17 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Buat Anda Lebih Smart


tampil smart

Pada dasarnya setiap manusia yang terlahir ke dunia, sudah membawa tabiatnya masing-masing. Dan itu akan selalu melekat pada diri setiap manusia. Meskipun tak menutup kemungkinan jika tabiat seseorang akan mampu berubah karena dukungan orang-orang terdekatnya atau hal lainnya.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan umum yang dilakukan, malah akan membuat Anda terlihat lebih menarik di mata orang-orang yang melihatnya. Mungkin Anda tidak sadar atau memperhatikannya, tetapi orang-orang di sekitar Anda melihat Anda seseorang yang menarik dan selalu memuji setiap kali Anda melakukan hal itu.

Penasaran kebiasaan apa saja yang akan membuat Anda tampak terlihat lebih menarik? Berikut penjelasannya:

1. Tersenyum

Tersenyum itu sangat mudah dilakukan. Walaupun mudah, tetapi nyatanya ada banyak orang tidak mau atau tidak suka untuk melakukannya. Terlebih lagi kepada seseorang yang belum di kenal. Bagi seseorang yang mempunyai kebiasaan ini mungkin menjadi cukup lega ketika menyadarinya. Karena, mungkin Anda tidak pernah menyangka jika kebiasaan yang Anda lakukan mampu berdampak positif untuk Anda. Siapa sangka kebiasaan yang umum dilakukan ini mampu membuat Anda terlihat lebih menarik.

Sebuah survei mengungkapkan ketika seseorang yang selalu tersenyum itu, dapat menunjukkan kalau ia adalah pribadi yang ramah serta menyenangkan! Dan survei juga dapat membuktikan jika seseorang yang selalu tersenyum memiliki lebih banyak teman atau relasi, bahkan di cintai banyak orang dari pada yang tidak.

2. Katakan ‘TIDAK’ Jika Anda Tidak Ingin Melakukannya

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari jika kebiasaan ini akan membuat seseorang terlihat lebih menarik. Karena kadang di awal, seseorang yang mempunyai kebiasaan ini akan terlihat seperti tipe orang suka membuat orang lain tersinggung (karena menolak). Namun sebenarnya, orang-orang akan lebih menghormati mereka yang berbicara berdasarkan pikiran mereka, dari pada orang-orang yang selalu setuju dengan permintaan apa pun. Karena ketika Anda mengatakan ‘tidak’ kepada orang lain, maka orang lain akan mampu melihat diri Anda yang sebenarnya, di mana Anda akan dikategorikan sebagai seseorang yang memiliki pendirian dan jujur tentang perasaan Anda.

Meskipun ada waktu untuk mengatakan ‘tidak’ dapat membuat orang lain atau bahkan Anda sendiri merasa tidak nyaman, tetapi jika Anda berusaha mengendalikan suasana itu, maka Anda akan mulai merasa baik-baik saja. Ada saatnya ketika Anda perlu memprioritaskan diri Anda terlebih dahulu.

3. Menjadi Diri Sendiri

Kebiasaan bersikap apa adanya tanpa harus menjadi orang lain atau selalu menjadi diri sendiri pasti akan selalu berakhir baik suatu saat nanti. Tidak hanya itu, seseorang yang mempunyai kebiasaan ini juga akan terlihat lebih menarik, di mata orang- orang, termasuk dari lawan jenis. Menjadi diri sendiri menunjukkan kalau Anda adalah pribadi yang bisa menghargai orang lain. Tentunya ini adalah hal yang baik bukan??

4. Lakukan Hal-hal Baik untuk Orang Asing

Paling ringkas tapi percaya berapa banyak penulis yang melakukan tema semacam ini? Biarkan orang keluar dari pintu transportasi umum terlebih dahulu sebelum masuk. Kumpulkan uang tunai yang jatuh dan berikan kepada pemiliknya, atau mungkin Anda dapat memberikan uang atau hanya roti untuk pengemis sehingga mereka dapat mengisi perut.

Ini jelas hal yang kebanyakan orang tidak akan lakukan, akan tetapi seseorang yang mempunyai kebiasaan ini akan selalu di beri penghormatan oleh orang-orang. Dan yang pasti itu akan dapat membuat Anda semakin terlihat menarik.

5. Pendengar yang Baik

Kebiasaan yang satu ini tidak hanya akan membuat Anda terlihat menarik, tapi juga akan membuat Anda di hargai oleh orang lain. Tidak hanya itu, orang-orang yang mempunyai kebiasaan ini biasanya akan berhasil di dalam beberapa pekerjaan, yang mengharuskan Anda menjadi pendengar yang baik. Karena semua orang ingin didengarkan, jadi tak heran kalau seseorang yang mempunyai kebiasaan menjadi pendengar yang baik akan terlihat lebih menarik dan di sukai banyak orang.

6. Tenang Ketika Seseorang Memarahi Anda

cara mengendalikan emosiIni bukan pemandangan yang menyenangkan untuk melihat seseorang berteriak atau menjerit di depan kita. Tetapi akan lebih buruk saat membalasnya dengan menaikkan suara, itu tidak akan membantu sama sekali, bahkan bisa jadi akan lebih parah. Jangan berpikir jika seseorang yang mempunyai kebiasaan ini, adalah orang yang bermuka tebal atau-pun tidak peka.

Tetapi, mereka yang mempunyai kebiasaan ini akan terlihat lebih menarik ketika ia dapat menahan diri dan menunggu waktu agar lebih tenang dan kemudian menyelesaikan masalahnya. Hingga pada akhirnya, semua akan berakhir baik-baik saja. Mungkin sangat jarang seseorang terlahir dengan mempunyai kepribadian ini. Namun, jika ada salah satu dari Anda yang memilikinya, maka siap-siap saja kalau Anda akan menjadi pusat perhatian orang, karena merasa jika Anda itu adalah pribadi yang menarik. Ini mungkin penyelesaian terbaik untuk memahami orang dengan lebih baik.

7. Mulai Percakapan dengan Orang yang Baru Ditemui

Sebagian besar dari kita mungkin merasa takut dan tidak nyaman ketika jauh dari zona nyaman, seperti halnya memulai percakapan dengan orang baru (asing). Karena mungkin Anda merasa jika itu bagian dari pertahanan Anda yang ingin terlihat anggun (tidak banyak bicara) atau terlihat cool. Itu adalah hal yang biasa di lakukan, tetapi tidak ada salahnya juga jika Anda mempunyai kebiasaan yang bertolak belakang dari itu.

Toh itu juga akan menguntungkan bagi Anda. Bagaimana tidak? Karena siapa tau mereka bisa menjadi teman atau bahkan relasi bisnis yang akan menambah peluang Anda dalam pekerjaan, atau menjadi pendamping (jodoh) dalam hidup Anda nantinya! Jadi, kebiasaan ini tidak salah kan?? Keramah-tamahan Anda akan menjadi daya tarik tersendiri buat Anda, percaya itu!!

8. Rajin Membaca

Mungkin banyak yang mengatakan jika seseorang yang mempunyai kebiasaan membaca di beri julukan si kutu buku. Tapi, Anda tidak perlu risih atau-pun memasukkan ke dalam hati perkataan mereka. Karena tahukah Anda, jika seseorang yang mempunyai kebiasaan membaca akan mampu menuai keberhasilan dalam hidupnya kelak. Karena ia telah dibekali begitu banyak ilmu atau informasi dari kebiasaannya membaca.

Membaca adalah sebuah sarana untuk melihat warna-warni dunia. Jika kita rajin membaca, maka wawasan kita akan bertambah. Bukan hanya itu, membaca ternyata juga bisa mempengaruhi pola pikir dan meningkatkan kepekaan kita kepada lingkungan sekitar. Maka, hidup akan lebih berkualitas jika kita rajin membaca (pastikan untuk membaca bacaan yang baik dan bermanfaat). Tumbuh menjadi seseorang yang pintar dan penuh dengan wawasan akan menjadikan Anda pribadi yang lebih menarik. Bukankah itu akan menguntungkan bagi Anda?? Jadi, tidak usah malu atau merasa tidak nyaman jika di beri julukan “si kutu buku”.

9. Selalu Menjaga Kebersihan

Mungkin seseorang akan berkata, jika Anda adalah seseorang yang terlalu ribet dan bawel, karena selalu sibuk untuk membersihkan rumah atau bahkan lingkungan di tempat Anda dan teman-teman berada. Tidakkah Anda mengetahui jika, kebersihan merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi otak manusia. Ruangan yang bersih akan membuat penghuninya merasa lebih tenang dan sehat. Jika kita ingin hidup yang layak dan nyaman, maka nyamankan dulu ruangan-ruangan dimana kita beraktivitas di dalamnya. Caranya adalah dengan selalu menjaga kebersihan.

Jadi, orang-orang yang mempunyai kebiasaan ini, cukuplah berbangga hati. Karena itu akan membawa dampak positif dan menguntungkan bagi Anda maupun orang-orang terdekat Anda.

10. Tidak Pernah Malu Mengucap Maaf

Kata maaf merupakan kata yang sederhana, namun memiliki efek yang besar. Jika kita mulai membiasakan diri untuk mengucapkan kata maaf, baik dalam hal-hal besar maupun hal-hal kecil, maka otak kita akan terbiasa mendengar kata-kata baik. Dan hal tersebut akan mempengaruhi kita dalam menjalani hari-hari. Jadi, jangan pikir jika seseorang yang memiliki kebiasaan mengucap maaf itu adalah orang yang pengecut ataupun lemah. Kebiasaan ini baik untuk Anda, bahkan sangat baik!!

11. Belajar Fokus

Kata orang Anda itu adalah orang yang terlalu serius, dan itu membosankan! Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan ini tidak perlu ambil pusing, karena tanpa di sadari itu akan menguntungkan buat Anda bahkan orang lain. Fokus pada satu hal itu penting, terutama dalam pekerjaan. Orang yang mengerjakan banyak hal dalam satu waktu tidak mungkin bisa meresapi makna-makna dari apa yang mereka kerjakan, sekalipun seluruh pekerjaan mereka selesai semuanya. Namun, orang yang fokus pada satu hal akan mendapat hal yang lebih banyak karena mereka mengerjakan sesuatu sesuai dengan porsi dan konsentrasi yang baik.

12. Berani Mencoba Hal Baru

Mencoba hal-hal yang baru, mungkin bisa membuat orang lain berpikiran jika Anda adalah tipe seseorang yang masih labil atau tidak konsisten pada apa yang Anda putuskan. Tapi kebiasaan ini tidak selalu jelek dan kadang memang harus dilakukan.

Ada banyak orang yang ingin hidup lebih baik, namun mereka malas untuk keluar dari zona nyaman mereka. Padahal, hal-hal di luar zona nyaman adalah hal-hal yang bisa jadi akan mampu mengubah hidup seseorang. Maka, jika kita ingin hidup yang lebih nyaman dan berkualitas, jangan ragu untuk mencoba hal-hal yang baru. Siapa bilang jika kebiasaan yang satu ini tidak menguntungkan bagi yang memilikinya?

13. Katakan Terima Kasih

Paling menyenangkan ketika mendengar kata sederhana yang satu ini. Memang sederhana tapi nyatanya itu mampu membuat seseorang yang mempunyai kebiasaan ini terlihat lebih menarik dan juga sopan. Bukankah itu akan menguntungkan bagi Anda?? Sangat mudah untuk mengucapkannya, kapanpun atau dimanapun bahkan siapapun. Dari sanalah orang-orang akan bisa menilai sikap atau pribadi seseorang. Kebiasaan untuk selalu mengucapkan terimakasih walau untuk hal kecil sekalipun akan mampu membuat orang lain bahagia. Jadi, ini merupakan suatu kebiasaan yang perlu di lestarikan bukan??

14. Melakukan Apa yang Ingin Dilakukan

Kebiasaan yang berikutnya adalah melakukan apa yang ingin di lakukan. Jika di pikirkan secara selintas mungkin kebiasaan yang satu ini dapat berarti bahwa Anda tipe orang yang egois. Tapi jangan salah, kebiasaan ini akan dapat menguntungkan dan baik buat Anda jika di pikir lebih seksama.

Karena secara tidak langsung, kebiasaan ini akan membuat Anda jauh dari stres. Karena biasanya jika seseorang tidak dapat melakukan apa yang di inginkan akan membuatnya merasa tertekan, hingga pada akhirnya mengalami stres. Dan mungkin sudah banyak orang yang tau jika stres itu tidak lah baik.

15. Berhias Diri

cantikBisa dibilang jika kebiasaan ini dimiliki oleh orang-orang boros. Karena hampir semua orang tau jika merias diri itu perlu uang! Untuk make-up, untuk baju dan lain sebagainya. Tapi adakah orang yang memungkiri, jika kebiasaan itu akan dapat membuat Anda terlihat sangat menarik atau lebih tepatnya lagi terlihat cantik atau tampan. Siapa si di dunia ini yang tidak suka ketika melihat seseorang yang cantik atau tampan? Hal itu juga akan dapat membuat Anda lebih beruntung atau lebih mudah untuk mendapatkan pasangan hidup ataupun pekerjaan. Mengingat jika penampilan itu adalah 50 persen merupakan faktor pendukung dari penilaian seseorang terhadap kita.

16. Belajar Berhemat

Kebiasaan yang terakhir ini juga menjadi salah satu kebiasaan yang akan dapat menguntungkan Anda. Walaupun dengan bersikap irit akan membuat Anda terkesan pelit. Tapi coba Anda lihat apa yang Anda dapatkan jika Anda mempunyai kebiasaan irit. Sudah tentu Anda akan mempunyai tabungan untuk hari esok. Mungkin orang lain sibuk kesana-kesini mencari pinjaman untuk hal yang tak terduga, tapi Anda yang mempunyai kebiasaan ini akan bisa melawati masalah keuangannya dengan baik.

17. Tolak Ego & Belajar dengan Orang Berpengalaman

Anda dapat mengeluh tentang hidup Anda yang tidak sebaik orang lain tetapi kapan? Coba bertanya pada diri sendiri – mengapa saya tidak baik, kaya, sukses, berpengaruh atau cantik / tampan, atau mengapa hidup saya tidak seimbang? Pada akhirnya, Anda tidak dapat membantu diri Anda sendiri dengan lebih baik. Cobalah meluangkan waktu untuk mempelajari apa yang membuat orang lain lebih baik. Berlatih berulang-ulang. Tanyakan apakah Anda butuh bantuan. Karena jika Anda ingin menjadi yang terbaik, Anda harus mau belajar dari yang terbaik.

Kata Penutup

Demikianlah beberapa kebiasaan yang mungkin umum untuk dilakukan, namun bisa berdampak baik buat Anda. Mampu membuat Anda menjadi lebih menarik, di hormati, di sukai banyak orang, bukankah itu menguntungkan bagi Anda?? Mungkin tidak harus semua, memiliki salah satu kebiasaan saja, sudah mampu membuat Anda terlihat istimewa, apa lagi jika lebih dari satu. Pada intinya, kebiasaan yang baik itu pasti akan berdampak baik. Semoga dapat bermanfaat!!!


Tinggalkan komentar