Bisnis Kaos Jersey Sepak Bola, Inilah Cara Suksesnya

Bagaimana cara merintis bisnis pembuatan dan penjualan kaos jersey sepak bola? Apa saja kiat dan tips sukses dalam melakoni bisnis fashion olahraga ini? Bisnis produksi serta penjualan t-shirt tim sepak bola memang cukup potensial, mengingat olahraga ini merupakan salah satu popular sports di dunia. Terlebih lagi di Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan jumlah fanatik bola yang sangat banyak.

Tidak hanya identik dengan laki-laki, bahkan kaum perempuan juga tak kalah hebohnya menjadi penggemar bola mania untuk tim kesayangan mereka, baik klub dalam maupun luar negeri. Maka tak heran, jika terjun ke bisnis kaos bola dan pernak – perniknya merupakan usaha yang cukup potensial mendatangkan keuntungan berlipat.

Tapi, setiap jenis bisnis tentu memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Sebagai bahan pertimbangan untuk anda yang akan membuka usaha konveksi, distro t-shirt, atau pun toko fashion dengan produk spesifik kaos jersey bola, ada baiknya mencermati plus minus bisnis ini.

Kekurangan Menjalankan Bisnis Jersey Bola

1. Sering Terbentur Legalitas Hak Atas Kekayaan Intelektual

Sebelum anda menggeluti bisnis pembuatan baju kaos bola, anda sebaiknya memahami terlebih dahulu tentang aturan penggunaan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Setiap jersey dari tim sepakbola memiliki hak paten yang dilindungi undang-undang.

Jika hal ini dilanggar, maka bisa saja anda tersangkut masalah hukum. Jadi coba ajukan izin penggunaan trademark ke tim-tim bola yang akan anda buat, khususnya tim-tim lokal. Tentu ada sejumlah kompensasi yang harus anda bayarkan.

2. Cenderung Dipengaruhi Momentum Tertentu

Hal lain yang menjadi sisi minus dalam bisnis pembuatan replika kaos bola adalah sering dipengaruhi oleh moment-moment tertentu. Misalnya terjadi perpindahan (transfer) pemain dari tim A ke tim B yang kemungkinan mempengaruhi penjualan produk anda, atau adanya pergantian model jersey yang baru sehingga produk replika jersey lama anda menjadi kurang laku di pasaran. Jadi anda harus pandai-pandai melihat dan memprediksi situasi di dunia soccer!

3. Adanya Segmentasi Pasar yang Beragam

Ada satu kesulitan yang harus anda pikirkan dalam bisnis penjualan t-shirt bola, yaitu adanya segmentasi pasar yang beragam. Anda harus pandai-pandai menghitung seberapa banyak penggemar Tim A di daerah Y atau berapa banyak penggemar Lionel Messi di daerah Z. Jika anda salah menghitung, maka produk jersey yang anda buat tidak laku sesuai harapan.

Kelebihan Menjalankan Bisnis Jersey Bola

1. Pangsa Pasar yang Besar

Jumlah penggemar olahraga sepakbola di Indonesia sangat besar. Bahkan suporter fanatik baik kepada tim lokal maupun internasional juga banyak. Hal ini merupakan sisi positif sebagai sebuah pangsa pasar yang melimpah untuk mengeruk keuntungan.

2. Gampang Memasarkan

Pangsa pasar untuk produk kaos bola ada di berbagai tempat, mulai dari wilayah perkotaan hingga ke desa-desa. Hal ini membuat anda gampang memasarkan produk anda di mana saja, mulai dari toko swalayan yang mewah, kios olahraga hingga di pasar-pasar kecil di perkampungan.

3. Termasuk Bisnis yang Stabil

Daya tarik lain yang membuat bisnis kaos ini terlihat menjanjikan adalah karena bisnis konveksi ini termasuk stabil. Tiap bulan selalu ada permintaan, dan akan mengalami kenaikan omzet tatkala ada event-event tertentu.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Pembuatan dan Penjualan Baju Kaos Bola

Nah, bagi anda yang sedang atau yang akan menjalani bisnis ini, mungkin tips-tips berikut bisa menginspirasi usaha anda.

1. Selalu Mengikuti Perkembangan Dunia Sepak Bola

Jangan sampai anda terlena dengan laba besar yang anda peroleh, sehingga melupakan perkembangan industri sepak bola. Ikutilah selalu hal-hal terbaru, termasuk berita gosip-gosipnya. Hal tersebut dapat menjadi pedoman anda dalam merencanakan kegiatan produksi. Misalnya ketika ada isu transfer pemain A dari Tim Y ke Tim Z, maka jangan dulu memproduksi kaos Si A dalam jumlah besar, sampai isu tersebut benar-benar clear!

2. Sebisa Mungkin Menghindari Pelanggaran Hak Paten

Setiap jersey dari club bola memiliki hak paten yang dilindungi undang-undang, sehingga tidak sembarangan pihak bisa memanfaatkannya, apa lagi untuk tujuan komersial. Jadi, upayakanlah agar anda bisa memiliki akses untuk menggunakan kekayaan intelektual tersebut untuk tujuan bisnis anda.

3. Membuat Perencanaan Produksi yang Tepat dalam Menghadapi Moment Tertentu

Tips ke tiga adalah membuat rencana yang terukur dalam kegiatan produksi kaos ketika ada event-event tertentu. Misalnya saat ada pegelaran Piala Dunia, anda harus memperkirakan berapa persen pecinta bola di daerah Y yang menjagokan Tim A, dan juga memprediksi tim negara mana yang akan lolos ke putaran final.

Berdasarkan pengalaman, orang yang tim jagoannya kalah biasanya akan berpindah ke tim favorit juara, sehingga mereka biasa membeli kaos lagi. Jadi, jika anda kurang tepat dalam hitung-hitungan dan prediksi, maka bisa saja stock produksi kaos anda akan menumpuk di gudang.

4. Pastikan Bisnis Anda “Go Online”

Tips berikutnya agar bisnis baju anda memiliki pangsa pasar yang luas adalah dengan “Go Online”. Di negara-negara barat, penjualan baju replika jersey lewat jalur internet cukup besar. Biasanya yang paling banyak dipesan adalah model baju kaos “customize”, artinya mode, warna, nomer, dan nama yang dicetak di bagian punggung bisa dipilih sesuai keinginan pelanggan. Oleh karena itu anda harus membangun toko online.

Nah, demikianlah sekilas informasi mengenai kiat sukses membangun bisnis fashion yang mengkhususkan pada produk kaos jersey tim sepakbola. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Tinggalkan komentar