10 Negara yang Memiliki Nama Hampir Mirip

Saat ini ada sekitar 195 negara yang terbentuk di dunia. Dari banyak negara tersebut, ada sejumlah negara yang memiliki nama yang agak mirip, sehingga kerap kita memiliki pandangan keliru. Dalam artikel ini, kami paparkan 10 negara yang memiliki nama serupa (tapi tak sama).

Turki dan Turkmenistan

Turki dan Turkmenistan adalah dua negara yang terletak di jazirah Arab. Turki menjadi negara pertama yang mengakui berdirinya negara Turkmenistan. Dua negara ini memiliki sejarah panjang karena berasal dari garis keturunan yang sama, yakni etnis Turkmenistan.

Budaya merantau dan migrasi kelompok etnis ini akhirnya membentuk dua kerajaan besar, yakni Kekaisaran Seljuk yang saat ini menjadi negara Turkmenistan dan Kekaisaran Ottoman yang saat ini menjadi negara Turki.

Republik Congo dan Republik Demokratik Congo

Setelah mengalam masa penjajahan kolonial, rakyat Kongo akhirnya terpecah menjadi dua. Awalnya Kongo adalah kerajaan besar yang menaklukkan wilayah luas di Afrika. Kemudian dua negara penjajah, yakni Prancis dan Belgia berbagi wilayah jajahan sehingga membuat Kongo terpecah dua. Wilayah bekas jajahan Prancis membentuk negara Republik Kongo, dan wilayah bekas jajahan Belgia membentuk negara Republik Demokratik Kongo.

Niger dan Nigeria

Niger dan Nigeria adalah dua negara berbatasan yang terletak di benua Afrika. Wilayah Niger lebih besar dari Nigeria, tetapi dalam hal ekonomi, negara Nigeria lebih maju. Awalnya, wilayah di Niger dijajah oleh Prancis, dan Nigeria dijajah oleh Inggris.

Austria dan Australia

Meskipun namanya hampir identik, namun keduanya tidak memiliki kaitan apa pun. Austria dinamai demikian karena letaknya yang ada di bagian timur Bavaria, yang pada saat itu mendominasi wilayah tersebut. Dalam bahasa Jerman, nama ini awalnya disebut ‘Ostrerreich’, yang barmakna ‘koloni timur’.

Sementara itu, nama Australia berasal dari bahasa Latin yang digunakan oleh para peneliti Eropa kuno. Kata tersebut adalah ‘Terra Australis Incognita’, untuk mewakili benua yang terletak di bagian selatan khatulistiwa. Kemudian nama ‘Australia’ digunakan selama pemerintahan Gubernur Lachlan Macquarie pada tahun 1817.

Slovenia dan Slovakia

Kedua negara yang terletak di benua Eropa ini memiliki nama, bahasa, dan bendera yang cukup mirip, sehingga kita sering kali salah mengira. Kedua negara ini memiliki sejarah yang sama, meskipun letaknya berjauhan.

Negara Slovenia merdeka dari Yugoslavia pada tahun 1991, sedangkan Slovekia merdeka dari Cekoslowakia pada tahun 1993. Etnis Slavia merupakan mayoritas penduduk asli di kedua negara tersebut. Orang Slovakia menyebut negaranya sebagai Slovensko, sementara rakyat Slovenia menyebut negaranya Slovenija.

Tinggalkan komentar