15 Manfaat Susu Kambing Etawa dan Cara Mengolahnya

Apa manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan? Bagaimana cara mengolah susu kambing India tersebut agar optimal? Kambing etawa adalah jenis kambing unggulan yang berasal dari distrik Etawah, negeri India. Sebagai ternak yang dwiguna, kambing etawa tidak hanya dipelihara untuk pemanfaatan dagingnya saja, tetapi juga sebagai produsen susu yang sehat.

Susu kambing etawa merupakan salah satu susu alami yang banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Berdasarkan hasil dari berbagai penelitian ilmiah, susu kambing etawa mengandung sejumlah nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti fosfor, kalsium, sodium, flourin, dan juga zat baik lainnya.

Nah, apa sajakah manfaat penting susu kambing etawa bagi tubuh kita? Mari kita ulas lebih terperinci mengenai susu kambing etawa tersebut.

1. Susu Kambing Etawa untuk Nutrisi Alternatif dalam Terapi Pengobatan Gangguan Pernafasan

Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi susu kambing etawa adalah bisa dipakai sebagai alternatif penyembuhan beberapa penyakit yang terkait dengan saluran pernapasan, seperti Asma, TBC, dan Flek Paru-paru. Kandungan Flourin dan Betakasein yang terdapat dalam susu kambing merupakan zat baik yang dalam pengobatan dan penyembuhan penyakit gangguan pernafasan.

Susu kambing etawa memang bukanlah obat, namun kandungan nutrisinya dipercaya dapat menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang menderita gangguan pernafasan dan tidak kunjung sembuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba alternatif susu kambing etawa untuk terapi pengobatan pada gangguan pernafasan.

2. Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Sama seperti jenis susu lainnya, susu kambing etawa juga berperan penting dalam kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium tinggi yang terdapat dalam susu kambing etawa sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi, khususnya bagi balita dan anak-anak, serta dapat mencegah gejala osteoporosis (pengeroposan tulang) dan pengapuran tulang yang umumnya diderita oleh orang tua dan lansia.

Bagi anda yang sering merasakan kesemutan dan linu persendian pada organ tulang seperti lutut dan pergelangan kaki, maka perlu diwaspadai bahwa itu pertanda pengapuran tulang.

3. Susu Kemabing Etawa untuk Meningkatkan Antibody (Kekebalan Tubuh)

Menurut penelitian, kandungan flourin dalam susu kambing etawa lebih tinggi daripada susu sapi, yakni 10 sampai 100 kali lebih banyak. Seperti yang kita ketahui bahwa flourin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, bahkan sangat bagus untuk orang yang baru dari masa penyembuhan.

4. Susu Kambing Etawa untuk Membantu Kesuburan Sistem Reproduksi

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya gangguan masalah kesuburan reproduksi, misalnya kelainan alat reproduksi, faktor usia, kurangnya asupan nutrisi, dan juga pola hidup yang tidak sehat. Nutrisi yang terkandung di dalam susu kambing etawa begitu lengkap, sehingga bila anda rutin mengkonsumsi susu kambing etawa, maka dipercaya dapat meningkatkan kesuburan dan sistem reproduksi pada wanita serta meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pada pria.

5. Susu Kambing Etawa sebagai Antiseptik Alami

Selain untuk kesehatan tulang dan gigi, ternyata kandungan flourin yang tinggi pada susu kambing etawa juga sangat bermanfaat sebagai antiseptik alami dan dapat membantu menekan pembiakan bakteri jahat dalam tubuh.

6. Susu Kambing Etawa untuk Mencegah Gejala Anemia

Anemia atau lesu kekurangan darah biasanya disebabkan karena tubuh tak cukup istirahat. Mengkonsumsi susu kambing etawa yang mengandung beragam nutrisi, komposisi dan sifat kimia alami merupakan sumber asupan nutrisi dan gizi yang sangat baik bagi vitalitas tubuh sehingga dapat menghindarkan dari potensi anemia.

7. Susu Kambing Etawa untuk Mencegah dan Mengobati Maag dan Asam Lambung

Manfaat lain dari susu kambing etawa adalah bisa mencegah serta mengobati penyakit maag melalui mineral alkaline. Susu kambing etawa juga bisa menetralkan asam lambung yang diproduksi berlebihan oleh tubuh.

8. Susu Kambing Etawa dapat Menghindarkan Keluhan Sakit Kepala (Migrain)

Kandungan nutrisi berupa riboflavin (vitamin B2) dan B3 yang terdapat pada susu kambing memiliki peran utama untuk kecerdasan. Selain itu, ternyata mampu menghindari keluhan sakit kepala seperti migrain.

9. Susu Kambing Etawa untuk Kecerdasan Otak

Seperti yang disebutkan di atas, susu kambing etawa berperan penting untuk kecerdasan dan daya ingat anak. Kandungaan Riboflavin (Vit B2) dan B3 dapat membantu tumbuh kembang sel otak dan sel sistem syaraf. Susu kambing etawa juga dianjurkan untuk diminum oleh ibu hamil guna meningkatkan pertumbuhan sel otak pada janin dalam kandungannya.

10. Susu Kambing Etawa untuk Mencegah dan Mengobati Diabetes

A2-Betakasein dan Asam Amino Esensial membantu pembentukan insulin sangat baik bagi penderita diabetes (kencing manis). Namun, yang dikonsumsi adalah susu kambing segar yang berasal langsung dari peternakan. Sedangkan jika sudah ditambahkan gula atau sudah diolah menjadi susu bubuk dengan bahan pengawet, maka sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

11. Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan Jantung

Kandungan Kalium yang terkandung dalam susu kambing etawa memiliki manfaat untuk menetralkan tensi darah sehingga secara tidak langsung sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan normal dan baiknya kesehatan jantung serta lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh diharapkan juga terhindar dari potensi penyakit stroke.

12. Susu Kambing Etawa untuk Menormalkan Tekanan Darah

Daging kambing memang tidak baik bagi para penderita darah tinggi (hipertensi). Namun, sebaliknya susu kambing etawa mampu menetralkan tekanan darah dalam tubuh. Dengan adanya kandungan Kalium (Potassium) yang terkandung dalam susu kambing etawa justru berfungsi menetralkan tekanan darah tinggi maupun darah rendah.

13. Susu Kambing Etawa untuk Meningkatkan Vitalitas

Dengan rutin mengkonsumsi susu etawa mampu membantu meningkatkan vitalitas pria maupun wanita dewasa, sehingga kehidupan rumah tangga bisa harmonis. Produk suusu ini dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi frigiditas. Frigiditas adalah disfungsi seksual yang bisa diderita oleh pria maupun wanita.

14. Susu Kambing Etawa Sangat Baik Untuk Sistem Pencernaan dan Tubuh

Menurut hasil penelitian para ahli yang diterbitkan di Journal of American Medicine, diketahui bahwa susu kambing etawa adalah asupan susu yang paling lengkap kandungan gizinya. Dalam susu etawa terdapat berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan unsur yang sangat bersahabat dengan lambung membuat susu kambing etawa dapat dengan mudah dan cepat dicerna oleh tubuh. Sistem pencernaan hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk dapat mencerna susu kambing etawa dan sekitar 2-3 jam untuk dapat mencerna susu sapi.

15. Susu Kambing Etawa untuk Membantu Program Diet Sehat

Seperti yang telah diuraikan di atas, susu kambing etawa sangat bersahabat dengan sistem pencernaan. Struktur lemak serta protein yang terkandung dalam susu etawa ini sangat mudah dicerna tubuh. Susu kambing etawa ini juga dapat menahan rasa lapar sehingga efektif dan cocok sebagai program diet. Kandungan proteinnya dapat membantu membakar lemak lebih cepat. Dianjurkan untuk mengkonsumsi susu ini setelah makan untuk menunjang program diet anda lebih berhasil.

Cara Mengolah Susu Kambing Etawa

Bagi para peternak kambing etawa yang memiliki produksi susu yang memadai, maka harus pandai dalam mengolah susu tersebut. Sebenarnya penyajian susu kambing bisa dilakukan tanpa perlu melalui proses pasteurisasi atau pemanasan. Artinya susu kambing bisa langsung dikemas dan dibekukan, sehingga nutrisi susu kambing 100% terjaga, dan tidak ada yang hilang akibat proses pemanasan.

Hal ini agak berbeda dengan susu sapi yang harus melalui proses pasteurisasi, sehingga saat melewati tahap pemanasan tersebut banyak nutrisi yang menguap, dan ini yang menyebabkan nutrisi dalam susu sapi banyak berkurang. Salah satu keunggulan atau kelebihan susu kambing etawa dibandingkan dengan susu sapi adalah terletak pada kandungan fluorinenya.

Kandungan fluorine pada susu kambing jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan kandungan fluorine pada susu sapi. Sedangkan yang menjadi sisi kekurangan dari susu kambing adalah bahwa protein susu kambing lebih rendah dari susu sapi dimana kandungan protein dari susu kambing berkisar 2,5% – 2,9 % sedangkan kandungan protein susu sapi berkisar antara 3% – 5%.

Hal inilah yang membuat anjuran bahwa untuk kebutuhan pertumbuhan balita jauh lebih baik mengkonsumsi susu sapi bila dibandingkan dengan susu kambing, namun untuk manula atau wanita pada masa jelang manupouse ke atas lebih baik mengkonsumsi susu kambing.

Dalam bisnis penjualan air susu kambing segar terkendala oleh pertumbuhan mikroorganisme perusak, sehingga susu kambing segar tidak tahan lama. Solusi untuk menekan resiko kerugian dapat dilakukan dengan penerapan teknologi canggih. Keengganan peternak untuk memproduksi air susu kambing etawa lebih banyak disebabkan oleh ketidaktahuan dalam pengolahan bau apek susu kambing, dan juga belum 100% peternak mengetahui teknik memerah susu atau repot dengan kegiatan lainnya.

Proses pengolahan susu dengan teknik Pasteurisasi dapat dilakukan dengan memanaskan air susu kambing etawa pada suhu sekitar 70 derajat celcius selama 10 menit. Pemanasan ini bertujuan untuk membunuh bakteri perusak. Rebus sambil diaduk perlahan agar susu tidak pecah. Bisa juga dengan cara meletakkan mangkuk dari bahan kaca yang tahan panas di dalam panci dengan posisi telungkup tanpa harus mengaduknya terus menerus.

Jangan memanaskan susu kambing etawa cair murni sampai mendidih, karena dapat merusak kasein yang terkandung didalamnya. Setelah itu, air susu segera didinginkan agar pertumbuhan bakteri perusak menjadi minimal. Melalui proses pasteurisasi tersebut dapat membuat susu kambing etawa disimpan selama 5-7 hari dalam lemari pendingin. Untuk memberikan cita rasa dalam menikmati susu kambing etawa cair murni, bisa anda tambahkan bahan – bahan alami yang menyehatkan, misalnya kayu manis, jahe, dan juga gula merah.

Dengan teknik industri rumah tangga, susu kambing etawa juga bisa diolah menjadi bentuk susu bubuk yang tahan lama. Susu kambing etawa dipanaskan dengan tambahan gula pasir sebanyak 20-50% dari berat air susu. Pengadukan secara perlahan dilakukan hingga susu mengental dan membentuk butiran kristal. Setelah diblender, butiran kristal itu akan menjadi susu kambing etawa bubuk.

Susu kambing etawa dalam bentuk bubuk dapat disimpan lebih lama yakni 3-4 bulan. Selain olahan di atas, susu kambing etawa juga bisa dikelola menjadi berbagai varian produk, misalnya dodol susu kambing, krupuk susu, dan olahan pangan lainnya. * Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika bermanfaat, jangan lupa share di media sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Tinggalkan komentar