11 Video Editor Terbaik untuk Pemula, Profesional & Youtuber

Apakah Anda seorang editor video profesional atau amatir? Apa software edit video yang paling bagus saat ini untuk pemula dan profesional? Aplikasi mana yang cocok untuk para Youtuber dan Vlogger? Video adalah cara terbaik untuk menikmati moment, berbagi, dan menciptakan kenangan yang dapat bertahan selamanya. Tidak masalah jika Anda menangkap momen terbaik dan terburuk sekalipun dalam kehidupan dengan smartphone, DSLR, atau bahkan kamera sederhana.

Mengedit video akan memungkinkan Anda untuk menyorot dan berbagi rekaman dengan teman atau bahkan semua orang di seluruh dunia. Jenis software atau editor video terbaik yang akan digunakan tergantung pada kebutuhan atau tujuan, jenis komputer yang dimiliki dan, tentu saja, anggaran yang tersedia untuk membeli lisensi. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, inilah pandangan kami tentang editor video terbaik yang tersedia saat ini.

Editor Video Terbaik secara Keseluruhan: Adobe Premiere Pro

Sering disebut sebagai ‘mbah-nya’ software edit video, Adobe Premiere Pro adalah cross-platform, uber-populer timeline berbasis editor video yang telah lama menjadi standar untuk perangkat lunak penyuntingan video. Aplikasi ini mampu menangani hampir semua jenis format video. Dengan begitu, perangkat lunak Adobe siap memproduksi video untuk semua jenis produksi profesional, termasuk film, televisi dan web.

Premiere Pro menawarkan daya canggih untuk menangani video realitas virtual 360 derajat hingga 8K semua dalam format asli. Bahkan dapat mengimpor dan mengekspor rekaman dari perangkat lunak kompetitor lainnya, seperti Final Cut Pro.

Meskipun sebagian besar perangkat lunak kelas profesional dapat menangani pengeditan multi-cam, Premiere Pro tetap selangkah di depan, menangani sebanyak mungkin sumber dengan sebanyak mungkin sudut yang diperlukan. Dimasukkannya Lumetri Color Panel yang dibundel memungkinkan penyesuaian warna yang canggih untuk ditangani dengan mudah.

Selain itu, integrasi Adobe dengan After Effects dan Photoshop menambahkan lebih banyak alasan bagi editor kelas profesional untuk memilih Premiere Pro.

Runner-Up Terbaik Secara Keseluruhan: Nero Platinum 2018

Meskipun Anda seorang amatir, namun Anda dapat merasa seperti seorang pembuat film profesional dengan perangkat lunak pengeditan video Nero Platinum 2018. Jika Anda mencari program yang selangkah lebih maju dalam editing video, Nero Platinum 2018 bisa menjadi master multi-tasking yang handal di perangkat komputer Anda.

Program multi-segi ini memungkinkan Anda untuk membuat, mengedit, burning, mengubah, mengatur, mengalirkan, dan memutar semua jenis media, termasuk video, foto, dan musik. Versi ini mencakup 18 template desain film baru, 18 template menu disk baru, dan 12 template desain yang dibuat untuk melengkapi video yang diformat secara vertikal dari ponsel cerdas Anda. Selain fitur pengeditan yang hebat dan kualitas 4K, Nero Platinum 18 juga memusatkan media Anda, sehingga Anda dapat mengatur, mengelola, dan memainkan semua file Anda di satu tempat.

Best Value: Pinnacle Studio 21 Ultimate

Corel’s Pinnacle Studio 21 Ultimate memberi semua yang akan Anda dapatkan dengan salinan standar Pinnacle Studio 21, ditambah sejumlah fitur yang ditingkatkan. Software ini memberi Anda antarmuka pengeditan yang mulus, kemampuan untuk bekerja dalam full HD, serta serangkaian fitur hebat untuk meletakkan cerita yang sempurna dengan video.

Sebagai permulaan, aplikasi editor ini telah ditambahkan dengan beberapa fitur transisi morph mulus untuk membantu Anda menyatukan semua bagian dari cerita visual Anda. Pinnacle Studio 21 Ultimate telah menggunakan efek filter kuas yang cukup unik, memungkinkan Anda mengubah rekaman langsung ke animasi hidup.

Tidak hanya menawarkan dukungan untuk mengunggah video 360 derajat, Studio 21 Ultimate telah disertakan dengan serangkaian fitur trim, edit, dan kontrol yang sangat intuitif untuk video 360 yang akan memungkinkan Anda memastikan pemirsa mendapatkan pengalaman yang benar-benar imersif sesuai dengan harapan Anda.

Melengkapi kumpulan fitur yang telah disebutkan di atas, aplikasi editor video ini juga memiliki kemampuan untuk menyertakan filter gambar-buram pada layar, yang berarti Anda dapat melindungi identitas wajah seseorang, pelat nomornya atau apa pun objek lainnya yang tidak ingin ditampilkan pada hasil akhir video Anda.

Editor Video Terbaik untuk Mac: Apple Final Cut Pro

Software Apple Cut Pro X mungkin memang cocok masuk dalam kategori “prosumer”, yang banyak disukai oleh para editor yang ingin memproduksi video-video bertaraf profesional, termasuk editing game dengan fitur penyunting yang kuat.

Software ini tidak dibekali dengan antarmuka timeline-track biasa, sehingga beberapa penggunanya merasa agak sulit. Tetapi perangkat lunak ini cukup intuitif dan powerful. Apple Final Cut Pro memiliki alat organisasi yang lengkap seperti perpustakaan, rating, penandaan (tagging), analisis otomatis untuk wajah dan adegan, dan pengkodean warna otomatis untuk klip khusus lagu, pintasan keyboard yang berguna, dan impor media drag-and-drop.

Terbaik untuk Windows: Movavi Video Editor 14 Personal Edition

Dengan Movavi Video Editor, adalah hal yang menyenangkan dan mudah untuk membuat konten video yang luar biasa bahkan untuk para pemula sekalipun. Cukup letakkan file media Anda ke timeline dan gunakan alat pengeditan Windows yang friendly untuk melakukan menyesuaikan. Seperti kebanyakan editor video, Movavi Video Editor memungkinkan Anda melakukan perubahan mendasar pada klip Anda dengan memangkas, memotong, dan memutarnya ke berbagai sudut.

Dengan perangkat lunak ini, Anda juga dapat menjadi produser film Anda sendiri dengan menggunakan banyak filter, transisi, judul, stiker, dan efek khusus. Tampilkan beberapa video di satu layar dengan alat picture-in-picture atau freeze video pada frame apa pun untuk penekanan tambahan.

Silakan buat video cards untuk dikirim ke keluarga dan teman-teman atau pertahankan kenangan liburan dalam format yang benar-benar ingin ditonton. Secara otomatis dapat meningkatkan kualitas video dengan Magic Enhance, atau menyesuaikan parameter warna secara manual seperti kecerahan, kontras, dan saturasi untuk keterlihatan yang lebih baik. Movavi Video Editor bahkan membantu Anda meminimalkan distorsi gerakan yang mengganggu dengan alat stabilisasi.

Editing Video Terbaik untuk YouTube: Corel VideoStudio Pro X10

Ketika Anda berfokus pada editing dan pembuatan konten video untuk channel YouTube, maka pilihannya ada banyak. Namun, aplikasi Corel VideoStudio Pro X10 melakukannya dengan lebih baik. Dengan hampir semua fitur dan alat yang Anda perlukan (termasuk transisi, efek, judul, template, dan lainnya), software Pro X10 menawarkan serangkaian nilai tingkat produksi yang luar biasa.

Pro X10 mendukung untuk pembuatan video jenis VR 360 derajat, 4K, Ultra HD dan media 3D. Meskipun semua format tersebut saat ini mungkin masih belum didukung oleh YouTube tapi setidaknya anda bisa mengetahui dan mempelajari kemampuan untuk pembuatan konten video tersebut.

Antarmuka pengguna memang tidak untuk pemula, tetapi dalam waktu singkat, Anda akan menjadi ahli dalam capturing, mengedit, dan berbagi (sharing). Fitur tambahan seperti remapping waktu untuk menyertakan gerakan lambat, efek kecepatan tinggi atau freeze action yang dilengkapi dengan klip pengelompokan atau pun ungrouping clips.

Selain itu, tersedia juga lebih dari 1.500 efek, transisi dan judul yang dapat disesuaikan. Meskipun gambar video menjadi fokusnya, namun kustomisasi yang pas pada proyek Anda dengan soundtrack atau audio yang ditangani dengan baik dan menjadikan film Anda terlihat dan terdengar sempurna.

Video Editing Terbaik untuk Vlogger: Sony Movie Studio 13

Sony Movie Studio 13 memang dibuat untuk pembuat film digital. Setelah Anda mengedit video, Anda dapat langsung mengunggahnya ke Facebook atau media sosial lainnya untuk berbagi dengan cepat. Membuat video dengan XRCS 4K (ultra HD) yang cantik, atau AVCHD untuk memberikan vlog Anda rasa produksi tinggi, profesional. Movie Studio 13 Platinum bersifat touch-enabled, sehingga Anda dapat membuat dan mengedit film lebih cepat menggunakan layar sentuh PC Anda.

Dengan tombol yang besar dan mudah digunakan, lebih sedikit menu dan Mode Edit Sederhana yang populer, Sony Movie Studio 13 membuat pengeditan video dengan cepat dan mudah, sehingga Anda dapat mengikuti kecepatan viral di internet. Perangkat lunak ini juga dilengkapi dengan ACID Music Studio 10 dan Sound Forge Audio Studio 10 untuk meningkatkan media online Anda.

Video Editor Terbaik untuk Smartphone: Adobe Premiere Clip

Premiere Clip adalah aplikasi edit video terhebat bagi pengguna iOS / Android Anda. Melalui aplikasi mobile ini, para pengguna smartphone dapat merasakan sensasi kehebatan program pengeditan Adobe yang kuat, mencakup Premiere Pro dan Premiere Elements. Ini adalah bagian dari ekosistem Creative Cloud, yang berarti Anda memerlukan ID Adobe untuk mengaksesnya, tetapi aplikasi dan akunnya gratis untuk semua.

Premiere Clip sempurna untuk materi iklan yang videonya terikat untuk saluran media sosial seperti YouTube dan Instagram. Anda dapat dengan mudah mengimpor klip video dari tempat-tempat seperti telepon Anda, Lightroom, Creative Cloud, dan Dropbox, dan kemudian menggunakan editor Freeform aplikasi untuk memangkas atau membagi klip, menyesuaikan pencahayaan dan exposure, menambahkan audio dan banyak lagi. Dan, tentu saja, Anda dapat menambahkan filter, yang diberikan dalam lingkup media sosial saat ini.

Video Editor Terbaik untuk Pemula: Corel VideoStudio

Corel’s Windows-only VideoStudio menawarkan seperangkat fitur yang sama kuat yang sebanding dengan lini produk Adobe atau CyberLink. Dari perbandingan, sangat mudah untuk mengetahui mengapa VideoStudio adalah pilihan yang bagus. Software ini menawarkan dukungan untuk 4K, VR 360 derajat, pengeditan multi-cam, serta perpustakaan besar musik yang bebas royalti (copyright).

Para pemula akan dengan cepat belajar untuk menggunakan fitur seperti “checkmarks,” yang dapat memberi tahu Anda klip mana yang sudah Anda gunakan atau dapat menerapkan efek ke semua klip yang saat ini ada di timeline Anda sekaligus. Selain itu, deteksi suara membantu Anda mencocokkan subtitle dengan ucapan dalam klip video Anda.

Membeli versi lengkap dari VideoStudio Ultimate X10 menambahkan satu set ekstra opsi yang akan disukai oleh para pemula, termasuk dukungan multi-monitor, pembuatan judul yang lebih mudah, dan bahkan animasi stop-motion.

Corel mendukung hampir semua format output, sehingga ideal untuk berbagi secara sosial atau untuk hosting online agar dunia dapat melihatnya. Sorotan lain untuk pemula adalah dimasukkannya mode storyboard, yang akan membantu menyusun visi yang tepat untuk produk jadi tanpa membuang jam dan hari pada proses pengeditan.

Runner-Up, Terbaik untuk Pemula: Magix Movie Edit Pro

Magix memang tak menghadirkan fitur tinggi seperti yang ada di Final Cut dan Adobe Premiere. Tapi mari kita mulai dengan dasar-dasar yang membuatnya bagus untuk pemula, dan itu adalah fakta bahwa, software ini menangani dasar-dasar dengan sangat baik. Pertama, ini dapat berjalan di sebagian besar mesin Windows modern, seperti Windows 10. Menurut situs web mereka, perangkat lunak ini telah menjadi mumpuni dan handal selama 15 tahun terakhir, yang memberikan kepuasan pelanggan hingga 93 persen pada iterasinya.

Ini dimulai dengan fitur yang paling sederhana: mode storyboard yang memungkinkan Anda menata narasi Anda pada layar yang lebih sederhana dan sekilas. Dengan cara itu jika Anda tidak ingin menelusuri detailnya, Anda tidak harus terjebak dengan semua jenis kontrol user tambahan. Tetapi jika Anda ingin menelusuri ke yang lebih rinci, Anda dapat melakukannya dengan mode Detail yang memungkinkan Anda mencampur dalam 200 trek multimedia, memberi Anda kemungkinan yang tak terbatas untuk proyek video Anda.

Ada banyak sekali efek dalam aplikasi ini seperti transisi, judul, kredit, keterangan dan bahkan termasuk skor audio. Ada kemampuan panning dan shift, zoom pasca-pemrosesan berkualitas tinggi, serta sejumlah besar plugin penyaringan warna untuk memberi Anda tampilan yang diperlukan. Anda akan memiliki kemampuan untuk mengekspor film Anda dalam resolusi hingga 4K, dan perangkat lunak ini bahkan mendukung proyek video 360 derajat. Ini ibaratnya sebagai “pembangkit tenaga listrik” yang besar untuk pemula.

Video Editor Terbaik untuk Profesional: Vegas Pro 15

Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih, yang ditujukan pada profesional untuk kebutuhan pemasaran, maka pilihannnya adalah Vegas Pro. Pada iterasinya yang ke-15, Vegas telah memperkenalkan banyak fitur baru, mulai dari akselerasi perangkat keras yang memanfaatkan Intel QSV hingga plug-in OFX picture-in-picture, atau ke opsi bingkai instan freeze baru yang super intuitif untuk mereferensikan pengambilan gambar tanpa menghentikan alur kerja.

Jika Anda memilih premium, Anda akan mendapatkan paket lengkap dari NewBlueFX fIlters untuk mewarnai proyek Anda seperti film Hollywood yang sebenarnya. Yang menarik tentang Vegas adalah software ini telah berusaha memberi Anda seperangkat kontrol intuitif yang lebih baik dari Final Cut, Premiere dan lain-lainnya, serta menggabungkannya menjadi satu.

Tinggalkan komentar