Arti Nama Azzahra dan 100 Variasi Namanya yang Indah

Nama Azzahra terdengar cukup indah dan mempesona. Kata ini berasal dari bahasa Arab yang bisa memiliki arti: bunga, keindahan, yang mekar, yang bersinar, dan yang cemerlang. Nama Azzahra merupakan pilihan yang indah untuk disematkan kepada bayi perempuan.

Berasal dari bahasa Arab, nama Azzahra ini terdengar cukup Islami. Secara etimologi, nama ini merupakan perpaduan dari dua kata, yaitu Al dan Zahra. Dalam ejaan lain, bisa juga ditulis Az-Zahra atau Al-Zahra.

Arti Nama Azzahra

Azzahra = bunga, keindahan, yang mekar, yang bersinar, dan yang cemerlang.

Jika Anda mempelajari silsilah keluarga Baginda Nabi Muhammad, tentu nama Islami ini tidak asing lagi. Ya, nama ini menjadi populer karena terinspirasi dari nama putri kesayangan Nabi Muhammad SAW, yakni Fatimah Az-Zahra. Putri Sang Nabi ini dikenal sebagai sosok yang murah hati, sederhana, saleh, berwawasan luas, dan juga tegar.

Terinspirasi sifat-sifat mulia tersebut, membuat banyak orang tua ingin menamai anak perempuannya dengan nama Azzahra, dengan harapan kelak bisa tumbuh seperti bunga indah yang menghiasi martabat keluarga.

Kombinasi Nama Azzahra dan Artinya

Nah, setelah Anda mengetahui arti nama Azzahra, dan berniat untuk memakai kata tersebut pada nama putri kecil Anda, maka sebaiknya Anda mengkombinasikan atau menggabungkan dengan nama-nama yang sesuai agar terdengar indah, dan tentunya memiliki makna yang sempurna. Untuk memberikan inspirasi buat Anda, berikut disajikan kumpulan nama yang memakai kata Azzahra, baik yang terletak di depan, di tengah, atau pun di akhir nama.

Davina Azzahra Nazifa

Nama tiga kata ini memiliki arti: perempuan yang banyak disayangi orang sekitar, memiliki kecerdasan luar biasa dan suci/mulia. Rangkaian nama ini divariasikan dari kata Davina (Skotlandia) yang berarti disayangi, dan kata Nazifa (Arab) yang artinya bersih/suci (bentuk lain dari Nazifah).

Mecca Azzahra Quinsha

Makna dari nama ini adalah perempuan luar biasa cerdas yang taat dan rajin beribadah kepada Allah sesuai lima waktu. Kata-kata yang digunakan adalah kata Mecca (Arab) artinya Kota suci Mekah, dan kata Quinsha atau Quinnsha (Latin) yang berarti lima.

Rayra Juwita Azzahra

Rayra artinya diberkati, sedangkan Juwita bermakna ‘untuk cinta’. Dengan demikian, nama ini memiliki arti seorang anak perempuan cerdas yang diberkati dengan sejuta cinta.

Aliyah Azzahra

Aliyah berarti “luhur” atau “mulia”. Ini adalah versi feminin dari nama Ali. Aliyah juga merupakan nama Ibrani yang berarti “naik”. Aliyah merupakan salah satu nama Islami terpopuler, selain Layla. Aliyah Azzahra memiliki makna perempuan cerdas yang berhati mulia.

Salma Samira Azzahra

Kata ‘Salma’ berarti ‘damai’ dan populer dalam bahasa Arab, India, Iran dan Spanyol. Sementara Samira berarti “pendamping dalam obrolan malam” dalam bahasa Arab atau “angin” dalam bahasa India. Jadi kombinasi nama ini mengandung makna Gadis pintar yang membawa angin perdamaian dan mampu menjadi pendengar yang baik.

Zara Azzahra

Variasi nama Zara ini bisa berasal dari nama Sarah, nama asal Ibrani yang berarti ‘putri’, atau dari bahasa Arab yang berarti ‘bunga mekar’ atau ‘kemegahan’. Zara Azzahra dapat diartikan gadis cerdas yang seindah bunga mekar.

Zaina Luna Azzahra

Berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘Indah’, ‘Zaina’ adalah nama yang populer di banyak negara Muslim. Sementara kata Luna diadopsi dari kata Lunar yang berarti rembulan. Kombinasi nama 3 kata ini mengandung makna perempuan cerdas yang cantik seperti rembulan.

Nadia Azzahra Safira

Arti nama ini adalah anak perempuan yang lembut dan cerdas yang menjadi harapan dan permata keluarga. Adapun kombinasi kata yang dipilih adalah Nadia (Melayu) artinya harapan, dan kata Safira dari bahasa Yunani (Sapphire) yang bermakna perhiasan berwarna biru.

Amelia Azzahra

Arti nama yang terdiri dari dua kata ini adalah perempuan cerdas yang suka bekerja keras. Dikombinasikan dengan nama Amelia yang berasal dari bahasa Jerman yang bermakna ‘bekerja’.

Azzahra Cantya Fariza

Nama ini mempunyai makna kecerdasan seorang anak perempuan yang dapat menjadi pelita banyak orang. Terdiri dari kata Azzahra yang artinya luar biasa dan cerdas; kata Cantya (bahasa Jawa) artinya kelak jadi anak yang bahagia; dan kata Fariza (Arab) artinya cahaya.

Hifza Azzahra Fahima

Artinya anak perempuan yang luar biasa cerdas, berpendidikan, dan baik hatinya seperti malaikat pelindung. Variasi nama ini dari kata Hifza (Arab) yang artinya malaikat pelindung, dan kata Fahima bermakna berpendidikan atau pandai.

Tanisha Azzahra Khalisah

Artinya gadis perempuan cerdas yang lahir pada hari Senin dengan memiliki kemurnian hati. Kata Tanisha berasal dari Afrika artinya Yang lahir pada hari Senin, dan kata Khalisah (Islami ) artinya murni atau bersih.

Nafisa Azzahra Sabrina

Nama ini bermakna anak perempuan cerdas yang akan menjadi pemimpin bijak dan berkilau seperti permata. Rangkaian nama ini terdiri dari kata Nafisa (Arab) yang bermakna permata yang sangat berharga; Azzahra artinya luar biasa dan cerdas; dan kata Sabrina (Inggris-Amerika) artinya ratu.

Azzahra Sanari Tabinda

Artinya anak perempuan cerdas yang selalu menyinari hidupnya dengan penuh kecantikan. Kata Sanari (Arab) artinya manis dan cantik; serta kata Tabinda (Arab) artinya bersinar.

Khairina Azzahra Putri

Makna indah dari nama ini adalah putri baik hati dan memiliki ilmu pengetahuan yang luar biasa. Kata Khairina (Arab) berarti kebaikan; dan Putri (Indonesia) artinya anak perempuan raja.

Almira Azzahra Alfianisa

Artinya anak perempuan yang kelak tumbuh menjadi gadis yang luar biasa, cerdas nan lembut seperti seorang putri raja. Kombinasi kata yang dipakai antara lain kata Almeera (Arab) artinya putri raja; dan kata Alfianisa dari kata Alfathunissa (Arab) yang bermakna gadis yang lembut.

Azzahra Nafiza Fatharani

Nama ini bermakna anak perempuan cerdas yang akan menjadi orang berharga/berguna dengan berkah keberhasilan. Tambahan kombinasi kata yang diberikan adalah Nafiza (Nafeeza) yang artinya permata yang sangat berharga; dan bagian akhirnya adalah Fatharani (Arab) yang berarti kemenangan.

Alya Azzahra

Artinya gadis yang indah dengan keluhuran budi yang agung. Gabungan nama depan Alya berasal dari bahasa Arab (Aalya) yang memiliki makna luhur, agung, atau mulia.

Azzahra Ayska Fatiah

Nama ini mempunyai arti anak perempuan yang cerdas dalam memulai sesuatu untuk membuat hidupnya semakin maju. Gabungan kata yang digunakan antara lain: Ayskaa (Arab) yang artinya semakin maju atau makin suci; dan kata Faati`ah (nama Islami) yang bermakna permulaan.

Azzahra Javairea Nafeesa

Maknanya adalah gadis yang cerdas dalam menyembunyikan sesuatu yang berharga secara misterius. Kombinasi katanya adalah Javairea (Arab) yang bermakna misterius; dan Nafeesa (Arab) artinya sesuatu yang berharga.

Zaida Ashma Azzahra

Artinya perempuan yang lebih mulia dengan kecerdasan dan keberuntungan yang dimilikinya. Kombinasi Azzahra pada nama ini terdiri dari kata Zaida (Arab) yang bermakna makmur / keberuntungan; dan kata Ashma yang artinya lebih mulia / tinggi.

Tiara Rafiqa Azzahra

Nama indah yang memiliki makna anak perempuan cerdas nan cantik seperti mahkaota dan kelak akan mudah bergaul dengan teman yang lain. Kata Tiara dari bahasa Sansekerta yang berarti mahkota bersusun tiga; dan kata Rafiqa (Arab) artinya persahabatan/teman.

Azzahra Lily Maharani

Kombinasi nama ini mempunyai arti anak perempuan cerdas pejuang keadilan yang secantik bunga lili. Kata tambahannya adalah Lily yaitu species bunga yang indah; kata Maharani artinya ratu atau perempuan penegak keadilan.

Alena Azzahra

Arti nama ini adalah anak perempuan cemerlang yang menjadi pelita keluarga. Kata Alena diambil dari Yunani yang artinya obor penerang.

Azzahra Putri Salsabila

Makna nama ini adalah gadis cerdas yang teguh dalam pendirian. Nama Putri artinya anak perempuan; dan nama Salsabila merupakan kata serapan Nusantara yang artinya teguh pendirian atau bijak dalam mengambil keputusan.

Adela Azzahra Pratiwi

Kata Adela diambil dari bahasa Jerman yang bermakna mulia, sementara Pratiwi merupakan bahasa Sanskrit / Jawa Kuno yang bermakna bumi. Sehingga, arti nama dari Adela Azzahra Pratiwi adalah perempuan cerdas dengan kemuliaan yang cemerlang namun tetap membumi (bergaul dengan kelas bawah).

Afifa Azzahra Cariana

Makna dari nama ini adalah anak perempuan yang lahir di hari Jumat dan sangat disayangi. Kata Afifa diambil dari bahasa Afrika (Afiwa) yang artinya lahir di hari Jumat. Sementara kata Cariana merupakan bahasa Latin yang maknanya ‘dicintai/tersayang’.

Agnesia Azzahra

Agnes merupakan bahasa Yunani yang artinya suci atau murni. Sehingga nama Agnesia Azzahra mengandung makna putri yang berwawasan tinggi dengan kemuliaan hati yang suci.

Bellina Darlin Azzahra

Nama ini mengandung arti anak perempuan cerdas yang cantik dan disayangi. Terdiri dari kata Bellina (Prancis) yang artinya cantik; dan kata Darlin (Darling=Inggris) yang artinya kesayangan.

Carlin Nur Azzahra

Nama ini memiliki arti anak perempuan cerdas yang penuh cahaya dan menjadi pemenang. Carlin adalah piala kecil (bahasa Skotlandia), sementara kata Nur (Arab) artinya sinar.

Diva Daniya Azzahra

Diva berasal dari bahasa Italia yang berarti sang dewi, sementara Daniya adalah bahasa Arab yang artinya dekat. Pemberian nama ini diharapkan agar kelak si anak perempuan tumbuh menjadi gadis pintar yang cantik dan dekat pada Tuhan-nya.

Eliana Azzahra Fitri

Nama ini mempunyai arti perempuan cerdas nan suci yang diberkati Tuhan. Kata Eliana diambil dari bahasa Israel (Elliana) yang artinya ‘Tuhan menjawab’; sementara kata Fitri adalah bentuk lain dari Fitrah (Arab) yang berarti suci/murni.

Frida Almira Azzahra

Arti nama ini adalah perempuan cerdas yang mulia dan pembawa kedamaian. Tersusun dari kata Azzahra, Almira (mulia), dan Frida (Jerman) yang bermakna ‘damai’.

Genia Celina Azzahra

Genia merupakan kata dalam bahasa Latin yang artinya terlahir mulia (sempurna); dan Celina bermakna ‘surga’. Nama ini berisi harapan agar sang putri kelak tumbuh sempurna seperti bidadari surga.

Henia Jamila Azzahra

Arti nama ini adalah perempuan cantik dan cerdas yang senang berada di rumah. Kata Henia disadur dari bahasa Jerman yang artinya ‘pengatur rumah’; sementara Jamila (bahasa Arab) artinya cantik bersinar.

Isyana Azzahra Amalia

Nama ini tersusun dari 3 kata, yakni Isyana (Ishana) dari India yang artinya keinginan; Azzahra (Arab) artinya wanita cerdas; dan Amalia (Arab) yang berarti aspirasi. Harapan dari nama ini adalah kelak si anak akan tumbuh menjadi wanita cerdas yang punya banyak ide, inspirasi, dan aspirasi.

Jeslyn Dania Azzahra

Arti nama ini adalah perempuan cerdas yang cantik seperti bunga melati. Kombinasi kata yang digunakan adalah kata Jeslyn (bahasa Persia) yang artinya jasmine (melati); dan kata Dania (Arab) artinya cantik/indah.

Karin Fatinah Azzahra

Kata Karin diambil dari bahasa Scandinavia, yakni Karina yang artinya cinta. Fatinah adalah bahasa Arab yang berarti cerdas. Nama ini mengandung harapan agar si anak bisa tumbuh cerdas dan memiliki banyak cinta.

Lenita Safia Azzahra

Artinya perempuan cardas dengan hati yang murni dan lembut. Tersusun dari kata Lenita (Latin) yang artinya lembut; dan kata Safia (Arab) bermakna murni/suci.

Marni Leila Azzahra

Variasi nama dengan tiga kata ini terdiri dari kata Marni (Yunani) yang bermakna berkilau; kata Leila (Arab) artinya malam; dan Azzahra artinya perempuan cerdas. Nama ini diberikan dengan harapan agar memiliki putri yang cerdas yang berkilau dan menjadi penyuluh keluarga di tengah situasi gelap.

Neshya Azzahra Malika

Arti nama ini adalah perempuan cerdas secantik ratu yang berhati bersih. Diambil dari kata Neshya (Yunani) yang artinya bersih/murni; dan kata Malika (Arab) yang bermakna sang ratu.

Ofelia Azzahra

Kata Ofelia berasal dari bahasa Yunani yang artinya ‘membantu’. Jadi, nama ini memiliki arti: perempuan cerdas yang suka membantu.

Prisya Latifa Azzahra

Artinya perempuan cerdas yang ramah dan menjaga kehormatan. Variasi nama ini menggunakan kata Prisya dari bahasa Latin yang berarti terhormat; dan kata Latifa (Arab) yang maknanya menyenangkan/ramah.

Qiana Lisna Azzahra

Artinya anak perempuan cerdas yang baik dengan tutur kata yang halus. Disusun dari kata Qiana (Amerika) yang bermakna halus; dan Lisna berarti baik.

Rizna Azzahra Utari

Makna yang tertuang dalam nama ini adalah anak perempuan cerdas yang cantik dan penuh kesabaran. Rizna artinya cantik; dan Utari berarti sabar.

Sarina Azzahra Tazkia

Artinya perempuan cerdas yang istimewa dan berkarakter tenang (kalem). Disusun dari kata Saryna (Latin) yang artinya tenang; dan Tazkia berarti unik/istimewa.

Tia Azzahra Ulfa

Nama ini memiliki arti wanita cerdas secantik bunga dan suka berteman. Dirangkai dari kata Tia (Thia) – Spanyol – yang bermakna bunga; dan Ulfa (Arab) yang artinya pertemanan.

Uzma Azzahra

Nama ini mempunyai arti perempuan cerdas yang hebat. Disusun dari bahasa Arab, yakni Azzahra dan Uzma (besar/hebat).

Valenia Putri Azzahra

Arti yang terdapat pada nama ini adalah perempuan cerdas dan tangguh seperti putri raja. Disadur dari kata Latin (Valen) yang artinya kuat, dan Putri dari bahasa Sansekerta/Jawa Kuno.

Widya Mega Azzahra

Dengan memberikan nama ini, diharapkan si anak gadis akan tumbuh menjadi sosok yang cerdas dengan pengetahuan yang luas dan berhati besar. Kata Widya berarti pengetahuan; dan Mega berarti besar.

Yasmin Azzahra Citra

Arti nama ini adalah anak perempuan yang cerdas dan memilki kesan indah seperti bunga melati.

Zoraya Qamila Azzahra

Pemberian nama ini mempunyai harapan agar si putri tumbuh menjadi anak yang cerdas berhati mulia dan banyak rejeki. Zoraya memiliki arti kaya raya; atau dalam bahasa Slavia berarti fajar yang terang. Sementara kata Qamila (Arab) mempunyai arti ‘mulia’.

Nah, demikianlah sederet nama-nama yang menggunakan kata “Azzahra”. Semoga bisa memberi inspirasi Anda dalam memutuskan nama yang tepat untuk putri kecil Anda.

Tinggalkan komentar