5 Buah Termahal Di Dunia, Harganya Ratusan Juta Rupiah per Biji

Jika berbicara mengenai harga buah-buahan, maka pada umumnya berada di angka puluhan ribu rupiah, entah itu yang dijual per kilogram maupun per buah. Yang paling mahal yang biasa kita beli di Indonesia adalah buah durian, yang harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah untuk satu buah.

Namun, ternyata ada sejumlah varietas buah yang harganya cukup mahal. Bahkan dalam sebuah acara lelang, satu buah bisa dibanderol dengan harga yang fantastis, mendekati harga sebuah apartemen. Lho kok bisa??? Lalu, seperti apa rasanya? Inilah daftar buah yang pernah laku terjual dengan harga yang menakjubkan:

Mangga Northern Territories

Mangga menjadi salah satu jenis buah tropika yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Ada seratusan jenis mangga, dengan beragam ukuran dan varian rasa. Sebiji buah mangga biasanya dibandrol dengan harga Rp 3.000,- hingga Rp 10.000,-. Lalu, bagaimana jika Anda ditawarkan untuk membeli sebuah mangga dengan harga 30 jutaan rupiah? Mungkin Anda dan saya tidak akan “mundur alon-alon”, tetapi langsung cepat pergi menjauh, sambil berkata “itu mustahil”.

Di Australia, untuk menghormati petani mangga yang bekerja di wilayah Northern Territory – setiap tahun akan ada acara lelang yang melibatkan hasil produksi perkebunan mereka sebagai acara amal.

Mangga, yang dilelang dalam jumlah besar per kuantitas tertentu, biasanya dapat mencapai harga yang sangat tinggi karena lelang ini juga merupakan bagian dari kaum bangsawan. Tradisi ini yang dimulai pada tahun 1970 berhasil mengangkat harga sekitar Rp 500.000 per buah selama acara lelang pertama. Rekor penjualan tertinggi pernah terjadi pada acara di tahun 2012 dengan harga sekitar 415 juta rupiah untuk nampan mangga berisi 14 biji.

Semangka Densuke

Dengan tampilan yang unik dibandingkan dengan melon lainnya, semangka Densuke terkenal di keluarga ekonomi menengah ke atas karena sering digunakan sebagai hadiah pernikahan untuk kaum bangsawan.

Melihat isinya, rasanya sama seperti melon lainnya tetapi teksturnya jauh lebih renyah dan rasanya cukup manis. Setiap pembelian akan disertakan dengan kotak yang indah untuk melindungi buah dari virus, juga sertifikat konfirmasi status semangka. Artinya, Anda akan mendapatkan buah yang bersertifikat.

Berapa harga tertinggi yang pernah dicapai dalam penjualan semangka Densuke? Dalam satu acara lelang tahun 2008, satu buah semangka ini berhasil terjual di angka 77 juta rupiah lebih. Ini cukup untuk membeli sebuah mobil bekas di negara kita.

Melon Susu Yubari

Jika harga sebuah melon Densuke dapat memberikan Anda sebuah mobil bekas yang layak pakai, maka buah sejenis yang diproduksi di Jepang ini bisa memberi Anda sebuah apartemen murah yang lengkap dengan perabotannya.

Ini karena melon susu Yubari berhasil dilelang seharga lebih dari 360 juta rupiah pada acara lelang pada tahun 2018, memecahkan rekor harga tertinggi yang tercatat pada tahun 2016 hampir dua kali lipat. Apa hebatnya melon susu ini? Tentu rasanya manis kental. Hanya sekitar 500 biji diproduksi setiap tahun dari sekelompok 8 petani yang beroperasi di Yubari, Jepang.

Nanas Girls Cornwall

Di sebuah peternakan bernama Heligan Farm yang berlokasi di Cornwall, tepatnya di sebuah desa bernama Mevagissey, ada seorang petani yang mengelola perkebunan nanas yang unik. Keunikannya berasal dari cara penanamannya.

Menggunakan apa yang dikenal sebagai teknik tanaman Victoria, perkebunan nanas di Cornwall menggunakan jerami – dicampur dengan urin dan kotoran kuda untuk meningkatkan pertumbuhannya. Ini karena cuaca di Inggris dikatakan dingin, kurang cocok untuk tanaman nanas.

Jika dijual, harganya bisa mencapai lebih dari 160 juta rupiah per buah karena proses budidaya yang cukup rumit, menggunakan teknik rumah kaca dan kotoran kuda sebagai pupuk alaminya. Ini telah dipraktikkan sejak abad ke-19 untuk memungkinkan Inggris memproduksi nanas mereka sendiri dalam skala kecil.

Namun, nanas ini hanya bisa dimakan oleh pekerja Heligan Farm dan para pengusaha yang berminat, karena hanya sekitar 40 pohon dapat ditanam setiap tahun tergantung pada jumlah pupuk yang tersedia dan cuaca.

Anggur Ruby Roman

Dengan ukuran yang jauh lebih besar daripada anggur biasa, anggur Ruby Roman dikatakan memiliki tekstur yang sangat seimbang, antara kenyal dan manis yang membuat rasanya sangat ketagihan.

Buah ini pertama kali ditanam pada 2008 di distrik Ishikawa Jepang. Untuk mempertahankan harganya, produksinya dikendalikan dan hanya 26.000 rubel anggur Ruby Roman yang dijual setiap tahun. Sebagian besar dijual melalui proses lelang. Dibutuhkan 2 tahun untuk menghasilkan setiap bibit, sehingga harga jual perlu dikendalikan agar bisa menutupi biaya produksi.

Sama seperti daging wagyu, persyaratan produksinya juga sangat ketat. Setiap kelompok anggur yang memenuhi syarat untuk diklasifikasikan sebagai Ruby Roma harus memiliki berat 20 gram per ons, memiliki kadar gula 18 persen dan memiliki warna merah. Harga tertinggi yang pernah dicapai untuk anggur ini adalah lebih dari 130 juta rupiah dalam satu lelang pada tahun 2019.

Tinggalkan komentar