5 Tanda Kulit Tidak Cocok dengan Produk Skincare Baru

skincare baru

Bagaimana cara merawat kulit wajah? Perawatan kulit wajah adalah sesuatu yang rumit. Ada banyak hal yang harus dilakukan, mulai dari upaya pencegahan terpapar debu dan polusi, rutinitas membersihkan wajah, hingga penggunaan produk-produk tertentu untuk membuat kulit wajah semakin indah.

Perawatan kulit wajah juga merupakan sesuatu yang unik. Apa yang digunakan teman, belum tentu cocok untuk kulit wajah Anda. Hal ini karena jenis kulit Anda tidak sama dengan teman, ibu, atau saudara kandung Anda. Mungkin kulit wajah Anda termasuk kulit sensitif sehingga sangat mudah sekali muncul jerawat, sementara saudara kandung Anda sama sekali tidak memiliki masalah jerawat.

Selain itu, skincare merk A yang banyak orang bilang sebagai produk yang bagus dan efektif, namun tak mempan mengatasi masalah kulit wajah Anda. Bahkan justru mulai terlihat jerawat kecil yang tumbuh, terjadi iritasi kemerahan, dan sesuatu yang terasa tidak normal.

Pada artikel ini akan kami paparkan sederet tanda yang menjadi ciri jika produk perawatan kulit yang baru Anda beli ternyata tidak cocok, alias bermasalah. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda disarankan untuk kembali ke produk sebelumnya, atau beralih ke perawatan kulit yang lebih ringan menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja tanda-tanda produk yang tidak cocok tersebut?

1. Muncul Rasa Panas dan Kemerahan

Jika setelah mengaplikasikan skincare baru, Anda merasakan panas, bengkak atau gatal-gatal, maka itu artinya kulit wajah Anda sensitif terhadap salah satu bahan yang terkandung dalam produk skincare tersebut. Jika di hari kedua dan ketiga masih muncul kondisi yang serupa, maka ganti produk skincare Anda. Disarankan untuk mencari dan memilih skincare dengan formula yang lebih ringan dan tidak membuat iritasi kulit.

2. Kulit Terkelupas

Masalah kulit terkelupas memang merupakan ciri Anda perlu mempertimbangkan kembali penggunaan produk skincare Anda. Terlalu sering mengaplikasikan produk perawatan kulit yang kandungan formulanya kuat dapat membuat kulit kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, bila produk kecantikan Anda mengandung bahan exfoliant, retinol atau asam alfa-hidroxy, maka disarankan untuk membatasi penggunaannya, hanya satu hingga tiga kali seminggu.

3. Kulit Menjadi Bengkak atau Gatal

Tanda awal dari produk skincare yang tidak cocok dengan varian kulit Anda adalah timbulnya gatal-gatal dan bengkak. Ini mungkin karena kulit Anda mengalami alergi terhadap satu atau beberapa bahan yang terkandung di dalamnya. Akibatnya pori-pori menjadi tersumbat dan menimbulkan bercak atau menyebabkan gatal. Sering kali kondisi tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman dan ingin menyentuh atau menggaruknya, yang justru hanya memperburuk keadaan.

4. Kulit Wajah Menjadi Terlalu Berminyak

Mungkin sebelum menggunakan produk skincare yang baru, minyak kulit wajah Anda terasa biasa-biasa saja. Namun, hari ke hari Anda menjadi tidak nyaman karena wajah terasa lengket. Jika ini terjadi, hindari produk krim pelembab dan pilih produk formulasi gel atau yang mengandung asam hialuronat.

5. Mulai Timbul Jerawat

Salah satu hal yang membuat para perempuan semakin stress dalam perawatan kulit adalah munculnya jerawat, terutama di area wajah. Apakah jerawat muncul setelah Anda mengganti merek produk skincare Anda? Jika ya, haruskah itu diganti segera?

Menurut para ahli, kulit wajah membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga minggu untuk beradaptasi dengan produk baru, kemudian jerawat yang muncul akan hilang dengan sendirinya. Namun, bila jerawat yang muncul semakin buruk, maka kulit Anda sedang menunjukkan bahwa produk skincare tersebut tidaklah cocok.

Tinggalkan komentar