10 Sifat Unggul dari Orang-orang Penyendiri / Pendiam

Kita sebagai manusia tentunya terlahir dengan kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang ramah, ada yang suka banyak bicara, dan ada juga yang pendiam tapi saat ditegur akan ramah. Tak sedikit, ada pula sebagian individu yang suka menyendiri karena merasa lebih nyaman tanpa ada dorongan dari pihak luar atau dipaksa.

Apakah orang yang suka menyendiri ini bermasalah secara mental? Tidak peduli apa yang orang pikirkan, orang yang suka menyendiri sebenarnya memiliki beberapa karakter khusus yang patut dibanggakan. Apa sajakah sifat dan karakter tersebut?

1. Berani

Betapa pun kritisnya masalah dan situasi yang mereka hadapi, mereka adalah manusia yang sangat pemberani. Terutama untuk menjaga harga diri. Orang yang suka menyendiri memiliki sifat berani dan percaya diri yang sangat mengagumkan dan mampu memukau orang lain.

2. Pikiran Terbuka

Masyarakat selalu memandang curiga dan penuh prasangka pada orang-orang yang kesepian dan suka menyendiri. Mereka dianggap sebagai pribadi yang anti-sosial atau pemalu.

Namun, orang yang suka menyendiri lebih nyaman melakukan hal-hal yang dekat dengan hatinya dengan cara mereka sendiri daripada hanya mengikuti jejak orang. Karena alasan tersebut, banyak orang yang bersifat penyendiri sukses menjadi wiraswasta dan beberapa adalah orang berpangkat tinggi.

3. Setia & Berkomitmen

Selama mereka belum menemukan cinta sejati, mereka tidak akan mudah jatuh cinta. Mereka tidak suka mencoba – coba dan hanya akan mulai berkomitmen pada pasangan yang mereka rasakan sebagai “Cinta Sejati Abadi”.

Memang mereka sering dilontarkan pertanyaan, “Mau jomblo sampai kapan?” Tapi mereka tidak pernah peduli kata orang, dan akan terus menyendiri sampai bertemu dengan individu yang nge-klik di hati. Jadi, risiko patah hati dari orang yang suka menyendiri adalah kecil.

Baca juga: 12 Cara Menghargai dan Mencintai Diri Sendiri dengan Benar

4. Seseorang yang Dapat Dipercaya

Setiap kali mereka mengeluarkan kata-kata atau nasihat, maka percayalah, karena itu mungkin yang terbaik yang pernah Anda dengar. Orang yang suka menyendiri biasanya dapat dipercaya dan bahkan jika Anda berbagi masalah, mereka akan bisa menjaga informasi pribadi Anda.

5 Memiliki Insting Yang Kuat

Semakin mereka menghabiskan waktu sendirian, semakin kuat hati mereka untuk mengendalikan pikiran dan emosi di dalam diri. Selain itu, mereka akan menumbuhkan perasaan sayangi diri dan mengutamakan diri sendiri hingga apa yang mereka rasakan selalu benar. Waspadalah terhadap mereka yang suka menyendiri. Intuisi mereka biasanya benar.

6. Gemar Didampingi Orang Intelektual

Orang-orang penyendiri ini biasanya sangat intelektual. Mereka pilih-pilih dan hanya memilih orang yang setara dengan mereka. Jadi, dengan cara ini mereka tidak harus berurusan dengan “drama” dari orang-orang yang bermuka dua.

7. Sangat Mandiri

Orang yang kesepian ini adalah manusia paling mandiri di dunia. Karena mereka terbiasa melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain, mereka bijaksana untuk mengatur diri mereka sendiri sebaik mungkin. Sangat mandiri!

Tapi jangan salah paham tentang orang yang suka menyendiri. Mereka bukannya tidak membutuhkan orang lain dalam hidup mereka, tetapi mereka lebih memilih untuk menjalin relasi dengan orang-orang yang tulus dalam kehidupan sosial mereka.

8. Mudah Menyayangi

Karena mereka selalu menyendiri dan memiliki ‘hubungan erat’ dengan jiwanya sendiri, alhasil mereka menjadi manusia yang mudah berbelas kasih terhadap orang lain. Karena itu, mereka menjadi pendengar setia dan mampu meredakan kesemrawutan pikiran orang-orang yang sedang dilema.

9. Kreativitas Tinggi

Salah satu manfaat utama dan keunggulan yang bisa dipetik oleh orang-orang pendiam/penyendiri adalah peningkatan kreativitas. Gregory Feist, yang berfokus pada psikologi kreativitas di California’s San Jose State University, telah mendefinisikan kreativitas sebagai pemikiran atau aktivitas dengan dua elemen kunci: orisinalitas dan kegunaan.

Dia telah menemukan bahwa ciri-ciri kepribadian yang umumnya diasosiasikan dengan kreativitas adalah keterbukaan (menerima pemikiran dan pengalaman baru), self-efficacy (kepercayaan diri), dan otonomi (kemandirian) – yang mungkin termasuk “kurangnya perhatian terhadap norma-norma sosial” dan “sebuah preferensi karena sendirian”.

Faktanya, penelitian Feist pada seniman dan ilmuwan menunjukkan bahwa salah satu fitur paling menonjol dari orang-orang kreatif adalah minat mereka yang lebih rendah dalam bersosialisasi. Artinya, orang yang suka menyendiri, akan lebih mudah mengembangkan kreativitas dan bakat mereka.

10. Lebih Fokus

Secara umum diyakini bahwa para pemimpin harus suka berteman. Tapi ini tergantung – antara lain, pada kepribadian karyawan mereka. Sebuah studi 2011 yang dilansir dari laman hbr.org, menunjukkan bahwa di cabang rantai pizza di mana karyawan lebih pasif, bos ekstrovert dikaitkan dengan keuntungan yang lebih tinggi.

Tetapi di cabang-cabang di mana karyawan lebih proaktif, pemimpin yang introvert (suka menyendiri) akan lebih efektif. Salah satu alasannya adalah bahwa orang-orang introvert cenderung tidak merasa terancam oleh kepribadian dan sugesti yang kuat. Mereka juga lebih cenderung mendengarkan dan bisa lebih fokus ke dalam.

Nah, demikianlah sederet sifat dan karakter unggul dari orang-orang yang suka menyendiri. Apakah Anda setuju dengan poin-poin di atas?

Tinggalkan komentar