35 Cara Melupakan Mantan Terindah, Akurat dan Cepat

Mungkin Anda saat ini merupakan salah satu orang dari sekian juta insan di dunia ini yang tengah berjuang untuk melupakan mantan kekasih tercinta. Memang, apa pun latar belakang penyebabnya, peristiwa perpisahan dan putus cinta dengan seseorang yang tersayang memang sungguh menyakitkan hati dan pikiran. Rasa gundah gulana dan sesak di dada membuat suasana hati dan perjalanan hari-hari menjadi begitu terasa berat dan hampa.

Tak ingin terus larut dalam kepedihan yang dalam tersebut, Anda pasti berharap agar bisa move on dan segera melupakan mantan dengan cepat. Lalu, langkah apa saja yang mesti ditempuh? Sebelum membahas langkah-langkah tersebut, ada baiknya Anda membaca alasan-alasan seseorang sulit melupakan mantannya dan selalu kepikiran terus.

Alasan Selalu Teringat Sama Mantan

Secara umum, ada sederet alasan dan faktor mengapa seseorang sulit untuk melupakan mantannya, antara lain:

  1. Hubungan yang telah terjalin begitu lama
  2. Sudah akrab dengan keluarga dan lingkungannya
  3. Merasa tidak percaya diri tanpa kehadiran si mantan
  4. Sering merenung dan sendirian
  5. Masih terkoneksi dan berinteraksi secara intens
  6. Belum mampu ikhlas melepasnya
  7. Selalu terjebak nostalgia dan kenangan indah
  8. Masih menyimpan harapan untuk kembali
  9. Rasa trauma dan penyesalan yang dalam
  10. Muncul perasaan kangen

Langkah-langkah Melupakan Mantan secara Efektif

Untuk melupakan mantan pacar yang masih membekas di hati, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Berikan Waktu agar Rasa Sakit Hilang dengan Sendirinya

Saat jalinan cinta diputus begitu saja, pasti menghadirkan rasa sakit yang mendalam, dan itu bisa berlangsung lama. Ingatan sama mantan sering kali membangkitkan lagi luka tersebut. Biarkan saja hal itu berlangsung apa adanya hingga luka akan sembuh dengan sendirinya.

Jangan berpikir berat dan memaksakan hati dan benak agar bisa melupakan mantan dengan cepat, karena efeknya justru bisa membuat Anda tambah stres. Jadi, biarkan mengalir apa adanya, dan hati serta psikis akan sembuh dengan sendirinya.

2. Hindari Menguntit (Kepo) Sama Mantan

Anda akan sulit melupakan mantan jika selalu penasaran dengan dirinya. Jangan berusaha sembunyi-sembunyi untuk mengintip dan menguntitnya, baik secara langsung maupun tak langsung, karena itu akan membuat Anda susah untuk move on.

3. Hadapi Kenyataan dengan Memetik Hikmahnya

Diputusin kekasih memang merupakan sebuah kenyataan yang pahit dan menyakitkan. Namun, perasaan sakit itu akan mudah hilang jika Anda berusaha ikhlas, sadar, sabar, dan mengetahui hikmah positif dari pengalaman buruk tersebut. Anggaplah itu bukan jodoh Anda, anggaplah akan datang seseorang yang lebih baik, dan percayalah bahwa Yang Kuasa sedang mengarahkan jalan terbaik untuk masa depan Anda.

4. Hentikan Hasrat atau Kurangi Frekuensi untuk Bertemu

Salah satu cara yang cukup efektif untuk bisa melupakan mantan dengan cepat adalah dengan menghindari pertemuan dengannya. Ketika perasaan cinta itu masih ada, maka semakin sering bertemu akan membuat Anda lebih sulit untuk melupakan perasaan Anda.

5. Putuskan Semua Saluran Komunikasi

Bila Anda bisa menghindari pertemuan, namun masih tetap menjalin komunikasi, maka usaha untuk melupakan sang mantan akan menjadi sia-sia. Jika Anda tidak bisa memutuskan saluran komunikasi karena faktor tertentu, misalnya karena sama-sama dalam satu teamwork di perusahaan, maka upayakan untuk mengurangi intensitasnya.

6. Tundalah untuk Menjalin Pertemanan dengan Mantan Jika Masih Menyimpan Rasa

Seorang yang telah dewasa dalam berpikir, pasti bisa dengan segera mengubah perasaan cintanya menjadi rasa persahabatan ketika hubungan telah berakhir. Namun, Anda tak perlu terburu-buru untuk mengiyakan jalinan pertemanan dengan sang mantan jika Anda masih menyimpan perasaan sayang kepadanya.

Menjalin hubungan persahabatan dengan sang mantan disaat Anda masih memiliki rasa terhadapnya akan membuat Anda semakin sulit untuk melupakannya. Katakan saja pada mantan Anda, bahwa Anda butuh waktu untuk pulih, dan kelak pasti akan siap untuk mengubah perasaan cinta yang masih ada menjadi sebuah sahabat.

7. Pergi Berlibur dan Mencari Hiburan

Pergi berlibur ke suatu tempat dan mencari hiburan adalah cara yang efektif untuk mengurangi rasa penat, stres, sedih, dan sakit hati karena cinta. Jika punya cukup dana, pergilah ke tempat yang membuat Anda nyaman, fun, dan happy, sehingga Anda akan lebih cepat membuang memory wajah mantan Anda ke tong sampah.

8. Berbagi Kesedihan dengan Teman Dekat (Curhat)

Sebagai makhluk sosial, kita tak bisa lepas dari hasrat untuk berbagi rasa dengan orang lain. Mengurangi rasa sedih karena sang mantan memang akan membuat Anda lebih cepat untuk melupakannya. Dan curhat kepada teman dekat adalah salah satu media efektif dalam menurunkan tingkat kesedihan Anda.

9. Menangsilah Jika Itu Mengurangi Rasa Sakit

Tingkat ketegaran setiap orang dalam menghadapi konflik asmara adalah berbeda-beda. Ada yang kuat, ada pula yang harus menangis tersedu-sedu untuk mengurangi kepedihan hatinya. Nah, jika menangis mampu membuat Anda menjadi lebih lega, maka menangislah hingga tubuh dan hati Anda lelah untuk mengeluarkan air mata.

10. Coba Ubah Penampilan Diri

Tips ini banyak dilakukan orang-orang dalam upayanya untuk melupakan masa lalu yang menyakitkan. Permaklah diri Anda sehingga akan muncul semangat baru, dan lebih cepat untuk melupakan sang mantan.

11. Dekorasi Ulang Kamar Tidur

Selain mengubah penampilan fisik, kegiatan mendekorasi ulang kamar tidur juga bisa menjadi cara untuk melupakan mantan. Tampilan desain kamar yang berbeda akan menghadirkan suasana baru, sehingga mood Anda juga berubah positif dan bisa mengikis ingatan pada sang mantan kekasih.

12. Jangan Bertanya Kabar Mantan kepada Teman

Secara logika, seseorang akan mudah melupakan sesuatu jika tak pernah lagi dibahas. Oleh karena itu, dalam rangka untuk melupakan sang mantan, maka disarankan agar jangan sesekali menanyakan kabar tentang dirinya, atau membahasnya bersama teman atau keluarga Anda.

13. Cari Aktivitas Baru yang Produktif

Saat kita sibuk, maka tanpa disadari banyak hal yang bisa terlupakan begitu saja. Oleh karena itu, untuk mempercepat misi Anda dalam melupakan mantan, maka Anda diwajibkan untuk membuat diri menjadi sesibuk mungkin. Carilah aktivitas baru yang bisa membuat Anda menjadi lebih produktif, entah itu produktif dalam hal meningkatkan keterampilan diri, produktif menambah ilmu baru, atau produktif dalam menghasilkan sumber finansial baru.

14. Jalani Kembali Hobi yang Lama Tak Dilakukan

Ketika masih bersama, mungkin Anda terbatas dan kurang bebas dalam melakukan hal yang Anda senangi. Hobi yang dulu sering Anda jalani, mungkin intensitasnya menjadi berkurang sejak Anda menjalin hubungan dengan sang mantan. Nah, ketika saat ini status Anda sudah free, maka tiada salahnya untuk melakoni lagi hobi lama Anda demi mempercepat proses penyembuhan batin dan mempercepat proses amnesia terhadap bayangan sang mantan.

15. Jangan Terburu-buru Mencari Pengganti

Seperti kata pepatah lama, “mati satu, tumbuh seribu”. Demikianlah tunas-tunas asmara yang bisa Anda alami. Ketika sang mantan telah pergi, percayalah itu akan tergantikan dengan yang baru. Namun, Anda disarankan untuk tidak terburu-buru mencari penggantinya.

Yang dikhawatirkan adalah bahwa seorang yang menjadi pengganti mantan Anda hanyalah sebagai tempat pelarian rasa sakit Anda, dan Anda tidak benar-benar mencintainya. Jika itu terjadi, maka kehidupan asmara Anda, kelak akan semakin pelik dan runyam. Jadi, bersabarlah, dan biarkan cinta datang dengan semestinya.

16. Manfaatkan Waktu Luang Bersama Keluarga

Dalam upaya untuk menyembuhkan rasa sakit, selain teman dekat, dukungan dari pihak keluarga juga sangat penting. Manfaatkan waktu luang Anda untuk bercengkrama dengan anggota keluarga lainnya. Niscaya, kehangatan keluarga bisa mempercepat tahapan perbaikan di dalam diri, dan mengakselerasi proses melupakan mantan tersebut.

17. Maafkan Mantan dan Lupakan

Sikap kedewasaan diri dapat terlihat dari seberapa besar kemampuan untuk memberi maaf. Maafkanlah mantan Anda, dan lupakan semua kisah yang dulu terjalin. Semakin ikhlas Anda memaafkan, maka semakin cepat Anda akan bisa melupakan mantan Anda

18. Berdoa dan Minta Petunjuk-Nya

Ini adalah langkah yang utama. Hanya Tuhan yang bisa membolak-balikan suasana hati dan perasaan seseorang. Berdoalah yang tulus, dan minta petunjuk dari Sang Maha Kuasa. Siapa tahu, dengan keajaiban yang Beliau berikan, perasaan Anda menjadi netral dalam sekejap mata.

19. Kurangi Waktu Sendirian

Kesendirian sering kali membuat pikiran seseorang menjadi menerawang jauh, dan ujung-ujungnya membangkitkan lagi memori-memori yang dulu tercipta. Saat mengalami kesedihan dan kekecewaan, Anda mungkin membutuhkan waktu untuk sendiri, namun jika terlalu sering berada dalam kesendirian, Anda mungkin akan sulit untuk menghapus bayangan sang mantan.

20. Jangan Berpikir Balas Dendam

Rasa sakit hati yang digoreskan oleh mantan Anda, selain kepedihan dan kekecewaan, mungkin juga membuat Anda sungguh marah dan dendam. Jika itu yang selalu Anda pikirkan, maka Anda akan sulit untuk melupakannya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memaafkan mantan dengan ikhlas akan meringankan problema Anda, dan tentunya akan mempercepat proses melupakan sang mantan.

21. Haruskah Blokir Media Sosialnya?

Anda telah disarankan untuk memutuskan sementara jalur komunikasi dengan mantan Anda. Tapi, bagaimana dengan media sosialnya? Haruskah memblokirnya? Jika Anda memblokir media sosial mantan Anda, mungkin Anda akan dianggap kurang dewasa. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memberi pengaturan khusus agar ‘feed’ atau story dari media sosial mantan Anda lebih sedikit atau jarang muncul di beranda medsos Anda.

22. Membatasi Interaksi dengan Mantan

Semakin sedikit terjadi interaksi, maka semakin mudah untuk melupakan bayangan mantan. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda untuk mengurangi frekuensi pertemuan, komunikasi, dan jenis interaksi lainnya agar makin cepat wajah mantan Anda lenyap dari pikiran Anda.

23. Membuang atau Menghibahkan Barang Pemberian Mantan

Mungkin ada sejumlah barang yang pernah diberikan oleh sang mantan kepada Anda. Semakin sering Anda melihat atau menyentuh barang tersebut, maka semakin sulit untuk melupakannya. Segeralah singkirkan barang-barang atau hadiah yang pernah diberikan oleh mantan Anda, entah itu dibuang ke tong sampah, disimpan di gudang, atau dihibahkan ke orang lain.

24. Mendengarkan Lagu Ceria

Dengarkanlah lagu-lagu yang penuh keceriaan dan bertema optimis yang bisa membuat suasana hati ikut ceria. Jika Anda sering mendengarkan lagu galau, maka kesedihan akan makin lama lenyap dari hati, dan ujung-ujungnya Anda akan sulit untuk melupakan sang mantan.

25. Jangan Lagi Berharap Keajaiban

Berhentilah berharap untuk balikan lagi dengannya. Berhentilah berharap agar dia mengubah keputusannya. Hadapilah kenyataan, dan jangan pernah berharap tentang apapun darinya. Jika hal tersebut sudah kukuh di hati Anda, maka Anda akan lebih mudah untuk move on darinya.

26. Jangan Mengunjungi Tempat yang Penuh Kenangan Berdua

Selain barang-barang kenangan, hal yang perlu Anda hindari adalah mengunjungi tempat-tempat yang penuh memori bersama. Tempat yang penuh memori tersebut dapat membangkitkan lagi perasaan lama Anda, sehingga menjadi sulit untuk melupakannya.

27. Mengurangi Rasa Kekaguman pada Mantan

Cinta dapat tumbuh berawal dari rasa kekaguman, dan sebaliknya cinta akan bisa lenyap karena rasa kekaguman yang telah menghilang. Cinta yang hilang di hati, dengan sendirinya akan membuat Anda mudah melupakan mantan Anda. Oleh karena itu, buatlah hati berpaling dari rasa kekaguman terhadapnya. Caranya adalah dengan mengingat kembali sifat-sifat buruk sang mantan atau hal-hal yang tidak Anda sukai darinya.

28. Memanjakan Diri Sepuas Hati

Manjakan diri Anda, lakukan relaksasi, buatlah diri Anda merasa nyaman dan santai. Jika punya uang lebih, Anda bisa mengunjungi salon, spa, shopping center, dan pusat relaksasi lainnya. Tubuh yang nyaman akan membuat pikiran menjadi lebih bersemangat, sehingga bisa mengalihkan dari kenangan lama yang pahit.

29. Pilih-pilih dalam Menonton Film

Menonton film atau serial televisi bisa menghibur hati yang tengah lara. Namun, Anda harus memilih tema-tema film yang tepat. Menonton film tentang drama percintaan dapat membuat Anda mengingat kembali kisah asmara Anda yang telah kandas, sehingga Anda akan lebih sulit untuk melupakan sang mantan.

30. Menghindari Interaksi dengan Teman atau Keluarga Sang Mantan

Selain menghindari interaksi dengan sang mantan, Anda juga perlu mengurangi interaksi dengan orang-orang dekatnya. Karena ketika Anda sering bertemu dengan teman atau keluarganya, maka proses penghapusan memori cinta Anda akan menjadi lebih susah.

31. Tumbuhkan Perasaan bahwa Mantan Bukanlah Segalanya

Entah dia manusia yang sempurna atau tidak, yakinkanlah diri bahwa dia bukanlah segalanya. Tumbuhkan rasa bahwa mantan Anda-lah yang merugi karena meninggalkan sosok istimewa seperti Anda.

32. Bacalah Kata Kata Bijak yang Penuh Optimistik

Membaca kata-kata bijak dapat menjadi media untuk perenungan diri serta memandang hidup dari sudut pandang yang berbeda. Untuk melupakan mantan dengan efektif, bacalah kalimat-kalimat mutiara tentang cinta, ketegaran, hidup positif, dan kata-kata optimis. Silakan baca contoh kata-kata bijak yang indah berikut ini.

33. Kembali Berolahraga secara Teratur

Aktivitas olahraga dapat menghasilkan berbagai hormon yang membantu pikiran menjadi fresh. Pikiran dan tubuh yang segar akan membuat tingkat kesedihan menjadi berkurang, sehingga Anda akan lebih efektif untuk melupakan sang mantan. Lakukan olahraga secara teratur yang membuat tubuh lebih sehat dan juga bisa mengalihkan pikiran dari memori yang suram.

34. Memelihara Hewan untuk Mengalihkan Pikiran

Salah satu cara untuk mengalihkan pikiran Anda dari kesedihan adalah dengan berinteraksi dengan orang-orang baru, atau kesibukan baru, misalnya memelihara hewan peliharaan. Dengan memelihara binatang rumahan, seperti burung, kucing, anjing, ikan, reptil, atau lainnya, itu akan memberikan kesibukan baru dan juga menjadi teman baru yang menghibur Anda.

35. Sementara Berhenti Memikirkan Cinta dan Cari Pertemanan Baru

Ketika hati dan pikiran telah lelah dalam perjuangan cinta, maka ada baiknya untuk “break” sejenak dari urusan tersebut. Mencari pengganti sang mantan memang adalah sebuah misi yang harus Anda wujudkan, namun itu bukan berarti Anda harus terburu-buru melakukannya.

Berisitirahatlah sejenak dari dunia asmara, dan fokuslah dulu untuk mengembangkan potensi diri Anda, agar kelak Anda menjadi pribadi yang lebih baik, sehingga tanpa disadari sang mantan akan menyesal meninggalkan Anda.

Nah, demikianlah sederet tips cara melupakan mantan (pacar, suami, istri) dengan cepat dan efektif. Menurut pengalaman Anda, apalagi kiat yang bisa Anda sarankan? Silakan tulis di kolom komentar!

Satu pemikiran pada “35 Cara Melupakan Mantan Terindah, Akurat dan Cepat”

Tinggalkan komentar