21 Cara Aman Mengusir Tikus dengan Mudah dan Efektif

Gangguan hama tikus yang masuk ke rumah, dapat menjadi salah satu masalah yang memusingkan kepala. Tanpa kita sadari kehadiran mereka sering membuat kita marah dan jengkel terutama ketika mereka menghancurkan beberapa bagian penting dari barang-barang yang ada di rumah, mulai dari pakaian, kertas-kertas penting, sofa, jaringan kabel, dan banyak benda lagi lainnya.

Untuk menangani problem tersebut, Anda bisa menggunakan satu atau gabungan beberapa metode yang dipaparkan berikut ini.

1. Kapur barus

Kapur barus atau kamper adalah salah satu bahan yang cukup handal untuk mengatasi beberapa jenis hewan yang mengganggu kenyamanan rumah. Sama seperti semut dan kecoa, aroma kapur barus sangat tidak disukai oleh tikus. Dengan demikian menempatkan kapur barus di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus merupakan salah satu cara efektif untuk mengusir tikus dari rumah anda.

Penggunaan kapur barus dalam upaya mengusir tikus adalah salah satu langkah paling mudah dan aman karena bahan ini mudah ditemukan di toko-toko di sekitar rumah anda.

2. Suara jangkrik

Salah satu cara yang cukup ampuh dan alamiah dalam mengusir tikus dari rumah adalah dengan memelihara jangkrik. Suara jangkrik yang selalu terdengar di malam hari dapat mengganggu kenyamanan tikus. Karena sebagai hewan nokturnal, tikus tidak menyukai tempat yang bising.

Oleh karena itu, Anda bisa memelihara jangkrik di rumah dengan menggunakan sebuah wadah kemudian menempatkan jangkrik tersebut di area-area yang sering dilalui tikus, misalnya di bawah kolong tempat tidur, di bawah lemari baju, atau disekitar dapur di mana tikus sering lalu-lalang untuk mencari makanan-makanan sisa.

3. Buah mengkudu

Buah mengkudu merupakan salah satu bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengusir tikus. Silakan hancurkan dan larutkan buah mengkudu ke dalam air, lalu gunakan air tersebut sebagai bahan semprotan pada area-area yang sering dilewati oleh tikus. Aroma buah mengkudu membuat tikus merasa terganggu sehingga berpotensi mengusir mereka dari rumah anda.

4. Daun salam

Kandungan daun salam yang mengandung zat yang tidak sedap bagi tikus dapat dimanfaatkan untuk mengusir mereka. Potonglah secara kecil-kecil daun salam tersebut, kemudian campurkan dengan beberapa bahan makanan yang disukai oleh tikus. Selanjutnya, sebarkan pada area-area tempat tikus berkerumun atau lalu-lalang.

5. Kulit telur

Beberapa kelompok masyarakat ternyata memanfaatkan kulit telur sebagai bahan sederhana untuk mengusir tikus. Caranya cukup sederhana, tumbuklah kulit telur ayam menjadi bahan seperti bubuk kemudian tebarkan pada jalur tikus berlalu-lalang. Bubuk kulit telur tersebut juga bisa anda gunakan untuk mengusir kecoa dari rumah anda.

6. Bubuk kopi

Bubuk kopi juga bisa anda manfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah anda. Taburkanlah bubuk kopi ke daerah yang menjadi sarang tikus. Anda juga bisa menggantung di beberapa sudut rumah anda berupa bungkusan bubuk kopi atau biji kopi dengan memakai kain. Aroma kopi yang kas tersebut, selain dapat memberikan nuansa tersendiri bagi rumah anda, juga bisa berperan untuk mengusir tikus.

7. Kotoran kucing

Secara alamiah, kucing adalah predator tikus. Penggunaan kotoran kucing merupakan sebuah ide sederhana dalam memerangi kehadiran tikus di rumah anda. Setelah mengendus bau urin kucing, tikus akan segera kabur dari rumah anda.

8. Minyak peppermint

Minyak peppermint juga cukup efektif dalam mengusir tikus karena aromanya yang cukup kuat yang membuat indra penciuman tikus terganggu. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan mengoleskan minyak peppermint tersebut pada selembar kain atau kapas kemudian diletakkan di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus.

Selain itu, penggunaan minyak peppermint akan memberikan aroma yang segar dan wangi bagi lingkungan rumah anda.

9. Kulit durian

Sama seperti beberapa orang, aroma durian yang menyengat juga tidak disukai oleh binatang pengerat ini. Untuk mengusir tikus Anda bisa memanfaatkan kulit buah durian. Caranya simpel saja, potong beberapa kulit durian lalu letakkan di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus.

10. Daun mint

Daun mint juga merupakan salah satu metode sederhana dan alamiah dalam upaya mengusir tikus. Ketika anda menanam pohon mint di sekitar area rumah anda, anda akan mendapatkan beberapa hal positif mulai dari penyediaan udara yang segar hingga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus dari lingkungan rumah anda.

Aroma daun mint yang tajam membuat tikus tidak bisa tahan berada di area tersebut, bahkan beberapa tikus bisa mengalami mabuk atau terkulai lemas.

Cara penggunaan daun mint dalam mengusir tikus ternyata cukup sederhana. Masukkan seikat daun mint ke dalam air kemudian larutkan dan ambil sarinya. Semprotkan air mint tersebut ke area-area yang sering dikunjungi tikus, dan juga pada sarangnya.

11. Amonia

Bau amoniak yang menyengat membuat tikus-tikus kabur dari tempat tinggalnya. Tikus mencium bau amonia sebagai urin pemangsanya, yang membuatnya cepat meninggalkan tempat habitatnya. Namun, Anda harus hati-hati menempatkan amonia, karena bisa membahayakan anak-anak atau hewan peliharaan anda.

12. Campuran bubuk cabai dan deterjen

Bubuk cabai dan deterjen yang diaduk rata ke dalam air dapat menjadi salah satu bahan yang efektif untuk mengusir tikus dari rumah anda. Semprotkan larutan tersebut pada daerah-daerah yang sering menjadi jalur tikus berlalu-lalang. Efek yang bisa ditimbulkan bagi tikus adalah rasa panas. Namun, anda juga harus berhati-hati karena bisa menyebabkan rasa panas pada kulit atau rasa perih bila terkena mata.

13. Irisan bawang

Cairan yang ditimbulkan dari irisan bawang tentu akan membuat rasa perih ketika terkena mata. Namun yang membuat tikus menjauh dari bawang adalah karena aromanya yang menyengat. Anda bisa menempatkan beberapa potongan atau irisan bawah pada kawasan-kawasan yang sering dilalui tikus.

14. Lada bubuk

Ketika kita menghirup bubuk dari buah lada, biasanya efek yang ditimbulkan adalah bersin-bersin. Bahan ini ternyata juga ampuh untuk mengusir tikus dari rumah anda. Jika di rumah anda ada lada bubuk putih atau hitam, silakan taruh atau taburkan di tempat persembunyian para tikus. Ini akan membuat mereka merasa terganggu.

Kandungan senyawa piperin yang cukup menyengat dari lada dapat menjadi media yang efektif untuk mengusir tikus secara alami. Jika di rumah Anda banyak ada tokek dan suaranya sering membuat Anda terganggu, maka lada bubuk juga ampuh untuk mengusirnya.

15. Cuka putih

Selain berperan dalam menambah cita rasa makanan, aroma cuka yang cukup menyengat ternyata dapat menjadi senjata ampuh untuk mengusir tikus. Untuk menggunakan cuka, Anda memerlukan bahan tambahan berupa kapas. Celupkan kapas ke dalam larutan cuka kemudian letakkan kapas kapas tersebut pada area yang menjadi tempat lalu-lalang tikus dirumah anda.

16. Kantung teh bekas

Jika anda mempunyai kantung teh bekas yang baru saja digunakan, sebaiknya jangan dulu dibuang ke tong sampah. Kantung teh bekas ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Caranya cukup mudah yakni dengan meletakkan kantung tersebut di tempat yang sering dilalui tikus.

Namun kantung teh tersebut harus masih dalam kondisi lembab sehingga dapat mengeluarkan aroma cukup kuat dari kandungan senyawa pepermint yang terdapat di dalamnya.

17. Cengkeh

Dengan aromanya yang khas, cengkeh banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari campuran bumbu dapur, campuran minuman teh, penguat aroma rokok, dan juga bisa anda gunakan untuk mengusir tikus dari rumah anda.

Aroma yang dikeluarkan oleh cengkeh ternyata tidak disenangi oleh tikus. Untuk memanfaatkan cengkeh dalam upaya mengusir tikus, Anda membutuhkan selembar kain kasa. Masukkanlah beberapa potong cengkeh ke dalam kain tersebut kemudian tunggu beberapa hari agar benar-benar mengering.

Kantung cengkeh tersebut dapat anda gantung atau taruh di jalur tikus yang sering berlalu lalang. Semakin kering cengkeh yang disiapkan, semakin tajam juga baunya.

18. Aluminium foil

Aluminium foil dapat membantu anda melindungi barang-barang penting dari serbuan gigitan tikus. Mungkin tikus tidak menyukai sensasi yang muncul pada giginya ketika digunakan untuk mengunyah kertas ini. Hewan pengerat ini tidak akan menyentuh benda yang Anda bungkus dengan aluminium foil.

19. Pelihara kucing

Metode yang paling praktis untuk mengusir tikus adalah dengan memelihara kucing. Dua sampai tiga ekor kucing akan lebih efektif untuk menakut-nakuti tikus.

20. Gunakan perangkap tikus

Perangkap atau jebakan tikus adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan. Ada beraneka ragam jenis model perangkap tikus, mulai dari perangkap berupa kotak hingga lem tikus. Dibutuhkan kesabaran agar cara ini menjumpai keberhasilan.

21. Perangkat elektronik

Saat ini, telah tersedia beraneka perangkat elektronik yang ampuh untuk mengusir tikus. Metodenya biasanya memanfaatkan suara ultrasonik. Perangkat akan mengeluarkan bunyi bip atau desingan ultrasonik yang mengganggu konsentrasi tikus, dan biasanya berfungsi jika tikus berada dalam jarak dekat.

Tinggalkan komentar