15 Tips Awet Muda, Lima Tahun Lebih Muda dari Usia Sebenarnya

Bagaimana caranya agar tampil lebih muda dan awet? Bagi wanita Muslim, amalan apa saja yang wajib diterapkan? Memiliki wajah yang terlihat masih muda meskipun sudah berumur adalah impian banyak wanita. Mereka yang telah memasuki usia di atas 30 tahun tentu semakin mulai merasa was-was melihat wajahnya telah ada tampak kerutan dan bintik-bintik flek noda.

Semua wanita, terutama ibu-ibu berharap agar bisa mempunyai muka yang selalu fresh, segar dan tampak awet muda.

Memiliki wajah ayu dan tetap muda, bahkan lebih muda dari usia sebenarnya, bukanlah perkara yang mudah, apalagi bagi kaum wanita yang banyak mengalami stress dalam mengurus rumah tangga dan permasalahan kerjanya. Memang, kita tak bisa melakukan apapun untuk mengurangi pertambahan usia.

Namun, kita bisa memfokuskan diri agar memiliki usia biologis yang tetap terlihat muda. Usia biologis berkaitan dengan: tekanan darah, jumlah lemak dalam tubuh, kemampuan indra, hormon, kepadatan tulang, ketebalan kulit, tingkat kolesterol, dan kemampuan gerak. Nah, dengan melakukan beberapa tips berikut ini, anda bisa berpeluang memiliki kualitas wajah yang awet muda seperti kebanyakan artis papan atas.

1. Menjaga kesehatan kulit

Awet muda terlihat dari kesehatan kulit yang membalut wajah dan tubuh anda. Kulit mulus dan tidak keriput adalah ciri yang menonjol dari seorang wanita yang berhasil melawan kesan penuaannya. Seorang ahli gizi dan psikiater bernama Amy Wechsler mengungkapkan bahwa, keriput pada kulit bisa dicegah dengan berbagai nutrisi kulit, salah satunya adalah retinoids. Beberapa krim kecantikan yang dijual di toko-toko kosmetik banyak mengandung retinoids.

Namun anda bisa memperoleh nutrisi retinoids dari berbagai bahan makanan, khususnya pada wortel. Memakan wortel dapat membantu anda menjaga keseimbangan tingkat keasaman atau pH permukaan kulit anda. Wortel membantu meningkatkan keasaman kulit anda yang pada akhirnya akan membantu anda untuk menyingkirkan bakteri yang hinggap. Sebagai informasi tambahan, coklat dapat membantu anda memperbaiki tekstur, ketebalan, kadar air, dan aliran darah pada kulit anda.

2. Tips awet muda dengan olahraga

Rahasia awet muda tidak terlepas dari keaktifan gerak tubuh. Orang yang malas berolahraga dan jarang meregangkan otot-otonya akan cenderung memiliki kulit yang lembek dan tidak kencang. Selain berpengaruh terhadap vitalitas kulit tubuh anda, berolahraga penting untuk menjaga kesehatan.

Menurut pendapat James M. Rippe, M.D yang merupakan seorang penulis ternama, cardiolog terkemuka, dan pendiri Rippe Lifestyle Institute, menjelaskan bahwa seorang berusia lanjut yang memiliki kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat dibandingkan dengan seseorang yang berusia muda namun tidak aktif secara fisik. Dengan meningkatkan aktivitas fisik anda, anda bisa memutar kembali jam biologis anda dan mendapatkan kesan tubuh dan wajah yang lebih muda.

3. Pastikan tubuh mendapatkan cukup tidur dan beristirahat

Anda pasti pernah melihat lingkar mata menjadi agak pucat dan layu karena terlalu sering bergadang. Oleh karena itu, penting bagi tubuh untuk memperoleh jam biologi untuk beristirahat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medis Chicago mengungkapkan bahwa dengan mengurangi jumlah jam tidur dari durasi 8 jam menjadi 4 jam akan mempengaruhi kadar glukosa dan fungsi endokrin anda kurang dari 1 minggu.

Secara tidak langsung, fluktuasi hormon tersebut akan memberi dampak negatif sehingga nampak seperti tahap awal jika anda terkena diabetes. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa kekurangan tidur bukan hanya menyebabkan anda memiliki awal yang kurang prima setiap harinya, namun anda juga akan menjadi rawan terhadap beberapa penyakit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan hilang ingatan.

4. Jaga dan pertahankan sikap positif

Berpikir dan bertindak positif akan mendatangkan energi positif. Sebaliknya berpikir dan bersikap negatif akan memberi efek negatif. Orang yang sering curiga, marah, dan cemberut akan memberi efek tidak baik bagi kesehatan dan vitalitas tubuhnya. Fakta dalam sebuah penelitian menunjukkan hubungan antara sikap seseorang dengan kesehatan fisik dan mentalnya. Dengan menjaga dan mempertahankan pikiran dan perilaku positif akan memberi pengaruh baik untuk keawetan tubuh anda.

Sebuah jurnal penelitian dilakukan sejak tahun 1986. Peneliti yang berasal dari Universitas Kentucky bernama David Snowdon meneliti 678 biarawati untuk menemukan rahasia otak, khususnya apa yang terjadi pada otak seiring dengan bertambahnya usia. Hasil penelitiannya yang dikenal dengan Penelitian Biarawati, berhasil menemukan cara-cara untuk hidup dengan kehidupan mental yang aktif seiring dengan pertambahan usia. Salah satu penemuannya adalah kondisi emosi positif pada usia dini akan membantu menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang usia.

5. Makan makanan yang banyak mengandung anti oksidan

Salah satu cara untuk membuat tubuh dan wajah menjadi awet muda adalah dengan rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan. Hal ini telah banyak dipaparkan oleh berbagai penelitian, salah satunya adalah riset yang dilakukan oleh Dr. Mehmet C. Oz, M.D. Beliau merupakan salah satu penulis buku Staying Young: The Owner’s Manual for Extending Your Warranty.

Dr Mehmet mengungkapkan bahwa antioksidan merupakan makanan anti penuaan, dan buan blueberry merupakan salah satu makanan sumber antioksidan yang paling digemari. Beliau juga menjelaskan bahwa, “Semua makanan berwarna gelap memiliki semacam zat anti oksidan yang dapat melindungi anda.”

Selain blueberry, beberapa sumber makanan yang berperan sebagai anti penuaan diantaranya brokoli, tomat, dan acai, buah kecil yang berasal dari hutan di Amerika Selatan yang sering ditemukan pada minuman jus di Amerika Serikat. Dokter Mehmet menyarankan anda mengkonsumsi 5 macam makanan yang mengandung antioksidan setiap harinya.

6. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat

Dr. Oz dalam sebuah acara tv, mengungkapkan bahwa salah satu kunci untuk mendapatkan wajah dan tubuh awet muda adalah menjaga kesehatan pencernaan. Hampir sebagian besar penyakit dan kondisi tubuh disebabkan oleh apa yang kita makan.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan, kita memerlukan 25 gram serat setiap harinya. Serat bekerja dengan menjaga semua nutrisi yang anda makan dalam tubuh dan melepaskan nutrisi tersebut jika dibutuhkan. Serat dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran dan makanan yang gandum. Cobalah tips berikut:

  • Makanlah oatmeal untuk sarapan anda
  • Pilih makanan yang mengandung gandum sebagai sarapan atau kudapan.
  • Cobalah nasi merah atau pasta yang terbuat dari gandum.

7. Minum air putih yang cukup

Air putih berperan penting dalam proses metabolisme membuang racun di dalam tubuh. Jika anda seorang wanita, mengkonsumsi air putih minimal 6 hingga 8 gelas per hari adalah sesuatu yang harus anda biasakan agar tubuh tetap terhidrasi dan wajah menjadi lembab.

Bagi pria, 8-12 gelas adalah jumlah yang dianjurkan. Rajin mengkonsumsi air putih tidak hanya dapat melembapkan wajah, melainkan juga dapat memberikan efek pada wajah serta dapat mencerahkan wajah sehingga tampak segar dan terlihat awet muda.

8. Manajemen stress yang tepat

Stress adalah bagian dari hidup kita sehari-hari. Stress tidak bisa dihilangkan, tetapi diatur atau dikurangi agar tidak memberi efek negatif. Stress tidak hanya akan membuat kulit wajah lebih cepat mengkerut, tetapi juga menimbulkan beragam penyakit. Memang banar kata pepatah lama, “Selain makanan, penyakit juga datang karena pikiran”. Penelitian menunjukkan bahwa antara 60 hingga 90% kunjungan ke psikiatris berhubungan dengan stress.

Stress berhubungan dengan segala hal mulai dari masalah pribadi, beban pekerjaan, hingga problema rumah tangga. Berbagai gangguan kesehatan, seperti jantung, hipertensi, darah tinggi, depresi, penyakit kronis, gangguan seksual dan kesuburan, serta diabetes semua disebabkan oleh stress. Untuk meningkatkan peluang anda untuk hidup lebih lama dan awet muda, anda harus mengurangi kemungkinan anda untuk sakit, dan itu berarti anda harus mengurangi tingkat stress anda.

9. Mengasah kemampuan otak anda

Terkadang orang sering beranggapan bahwa tak ada gunanya banyak belajar ketika umur makin menua. Saatnya pensiun dan bersantai ria. Padahal, kenyataannya justru bisa sebaiknya. Sejumlah data yang berhasil diungkap selama dua puluh tahun terakhir memastikan bahwa otak terus berkembang, mengembangkan neuron-neuron baru dan jaringan diantara neuron tersebut sepanjang hidup. Nah, berbagai penyakit otak yang sering dihubungkan dengan pertambahan usia dapat dihilangkan dengan terus menstimulasi otak.

Menurut penjelasan yang dipaparkan oleh Dr. Yakov Stern, Kepala Divisi Cognitive Neuroscience di Sergievsky Center, Universitas Columbia menyatakan bahwa, “Individu yang terus menerus menstimulasi kehidupannya melalui pendidikan, pekerjaan, dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan hobi, akan mengurangi kecenderungan terkena Alzheimer. Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan terkena Alzheimer berkurang sebesar 35 hingga 40%.”

Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

10. Membersihkan dan merawat kesehatan gigi secara rutin

Penelitian menunjukkan bahwa bacteria yang ditemukan pada plak gigi merupakan bakteri yang sama dengan yang ditemukan di timbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah. Peneliti berspekulasi bahwa bakteri yang berasal dari mulut dapat memasuki pembuluh darah dan menyebabkan iritasi dan penyumbatan pembuluh darah. Nah, membersihkan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal penting, bukan hanya untuk penampilan saja, tetapi bisa berkaitan juga dengan penyakit dalam tubuh.

Salah satu gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh kondisi gigi yang tidak bersih adalah Perionditis. Periodontitis merupakan infeksi atau peradangan gusi serius yang melibatkan penghancuran jaringan lunak dan tulang pendukung gigi. Periodontitis dapat menyebabkan kegoyahan gigi atau bahkan kehilangan gigi.

Rupanya, dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara penyakit periodontitis dan cardiovascular. Pria di bawah usia 50 tahun yang memiliki penyakit periodontal memiliki peluang 2,6 kali lebih besar untuk meninggal di usia muda dan peluang 3 kali lebih besar untuk meninggal karena penyakit jantung. Jadi penting sekali untuk merawat kebersihan gigi untuk mengurangi peluang terkena cardiovascular.

Penyebab utama periodontitis adalah kebersihan gigi yang buruk, dan dengan menyikat gigi setiap hari, menggunakan benang gigi, serta memeriksakan gigi anda ke dokter gigi secara rutin dapat mengurangi kemungkinan anda terkena penyakit ini.

11. Lenyapkan mitos menjadi tua berarti anda menjadi tak berguna

Mungkin anda sering mendengar selentingan kuno yang berbunyi “Apa yang sering kau pikirkan, itu yang akan terjadi”. Nah, jika anda merasa dan beranggapan bahwa saat tua berarti sudah tidak berguna, maka akan lebih cepat terjadi. Ilmuwan berpendapat bahwa semakin anda mempercayai persepsi bahwa dengan semakin bertambahnya usia, maka ketajaman anda semakin berkurang, maka hal itu akan benar-benar terjadi pada anda.

Psikolog Becca Levy, Ph.D. dari Universitas Yale menyelidiki pengaruh psikologis pada pertambahan usia, khususnya pada bagaimana persepsi seseorang mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya. Melalui penelitiannya, Becca Levy menemukan fakta bahwa orang berusia lanjut yang memiliki pendapat negatif mengenai penuaan memiliki hasil tes yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang memiliki pendapat positif saat lanjut usia.

Sebagai contoh mereka berpendapat bahwa dengan bertambahnya usia maka mereka pun bertambah bijak. Penelitiannya menunjukkan bahwa orang berusia lanjut dengan persepsi positif terhadap penuaan hidup 7,5 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang memiliki persepsi negatif. Bahkan gangguan pendengaran juga dapat diprediksi berdasarkan persepsi orang tersebut.

12. Tips awet muda dengan berhenti merokok

Rokok telah terbukti membawa dampak buruk bagi kecantikan dan kesehatan kulit anda. Organ dalam yang terpapar racun nikotin akan bereaksi membuatnya menjadi lebih tua. Menurut pendapat Dr. Rippe, yang telah disebutkan sebelumnya, juga menyatakan bahwa jika anda berusia 50 dan anda merokok, maka anda memotong 7 tahun usia anda. Sehubungan dengan penuaan, merokok membuat kulit anda menjadi keriput dan membuat anda terlihat lebih tua.

13. Minumlah anggur merah secara teratur

Pernahkah anda mendengar bahwa minuman anggur atau wine merah secara teratur baik bagi kesehatan anda? Dr. Oz menjelaskan bahwa wine merah bermanfaat bagi kesehatan karena 2 faktor: alcohol dan resveratrol, yang mengandung kadar antioksidan tinggi yang berasal dari kulit anggur.

Pembuat anggur menambahkan kembali kulit anggur supaya wine berwarna merah, namun mereka tidak menambahkan kulit anggur pada wine putih – sehingga wine putih tidak mengandung resveratrol. Zat resveratrol yang terkandung dalam wine merah membantu dalam mengaktifkan sel dalam tubuh anda untuk mencegah penuaan sel-sel anda.

Dr. Oz menyarankan agar setiap orang dewasa sebaiknya meminum setengah sampai gelas wine merah setiap hari, dan bukan berlebihan yang justru menyebabkan mabuk.

14. Tips awet muda dengan meditasi

Dengan melakukan meditasi dan latihan mengatur nafas dapat memberi efek luar biasa untuk pikiran dan kesehatan anda. Menurut pendapat Deepak Chopra, M.D. yang merupakan seorang ahli dalam menemukan hubungan antara pikiran dan tubuh, dalam salah satu bukunya menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan pada orang-orang yang berlatih meditasi dapat memiliki usia biologis 5 hingga 12 tahun lebih muda dibandingkan dengan usia kronologis mereka.

Hal ini karena orang –orang yang melakukan meditasi memiliki tingkat hormon stress seperti cortisol dan adrenalin yang lebih rendah, dan mekanisme adaptasi mereka cenderung lebih kuat dibandingkan orang rata-rata.

15. Memberi dan menerima banyak cinta dan kasih sayang

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Marian C. Diamond yang merupakan salah satu ahli anatomi syaraf menemukan fakta bahwa cinta dan kasih sayang yang ditebarkan atau diterima seseorang akan membuatnya lebih awet muda. Dr. Marian melakukan penelitian menggunakan tikus muda untuk menentukan apakah keadaan lingkungan mempengaruhi pertumbuhan. Sebuah kandang yang diisi oleh 12 ekor tikus dipenuhi oleh berbagai alat yang bisa digunakan untuk bermain. Sebaliknya, kandang yang lain tidak diisi mainan sama sekali. Tikus-tikus yang kandangnya diisi dengan mainan dapat menyelesaikan tes lebih cepat dibandingkan dengan tikus yang diletakkan pada kandang tanpa mainan.

Kemudian, Dr. Diamond ingin melakukan eksperimen yang sama menggunakan tikus yang lebih tua, dan dia memilih tikus-tikus berusia 600 hari, yang kurang lebih sama dengan 60 tahun usia manusia. Namun, beberapa ekor tikus meninggal menjelang usia 600 hari. Ia memutuskan untuk mencoba dan memperbaiki durasi usia tikus dengan menambahkan bahan tambahan dalam eksperimennya: kasih sayang.

Daripada menempatkan tikus-tikus tersebut dalam kandang setelah dibersihkan, para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian memelihara tikus-tikus tersebut, bahkan membawanya dalam jas lab mereka. Tikus-tikus tersebut hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak dipelihara.

Tips Awet Muda untuk Wanita Muslimah

Nah, untuk anda wanita muslim yang ingin mewujudkan memperoleh wajah yang lebih awet dan muda, bisa mengamalkan tips-tips Islami berikut ini, seperti yang dikutip dari fuh.com.my:

Tips 1
Saat bangun pagi, sebelum mandi dan gosok gigi, minum air dan biarkan di dalam mulut selama 10 detik sambil selawat 3 kali di dalam hati. Kemudian baru diteguk. Air liur ada enzim yang dapat jadi obat. Setelah itu, saat anda bangun pagi, sebelum mandi dan gosok gigi, silakan basuh dan urut wajah anda dengan air dari bawah dagu hingga ke atas dahi diiringi selawat nabi 3 kali. Lakukan rutin setiap hari.

Tips 2
Selama berdandan di waktu pagi hari, baca selawat Nabi di kedua telapak tangan dan raupkan ke muka beserta niat dalam hati supaya diindahkan wajah seperti Nabi Yusuf. Amalkan setiap pagi.

Tips 3
Untuk mengesankan wajah kita agak muda dari umur sebenarnya, amalkanlah petuah ini dengan jujur ​​dan ikhlas. Setiap kali setelah sholat subuh bacalah surah Yusuff, kemudian minum air hangat tiga teguk saja. Wajah akan terlihat muda dari usia sebenarnya.

Tips 4
Hafalkan ayat 35 ~ 38 surah Al-Waqiah. Bacalah dalam hati setiap kali mandi untuk curahan air pertama, mulai dari kepala.

Tips 5
Amalkan bangun pagi dan mandi embun. Usap embun dari ujung daun pada wajah, rambut dan kulit tubuh. Khasiat air embun sangat banyak. Wajah akan berseri dan tubuh menjadi sehat serta awet muda.

Nah, demikianlah cara dan kiat yang bisa anda praktikkan agar bisa memperoleh tubuh dan wajah sehat, alami, dan tampak awet muda. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa share di media sosial.

Tinggalkan komentar