30 Cara Hilangkan Sakit Lutut dengan Obat dan Teknik Alami

Apa saja faktor penyebab munculnya rasa nyeri pada lutut? Bagaimana cara menghilangkan sakit lutut dengan teknik dan obat alami? Sakit pada lutut kaki maupun siku lengan merupakan nyeri yang biasa terjadi karena persendian yang keausan minyak sendi. Sakit pada lutut dan siku bisa berupa rasa nyeri di satu titik atau di seluruh area lutut dan siku. Ada banyak cara untuk mengobati sakit lutut dan nyeri siku.

Keberhasilan perawatan juga tergantung pada penyebab sakit lutut tersebut. Pengobatan sakit dan nyeri lutut bisa dilakukan dengan bahan alami dan tradisional yang bisa dilakukan di rumah tanpa perlu pengobatan medis dan pembedahan.

Jika sakit disebabkan oleh peradangan, arthritis atau cedera minor, ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan di rumah saja. Namun, jika tingkat sakit lutut dan persendiannya termasuk buruk atau karena cedera serius, maka harus dikonsultasikan dengan ahli medis karena beberapa jenis sakit persendian, terutama lutut membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Mari kita lihat beragam cara pengobatan bahan alami untuk menghilangkan sakit nyeri pada lutut kaki anda.

1. Hilangkan Nyeri Lutut dan Siku dengan Kunyit

Rempah-rempah kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang dapat mengurangi rasa sakit. Kunyit juga bisa memperlambat perkembangan rheumatoid arthritis yaitu salah satu penyebab utama sakit lutut. Untuk mengobati sakit lutut dengan kunyit caranya cukup gampang.

Campurkan setengah sendok teh jahe parut dan setengah sendok teh kunyit parut ke dalam satu cangkir air. Campuran dua bumbu ini kemudian dididihkan selama 10 menit. Setelah disaring, campurkan bersama madu dan minum 2 kali sehari.

2. Obat Sakit Lutut dengan Cuka Apel

Cuka apel dibuat dari fermentasi ekstrak buah apel. Sari cuka apel sangat bermanfaat bagi kesehatan. Anda bisa lihat aneka khasiat cuka apel pada link ini. Karena sifat alkalinya, cuka sari apel dapat membantu untuk melarutkan mineral dan racun berbahaya di dalam sendi lutut. Beragam kandungan nutrisi pada cuka apel dapat memulihkan pelumas untuk mengurangi sakit persendian dan mendorong gerakan lebih aktif. Cara menggunakan cuka apel untuk mengatasi sakit lutut adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh cuka sari apel ke dalam 2 cangkir air yang disaring. Hirup campuran ini sepanjang hari. Minum setiap hari sampai Anda pulih sepenuhnya.

3. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih sering kali dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh dan dipakai oleh para penderita rematik. Minyak kayu putih memiliki sifat analgesik atau pereda nyeri yang dapat menghilangkan sakit lutut. Rasa dingin minyak ini dapat mengurangi nyeri lutut akibat artritis.

Cara untuk mengobati sakit lutut dengan minyak kayu putih adalah dengan mencampurkan 5-7 tetes minyak kayu putih dan 5-7 tetes minyak pepermin bersama-sama. Kemudian, campurkan 2 sendok makan minyak zaitun. Simpan campuran di dalam botol kaca yang gelap dan jauh dari cahaya matahari. Gosok campuran minyak ini pada lutut yang sakit.

4. Daun Dandelion

Salah satu bahan tradisional yang diyakini dapat mengatasi keluhan nyeri sendi pada lutut adalah dandelion. Daun ini memiliki vitamin C dan Vitamin A yang cukup tinggi. Kandungan vitamin yang terdapat di dalam daun dandelion dapat mereparasi kerusakan di bagian tubuh dan juga mampu mengeluarkan racun di dalam darah.

Cara pengolahan daun dandelion adalah dengan cara mengukusnya dan kemudian anda dapat mengunyah daun dandelion ini sebagai salah satu cara alternatif untuk mengatasi nyeri sendi.

5. Lemon Mengatasi Sakit Lutut

Lemon dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit lutut, terutama sakit lutut yang bersumber dari artritis. Kandungan asam sitrat yang terdapat dalam lemon bertindak sebagai pelarut untuk kristal asam urat yang seringkali menjadi faktor penyebab beberapa jenis arthritis. Caranya potong 1 atau 2 buah lemon menjadi irisan tipis.

Kemudian, bungkus potongan lemon tadi di dalam kain katun. Setelah itu, celupkan kain ke dalam minyak wijen. Letakkan kain tadi pada lutut yang sakit selama 10-15 menit. Lakukan pengobatan alternatif ini setidaknya 2 kali sehari sampai sakit tersebut hilang.

6. Lengkuas untuk Mengobati Sakit Lutut

Selain dikenal sebagai bumbu dapur, lengkuas juga dipercaya dapat mengatasi keluhan nyeri sendi dan sakit lutut. Anda bisa mengolah bahan yang satu ini dengan cara menyediakan potongan jari rimpang lengkuas yang segar cuci lalu dan diparut. Parutan lengkuas tersebut diperas airnya dengan kain, lalu airnya anda bisa gunakan seperti minyak gosok pada bagian tubuh yang sakit.

7. Jahe untuk Redakan Sakit Lutut dan Siku

Apakah sakit lutut anda disebabkan oleh artritis, kram otot atau cedera? Jika ya, jahe adalah obat yang efektif untuk mengurangi sakit tersebut. Hal ini disebabkan adanya sifat antiradang yang terkandung di dalamnya. Caranya adalah dengan menghancurkan satu potongan kecil jahe, kemudian dimasukkan ke dalam secangkir air dan didihkan selama 10 menit. Saring campuran dan tambahkan sedikit madu dan jus lemon. Minum 2-3 cangkir teh jahe ini setiap hari sampai sakit lutut anda terasa hilang. Ulasan tentang artritis juga menemukan bahwa jahe dapat mengurangi sakit serta bengkak bila digunakan secara kombinasi bersama dengan perawatan prekripsi.

8. Daun Dewa yang Mujarab

Daun Dewa mempunyai nama latin (Gynura divaricata), orang China menyebutnya Samsit. Tinggi tanaman ini sekitar 30-40 cm, merupakan tumbuhan tegak, batang daun pendek lunak berbentuk segi lima, dengan penampang berbentuk lonjong dan berambut pada sisi luar. Jenis daun ini juga dapat mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya dapat mengatasi reumtik dan nyeri sendi pada lutut. Sediakan 30 lembar daun dewa segar cuci lalu rebus dan dilumatkan air di peras lalu anda bisa meminumnya.

9. Minyak Biji Sawi

Menurut pengobatan Ayurveda, pijatan lembut pada lutut yang sakit dengan minyak biji sawi yang hangat dapat mengurangi peradangan, memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi rasa sakit. Caranya adalah panaskan 2 sendok teh minyak biji sawi, lalu goreng seulas bawang putih yang dicincang sampai berwarna kecokelatan.

Dinginkan dan saring minyak yang sudah dicampur dengan bawang putih tadi. Pijat lutut yang sakit dengan minyak biji sawi dalam gerakan memutar. Tutup lutut dengan plastik dan bungkus dengan handuk selama 10-15 menit. Lakukan 2 kali sehari selama 1-2 minggu.

10. Akar Pohon Beluntas

Tanaman tradisional lainnya yang diyakini memiliki khasiat untuk nyeri sendi adalah akar beluntas. Anda bisa mengambil akar ini lalu cuci bersih. Setelah itu akar beluntas direbus dengan segelas air hingga mendidih. Bila telah mendidih anda bisa menyaringnya, lalu dikonsumsi.

11. Ekstrak Kulit Kayu Willow

Ekstrak kulit kayu Willow diketahui cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit akibat radang sendi. Bahkan efikasi klinis kulit kayu Willow disarankan oleh Komisi E Jerman untuk pengobatan demam, rematik dan sakit kepala. Dedalu atau Gandarusa (bahasa Inggris: willow) adalah sekelompok pohon atau semak yang meskipun berkeluarga memiliki ukuran yang berbeda-beda dengan kebiasaan pertumbuhan yang berbeda-beda pula, namun memiliki kesamaan di bidang-bidang lainnya. Ekstrak ini biasanya digunakan oleh ahli herbal untuk mengobati demam, nyeri dan peradangan.

12. Akar Sembung Sembuhkan Nyeri Lutut

Dalam pengobatan tradisional nusantara, akar sembung diyakini dapat bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi. Caranya anda bisa ambil 30 gram akar sembung dan 60 gram daun gandarusa. Kedua bahan itu cuci hingga bersih lalu potong potong dan rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas. Setelah agak dingin, air rebusan tadi disaring dan anda bisa meminumnya.

13. Minyak Herbal

Penelitian menemukan salep yang terbuat dari kayu manis, jahe, mastik dan minyak wijen merupakan ramuan yang efektif yang khasiatnya sama seperti krim artritis yang mengandung salisilat, berguna untuk pengobatan sakit lutut.

14. Garam Epsom Kurangi Rasa Nyeri Lutut

Garam epsom adalah garam yang mengandung magnesium dan sulfur, garam ini bukan untuk dimakan. Garam ini mengandung mineral magnesium dan sulfur yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti kontrol otot, impuls listrik dan untuk menghilangkan racun. Kandungan magnesium sulfatnya dapat memberikan efek positif dalam meredakan sakit lutut. Cara untuk mengatasi sakit lutut dengan garam ini adalah dengan menambahkan setengah cangkir garam Epsom ke air mandi yang hangat dan aduk hingga larut. Rendam lutut yang sakit dalam campuran air hangat tadi selama 15 menit. Lakukan beberapa kali seminggu sampai sakit lutut mulai lega.

15. Daun Landep

Daun Landep atau porcupine flower (Barleria prionitis) berasl dari India, Sri Lanka, dan Afrika Tengah, banyak digunakan sebagai obat herbal, termasuk obat alami untuk atasi sakit lutut. Sediakan 5-7 lembar daun landep, setelah itu cuci hingga bersih dan giling hingga halus. Anda bisa menambahkan air kapur sirih secukupnya. Setelah itu aduk hingga rata menjadi bubur yang kental. Balurkan ke bagian tubuh yang sakit.

16. Berolahraga dan Senam

Latihan gerak dan berolahraga ringan seperti latihan sendi dan otot adalah penting untuk memperbaiki kekuatan dan fleksibilitas. Latihan dapat mengurangi sakit, meningkatkan gerakan, mengurangi kelelahan dan dapat membantu Anda terlihat lebih baik. Sebaiknya meminta saran dokter untuk melakukan program latihan dan senam yang sesuai. Bagi mereka yang mengalami arthritis, mengurangi gerakan untuk menghindari sakit dapat membuat sendi menjadi kejang. Ini menyebabkan kondisi memburuk.

Latihan yang bagus untuk mereka yang sakit lutut diantaranya adalah berjalan dan berenang. Pastikan Anda melakukan pemanasan tubuh sebelum berolahraga dan mendinginkan badan setelah latihan. Hindari latihan berat seperti berlari atau melompat karena akan memperburuk sakit lutut.

17. Menjaga Berat Badan Seimbang

Ini merupakan obat yang paling baik. Pertahankan berat yang sehat dan turunkan berat jika perlu, karena berat badan yang berlebihan akan menambah tekanan pada sendi dan menyebabkan sakit lutut. Jika Anda mengalami obesitas, maka dengan mengurangi 5% dari berat badan Anda dapat meringankan tekanan pada lutut.

18. Terapi Panas atau Dingin

Menggunakan jasa spa atau pijat panas untuk mengistirahatkan lutut Anda ketika berbaring dapat membantu untuk membuat sendi menjadi kendur. Paket panas membantu untuk menenangkan otot dan meningkatkan sirkulasi.
Terapi paket dingin juga mengurangi sakit dan bengkak. Caranya membungkus paket gel yang dingin di sekitar lutut.

19. Beristirahat dan Bersantai

Aktivitas fisik adalah hal yang penting, tetapi beristirahat dan bersantai juga penting untuk mendorong kesehatan yang baik dan mengurangi rasa capek dan sakit. Temukan keseimbangan dalam hidup anda dengan mempelajari teknik meredakan stres seperti pernapasan dalam dan meditasi.

20. Cukup Tidur

Tidur yang cukup diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jika Anda mengalami masalah tidur, seperti insomnia, berkonsultasilah dengan dokter Anda. Manajemen sakit yang tepat dapat membantu Anda untuk tidur dengan nyenyak.

21. Terapi Fisik dan Terapi Cara Kerja

Ahli terapi fisik dapat memberikan panduan pada Anda untuk membuat program latihan pribadi dan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan urutan terapi. Ahli terapi cara kerja juga dapat memperkenalkan Anda kepada semua jenis piranti berguna seperti kursi yang dinaikkan atau ketinggian tempat duduk toilet.

22. Terapi Energi Listrik

Energi listrik dapat digunakan untuk mengurangi sakit dan bengkak pada sendi arthritis dalam beberapa cara. Ahli terapi selalu menggunakan rangsangan listrik yang mana elektroda ditempatkan di sekitar sendi yang terlibat dan mengirim pulsa elektromagnetik melalui kulit. Cara ini bisa meringankan sakit untuk jangka waktu pendek dan memfasilitasi perekatan sendi yang keras. Terapi energi listrik harus dilakukan oleh seorang ahli khusus.

23. Belajar Tai Chi

Tai Chi adalah bentuk latihan pikiran dan tubuh orang Cina. Latihan Tai Chi dapat memperbaiki keseimbangan dan fleksibilitas. Penelitian menemukan berlatih tai chi bermanfaat untuk mereka yang memiliki osteoarthritis. Tai chi dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan aktivitas gerakan. Disiplin mental yang diajarkan dalam Tai chi dapat membantu untuk mengatasi rasa sakit kronis.

24. Gunakan Alat Bantu

Anda dapat melindungi lutut Anda dengan menggunakan tongkat atau alat bantuan arah untuk memastikan Anda tidak menempatkan tekanan lebih pada lutut. Satu alat bantu yang disebut selitan sepatu juga dirancang khusus untuk mendukung, meluruskan dan memperbaiki fungsi kaki Anda. Ini akan mengurangi tekanan pada lutut.

25. Hal yang Harus Dihindari

Ada beberapa aktivitas tertentu yang harus dihindari termasuk menaiki tangga secara berlebihan. Selain itu, kegiatan olahraga yang berat seperti jogging, aerobik, stres yang berdampak buruk, membungkuk atau berlutut yang lama dan ekstrim, mengangkat atau mendorong benda berat, dan duduk di atas permukaan kursi yang rendah harus anda hindari. Ketika kegiatan itu tak bisa dielakkan, maka sebaiknya aktivitas tersebut diselingi dengan istirahat. Hal ini membuat sendi Anda tidak mendapat tekanan dari aktivitas yang berulang-ulang secara berkelanjutan.

26. Jaga Kesehatan Mental

Berbicaralah tentang perasaan Anda dengan anggota keluarga dan teman-teman. Lakukan latihan mental seperti meditasi dan berpikiran positif, serta melibatkan diri dalam kelompok dapat membantu Anda mengelola sakit lutut Anda dengan lebih baik.

27. Terapi Akupuntur

Akupuntur adalah satu cara perawatan dengan menancapkan jarum halus ke dalam kulit pada tempat tertentu pada tubuh Anda. Penelitian menunjukkan bahwa akupunktur dapat membantu meredakan sakit lutut yang disebabkan oleh osteoartritis.

28. Glukosamin Sulfat dan Kondroitin Sulfat

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa kombinasi kedua suplemen ini memiliki dampak minimal pada sakit lutut. Namun ternyata, penelitian terbaru menemukan bahwa bahwa hal itu tidak efisien. Maka harus diambil salah satu saja. Kedua suplemen ini memiliki manfaat bagi mereka yang memiliki sakit yang parah. Pasien yang menggunakan 1500 mg Glukosamin Sulfat sekali sehari menyebabkan penyerapan lebih baik di dalam tubuh. Namun perlu diingatkan bahwa Glukosamina jenis Glukosamina hidroksida adalah tidak tepat. Untuk Kondroitin Sulfat, harus diambil 800-1200 mg sehari. Kondroitin Sulfat tidak memiliki efek samping.

29. Krim Kapsaisin

Beberapa obatan tersedia di apotek dan rumah sakit untuk nyeri artritis. Misalnya, krim kapsaisin bisa digunakan untuk meredakan sakit osteoarthritis. Zat ini terbuat dari paprika (capsicum). Krim ini awalnya merangsang sakit tetapi kemudian menurunkan rasa sakit pada lutut. Krim ini dioleskan 3 kali sehari. Ini digunakan terutama untuk osteoartritis lutut dan tangan.

30. Penggunaan Obat-obatan Medis

Perawatan medis yang menggunakan obat konsumsi adalah biasa digunakan untuk mengobati gejala osteoartritis. Pilihan pertama biasanya obat yang tersedia di rumah sakit ataupun farmasi seperti acetaminofen. Pastikan Anda mendapatkan saran dokter sebelum menggunakan obat tersebut. Penyakit rematik yang berkelanjutan mungkin membutuhkan suntikan. Pilihan yang tersedia adalah kortikosteroid yang dapat digunakan hingga 2 atau 3 kali setahun untuk meredakan sakit yang parah.

Asam hialuronat juga dapat membantu untuk menambahkan bahan pelumasan dalam lutut. Anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang manfaat dan risiko pengobatan injeksi untuk menghilangkan sakit lutut. Asam hialuronat digunakan untuk meredakan sakit lutut secara sementara. Anestesi mungkin disuntik dengan obat kortikosteroid antiradang (biasanya kortison) untuk membuat lutut rasa kebas dan menghindari sakit.

Tinggalkan komentar