Awas.. 30 Hal Sepele Penyebab Kulit Rusak dan Kusam

Mengapa kulit seseorang sangat rentan mengalami kerusakan? Faktor apa saja yang membuat kulit rusak dan terlihat kusam? Ini hanya untuk pengetahuan anda, ternyata ada banyak hal yang membuat kulit kita rusak. Mungkin tanpa kita sadari, khususnya dalam keseharian kita. Di bawah ini ada 30 hal yang tidak disangka dapat merusak kulit serta menua sebelum waktunya.

1. Terlalu Banyak Klorin

Membersihkan kulit setelah berenang di kolam renang, sangat penting ada lakukan. Karena klorin masih menempel pada tubuh anda, dan itu akan berdampak tidak baik untuk kulit, karena akan membuat kulit menjadi kering. Untuk benar – benar membersihkan klorin dari kulit anda, senantiasa anda menggunakan sabun yang memiliki banyak buih, sehingga dapat menghilangkan klorin pada kulit anda.

2. Tidur Tanpa Membersihkan Makeup

Tidur tanpa membersihkan makeup di wajah, akan dapat menyebabkan infeksi bakteri dan menyumbat pori – pori. Efek kotoran yang menempel pada bantal anda, juga akan membuat anda sakit. Jadi anda bisa menempatkan tisu mencuci makeup di sebelah tempat tidur, agar anda selalu ingat untuk membersihkan makeup yang dapat membahayakan kesehatan anda.

3. Minum Kopi

Kafein adalah pelaku yang paling besar, ketika kita berbicara tentang kulit yang kering dan pertambahan kerutan pada wajah. Untuk itu anda harus bisa meminum banyak air putih agar kulit anda tidak kering dan kelihatan berseri.
Anda bisa menambahkan irisan buah – buahan seperti, jeruk atau lemon ke dalam air untuk menambah rasa.

4. Memencet Jerawat

Dengan memencet jerawat yang ada pada wajah anda, sama saja artinya anda akan menolak debu dan bakteri masuk ke dalam pori – pori. Hal ini hanya akan menyebabkan lebih banyak jerawat tumbuh.

5. Melewatkan Waktu Makan

Melewatkan waktu makan dapat menyebabkan kulit anda menjadi semakin tua dan juga kering lebih cepat. Makanya mulai sekarang makanlah tepat waktu. Jika anda ingin memiliki kulit yang sehat, anda harus memakan makanan yang sehat pula. Seperti, jeruk yang mengandung vitamin C, kacang – kacangan yang mengandung vitamin B3, alpukat yang mengandung vitamin E dan juga ubi yang mengandung vitamin A.

6. Mandi Dengan Air Panas Untuk Periode Yang Lama

Kadangkala, mandi dengan menggunakan air panas, adalah sesuatu yang menyenangkan. Tapi praktek ini sebenarnya hanya akan menyebabkan erosi pada lapisan epidermis yang paling luar, yang akan mampu membuat kulit anda terlihat seakan – akan bersisik dan kering.

Bila kulit anda berubah warna menjadi merah dan terasa gatal saat mandi, itu tandanya anda harus berhenti mandi menggunakan air panas

7. Mencoba Terlalu Banyak Produk

Untuk menghindari kulit agar tidak mengalami kerusakan, terlebih dahulu cobalah mengoleskan produk – produk baru alat kosmetik, lotion, atau pembersih pada bagian kecil kulit anda. seperti, bagian lengan. Untuk menghindari terjadinya reaksi alergi yang tidak di harapkan terjadi pada wajah anda.

8. Tidak Minum Air Yang Cukup

Jika tubuh anda mampu Hidrasi setiap hari, tidak hanya akan membuat tubuh sehat, tapi juga dapat membantu dalam memperlambat proses penuaan. serta akan membuat kulit anda terlihat lebih cerah. Jadi anda harus pastikan mengkonsumsi air dengan cukup, jika tidak, siap – siap saja anda akan memiliki kulit yang kasar dan berkerut.

9. Berbicara Di Telepon

Jika anda sering menghabiskan waktu berjam – jam untuk berbicara di telepon, maka jerawat dan ruam akan mudah timbul pada bagian rahang dan juga pipi. Untuk itu, pastikan anda selalu membawa tisu basah anti bakteri agar kulit anda selalu bersih, dan terhindar dari jerawat.

10. Terkena Produk Rambut Pada Muka

Setiap kali anda hendak memakai semprotan rambut, tanpa sengaja bisa saja terkena wajah. Dan itu kadang akan berdampak kurang baik untuk kulit wajah. Jadi anda harus mengunakan handuk bersih untuk menutup wajah, sehingga kulit akan terlindung. Serta ingatlah untuk selalu mengelap keringat ketika anda sedang menggunakan minyak rambut agar tidak menitik ke bagian muka.

11. Memakai Kaca Mata Hitam Yang Tidak Bersih

Anda harus selalu ingat untuk mengelap kaca mata setiap ingin memakainya, jagalah selalu kebersihannya. Karena bakteri yang menumpuk pada kaca mata akan menyebabkan pertumbuhan jerawat dan juga akan terasa gatal di sepanjang batang hidung anda.

12. Diet Yang Tidak Konsisten

Ketika anda menjalani proses diet yang tidak konsisten, itu akan menyebabkan beberapa efek buruk pada kulit anda. Penaikan dan penurunan berat yang sering, akan menyebabkan fiber di dalam kulit anda menjadi longgar, sehingga akan membuat timbulnya stretch mark dan kenduran.

13. Tidak Cukup Tidur

Dengan tidur selama delapan jam semalam, tidak hanya membuat anda terlihat segar, namun juga akan mampu memperbaiki dan melembabkan kulit anda. Jika anda kekurangan tidur, kulit anda akan menjadi kusam dan pori – pori wajah anda akan menjadi tersumbat.

14. Konsumsi Garam Yang Terlalu Banyak

Menggunakan garam yang berlebihan, akan menyerap keluar kelembaban pada kulit. Sehingga akan membuat kulit kering dan kusam. Untuk menghindari situasi ini terjadi, maka kurangi saja makanan yang asin dan dapatkan pelembab muka yang hydrating kulit.

15. Menjulingkan Mata

Apakah anda selalu meninggalkan janji tahunan dengan dokter mata anda? Sudah saatnya untuk anda mencatat janji itu di dalam kalender, supaya anda tidak lupa. Lensa yang kadaluwarsa dan kaca mata yang lama akan menyebabkan anda sering mengedip dan menjulingkan mata. Ini akan menyebabkan timbulnya garis – garis halus serta kerutan di sekitar bagian mata anda.

Untuk menghindari efek penuaan ini, pastikan anda membuat janji dengan dokter mata anda setidaknya sekali dalam setahun, untuk memeriksa kondisi mata anda.

16. Terlalu Sering Waxing

Hindari terus waxing ketika anda melihat bulu yang baru tumbuh. Aktivitas waxing yang terlalu sering akan menyebabkan kulit anda menjadi tipis dan memiliki benjolan. Berikan lapisan kulit anda waktu setidaknya tiga minggu untuk tumbuh kembali. Terlebih lagi pada bagian kulit anda yang sensitif.

17. Bahan Kimia Di Dalam Air

Kulit yang terkena panas saat anda mandi bisa menjadi kering. Hal ini dapat juga terjadi pada bagian kepala pancuran mandi anda. Dengan hadirnya berbagai agen pembersih dalam reservoir air minum, jumlah bahan kimia yang terakumulasi pada kulit anda bisa bertambah. Jadi pasang filter pada kepala pancuran mandi di kamar mandi anda, untuk mencegah kulit anda agar tidak menjadi kering akibat klorin dan elemen – elemen lainnya.

18. Tidak Menghiraukan Bagian Bibir Anda

Tiga sampai lima lapisan kulit berada pada bagian bibir anda. Jadi, amatlah penting untuk anda menjaga kesehatan dan kecantikan bibir anda. Bila anda selalu membiarkan bibir anda kering dan terkelupas, maka sebenarnya akan mempercepat proses penuaannya. Carilah pewarna dan pelembab bibir yang mengandung petrolatum, dimethicone dan gliserin untuk memastikan bibir anda selalu terhidrasi.

19. Sarung Bantal Yang Kotor

Kulit anda berpeluang untuk beristirahat dan melepas sel – sel yang mati saat anda tidur. Sel – sel mati yang tertinggal itu bisa terkumpul sedikit demi sedikit pada bagian sarung bantal anda, dan ia meninggalkan bakteri dan toksin. Untuk memastikan kulit anda selalu sehat, pastikan anda mengganti sarung – sarung bantal anda sekali dalam waktu dua minggu.

20. Terlalu Sering Mengelupas kulit

Pengelupasan kulit yang berlebihan dapat mengurangi kandungan minyak yang di perlukan oleh kulit, untuk mencerahkan wajah anda secara alami. Lakukan pengelupasan kulit sekali dalam seminggu untuk menjaga kesehatannya.

21. Selalu Mengerutkan Muka

Pergerakan konstan pada bagian otot wajah akibat ekspresi wajah akan menyebabkan garis – garis kerutan muncul di wajah anda. Untuk mengistirahatkan kulit anda, coba hindari mengerut dan mencebik wajah anda, karena ini akan menyebabkan adanya garis kerutan yang permanen pada bagian wajah anda.

22. Stres

Stres adalah musuh utama bagi kesehatan kulit anda. Ia bukan saja bisa menyebabkan kekusaman kulit, tapi juga akan menimbulkan cela dan ruam, bahkan garis keriput yang di hasilkan dari gerakan wajah yang tetap. Untuk menghindari stres, ambil sedikit waktu untuk melakukan hal yang anda sukai, yang jelas akan membuat anda senang.

23. Pengambilan Gula Yang Berlebihan

Bila anda makan terlalu banyak makanan manis, yang akan menyebabkan kerusakan kolagen kulit anda, dan akan membuatnya tampak terlihat kendur. Cobalah mengurangi asupan makanan yang manis dan lebihkan untuk mengkonsumsi buah – buahan organik seperti, nanas atau mangga.

24. Tidak Cukup Olahraga

Dengan berolahraga akan dapat membantu anda dalam meningkatkan sirkulasi darah, dan hal ini akan membuat kulit anda terlihat lebih cerah. Selain itu, juga dapat membantu membersihkan tubuh anda dari racun, yang keluar lewat keringat serta dapat membersihkan sel – sel kulit mati yang akan membantu pertumbuhan sel – sel yang baru. Tapi jika olahraga tidak di lakukan secara teratur, malah akan membuat anda tampak lebih cepat tua. Oleh karena itu anda harus berolahraga secara teratur.

25. Sesi Sauna

Minimalkan penggunaan sauna dan kamar berstim. Perawatan – perawatan spa ini dapat menyebabkan pengenduran kulit karena mengurangi keelastisan dan jumlah kolagen di dalam kulit dari waktu ke waktu.

26. Terlalu Sering Menggunakan Pendingin Ruangan

Kurangi penggunaan Ac di dalam kamar anda, agar kulit tidak terlalu kering. Jika anda terlalu sering menggunakan Ac, maka akan menyebabkan kulit kehilangan kelembaban yang di butuhkan kulit agar tetap sehat.

27. Menghirup Asap Rokok

Meskipun anda tidak merokok, tapi berada di sekeliling orang yang merokok, juga dapat menyebabkan kekenduran kulit dan mempercepat proses keriput.

28. Makeup Yang Terlalu Tebal

Coba hindari pemakaian makeup untuk beberapa hari dalam seminggu, untuk memungkinkan kulit anda bernapas. Dan jika anda memakai makeup usahakan untuk tidak terlalu tebal, karena dapat membuat pori – pori menjadi tersumbat. Dan itu akan membuat pertumbuhan jerawat menjadi semakin banyak.

29. Mencabut Alis Terlalu Sering

Mencabut alis dengan terlalu sering, dapat merusak kulit anda. Jadi hal pertama yang mesti anda lakukan adalah, mencuci pencabut bulu alis dengan menggunakan sabun antibakteri. Kemudian letakkan handuk yang dibasahi dengan air hangat pada daerah alis, gunanya untuk membuka pori – pori setelah mencabut bulu alis, lalu lembutkan dengan memakai lotion untuk menghindari pertumbuhan bulu.

30. Kurang Konsumsi Sayur dan Buah

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber makanan yang mengandung serat dan juga vitamin E. Secara tidak langsung, kedua nutrisi ini berperan untuk berperan dalam menghaluskan kulit. Jika asupan sayur dan buah-buahan kurang dari yang semestinya, maka akan membuat kulit anda terlihat kusam dan kasar. Oleh karena itu, cukupkan suplai serat dan vitamin E yang diperlukan tubuh.

Demikianlah beberapa hal yang dapat membuat kulit anda rusak, Semoga saja, setelah anda mengetahuinya anda mampu untuk mengantisipasinya, agar kulit anda tetap awet dan terhindar dari penuaan dini.

Tinggalkan komentar