Amerika Serikat)

Terletak di negara bagian Washington, Amerika Serikat, rumah ini merupakan rumah milik orang terkaya di dunia, Bill Gates. Rumah ini dilengkapi dengan teknologi mutakhir dengan luas 6.132 meter persegi. Taksiran harganya saat ini diperkirakan sebesar 147 juta dolar atau 1,95 triliun rupiah. Meski sangat luas, rumah bergaya kabin Pasifik ini hanya memiliki 7 kamar tidur dan 6 dapur untuk memfasilitasi akses makanan. Selain fasilitas perpustakaan pribadi, rumah ini dirancang dengan balutan teknologi tinggi, mulai dari dinding berpenghangat, penyesuaian suhu dan pencahayaan otomatis, hingga lantai yang sensitif terhadap tekanan yang memungkinkan para penjaga mengetahui siapa saja yang berada di dalam rumah.

Rumahnya diberi nama Xanadu 2.0 yang terinspirasi dari rumah fiksi Charles Foster Kane, sebuah film berjudul Citizen Kane di tahun 1941. Setiap tahun Bill Gates harus membayar sebesar 1,1 juta dolar atau lebih dari 14 miliar rupiah per tahun untuk tagihan pajak rumahnya.

16. Copper Beech Farm (Amerika Serikat)

Rumah mewah dengan harga fantastis berikutnya adalah rumah yang dikenal dengan julukan Cooper Beech Farm. Rumah ini terletak di Connecticut, Amerika Serikat, berada di atas tanah seluas 50 hektar. Properti ini merupakan kawasan tepi pantai terbesar di garis pantai antara Greenwich dan New York City. Transaksi penjualan yang terjadi pada tahun 2014 lalu sebesar 120 juta dolar atau 1,6 triliun rupiah, menjadikan rumah ini sebagai deretan rumah pribadi termahal di Amerika Serikat, mengalahkan pembelian Fleur de Lys Estate pada tahun 2012. Rumah Copper Beech Farm dibangun pada tahun 1896, dan pernah didiami oleh pebisnis tambang Harriet Lauder Greenway sejak tahun 1904.

Kompleks rumah ini mencakup sebuah rumah utama seluas 327 meter persegi dengan 12 kamar tidur, tujuh bak mandi lengkap dan sebuah pustaka berpanel kayu. Selain itu, properti ini juga dilengkapi dengan ruang kaca, gudang anggur dan serambi yang terbuat dari kayu bertingkat tiga.

17. Rumah Silicon Valley Mansion (Amerika Serikat)

Pemiliknya saat ini adalah seorang miliarder Rusia, tepatnya pengusaha dan fisikawan Yuri Milner. Rumah yang terletak di California ini memiliki ukuran luas sekitar 2.323 meter persegi, 25 kali rata-rata apartemen. Rumah ini dibeli di tahun 2011 sebesar 97 juta dollar (1,29 triliun rupiah), dilengkapi dengan 14 kamar, dua ruang makan, lapangan tenis, kolam renang dan gimnasium. Selain itu, ada juga 428 meter persegi ruang pertemuan, ruang permainan, ruang keamanan, ruang pembantu dan wisma. Namun, nilai rumah ini dikatakan telah turun tajam hingga setengah nilainya saat dibeli, yaitu 45 juta dolar.

18. Rumah Maison De L’amitie (Amerika Serikat)

Pemilik rumah ini, Dmitry Rybolovlev adalah seorang pengusaha dan investor dari Rusia. Dia membeli rumah seluas 5.574 meter persegi yang terletak di Palm Beach, Florida dari Donald Trump dengan harga sekitar 95 juta dolar atau 1,26 triliun rupiah. Rumah yang disebut Maison De L’amitie (House of Friendship) ini memiliki 18 kamar, 22 kamar mandi, aula, ruang media dan galeri seni. Emas dan berlian digunakan dalam produksi kamar mandi di kastil ini. Garasi bisa menampung 50 mobil.

Namun sayang, seiring penurunan nilainya, rumah bergaya Prancis tersebut dirubuhkan pada 2016 karena Dmitry ingin memecah lahan menjadi tiga sertifikat dan berhasil menjual satu paket lahan (0,9 hektar) seharga 34 juta dolar.

19. Rumah 454 Cuesta Way (Amerika Serikat)

Rumah ini menjadi bahan perdebatan sebagai transaksi real estat selebriti termahal di tahun ini. Penyanyi Beyoncé dan Jay Z dilaporkan mengeluarkan lebih dari 1,22 triliun rupiah untuk memiliki properti yang dibangun di Bel Air pada Agustus. Sebagai rumah mewah, properti enam gedung Los Angeles, dengan garasi untuk 15 mobil, jendela antipeluru dan helipad ini dirancang oleh arsitek mansion Paul McClean. Jumlah kamar yang tersedia sebanyak 8 kamar tidur, 11 kamar mandi, 4 kolam renang, lapangan basket, studio rekaman, spa, tempat staf dan lantai batu kapur.

20. Rumah pantai David Geffen’s Carbon (Amerika Serikat)

Sebuah rumah di tepi pantai California yang berdiri di atas tanah seluas 10 hektar terjual sekitar 1,15 triliun rupiah pada Mei 2017. Pembeli tersebut adalah pendiri dan CEO Guggenheim Partners Mark Walter yang memiliki tim baseball LA Dodgers. Properti Geffen ini menawarkan kolam renang besar, spa, ruang teater, gym, dan ruang tamu outdoor yang mewah.

Nah, demikianlah sekilas gambaran rumah-rumah super mewah dan termahal di dunia. Mungkin anda tengah bermimpi dan berencana untuk memiliki rumah seperti di atas. Jika memiliki dana cukup, maka segera wujudkan imajinasi anda. Namun, jika finansial anda masih jauh dari kata cukup, maka dengarkanlah lagu God Bless yang berjudul “Rumah Kita”. Biarpun hanya bilik bambu dan berpagar alang-alang, yang penting rumah sendiri yang penuh dengan kebahagiaan.

Tinggalkan komentar