20 Cara Membuat Rambut Lebih Lembut dan Halus


cara membuat rambut lembut

Apakah Anda ingin memiliki rambut yang lembut dan halus serta sehat alami? Adalah hal yang memungkinkan untuk melembutkan rambut Anda tanpa membahayakan kesehatan kulit kepala jika Anda mengikuti langkah-langkah yang benar. Lalu, bagaimana cara mewujudkan rambut lembut yang menjadi dambaan banyak orang?

Impian seorang wanita adalah memiliki rambut yang lembut dan sehat. Namun tidak banyak wanita yang mampu melakukannya. Ada beberapa upaya untuk membuat rambut Anda menjadi lembut dan mudah “jatuh” seperti yang Anda inginkan. Berikut adalah beberapa tips untuk melembutkan rambut Anda agar tetap terlihat indah.

1. Kenali jenis rambut Anda

Untuk melembutkan dan menghaluskan rambut, kenali dulu jenis rambut Anda. Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis rambut apa yang Anda miliki sebelum Anda mencari formula yang tepat saat ingin melembutkannya. Anda dapat melembutkan rambut Anda dengan mengidentifikasi jenis rambut Anda terlebih dahulu. Ini adalah langkah penting sebelum Anda dapat memutuskan perawatan rambut yang paling sesuai. Rambut lurus lebih mudah ditata daripada rambut keriting.

2. Jangan terlalu sering keramas

Cara membuat rambut lebih lembut dan halus adalah dengan keramas atau mencuci rambut. Keramas yang terlalu sering atau setiap hari dapat menyebabkan kerusakan rambut dan menghambat pertumbuhan rambut. Terlalu sering mencuci rambut dapat menyebabkan kulit kepala kehilangan minyak alami dan membuatnya kering.

Memang, tidak ada batasan baku berapa kali Anda harus mencuci rambut setiap minggu. Jika rambut Anda sangat kotor, cucilah. Sesuaikan kondisi rambut Anda jika perlu. Pemilik rambut berminyak harus keramas setiap dua hari sekali.

3. Pastikan Anda menggunakan sampo yang tepat

Untuk melembutkan rambut, gunakan produk sampo yang tepat. Pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Jenis sampo yang Anda gunakan juga penting dalam usaha melembutkan rambut Anda. Sampo yang salah dapat merusak rambut dan membuatnya menjadi kering. Carilah produk sampo terbaik yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

Anda bisa memilih sebuah produk shampo yang mengandung Rice Oil Essence, yang merupakan salah satu minyak rambut yang terkenal akan manfaatnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sampo dengan minyak argan. Kandungan vitamin E dan antioksidan minyak argan yang tinggi dapat menyehatkan batang rambut, membuatnya lebih lembab, halus, dan berkilau.

Sebaiknya, hindari sampo yang mengandung sodium lauryl sulfurate (SLS). Ini karena jenis sampo ini tidak hanya menghilangkan kotoran tetapi juga mengekstrak minyak alami rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut Anda terlihat kering dan tidak sehat. SLS dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit kepala.

4. Jangan lupa kondisioner

Kondisioner penting untuk melembutkan rambut. Produk ini akan melembutkan rambut Anda dan melindunginya dari kerusakan akibat alat penata rambut atau sinar matahari. Untuk mendapatkan rambut yang lembut dan halus, gunakan kondisioner setidaknya dua kali seminggu jika Anda memiliki rambut kering. Gunakan kondisioner hanya pada bagian ujungnya.

Sementara itu, kondisioner harus diterapkan dari ujung ke rambut untuk orang-orang yang berrambut panjang. Jangan mengoleskan kondisioner hingga menyentuh kulit kepala. Hal ini dapat menyebabkan kulit kepala berminyak dan rambut menjadi lepek. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air dingin.

5. Gunakan air dingin untuk mencuci rambut

Anda dapat melembutkan rambut Anda dengan mencucinya dengan air dingin. Bilas sampo dan kondisioner dengan air dingin. Air dingin juga dapat digunakan untuk mencuci rambut agar bisa melembutkan rambut yang kusut atau kasar. Ini bisa membuat rambut Anda terasa lebih halus, lembut, dan berkilau. Mencuci rambut dengan air dingin tidak merusak kelembapan rambut. Hindari menggunakan air yang terlalu panas untuk mencuci rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi kering, kusam dan rusak.

6. Gunakan masker rambut secara teratur

Anda bisa menggunakan minyak esensial atau masker rambut untuk melembutkannya. Metode alami ini dapat melembabkan rambut Anda secara efektif, membuatnya terasa lebih lembut. Pilih masker rambut yang dirancang khusus untuk melembutkan rambut Anda. Setelah keramas, aplikasikan masker pada rambut yang basah. Setelah membiarkan masker selama lima menit, silakan dibilas.

7. Gunakan alat penata rambut secara terbatas

Untuk melembutkan rambut keriting dan kasar, sebaiknya batasi penggunaan alat penata rambut. Kesehatan rambut dapat dipengaruhi oleh penggunaan alat penata rambut seperti pelurus rambut, pengering rambut, catokan, dan sejenisnya. Rambut bisa menjadi kering dan kasar karena kerusakan panas yang disebabkan oleh alat penata rambut tersebut.

Anda disarankan mengurangi penggunaan produk penataan rambut untuk mendapatkan rambut yang lembut dan halus. Oleskan krim pelindung rambut terlebih dahulu jika harus menggunakan alat-alat tersesbut.

8. Jangan terlalu sering mengikat rambut

Untuk situasi atau kondisi tertentu, seperti saat berolahraga, terkadang rambut perlu diikat. Kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan kerusakan pada kutikula rambut Anda. Rambut bisa kering, dan akhirnya menyebabkan rambut rontok.

9. Sisir rambut secara perlahan

Untuk melembutkan rambut yang keriting dan kasar, sebaiknya sisirlah dengan hati-hati. Terlalu banyak menyisir dapat menyebabkan gesekan dan dapat menyebabkan kusut. Anda harus membatasi jumlah rambut yang Anda sisir dan hindari melakukannya saat rambut Anda masih basah. Karena rambut basah lebih rentan patah.

Anda dapat mengurai rambut Anda sebelum mandi dengan sikat bergigi jarang. Selanjutnya, sisir rambut Anda dengan hati-hati 1-2 kali sehari untuk menata dan menghilangkan rambut kusut.

Bagaimana cara melembutkan rambut secara alami?

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara melembutkan rambut menggunakan bahan-bahan alami, ini adalah beberapa caranya:

1. Minyak kelapa

Penggunaan minyak kelapa adalah cara alami untuk melembutkan rambut Anda. Minyak kelapa bisa dioleskan tipis-tipis ke ujung rambut. Anda dapat melembutkan rambut secara alami dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa adalah pilihan yang baik. Minyak kelapa memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk kulit Anda tetapi juga untuk batang rambut Anda.

Kandungan minyak kelapa (coconut oil) dapat ditemukan dalam berbagai produk perawatan rambut. Oleskan minyak kelapa secara tipis ke ujung rambut Anda untuk mencegah rambut Anda menjadi terlalu berminyak.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk melembutkan rambut secara alami. Minyak zaitun untuk rambut bertindak sebagai lapisan pelindung yang membantu menahan air dan melindungi kutikula. Sayangnya, minyak zaitun dapat menyebabkan rambut menjadi berminyak. Oleh karena itu, oleskan minyak zaitun dengan lapisan tipis ke ujung rambut Anda seminggu sekali untuk hasil terbaik.

3. Minyak argan

Minyak ini dapat digunakan untuk melembutkan rambut secara alami. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi klaim manfaat minyak argan untuk rambut. Namun minyak ini diklaim telah terbukti menjadi bahan alami yang menjanjikan.

Saat ini, Anda dapat menemukan kandungan minyak argan di banyak produk perawatan rambut seperti sampo dan kondisioner. Anda dapat menggunakan minyak argan asli untuk rambut yang sangat kering. Untuk menggunakannya, cukup oleskan secara tipis-tipis ke semua helai rambut.

4. Minyak tumbuhan lainnya

Minyak dari bunga lavender dapat digunakan untuk melembutkan rambut. Oleskan 2-3 sendok makan minyak lavender pada rambut dan kulit kepala. Untuk memijat rambut dan kulit kepala, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun. Anda dapat melembutkan rambut secara alami dengan menggunakan 2-3 sendok makan minyak alami tertentu.

Panjang rambut Anda akan menentukan berapa banyak minyak alami yang Anda gunakan. Gunakan minyak alami di seluruh rambut Anda, termasuk kulit kepala. Pijat kulit kepala Anda dengan lembut, lalu bungkus rambut Anda dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Handuk hangat bisa digunakan untuk meningkatkan penyerapan minyak alami di kulit kepala. Biarkan selama 20 menit lalu bilas rambut Anda seperti biasa.

5. Masker rambut dengan mayones dan alpukat

Tahukah Anda bahwa alpukat dan mayones dapat digunakan untuk melembutkan rambut secara alami? Mayones kaya akan L-sistein yang merupakan asam amino dan antioksidan. Mayones dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan menyediakan pasokan nutrisi yang stabil.

Alpukat sangat bagus untuk menjaga rambut Anda agar tidak kering dan rapuh. Cara alami ini adalah salah satu yang terbaik. Campurkan 16 sendok makan mayones dengan 2 sendok teh alpukat yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga adonan menjadi pasta masker yang kental. Masker rambut harus diaplikasikan dari akar hingga ujung.

Kemudian, bungkus rambut Anda dengan handuk atau topi mandi dan gulung. Biarkan selama kurang lebih satu jam. Bilas dengan air dan keramas rambut Anda sampai bersih.

6. Masker pisang

Masker pisang dapat digunakan untuk melembutkan rambut. Buatlah masker rambut dari yogurt dan pisang. Masker ini sangat bagus digunakan untuk melembutkan rambut secara alami serta mengurangi kusut.

Bahan ini juga menenangkan kulit kepala yang teriritasi. Anda bisa membuat masker rambut pisang dengan menambahkan yogurt ke dalamnya. Berikut cara melembutkan rambut secara alami menggunakan pisang: Campurkan 1 buah pisang yang diiris dalam mangkuk. Tambahkan 2 sendok makan yogurt tawar. Aduk rata hingga campuran menjadi pasta masker yang kental. Ini harus diterapkan pada rambut Anda dari ujung ke bawah. Biarkan rambut mengering setidaknya selama 45 menit. Bilas secara menyeluruh dengan sampo dan air.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga diyakini memiliki segudang manfaat alami untuk kesehatan rambut. Cuka sari apel dapat digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit kepala Anda dengan menghilangkan residu dari produk perawatan rambut. Cuka sari apel juga berfungsi untuk menutup kutikula rambut, membuat rambut menjadi lembut, halus dan lebih berkilau.

Cuka sari apel dapat digunakan jika telah dilarutkan ke dalam air. Setelah keramas, bilas rambut Anda dengan bahan alami ini. Biarkan sebentar. Metode ini terlihat menjanjikan tetapi belum terbukti secara ilmiah efektivitasnya.

Bagaimana cara melembutkan rambut kasar saya secara permanen?

Anda mungkin dapat melakukan beberapa perawatan di salon jika beberapa cara alami yang telah dipaparkan di atas tidak berhasil. Inilah cara melembutkan rambut secara permanen di salon kecantikan.

1. Hair Smoothing

Hair smoothing adalah cara permanen untuk membuat rambut kasar terlihat lembut di salon kecantikan. Perataan rambut ini mengacu pada proses meluruskan atau menghaluskan rambut Anda menggunakan bahan kimia tertentu. Prosedur ini memakan waktu sekitar 4-5 jam dan dapat bertahan hingga 3 bulan. Agar rambut Anda tetap lembut dan halus, Anda perlu melakukan sentuhan (touch up) rutin.

2. Perawatan keratin rambut

Perawatan keratin rambut adalah cara lain yang cukup bagus untuk melembutkan rambut Anda di salon kecantikan. Prosesnya adalah dengan menjaga tekstur dan volume rambut tetap utuh sehingga rambut kusut dapat teratasi. Perawatan keratin adalah proses yang melapisi rambut dengan protein keratin.

Cara ini bagus untuk kesehatan rambut Anda. Metodenya biasanya dilakukan dengan menggunakan suhu tinggi. Selama kurang lebih 4 minggu, perawatan Keratin akan membuat kutikula dan rambut Anda lebih halus dan berkilau. Perawatan ini aman dilakukan oleh semua jenis rambut, termasuk rambut yang telah diwarnai.

Nah, demikianlah sekilas tips untuk menciptakan rambut yang lebih halus. Selain perawatan dari luar, ingatlah untuk merawat rambut Anda dari dalam. Rambut sehat akan terwujud juga dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, seperti protein dan zinc.


Tinggalkan komentar