20 Trik Menjaga Kesegaran Buah dan Sayuran Tidak Cepat Busuk

Kita cenderung menyimpan buah dan sayuran di dalam lemari pendingin untuk menjaga kesegarannya. Namun, tak semua jenis sayuran dan buah cocok dimasukkan ke dalam kulkas. Terkadang, beberapa di antaranya mengganggu aroma bahan makanan lainnya yang ada di dalam kulkas, atau sebaliknya terkontaminasi oleh bau dari jenis bahan makanan lainnya yang disimpan bersamanya.

Ada beberapa jenis buah, sayuran, dan bumbu yang memerlukan perlakuan dan tempat khusus sehingga membuatnya tetap awet dan fresh. Berikut ini kami sajikan sederet tips dan trik dalam menangani beberapa jenis buah dan sayuran serta bahan bumbu masakan agar tetap segar dan tahan lama.

Tips 1
Jangan mencuci buah atau sayuran sebelum menyimpannya

Mungkin tips ini terdengar agak aneh, tetapi sebenarnya lebih baik tidak mencuci buah dan sayuran sebelum menyimpannya di lemari es atau lemari dapur. Jika ada yang kotor, cukup bersihkan dengan kain atau tisu kering. Mencucinya dapat menghilangkan pertahanan alaminya agar tidak berjamur dan membusuk. Cucilah buah jika Anda akan segera memakannya atau menggunakannya.

Tips 2
Buah-buahan dan sayuran lebih menyukai lingkungan yang kering

Suasana yang lembab sebenarnya hanya mendorong sesuatu menjadi mudah berjamur. Trik yang baik untuk mengatasi hal ini adalah dengan meletakkan tissu kertas di dalam wadah yang menampung buah atau sayuran. Ini akan menyerap kelembapan berlebih dan mencegah produk cepat membusuk.

Tips 3
Simpan sayuran yang diiris dan dikupas ke dalam air

Anda sebenarnya bisa menyimpan sayuran segar yang baru diiris atau dikupas seperti wortel dan seledri dalam waktu lama di lemari es. Untuk melakukan ini, Anda perlu menempatkannya di dalam wadah dengan sedikit air.

Tips 4
Jenis buah dan sayuran tertentu tidak boleh disimpan bersama

Jenis buah dan sayuran tertentu mulai aktif mengeluarkan etilen setelah matang. Etilen itu adalah gas alami untuk proses pematangan buah. Buah yang banyak mengeluarkan etilen setelah matang antara lain: pisang, aprikot, melon, pir, plum, mangga, dan tomat.

Jenis buah dan sayuran lain yang sensitif terhadap etilen, di antaranya apel, terong, semangka, kentang, labu, wortel, dan brokoli. Jika buah dari kelompok pertama ditempatkan bersama dengan buah kelompok kedua, maka buah kelompok kedua akan lebih cepat membusuk. Jadi yang terbaik adalah menyimpan kedua grup buah ini secara terpisah satu sama lain.

Tips 5
Bawang putih dan bawang bombay bagus disimpan di tempat gelap

Area terbaik bawang putih dan bawang bombay adalah kegelapan. Jika Anda tidak memiliki area gelap yang luas, Anda dapat memasukkannya ke dalam kantong kertas dengan beberapa lubang kecil yang dilubangi untuk udara. Dengan begitu Anda dapat menyimpannya cukup banyak di mana saja dan pada saat yang sama mampu mempertahankan keawetannya.

Tips 6
Simpan buah dan sayuran di bagian kulkas yang tidak terlalu dingin

Semakin rendah suhu (dingin), semakin sulit mempertahankan aroma dan kesegaran buah dan sayuran. Jika Anda ingin rasanya enak lebih lama, simpan di bagian lemari es yang suhunya sedikit lebih tinggi. Jangan menyimpannya di bagian pembuat es (ice box).

Tips 7
Jangan letakkan jenis buah dan sayuran tertentu di dalam kulkas

Paprika, mentimun, dan tomat harus disimpan pada suhu kamar. Paprika kehilangan konsistensi kenyalnya jika disimpan di lemari es, sementara mentimun dan tomat bisa menjadi berlendir. Buah dan sayuran tidak boleh disimpan di lemari es sampai matang. Jika tidak, mereka akan membusuk lebih cepat.

Tips 8
Bawang dan kentang di tempat terpisah

Jika Anda menyimpan bawang dan kentang di satu tempat yang sama, maka bawang akan mulai bertunas dan menjadi tidak enak dimakan.

Tips 9
Bungkus pangkal buah pisang

Jika pisang disimpan di lemari es, pisang akan cepat menghitam dan kehilangan rasanya. Yang terbaik adalah menyimpannya pada suhu kamar, tetapi dengan tangkai buah yang dibungkus dengan plastik.

Tips 10
Kentang akan rusak jika disimpan di bawah sinar matahari

Anda tidak boleh menyimpan kentang di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Umbi kentang tidak hanya mulai cepat membusuk, tetapi itu bisa menjadi berbahaya. Lebih baik menyimpannya di tempat yang kering dan gelap atau di dalam kotak atau keranjang kayu atau plastik.

Tips 11
Taruh beberapa apel di samping kentang

Jika Anda memasukkan satu atau dua apel ke dalam kentang, maka umbi kentang lebih awet dan tahan lama.

Tips 12
Buah anggur akan tetap segar jika disimpan dalam kantong polietilen

Anggur tidak akan cepat rusak, dan juga akan tetap berair dan segar, jika Anda memasukkannya ke dalam kantong polietilen atau bungkus makanan plastik dan memasukkannya ke dalam lemari es. Juga, disarankan jangan menyimpannya dalam satu kelompok besar karena dengan cara itu, yang di bagian bawah akan hancur.

Tips 13
Tomat harus disimpan dengan “kepala” menghadap ke atas

Area di sekitar tangkai buah adalah bagian tomat yang paling halus. Ini adalah area di mana tomat mulai membusuk. Jadi, simpanlah dengan tangkai menghadap ke atas, dan buah tomat akan bertahan lebih lama.

Tips 14
Bungkus seledri dengan kertas timah

Seledri akan bertahan lebih lama jika dibungkus dengan kertas timah dan disimpan di lemari es. Sebaliknya, daun seledri akan mudah kehilangan rasa dan konsistensinya jika disimpan di dalam plastik.

Tips 15
Sayuran yang disimpan pada suhu ruangan membutuhkan aliran udara

Sayuran tidak boleh ditaruh di lemari tertutup. Mereka akan rusak lebih cepat dari biasanya dalam kondisi seperti itu. Sebaliknya, yang terbaik adalah menyimpannya dalam kotak kayu atau plastik dengan ventilasi yang baik. Yang penting mereka dapat memperoleh manfaat dari sirkulasi udara.

Tips 16
Brokoli dan kembang kol menyukai kelembapan

Sayuran brokoli paling baik disimpan dengan memasukkan batangnya di air tawar dan menutupi bagian atas dengan kain basah. Air harus diganti secara teratur dan kain sering dibasahi. Kembang kol juga harus dibungkus dengan kain basah, atau dalam pembungkus makanan plastik dengan beberapa lubang di dalamnya untuk ventilasi.

Tips 17
Asparagus harus disimpan seperti seikat bunga

Asparagus harus disimpan dalam gelas berisi air, seperti Anda akan menyusun buket bunga. Dengan begitu, asparagus akan tetap segar lebih lama.

Tips 18
Cara menyimpan buah alpukat

Alpukat yang belum matang harus ditempatkan dalam kantong kertas tebal atau dibungkus dengan koran dan disimpan pada suhu kamar sampai matang. Setelah matang, silakan masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan di lemari es.

Tips 19
Simpan buah sitrus dalam plastik

Buah sitrus seperti jeruk, tangerine, lemon, dan jeruk nipis bisa bertahan selama satu minggu jika kita simpan dalam tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari. Namun kita bisa memperpanjang masa simpannya, dengan cara membungkusnya dalam plastik kedap udara dan meletakkan dalam kulkas.

Tips 20
Cara menyimpan buah semangka

Semangka yang masih utuh bisa bertahan selama 10 hari dalam suhu ruangan, sedangkan di dalam kulkas bisa hingga dua minggu. Sedangkan, untuk semangka potong, Anda sebaiknya membungkusnya seperti di supermarket sebelum masuk kulkas. Tindakan tersebut bisa membuat semangka bertahan hingga tiga hari dan rasanya tetap terjaga.

Nah, demikianlah sederet kiat dan tips dalam upaya menjaga kesegaran buah dan sayuran agar lebih awet dan tahan lama. Jika informasi ini bermanfaat, jangan lupa share di media sosial.

Tinggalkan komentar