5 Tokoh Terkenal Dunia yang Sejarahnya Masih Diragukan

Apakah anda pernah mendengar kisah sosok pahlawan rakyat dari Inggris yang bernama Robin Hood? Apakah tokoh tersebut merupakan sebuah legenda atau fiksi belaka? Sosok orang atau tokoh terkenal di dunia adalah mereka yang mampu mengukir prasasti namanya dalam sejarah dunia, entah itu dalam hal kebaikan atau positif maupun tokoh terkenal karena tindakan negatifnya.

Sosok terkenal tersebut akan menjadi pelajaran bagi generasi berikutnya. Ada banyak tokoh terkenal dari masa lalu hingga sekarang yang biografi mereka belum tercatat dengan baik selama bertahun-tahun, dan bahkan berabad-abad lamanya.

Tak sedikit dari mereka yang historis keberadaannya masih diragukan oleh pakar sejarah. Ini akibat minimnya bukti atau catatan yang menguatkan eksistensi mereka di masa lalu. Berikut adalah beberapa tokoh populer yang banyak diceritakan orang, tetapi mungkin sebenarnya tidak pernah ada atau dongeng belaka.

1. Robin Hood

Legenda kepahlawanan di negeri Inggris, bernama Robin Hood cukup populer di seluruh dunia. Ia terkenal dengan ceritanya merampok orang kaya untuk membantu orang miskin. Ksatria ini dikisahkan tinggal di Hutan Sherwood dan dicap sebagai penjahat kriminal.

Cerita ini jelas sebuah fiksi, tapi apakah Robin Hood benar-benar ada atau hanya tokoh fiktif belaka? Sulit mengatakan ada individu yang menjadi inspirasi untuk sumber terbentuknya legenda ini. Cerita ini diduga hanya rancangan, atau kombinasi unsur-unsur dari berbagai sumber cerita sejarah.

Ketika cerita tentang Robin Hood menjadi terkenal sekitar abad ke-13 dan ke-14, banyak bajak laut Inggris menyebut diri mereka Robin Hood. Namun, beberapa sejarawan berspekulasi bahwa karakter Robin Hood didasarkan pada seorang bangsawan bernama Fulk FitzWarin, yang menentang Raja John (salah satu musuh Robin Hood). Kehidupan FitzWarin kemudian berubah menjadi kisah abad pertengahannya sendiri, dengan nama Fouke le Fitz Waryn, yang memiliki beberapa kesamaan dengan kisah Robin Hood.

Jika dia adalah gambaran nyata Robin Hood, maka penggunaan nama Robin Hood adalah hasil yang lebih baik karena nama Fulk FitzWarin jelas kurang memberi kesan greget bagi siapa saja yang mendengarnya.

2. Mulan

Produsen film animasi, Disney telah memperkenalkan legenda bernama Mulan dalam sebuah karya film, yang didasarkan pada literatur China. Ini adalah kisah seorang gadis heroik berpakaian seperti pria dan berkelahi menggantikan posisi ayahnya yang sakit. Tokoh ini sering dianggap sebagai sesuatu yang benar dan fakta. Tapi bukti legitimasi ceritanya sangat buruk. Buku yang berjudul The Chinese Shadow Theatre: History, Religion Popular, dan Women Warriors menyatakan Mulan mungkin adalah sosok yang telah dirancang dan diciptakan berdasarkan kisah Wei Huahu, pahlawan sejati Cina kuno. Namun, tidak bisa dipastikan apakah Huahu pernah berperang dengan memakai pakaian pria.

Ada juga teks berjudul Lienü zhuan yang berarti ‘Teladan Wanita Awal China’, ditulis oleh Liu Xiang sekitar tahun 18 SM, dan diisi dengan lebih dari 120 biografi wanita terkenal dari China kuno, namun tidak ada cerita tentang Mulan. Meskipun Mulan dikatakan ada beberapa ratus tahun setelah buku diterbitkan, ada bagian di halaman terakhir buku ini khusus untuk ‘biografi ekstra’, tidak ada yang pernah menulis tentang Mulan, meskipun ceritanya bagus untuk pemodelan peran.

3. Raja Arthur

Anda mungkin tahu legenda King Arthur. Meskipun Anda belum pernah membaca cerita tentang hal itu, Anda mungkin pernah menonton filmnya. Karakter raja Inggris ini dikatakan telah memenangkan dan berjaya mendapatkan pedang Excalibur, dari Lady of the Lake dan menemukan Piala Kristus. Cerita fantasi ini jelas merupakan kesalahan dalam cerita rakyat, tapi apakah legenda Arthur didasarkan pada individu yang ada? Cerita pertama tentang Arthur muncul pada abad ke-9 dan juga pertempuran kronologisnya melawan tentara Saxon, jadi sepertinya tokoh ini adalah nyata. Jika benar, maka yang menjadi dasar eksistensi tokoh bernama Arthur ada pada masa yang lebih awal.

Beberapa sejarawan mengklaim komandan militer Romawi Lucius Artorius Castus sebagai kandidat yang tepat. Film King Arthur pada tahun 2004, yang dibintangi Clive Owen, menampilkan alur cerita yang mirip dengan pernyataan tersebut dan mempromosikannya sebagai tentara Romawi. Sementara yang lain berpendapat bahwa Riothamus, raja Inggris abad kelima adalah Arthur.

4. Shakespeare

Jika anda membaca cerita novel Romeo & Juliet, tentu anda mengenal nama tokoh ini. Shakespeare, dia pasti ada. Dia menghasilkan banyak karya sastra, dan potretnya juga ada. Tentunya banyak orang yang berpikiran begitu. Ceritanya juga telah difilmkan, seperti Mulan. Tapi ada beberapa fakta yang membuat keberadaan historinya masih diragukan. Seperti yang dinyatakan oleh Public Broadcasting Service (PBS), ada seorang pria bernama William Shakespeare, namun tidak banyak informasi tentang dirinya. Dari tempat dia belajar menulis, bagaimana dia belajar banyak tentang hukum, politik dan sejarah, seolah-olah karya Shakespeare ‘sebenarnya’ tidak begitu banyak dijelaskan. Jika pun ada, tidak ada yang tahu pasti siapa itu Shakespeare ‘sebenarnya’.

Ada kemungkinan lain yang bisa menjadi bukti otentik keberadaannya, yakni sebuah teori yang dicetuskan oleh seorang guru sekolah, bernama J.Thomas Looney. Dia menyatakan bahwa Shakespeare adalah julukan yang digunakan oleh individu yang memiliki posisi tinggi dan mulia, yang tidak ingin dikaitkan dengan karya seni yang lebih rendah tarafnya. Kemudian ketika dia meninggal, pengikutnya mempublikasikan karyanya di bawah nama seorang individu biasa dari publik dengan nama William Shakespeare, yang meninggal beberapa tahun sebelumnya.

5. John Henry

Nama John Henry diabadikan dalam musik rakyat sejak tahun 1800an. Karyanya “Ballad of John Henry” bercerita tentang mantan budak yang bekerja di jalur kereta api, yang mampu menggunakan palu lebih tangkas dari yang lain. Dia menantang mesin bor uap untuk menentukan siapa yang bisa bekerja lebih banyak, dan dia pun menang, meski dia meninggal setelah itu karena kelelahan ekstrem. Tokoh pahlawan terbaik akhirnya meninggal, dan cerita Henry dianggap sebagai legenda dari peristiwa tersebut. Tapi, sebenarnya dia mungkin hanya mitos belaka.

Seperti yang dijelaskan oleh NPR (National Public Radio), John Henry mungkin adalah “dongeng”, walaupun ada satu cerita yang didasarkan pada “peristiwa sejarah.” Memang ada orang yang bekerja di jalur kereta api di tahun 1800an, dan mesin uap telah diciptakan untuk mempercepat pekerjaan dan mengurangi biaya buruh.

Seorang musisi country, Merle Travis mengatakan, “Ada puluhan cerita berbeda tentang asal mula John Henry.” Ini adalah bukti terbaik bahwa Henry hanya ada dalam imajinasi, bukan sesuatu yang nyata.

Tinggalkan komentar