10 Software Desain Grafis Terbaik Pilihan para Desainer

Desain Grafis merupakan bidang yang mendorong kreativitas, inovasi, dan keunggulan. Ini memungkinkan Anda untuk membuat karya yang luar biasa. Ini adalah dunia yang penuh artistik dan berwarna-warni. Software atau Perangkat Lunak Desain Grafis adalah alat penting untuk para desainer grafis.

Perangkat lunak desain grafis dapat digunakan untuk mengoordinasikan gambar dan meningkatkan komunikasi visual . Program-program ini memungkinkan pengguna untuk mengatur gambar digital, clip art, foto, dan logo.

Di pasaran, ada ratusan software yang berfungsi sebagai tool untuk mendesain, editing, mengkreasi gambar dan video. Tapi hanya beberapa yang selalu menjadi pilihan para pengguna karena kemampuan dan kehandalannya. Berikut ini disajikan sederet software terbaik yang terkait dengan sektor desain grafis.

10. Fatpaint

Fatpaint merupakan alat desain grafis online, editor gambar, dan produk cetak khusus yang gratis. Ini memungkinkan Anda untuk melukis & mengedit gambar/foto bitmap, serta halaman tata letak. Gambar juga dapat langsung ditambahkan ke proyek Anda dengan mencari di Wikimedia, Picasa, Flickr, Google, Yahoo, dan Bing. Anda dapat menyimpan proyek yang telah selesai di server Fatpaint atau di komputer Anda.

9. Corel Paint

Corel Painter, aplikasi seni digital berbasis raster, dibuat untuk mereplikasi semirip mungkin media tradisional seperti menggambar, melukis, dan seni grafis. Software ini banyak digunakan oleh seniman digital profesional.

8. Paint.NET

Paint.NET adalah alat gratis untuk mengedit foto dan desain grafis. Anda dapat membuat perspektif palsu, mendorong piksel di sekitar kanvas, atau ubin dan mengulangi pilihan yang dipilih.

7. Art Rage 3.5

Ini adalah editor bitmap yang memungkinkan Anda melukis secara digital. Ini adalah perangkat lunak hebat yang dapat digunakan oleh semua tingkat keahlian dan usia, termasuk seniman profesional. Anda dapat menggunakannya untuk membuat efek cat minyak, cat semprot, pensil, akrilik, dan banyak alat lainnya.

6. Adobe Flash

Adobe Flash adalah platform multimedia yang dapat digunakan untuk membuat grafik vektor, animasi, dan game. Hasilnya dapat dilihat, dimainkan atau dieksekusi pada Adobe Flash Player. Adobe Flash dapat memanipulasi grafik vektor dan raster untuk membuat animasi teks, gambar, atau gambar diam.

5. Gimp

Gimp adalah program gratis yang dapat digunakan untuk retouch foto, komposisi gambar, dan pembuatan gambar. Namun, GIMP memiliki antarmuka yang mirip dengan Photoshop. GIMP juga hadir dengan versi yang identik dengan Adobe. Ini membuatnya lebih mudah untuk pindah ke GIMP jika Anda telah terbiasa menggunakan Photoshop.

Anda dapat mengakses seluruh rangkaian alat di sini. Ini mencakup semua alat favorit Anda seperti koreksi warna, pemilihan (selection), peningkatan (enhancement), kloning, dan koreksi warna.

4. Adobe Indesign

Indesign adalah program penerbitan desktop asli. Indesign adalah alat profesional yang telah mendapatkan kepercayaan dari banyak orang di seluruh dunia. Sangat mudah untuk mempelajari cara menggunakannya, berkat manual yang sederhana dan ringan.

Baca juga: Aplikasi Mobile agar Wajah Tambah Cantik

3. Corel Draw

Corel Draw adalah program perangkat lunak penting untuk setiap ahli desainer. Corel Draw adalah program pengeditan dan pembuatan gambar profesional. Hal terbaik tentang program ini adalah kemampuannya untuk memungkinkan pengguna membuat ide-ide baru. Corel Draw sangat mudah untuk mengedit dan mengubah ukuran gambar.

2. Adobe Ilustrator

Adobe Illustrator adalah program menggambar atau mendesain vektor. Anda dapat menggunakannya untuk membuat infografis, ilustrasi, diagram, dan kartun. Adobe Illustrator akan sangat mudah dipelajari jika Anda adalah pengguna photoshop profesional. Adobe Illustrator menggambar bentuk menggunakan persamaan matematika. Oleh karena itu, grafik vektor mudah diskalakan tanpa kehilangan resolusi.

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah alat desain grafis paling populer. Ini adalah perangkat lunak yang paling banyak digunakan di pasaran. Fungsi utama Photoshop meliputi pengeditan foto, desain grafis, dan pembuatan elemen untuk segala jenis proyek web.

Nah, demikianlah sederet software atau aplikasi terbaik yang wajib dicoba oleh Anda yang bekerja atau menempuh pendidikan di sektor desain mendesain.

Tinggalkan komentar